cara mengecek akreditasi perguruan tinggi

Cara Mengecek Akreditasi Perguruan Tinggi di BAN PT

Gadgetidn.com – Ketika hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti perkuliahan, mengetahui Akreditasi kampus sangat penting untuk kamu ketahui. Nah, kali ini kami akan memberitahukan kamu cara mengecek akreditasi perguruan tinggi melalui laman BAN PT untuk memantapkan kampus terbaik untuk kamu.

Pentingkah Akreditas Perguruan Tinggi?

Akreditas perguruan tinggi memang sangat penting. Jika sebuah kampus mendapatkan akreditasi bagus dengan nilai A, maka kampus tersebut memiliki mutu yang baik dalam penilaian BAN PT. Maka dari itu jika kamu hendak mendaftar kuliah dan mencari kampus dengan kualitas yang bagus, penting banget untuk mengetahui cara mengecek akreditasi perguruan tinggi.

Apa itu BAN PT?

BAN PT merupakan singkatan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang mempunyai wewenang dari Kemenristekdikti untuk menilai akreditas sebuah perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Namun, tugas dari BAN PT tersebut bukan hanya menilai akreditasi kampunya saja, melainkan juga program studi atau masih masing jurusan yang ada di kampus tersebut secara terpisah.

Jadi kamu tidak perlu heran jika menemukan sebuah kampus dengan nilai Akreditasi A, namun di salah satu jurusannya terdapat akreditasi bernilai C. Karena BAN PT menilai akreditasi sebuah kampus dan jurusannya secara terpisah.

Mengapa Perguruan Tinggi Perlu Akreditasi?

Jawabannya cukup simple, karena dengan Akreditas, perguruan tinggi bisa menjadikannya sebagai jaminan kepada masyarakat bahwa mereka telah memenuhi standar mutu dari BAN PT. Jadi masyarakat bisa lebih memahami bahwa perguruan tinggi tersebut sudah sesui dengan standar pendidikan pemerintah.

Terkait:  Silabus IPA SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Selain itu, akreditasi perguruan tinggi juga menjadi tolak ukur kualitas penyelenggaraan pendidikan yang diterapkan oleh kampus tersebut. Bisa menjadi bahan pertimbangan dalam pemberian bantuan, alokasi dana, dan pengakuan dari instansi lain maupun transfer kredit antar perguruan tinggi.

Dan bukan hanya itu saja, dengan adanya sistem penilaian Akreditasi perguruan tinggi oleh BAN PT. Perguruan tinggi tersebut akan terus berusaha untuk memperbaiki kualitas sistim pendidikan yang diterapkan, ataupun mempertahankan nilai akreditasi yang telah mereka capai.

Cara Mengecek Akreditasi Perguruan Tinggi

cara mengecek akreditasi perguruan tinggi di ban pt

Meskpun setiap kampus telam melapirkan akreditasi mereka dihalam websitenya masing – masing, namun kamu harus tetap melakukan pengecekan kembali pada lama resmi BAN PT untuk mengetahui lebih jelasnya. Atau kamu dapat menyimak cara mengecek akreditasi perguruan tinggi langsung di situs resmi BAN PT seperti dibawah ini:

  • Langkah pertama, silahkan buka laman resmi BAN PT di “banpt.or.id
  • Lanjutkan dengan memilih menu “Data Akreditasi”
  • Selanjutnya kamu akan menemukan banyak menu, dan pilih “Pencarian Data Akreditasi”.
  • Disini kamu akan menemukan 2 kolom yang berbeda, yakni “Perguruan Tinggi” dan “Program Studi”.
  • dan langkah selanjutnya kamu tinggal memasukkan nama perguruan tinggi dan program studi yang ingin kamu cek.
  • Semua data nilai akreditasi sebuah perguruan tinggi tersebut akan tampil.

Nah itulah penjelasan singkat dari kami mengenai Akreditasi dan cara mengecek akreditasi perguruan tinggi yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kualitas kampus yang ingin kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih :).

Leave a Reply

Your email address will not be published.