contoh bisnis plan

Contoh Bisnis Plan Serta Sistematika Penyusunan

Gadgetidn.comBisnis plan merupakan dokumen yang berisi tentang perencanaan, biasanya seseorang akan membuat bisnis plan dulu sebelum memulai usaha. Banyak sekali fungsinya, mulai dari untuk mencari sponsor hingga strategi perwujudan bisnis. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui Contoh bisnis plan.

Sistematika Penyusunan Bisnis Plan

Sebelum menulis contoh bisnis plan setidaknya harus mengetahui sistematika penulisanya. Mulai dari latar belakang strategi hingga kesimpulan dan anggaran dana. Hal inilah yang menjadi pertimbangan bagi investor dalam memilih dan menentukan keputusan, berikut sistematikanya.

Latar belakang

Latar belakang berisi tentang gambaran umum terkait usaha atau bisnis yang akan Anda jalankan. Selain itu juga memuat rumusan masalah utama yang menjadi landasan perumusan bisnis. Hal pokok yang harus ada adalah alasan pendirian program bisnis.

Sebagai contoh dalam membuat bisnis plan selayaknya seseorang harus mengemas bagian latar belakang ini semenarik mungkin. Karena biasanya investor akan mempertimbangkan latar belakang sebelum beranjak pada subbab lain.

Terkait:  Bisnis Digital: Pengertian dan Contoh Penerapannya

Struktur Organisasi

Sebuah usaha pasti tidak akan dapat berjalan lancar jika berjalan oleh satu orang saja. Maka dari itu perlu beberapa sub bidang yang menaunginya minimal ada bagian ketua, pengelola dan keuangan secara lebih lanjut.

Selain itu biasanya juga harus mencantumkan alamat tempat bisnis akan berkembang. Hal ini merupakan hal penting karena seseorang harus mempertimbangkan lokasi yang strategis dalam pemilihan lokasi pengembangan usaha.

Visi dan misi perusahan

Visi misi merupakan sebuah nilai dan merupakan tujuan pengembangan program bisnis. Dapat dikatakan bahwa hal ini merupakan pedoman dalam menjalankan usaha. Dalam hal ini pula seorang pengelola dan anggota lain dapat memberi patokan mau dibawa kemana bisnisnya.

Hal ini merupakan strategi permulaan yang akan dibawa hingga bisnis benar-benar berkembang maju. Investor pun mempertimbangkan bagian ini dalam menunjang bagaimana kira-kira bisnis akan dijalankan, tentunya investor tidak ingin salah mengambil keputusan.

Tujuan

Bagaimanapun dalam menjalankan usaha perumusan tujuan harus jelas. Ketika suatu usaha tidak memiliki target masa depan, belum apa-apa pasti bisnis tidak akan berjalan. Untuk itu sebaiknya pertimbangkan apa tujuan utama pendirian perusahaan.

Melampirkan tujuan dalam menyusun business plan sangat penting karena agar nantinya dapat memilih teknik secara tepat. Sebab apabila belum menentukan target tentunya dapat membuat kesulitan terutama ketika melalui berbagai ujian. Bahkan tidak jarang seorang pengusaha rugi jutaan.

Terkait:  Proposal Bisnis dan Pembahasan Menarik Lainnya

Keunggulan Produk

Bagian ini perlu mendapat penekanan saat membuat bisnis plan. Tujuannya agar mampu mengambil hati investor agar memilih untuk berinvestasi dengan bisnis yang ada. Jabarkan semua keunggulan dari produk Anda nantinya.

Pemaparan keunggulan produk pada saat menyusun business plan aan menambah daya tariknya. Dengan demikian piha tujuan dapat mempertimbangkannya sehingga kemungkinan akan mereka terima jauh lebih besar. Hanya saja gunakan penjelasan singkat serta tidak berbelit.

Analisa Pasar

Analisis pasar, umumnya menggunakan analisis swot.adapun variabel utamanya meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Keempat pertimbangan tersebut sebaiknya Anda fungsikan untuk menganalisis pasar mulai dari lokasi hingga target konsumen.

Pentingnya melakukan analisis pasar yakni untuk menentukan di mana produk Anda akan memiliki banyak peminat. Perhatikan detail-detail meskipun sangat kecil. Seorang pengusaha bisa mencapai pasar global apabila dapat memanfaatkan kemungkinan serta menargetkan konsumen.

Terkait:  Contoh Proposal Bisnis Plan dan Unsur yang Harus Ada di Dalamnya

Detail Produksi

Anda juga perlu menjabarkan detail produksi juga harus dijabarkan dalam pembuatan bisnis plan. Mulai dari peralatan produksi, bahan produksi hingga jumlah dan hasil dari setiap bulanya perlu penjabaran dan rencana secara matang serta pastikan terstruktur dengan baik.

