Cara Daftar BPNT 2021 untuk Dapatkan Bantuan dari Kemensos

Cara Daftar BPNT 2021 untuk Dapatkan Bantuan dari Kemensos

Gadgetidn.com – Kementrian sosial atau yang biasa kita kenal dengan Kemensos telah kembali menyalurkan dana bantuan sosial pangan (BSP) atau bantuan pangan non tunai (BPNT) tahap 4 yang telah ditargetkan pemerintah pada akhir bulan ini.

Bantuan BPNT tersebut akan diberikan pada keluarga peneriam manfaat (KPM) untuk memenuhi kebutuhan pangan. Adapun besaran bantuan tersebut mencapai 2,4 juta per KPM yang disalurkan setiap bulannya, mulai dari januari lalu sampai bulan desember 2021 mendatang.

Pertahapannya dalam setiap KPM akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 200 ribu perbulannya. Yang disalurkan melalui Bank penyalur yang tergabung dalam Himpunan Milik Negara atau HIMHARA.

Untuk bisa mendapatkan BPNT, masyarakat harus memiliki kartu keluarga sejahtera (KKS) terlebih dahulu. Sebagai alat yang digunakan untuk pencairan dana natinya.

Namun, buat Anda yang belum memiliki KKS, bisa mendaftar terlebih dahulu sebegai peserta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Untuk membuat KKS supaya mendapatkan bantuan BPNT, langkah-langkahnya seperti dibawah ini:

Cara dan Syarat Membuat KKS

Langkah 1

Meskipun tidak ada pendaftaran secara online. Anda tetap bisa melakukan pendaftaran sebagai peserta keluarga penerima manfaat (KPM) melalui aparat pemerintah daerah setempat, seperti RT, RW, atau bisa dilakukan ke kantor kelurahan.

Langkah 2

Setelah melakukan pendaftaran ke pihak yang berwajib, nantinya akan diberikan surat pemberitahuan yang berisikan teknis pendaftaran ditempat yang telah ditentukan.

Langkah 3

Calon peserta diharapkan membawa data lengkap dan falid seperti KTP, KK, dan kode unik keluarga dalam data terpadu yang telah diberikan pihat yang berwajib setempat, seperti RT, RW atau Kantor kelurahan.

Langkha 4

Data yang telah anda lengkapi tadi akan segera di proses oleh pihak yang berwewenang seperi HIMBARA, kantor kelurahan, dan kantor walikota/kabupaten.

Langkah 5

Setelah berhasil terverifikasi, nantinya Anda akan dibuatkan rekening Bank HIMBARA, dan akan diberikan KKS atau Kartu keluarga sejahtera.

Baca Juga: Info Bantuan Cair Mei 2021: PKH, BLT UMKM, Diskon Listrik PLN, dan BLT Dana Desa

Cara Pencairan BPNT

Seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya, penerima BPNT yang telah memiliki Kartu Keluarga Sehat (KKS) bisa langsung mempergunakan dana bantuan tersebut untuk membelanjakannya di e-warong terdekat, namun hanya bisa dibelanjakan untuk kebutuhan pangan saja.

Bagi Anda yang sudah memiliki Kartu keluarga sejahtera (KKS) sebelumnya. bisa langsung cek di https://dtks.kemensos.go.id atau melalui aplikasi yang telah di sediakan pemerintah, yakni SIKS-Dataku bisa langsung unduh di Google Play Store.

Untuk pengaduan jika terdapat permasalahan, bisa langsung menghubungi detail kontak dibawah ini:

  • Email: [email protected]
  • WhatsAPP: 0811 1022 210 (tidak menerima layanan telepon).
  • Format pengiriman pesan pengaduan:
  • Nama lengkap (spasi) Nomor NIK KTP (spasi) Alamat lengkap (spasi) perihal pengaduan.

Check Also

Cara Mendapatkan Bantuan PKH Resmi dari Laman indonesia.go.id

Cara Mendapatkan Bantuan PKH Resmi dari Laman indonesia.go.id

Gadgetidn.com – Program Keluarga Harapan atau biasa juga disebut dengan PKH merupakan program yang diselenggarakan …