cara splite screen android

Cara Mengaktiktifkan Fitur Split Screen di Hp Android

Fitur split screen atau biasa juga di sebut dengan multitasking saat ini menjadi kian populer. Pasalnya, dengan cara menggunakan split screen akan sangat membantu kamu lebih produktif. Terlebih lagi jika kamu sering menggunakan Smartphone kamu untuk membuka aplikasi secara bersamaan.

Adapun kelebihan yang kamu rasakan saat mengaktifkan split screen di Android yaitu: dapat menampilkan 2 aplikasi dalam satu layar, dibagian atas dan bawah layar smartphone kamu. Contoh kecil saja, misalnya kamu ingin membuat artikel d Hp kamu dan membuka browser secara bersamaan dengan notepad, kamu dapat melakukannya dengan mudah tanpa berpindah-pindah aplikasi, dan itu sangat membantu kamu menggunakan smartphone lebih produktif.

Sebelum masuk kepembahasan kaita kali ini yaitu cara mengaktifkan split screen android atau cara membagi 2 layar di hp, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu hp apa saja yang dapat menggunakan fitur multitasking ini. karena cara ini tidak berlaku untuk hp yang tidak mendukung split screen.

 

Cara Mengaktifkan Fitur Multitasking Android Terbaru

Sebagian besar Hp android keluaran terbaru dapat memungkinkan kamu menjalakan aplikasi dalam mode layar terbagi atau multitasking, yang memunkinkan kamu melihat dua aplikasi dalam satu layar.

Dengan catatan lain, tidak semua hp android dapat mengaktifkan fitur split screen. Berikut rangkuman dari Gadget IDN tentang cara mengaktifkan split screen di android:

 

Cara mengaktifkan Split Screen Hp Samsung Androidcara splite screen

  1. Buka aplikasi yang ingin kamu gunakam sebagai split screen
  2. Ketuk (atau usap, jika Anda menggunakan gerakan layar penuh) tombol di bilah navigasi. Tobol ini terlihat seperti tiga garis vertikal.
  3. Gesek dari tepi kanan layar untuk melihat aplikasi yang sudah kamu buka.
  4. Secara default, saat kamu mengetuk tombol Terbaru.
  5. Tekan lama ikon aplikasi di bagian atas pratinjau aplikasi Anda saat ini sampai menu muncul.
  6. Ketuk Buka di jendela layar terpisah.
  7. Aplikasi pertama akan muncul di bagian atas layar, dengan menu aplikasi terbaru mengisi 3/4 bagian bawah layar. Geser melalui aplikasi terbaru untuk memilih satu atau ketuk pencarian Finder untuk mencari aplikasi yang belum dibuka baru-baru ini.
  8. Ketik nama aplikasi yang kamu inginkan.
  9. Ketuk aplikasi yang ingin Anda pisahkan layarnya di bagian bawah.
  10. Kedua aplikasi akan membagi layar menjadi 50-50. Untuk mengubah ukuran aplikasi, seret garis pembatas biru ke atas atau ke bawah sesuai keinginan Anda.
Terkait:  Harga dan Spesifikasi Vivo Y15 di Indonesia 2021

Kamu sudah berhasil dan dapat menggunakan split screen pada aplikasi yang kamu buka tadi, dan ketika ingin mengakhirinya, ada dua cara yang bisa kamu gunakan seperti dibawah ini:

Seret garis pembatas biru ke atas atau bawah layar untuk membuat salah satu aplikasi yang kamu buka menjadi layar penuh lagi.

  1. Ketuk tombol home.
  2. Ketuk X di bagian atas layar.

 

Cara Mengaktifkan Split Screen Hp Xiaomi Android

menggunakan multitasking

Menggunakan atau mengaktifkan split screen akan sangat berbeda di tiap smartphone yang kamu gunakan. Buat kamu yang belum mengetahui cara mengaktitifkan splite screen di hp Xiaomi. Untuk mengaktifkan fitur ini adapaun syarat wajib untuk menggukanan split screen:

  • Android 7.0 (Nougat)
  • ROM MIUI9

Mengaktifkan splite screen Xiaomi

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Additional Settings
  3. Developer Option
  4. Force activities to be resizabale
  5. Aktifkan

Setelah langkah tersebut dilakukan, kemudian restart HP Xiaomi kalian. kemudian masuk ke mode Split Screen dan pilih aplikasi yang sebelumnya tidak support dengan fitur Split Screen.

 

Cara Menggunakan Split Screen di Hp Android Vivo

Vivo memungkinkan menampilkan dua aplikasi secara berdampingan untuk mengaktifkan multi tasking. Dalam panduan ini, Gadget IDN membantu kamu mengatur dan menggunakan tampilan layar terbagi atau biasa di sebut split screen.

cara menggunakan split screen

  1. Gunakan tiga jari untuk menggeser ke bawah atau gunakan pintasan ‘Beberapa tugas’ di Pusat Kontrol untuk mengaktifkan menu opsi Smart Split.
  2. Ketuk aplikasi untuk ketuk aplikasi untuk membukanya di setengah layar.
  3. Ketuk ikon di antarmuka layar terbagi untuk keluar dari antarmuka layar terbagi atau untuk pergi ke layar beranda atau untuk beralih posisi aplikasi.

Catatan: Untuk mengetahui aplikasi mana yang didukung, buka Pengaturan> Split Cerdas> Pemisahan layar manual.

Untuk menonaktifkan fitur layar terbagi, buka Pengaturan> Smart Multi-screen / SmartSplit> Message screen splitting, matikan Message screen splitting / Smart Multi-screen / Smart-Split switch.

Terkait:  Spesifikasi Lengkap dan Harga Vivo V20 SE

 

Cara Mengaktifkan Split Screen di Hp Oppo Android

cara multitasking

Dengan fitur layar Split screen kamu dapat membagi layar OPPO dan membuatnya menjadi lebih produktif! Layar terpisah memungkinkan kamu melakukan dua aktifitas sekaligus pada satu layar dengan satu perangkat.

Misalnya kamu membaca tutorial Cara mengaktifkan split screen di artikel yang ditulis Gadget IDN, dengan menggunkana split screen itu masih bisa memungkinkan kamu untuk mebuka aplikasi lainnya dalam satu layar secara bersaan. Buat kamu yang sudah penasaran untuk segera mengetahu cara mengaktifkan split screen di hp Opp, langsung saja simak caranya dibawah ini:

Cara mengaktifkan fitur split screen di hp oppo sangat mudah sodaraaa. kamu cukup menggeser layar keatas menggunakan 3 jari, selesai.

 

Note: Untuk menggunakan atau mengaktifkan fitur Split Screen hanya bisa kamu lakukan di smartphone yang sudah support fitur ini, dan kesimpulannya tidak semua di Hp android bisa kamu terapkan

Beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengaktifkan fitur split screen di Smartphone kamu, cukup mudah bukan?. Btw, sari semua cara diatas saya rasa yang paling simple untuk mengunakannya adalah Hp Oppo. Tapi menurut kalian gimana? silahkan komen dibawah..

Semoga cara mengaktifkan fitur split screen ini bisa bermanfaat! Terimakasih 🙂

Pencarian Terkait:

Cara Split Screen Asus , Cara Split Screen Kamera , Cara Split Screen Samsung, Cara Split Screen Windows 10 , Cara Split Screen Windows 7 , Cara Split Screen Windows 8

Leave a Reply

Your email address will not be published.