cara mengatasi indihome lemot
sumber: pbs.twimg.com

Cara Mengatasi IndiHome Lemot Jadi Ngebut

Gadget Indonesia – Pengguna Wifi rumahan atau IndiHome sering kali mengeluh dengan kecepatan internet yang sangat lambat atau lemot, hal ini disebabkan beberapa faktor salah satunya mungkin ada gangguan, perbaikan, dan bisa jadi juga karena cuaca yang buruk. Untuk menemukan cara mengatasi IndiHome lemot lebih jelasnya kamu harus mengeceknya terlebih dahulu.

Penyebab Indihome Lemot dan Cara Mengatasinya

Nah, buat kamu yang sudah mulai naik poltasenya (taulah maksudnya apa) 🙂 berikut ini yang mungkin bisa jadi salah satu penyebab IndiHome dirumah kamu lemot dan beberapa cara mengatasi IndiHome lemot agar lebih kencang.

 

Cara Mengatasi IndiHome Lemot

1. Restart atau Mulai Ulang Router

cara mengatasi wifi lemot
sumber: oolean.id

Restart atau memulai ulang Router adalah cara mengatasi indihome lemot yang sering direkomendasikan oleh layanan pelanggan IndiHome saat menanggapi keluhan pelanggan.

Router merupakan salah satu perangkat yang sering menjadi penyebab lemot IndiHome. Perangkat yang bertanggung jawab atas perantara perangkat yang digunakan dengan Internet terkadang mengalami error setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu yang dapat menyebabkan gangguan pada kecepatan internet.

Restart router ini biasanya akan membantu menghilangkan eror yang terjadi pada router yang kamu gunakan, dan itu mungkin benar-benar solusi untuk koneksi internet IndiHome yang lemot.

 

2. Lokasi Router IndiHome

Lokasi router IndiHome menjadi salah satu hal penting yang sering dilupakan pengguna. Umumnya, kebanyakan orang memasang router mereka di dekat stopkontak. Lalu kebanyakan orang menaruhnya di mana saja, baik di atas meja, di lemari, atau bahkan di lantai.

Bagi mereka yang melakukan hal-hal seperti ini juga, ada baiknya untuk memindahkan posisi router. Karena posisi router yang rendah atau terhalang oleh berbagai benda di dalam rumah menjadi salah satu penyebab buruknya koneksi IndiHome.

Selain itu, cara mengatasi indihome lemot adalah menghindari menempatkan router IndiHome di ruang tertutup dengan dinding atau besi. Hal ini juga akan mempersulit sinyal WiFi IndiHome untuk menembus perangkat.

Baca Juga: Cara Ganti Password WiFi Indihome Terbaru

3. Menambahkan Repeater

cara mengatasi indihome lemot
sumber: aten.com

Terkait poin-poin di atas, dimana sinyal WiFi Indihome menjadi lambat karena posisi router yang salah, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli repeater.

Masalah WiFi lambat Indihome biasa terjadi pada orang yang memiliki rumah besar dengan banyak ruangan tetapi hanya menggunakan satu router, tidak ada repeater. Sinyal WiFi di kamar terakhir biasanya sangat buruk, dan hal ini tentunya akan mempengaruhi koneksi WiFi IndiHome.

Repeater digunakan untuk menangkap dan mengirimkan kembali sinyal WiFi. Salah satu cara mengatasi indihome lemot dan ini menjadi solusi untuk mempercepat koneksi internet IndiHome.

 

4. Membatasi Jumlah Akses Pengguna

Selain terjadi error pada perangkat yang digunakan, IndiHome lemot juga bisa terjadi karena terlalu banyak perangkat yang terkoneksi. Jika kecepatan internet di IndiHome hanya 10Mbps, dan terdapat lebih dari 5 perangkat yang terhubung, maka kecepatan yang diterima setiap perangkat sangatlah kecil.

Untuk melihat jumlah pengguna aktif, caranya masuk ke menu admin, masukkan kata sandi router Anda dan lihat berapa banyak perangkat yang terhubung. Jika terlalu banyak, batasi jumlah penggunanya agar internet dapat berjalan dengan lancar kembali.