Seperti saat membangun usaha pada umumnya, detail produksi menduduki tingkatan vital yang meliputi beberapa hal mulai dari bahan baku, tempat, dan desain perincian semua kebutuhan. di samping itu juga perlu menentukan target market yang ingin Anda sasar nantinya.

Keuntungan

Keuntungan, pada sub bab ini sebaiknya berisi modal awal produksi, harga produk, penghasilan bulanan, penghasilan tahunan hingga jumlah keuntungan dan pengeluaran yang diperlukan. Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan jumlah biaya sesuai kebutuhan.

Pastikan mencatatnya secara terperinci, jika perlu tambahan maka tulis perlengkapan pendukung dengan anggaran sekian. Apabila ingin mengajukan kepada investor paparkan secara jelas. tujuannya yakni supaya timbul keterbukaan serta menghilangkan rasa curiga akan adanya motif penipuan.

Penutup

Penutup berisi tentang kesimpulan diantara semua pembahasan. Bagian ini merupakan bagian penting karena investor akan mudah dalam memahami isi bisnis plan secara keseluruhan. Dan buatlah kesimpulan sesingkat mungkin agar tidak janggal.

Saat menyusun penutup sebenarnya tidak perlu terlalu panjang lebar. hanya saja tetap perhatikan sopan santun serta pemakaian bahasa yang baik dan benar. Meskipun investor atau kolega memiliki hubungan baik dengan perusahaan atau bahkan ada ikatan keluarga.

Beberapa Contoh Bisnis Plan

Peran business plan sendiri sangat penting terutama jika Anda ingin melakukan kerjasama untuk mendapatkan investor guna menunjang kemajuan suatu usaha. agar memperkuat pertimbangannya maka penyusunannya harus terlihat profesional. Berikut ulasannya mengenai contoh bisnis plan:

Latar Belakang

Meski belum sepenuhnya terhapus dengan masakan barat atau luar negeri lainnya, olahan nusantara sudah selayaknya tetap dilestarikan agar tetap ada sampai anak cucu kelak. Secara rasa tentu tidak kalah karena Indonesia terkenal akan rempah-rempah yang menimbulkan citarasa khas.

Dengan latar belakang kekhawatiran masakan nusantara akan terhapus, maka Kami mendirikan Rumah Makan Jawa. Tersedia berbagai macam masakan dengan rempah dan bahan pilihan yang kualitasnya selalu terjaga. Cara pemakaiannya juga masih tradisional menggunakan kayu bakar.

Struktur Organisasi

  • Nama Usaha: Warung Makan Jowo
  • Bidang Usaha: Kuliner
  • Nama Produk: Nasi pindang, ketupat sayur, dan sambal terasi.
  • Alamat: Jl. Bangga Bersama no. 26 Rt 08/97 Tulungagung

Visi dan Misi Perusahaan

  • Visi: Melestarikan makanan nusantara agar tetap lestari (tidak terhapus oleh kemajuan zaman).
  • Misi:
    1. memberikan cita rasa nusantara untuk lidah modern.
    2. Menyajikan rumah makan yang bersih dengan kualitas makanan terjamin.

Tujuan

Melestarikan makanan lokal agar tidak sampai terhapus dengan olahan modern. cita rasa khasnya menjadikan Anda dapat menikmati kesna tradisional. Dengan demikian Indonesia tidak kehilangan olahan khas nusantara salah satunya dari Jawa.

Keunggulan Produk

  • Warung makan Jawa mengedepankan kualitas bahan untuk menjaga rasanya sehingga dikenal berbagai kalangan termasuk remaja.
  • Dengan memilih tempat yang strategis membuatnya semakin mudah masyarakat jangkau.
Terkait:  Jenis Laporan Keuangan, Pengertian, Beserta Manfaatnya

Analisa Pasar

Pada poin ini Anda bisa menerapkan analisis SWOT yang berkaitan dengan Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), opportunity (peluang), threats (ancaman). Tujuannya agar  bisnis Anda bisa lebih kuat meski nantinya ada beberapa hambatan.

Penutup

Harapan kedepannya warung Makan Jawa kedepannya bisa memiliki cabang hingga beberapa daerah di Indonesia agar semakin banyak orang menyukai olahan nusantara. Dengan demikian visi dan misi dari pendiri bisa berjalan dengan baik.

Demikian penjelasan mengenai contoh bisnis plan yang bisa menjadi referensi Anda nantinya apabila ingin mendirikan suatu usaha dalam berbagai bidang baik berupa barang atau jasa. Hanya saja saat menyusunnya tetap perhatikan unsur-unsur pelengkap.

Check Also

jenis laporan keuangan

Jenis Laporan Keuangan, Pengertian, Beserta Manfaatnya

Gadgetidn.com – Bagi Anda yang sedang bekerja di perkantoran atau sedang membangun bisnis, tentu sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published.