daftar pinjaman online

Butuh Dana Darurat? Cek Daftar Pinjaman Online Resmi Punya Izin OJK Berikut!

Gadgetidn.com – Selama tiga tahun terakhir, pinjaman online sedang marak di Indonesia. Klaim sebagai cara tercepat dan juga termudah, dana cair dalam waktu 1×24 jam sukses membawa pinjol atau yang dalam istilah kerennya adalah fintech sebagai trend baru bagi masyarakat. Dengan semua kemudahan yang ditawarkan, bukan berarti Anda bisa langsung mengajukan pinjaman begitu saja. Banyak poin dasar yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari daftar pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar di OJK.

Otoritas Jaminan Keuangan atau OJK merupakan standar yang dapat Anda jadikan patokan ketika memilih dan memilah platform pinjaman online. Mereka yang sudah terdaftar dan mengantongi izin dari OJK adalah yang sudah punya kredibilitas baik dan boleh masuk kategori pinjol terpercaya.

Lihat Juga:  Tips dan Cara Mendapatkan Pinjaman Online Bunga Rendah

Bagaimana jika platform yang ingin saya gunakan masih belum jelas izin operasionalnya? Terserah saja. Jika ada yang baik kenapa harus sibuk memilih yang tidak jelas, benar bukan?

Panduan Cara Daftar Pinjaman Online

pinjaman online legal bunga rendah

Lihat Juga:  7 Pinjaman Online Pasti Cair & Terpercaya 2021

Dalam tiga tahun kebelakang, produk pinjaman online atau fintech lending sangat diterima oleh masyarakat di tanah air. Salah satu alasannya adalah kemudahan yang ditawarkan. Mekanisme baru yang tidak mempersulit pelanggan dan juga banyak klaim pinjaman tanpa jaminan atau pinjaman dengan bunga 0%. Jika begini, wajar saja bila banyak yang tergiur.

Tapi, apa sebetulnya defenisi dari pinjaman online ini? Konsepnya sama saja dengan pinjaman di bank atau lembaga keuangan yang lain, hanya saja pinjol ini sistemnya online. Jika butuh, Anda tidak perlu bertatap muka dengan kreditur untuk menyepakati perjanjian. Yang perlu Anda lakukan hanya menginstall aplikasi pinjaman online di ponsel, dan melakukan tahapan registrasi melalui aplikasi tersebut.

Lihat Juga:  Syarat, Cara Daftar, dan Keunggulan Pinjaman Online BRI Ceria

Jika sukses, dana akan langsung dikirim ke rekening pribadi. Menggirurkan bukan? Tapi ingat, urusan utang tidak layak Anda banggakan. Memiliki pinjaman tentu sah-sah saja, asalkan sesuai dengan keadaan financial yang Anda punya.

Lihat Juga:  7 Aplikasi Pinjaman Uang Online Pencairan Mudah

Bagaimana cara daftar pinjaman online ini? Apa saja syarat dan ketentuan yang harus terpenuhi? Sebab ada banyak aplikasi fintech lending yang beroperasi, masing-masing punya ketentuan yang berbeda. Tetapi secara umum, mekanisme nya tidak akan jauh berbeda.

Mekanisme Mengajukan Pinjaman di Aplikasi Pinjaman Online:

  • Pertama, silahkan unduh aplikasi pinjaman online yang Anda inginkan. Lalu install seperti biasa di ponsel pintar kesayangan Anda.
  • Selanjutnya, silahkan jalankan aplikasi tadi. Pilih menu registrasi atau daftar. Lakukan pendaftaran seperti umumnya dengan username dan juga password.
  • Jika sudah berhasil registrasi akun, Anda akan masuk ke tampilan aplikasi. Menu pinjaman biasanya ada di bagian “Lainnya”. Silahkan klik menu tersebut, akan tampil pilihan penyedia pinjaman atau kreditur. Pilih salah satu dan baca ketentuan dan juga syarat yang berlaku.
  • Setelah menyetujui persyaratan dan juga ketentuan yang sudah kreditur tetapkan, akan tampil jumlah maksimal dan minimal pinjaman yang bisa Anda ajukan.
  • Selanjutnya, klik menu ‘Ajukan sekarang’. Pada saat mengisi formulir pengajuan, pastikan data Anda sesuai dengan KTP atau identitas diri yang lain. Masukkan nomor rekening aktif dan segala detail yang diminta oleh aplikasi pinjaman online.
  • Jika sudah, mereka akan mulai memproses pinjaman yang Anda ajukan. Dalam waktu 1×24 jam, mereka akan menghubungi Anda kembali. Jika berhasil, dana akan masuk ke rekening pribadi, jika tidak Anda perlu mengajukan ulang setelah 30 hari atau satu bulan.
Lihat Juga:  12 Pinjaman Online Langsung Cair KTP Sebagai Syarat Utama

Caranya cukup sederhana bukan? Setelah mengetahui bagaimana cara daftar, kini Anda perlu tahu pinjaman online mana saja yang sudah mengantongi izin dari OJK.