 

5. Hapus Cache Browser

Apakah Internet IndiHome lemot Saat Digunakan Untuk Browsing? Browser yang kamu gunakan mungkin menyimpan banyak cache. Cache tersebut dapat menyebabkan koneksi internet yang kamu gunakan lambat karena cache tersebut berisi data dari aktivitas browsing kamu sebelumnya.

Menyimpan cache yang banyak bisa menjadi beban di browser, sekaligus menjadi alasan kenapa IndiHome lambat. Kosongkan atau hapus cache pada browser yang kamu gunakan untuk mempercepat koneksi internet saat mengakses melalui browser yang kamu gunakan.

 

6. Menggunakan CMD

Selain cara di atas, kami juga memiliki cara untuk mempercepat koneksi WiFi di laptop / PC dengan fungsi CMD dan tanpa aplikasi tambahan. Pertama-tama, buka Command Prompt, setelah sebelumnya memastikan laptop atau PC kamu terhubung ke jaringan WiFi.

Kemudian pada nama WiFi, klik kanan dan klik Status. Setelah itu, layar status koneksi jaringan nirkabel akan muncul dan kamu dapat melihat alamat IP jaringan WiFi di opsi detail. Cara lain adalah dengan menulis ipconfig di CMD.

Selanjutnya, buka CMD dan ketik ping -l (jumlah permintaan bandwidth) (alamat IP) -t. Misalnya, jika kamu menginginkan 1000 byte bandwidth (artinya lebih dari yang disimpan, 32 byte secara umum) dan alamat IP adalah 192.168.1.1, ketikkan ping –l 1000 192.168.1.1 –t.

Biarkan CMD terbuka selama kamu online. Ini adalah salah satu cara untuk mempercepat koneksi wifi yang lemot menggunakan CMD.

Itulah beberapa cara megatasi Indihome lemot yang dapat kamu coba, dan semoga berhasil. jika untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, adapun beberapa penyebab Indihome menjadi lemot seperti dibawah ini:

Baca Juga: Cara Mencari Lokasi Wifi ID Terdekat Paling Akurat

Penyebab IndiHome Lemot

1. Eror atau ada Perangkat yang Rusak

Salah satu faktor yang sering lupa dari perhatian karena lambatnya IndiHome adalah kerusakan perangkat yang sedang digunakan. Kerusakan atau kesalahan pada router WiFi yang terpasang, dan kabel optik yang digunakan dapat mengganggu Internet dan menjadi lebih lambat dari biasanya. Pastikan setiap perangkat yang kamu gunakan berfungsi dengan baik untuk menghindari lemotnya kecepatan internet dirumah kamu.

 

2. Salah Menempatkan Router

Posisi router IndiHome yang salah juga bisa menjadi penyebab koneksi WiFi lemot. Ada beberapa poin dari router WIFI yang harus kamu ketahui. Ini mungkin karena router ditempatkan terlalu tinggi atau terlalu rendah, di ruang tertutup, atau di dekat perangkat elektronik lainnya.

 

3. Terlalu Banyak Pengguna

Terlalu banyak pengguna adalah normal bagi siapa saja untuk dapat menggunakan jaringan WiFi selama mereka berada dalam jangkauannya. Karena, WiFi bisa menampung hingga banyak pengguna secara bersamaan. Namun, hal inilah yang bisa menjadi salah satu faktor IndiHome dirumah kamu lemot.

 

4. Kuota Pemakaian Melebihi Batas Normal

Meskipun internet yang kamu gunakan tergolong internet tanpa batas, namun kebijakan penggunaan wajar atau dikenal dengan FUP tetap berlaku. Jika penggunaan internet kamu melebihi batas kuota IndiHome, kecepatan internet yang digunakan akan berkurang atau lemot secara otomatis.

 

5. Maintenance atau Perbaikan Gangguan Jaringan

Faktor ini tidak dapat dipungkiri dengan cara apa pun, dan kamu hanya dapat menunggu masalah internet lemot hilang dengan sendirinya. Untuk memastikan bahwa layanan yang mereka berikan selalu dalam kondisi terbaik, terkadang proses maintenance dilakukan oleh IndiHome dan hal ini dapat menyebabkan gangguan kecepatan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published.