Daftar Fintech Lending dengan Izin Operasional OJK

pinjaman online terdaftar di ojk

Ada sejumlah pinjaman online yang tidak memiliki izin operasional alias ilegal. Maka dari itu, Anda perlu cermat dalam memilih. Bersama ulasan ini, kami rangkum daftar pinjaman online yang sudah punya izin dari OJK. Berikut daftarnya :

Lihat Juga:  7 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Uang Online Cepat Cair

a). Pertama; Kredivo

daftar pinjaman online kredivo

Urutan pertama ada aplikasi Kredivo. Pasti Anda tidak asing dengan nama aplikasi ini, bukan? Nama Kredivo sudah sering muncul di layar kaca sebagai pinjaman online tanpa jaminan yang menawarkan cicilan tanpa kartu kredit dan juga dana tunai hanya dengan satu aplikasi.

Legalitas Kredivo sudah cukup dan tidak perlu Anda pertanyakan lagi. Dalam hal cicilan, Kredivo menggaet sejumlah merchant untuk bekerja sama, salah satunya adalah start-up asal Indonesia, yakni Tokopedia. Jadi, Anda bisa melakukan transaksi di Tokopedia dengan pembayaran melalui Kredivo.

Lihat Juga:  23 Pinjaman Online Cepat Cair dan Terpercaya 2021

b). Kedua; Indodana

Indodana - Pinjaman Online Langsung Cair

Menempati urutan kedua, ada fintech bernama Indodana. Platform ini menawarkan dua jenis pinjaman kepada pelanggan, dan masing-masingnya tanpa jaminan apapun. Pertama, ada pinjaman dana tunai sampai dengan Rp 8 juta. Jenis kedua ada pinjaman PayLater khusus untuk berbelanja di merchant yang bekerja sama dengan Indodana, mekanisme pembayarannya sama dengan sistem kartu kredit.

Lihat Juga:  7 Pinjaman Online Cicilan Bulanan Terbaik 2021

c). Ketiga; Julo

cara mengajukan pinjaman online julo

Selanjutnya ada platform Julo yang juga menawarkan pinjaman tanpa jaminan. Ada tiga bentuk pinjaman yang bisa Anda pilih. Pertama Julo Mini untuk nominal pinjaman senilai Rp 1 juta dengan jangka waktu 30 hari. Jenis kedua ada Julo Cicilan dengan pinjaman senilai Rp 8 juta dan jangka pengembalian antara 3 sampai 6 bulan.

Terakhir, Julo juga menyediakan agunan. Yakni kredit dengan jaminan berupa surat kepemilikan tanah, rumah, apartemen atau BPKN kendaraan bermotor. Untuk menjadi pelanggan atau nasabah Julo, Anda bisa langsung mengunduh dan install aplikasi Julo melalui Google Play Store.

Lakukan registrasi atau daftar pinjaman online seperti biasa, lengkapi data diri yang dibutuhkan. Nanti, Julo akan memberikan Anda credit scoring yang nilainya sesuai dengan data dan informasi yang Anda daftarkan tadi. Berdasarkan angka credit scoring inilah Anda bisa memilih jenis pinjaman yang mana.

Lihat Juga:  5 Pinjaman Online Cepat Cair Hanya Modal KTP

d). Keempat; Akulaku

pinjaman online akulaku

Mirip-mirip dengan Kredivo, platform pinjaman online yang satu ini juga cukup sering tampil di layar kaca. Akulaku adalah pinjaman online berikutnya yang sudah punya izin operasional dari OJK. Tidak jauh berbeda dengan tiga aplikasi sebelumnya, Akulaku juga menyediakan pilihan pinjaman, mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan pinjaman jumlah jutaan.

Lihat Juga:  5 Pinjaman Online Cicilan Terbaik 2021 Sudah Terdaftar di OJK

e). Kelima; Pinjam Yuk

pinjaman online pinjam yuk

Platform pinjaman lainnya adalah Pinjam Yuk. Aplikasi ini menawarkan pinjaman dengan cara pengajuan yang sangat mudah. Anda hanya perlu menunggu selama 2 jam untuk proses audit, jika sukses dana akan masuk ke rekening pribadi, dan jika tidak Anda bisa mencoba lain kali.

Sayangnya, Pinjam Yuk menawarkan limit waktu pembayaran yang cukup singkat daripada keempat aplikasi sebelumnya. Nilai pinjaman mulai dari Rp 600 ribu sampai dengan Rp 2 juta harus Anda lunasi dalam waktu tujuh hari atau seminggu saja.

Lihat Juga:  11 Pinjaman Online Bunga Rendah di Bawah 2 Persen

Sebelum memutuskan untuk meminjam dana dari Pinjam Yuk, pastikan Anda sudah menyusun rencana untuk melunasi pinjaman tadi dalam waktu satu minggu saja, ya.

Tertarik untuk daftar pinjaman online lewat aplikasi tadi? Perhatikan syarat dan ketentuan dengan cermat ya, terlebih bagi Anda yang melakukan ini untuk pengalaman pertama. Semoga membantu!

Check Also

pinjaman online pemerintah

Pahami Yuk Plus Minus Pinjaman Online Pemerintah dan Swasta

Gadgetidn.com – Adanya pinjaman online pemerintah membuat masyarakat yang sedang terjepit masalah finansial memiliki solusi …

3 comments

  1. Inengah mudiana

    Inengah mudiana

  2. Inengah midiana

    Saya mau minjam uang pake modal !

  3. Pinjaman online manakah yang ingin Anda ajukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.