contoh proposal bisnis plan

Contoh Proposal Bisnis Plan dan Unsur yang Harus Ada di Dalamnya

Gadgetidn.com – Anda perlu memperhatikan contoh proposal bisnis plan beserta unsur yang harus ada di dalamnya. Tujuannya agar ketika akan mengajukan kerja sama bisnis maka kesempatan untuk diterima jauh lebih besar. Sebab akan beresiko tinggi jika salah dalam penulisannya.

Contoh Proposal Bisnis Plan

Peran proposal bisnis plan sendiri sangat penting terutama jika Anda ingin melakukan kerja sama untuk mendapatkan investor guna menunjang kemajuan suatu usaha. agar memperkuat pertimbangannya maka penyusunannya harus terlihat profesional. Berikut ulasannya:

1. Latar Belakang

Isi dari latar belakang sebaiknya Anda isi dengan menuliskan alasan untuk mendirikan suatu usaha, sejarah yang mengiringinya, keunggulan/ prestasi, serta potensi di masa mendatang. Susunlah dengan menggunakan bahasa padat dan luga. Hindari terlalu berbelit karena akan membuat bosan.

Anda juga bisa menambahkan tinjauan pustaka atau kutipan hasil penelitian sebuah sumber terpercaya mengenai manfaatnya. Dengan demikian akan lebih mudah mendapatkan brand awareness tanpa adanya paksaan. Perjelas brand penjelasan dengan langsung menyebut nama brand.

  • Warung makan Mbok Ijah mengedepankan kualitas bahan untuk menjaga rasanya sehingga dikenal berbagai kalangan termasuk remaja.
  • Dengan memilih tempat yang strategis membuatnya semakin mudah masyarakat jangkau tepatnya di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

2. Penjelasan Visi dan Misi Usaha

Setiap usaha yang Anda bangun tentu harus memiliki visi dan misi supaya semakin terlihat profesional serta memperkuat pertimbangan kolega saat akan memberikan investasinya. Umumnya fokus utamanya seberapa berpotensi bisnis tersebut guna menekan terjadinya kerugian.

Sata menjelaskan Visi dan misi, diusahakan secara jelas dan detail. Pada bagian ini terbilang penting untuk menghindari penyalah artian dari investor. Oleh sebab itu jangan menuliskan terlalu panjang lebar sebab bisa terkesan membosankan. Perhatikan contoh dari Warung Makan Mbok Ijah.

  • Visi: Melestarikan makanan nusantara agar tetap lestari dan tidak terhapus oleh zaman.
  • Misi:
    1. memberikan cita rasa nusantara untuk lidah modern.
    2. Menyajikan rumah makan yang bersih dengan kualitas makanan terjamin.
    3. Memilih bahan terbaik untuk menghasilkan masakan nusantara dengan cita rasa khas.
Terkait:  Proposal Bisnis dan Pembahasan Menarik Lainnya

3. Gambar Produk

Pengajuan proposal business plan penting untuk melampirkan foto produk yang Anda produksi misalnya untuk Warung Makan Mbok Ijah berupa tampilan setiap olahannya. Pastikan mengaplikasikan layout yang baik agar terkesan lebih profesional dan rapi.

Berikan deskripsi pada setiap fotonya  dengan menggunakan kata-kata yang singkat namun menarik untuk dibaca. Tetap aplikasikan bahasa sesuai kaidah KBBI serta kurangi menggunakan singkatan. Meski bahasanya ringan, namun cenderung bisa menarik perhatian orang lain.

“Bisnis Warung Makan Mbok Ijah menyediakan makanan khas nusantara dari berbagai daerah untuk mengobati rasa rindu dengan kampung halaman. Rasanya semakin nikmat karena dimasak oleh para ahlinya”.

4. Rencana Usaha

Bagian ini memuat berbagai macam informasi yang perlu Anda lampirkan untuk memperkuat pertimangan para calon investor nantinya. usahakan menuliskan secara lengkap dan terperinci berbagai hal pentingnya, yakni sebagai berikut:

Terkait:  Contoh Bisnis Plan Serta Sistematika Penyusunan

a. Persiapan

Seperti saat membangun usaha pada umumnya, persiapan meliputi beberapa hal mulai dari bahan baku, tempat, dan desain perincian semua kebutuhan. di samping itu juga perlu menentukan target market yang ingin Anda sasar nantinya. contohnya:

“dalam menjalankan usaha warung makan Mbok Ijah, semua bahan berasal dari masok berkualitas. Beberapa diantaranya bahan berupa buah dan sayur organik”.

Anda juga perlu menjabarkan detail produksi juga harus dijabarkan dalam pembuatan bisnis plan. Mulai dari peralatan produksi, bahan produksi hingga jumlah dan hasil dari setiap bulanya perlu penjabaran dan rencana secara matang.

b. Strategi Pemasaran

Promosi menjadi hal penting untuk Anda perhatikan, apabila ingin lebih hemat namun menjangkau secara global maka media digital bisa menjadi solusinya. Silahkan pasang iklan di beberapa platform seperti Instagram atau Facebook Ads, TikTok, dan bekerja sama dengan influencer.

Saat merancang proposal business plan maa cantumkan bagaimana strategi marketing. Sebaiknya cobalah untuk membuat suatu karakter, dalam artian untuk menimbulkan ciri khas agar mudah pelanggan bedaan dengan lainnya. contohnya sebagai berikut:

“agar Warung Mbok Ijah lebih mudah masyarakat ketahui dan menjangkau secara luas maka strategi promosi akan menggunakan peran influencer dan media digital.

Selain itu, juga akan membuat situs pribadi serta media sosial resmi untuk memudahkan pelanggan jika ingin mengetahui menu baru dari Warung Mbok Ijah. Manfaat lainnya sebagai wadah untuk lebih dekat dengan pelanggan serta memberitahukan promo terkini.

Terkait:  Jenis Laporan Keuangan, Pengertian, Beserta Manfaatnya

c. Rencana Anggaran

Membangun usaha baik berupa barang atau jasa tentunya membutuhkan dana yang cukup besar untuk mengembangkannya agar menjangkau semua kalangan. Ketersediaan berbagai pilihan umumnya akan membuat konsumen semakin tertarik dan akhirnya beralih sebagai pelanggan tetap.

Penganggaran harus Anda susun secara lengkap dan terperinci mulai dari sewa lokasi jika ada, untuk membeli bahan. Memenuhi kebutuhan perabotan. Di samping itu sebaiknya tulis juga semua kebutuhan pendukung misalnya berkaitan dengan teknologi. Seperti di bawah ini:

  • Sewa Tempat: Rp 2.000.000
  • Pembelian Mesin Kasir: Rp 3.000.000
  • Sayur Mayur: 15.000 x 10 + Rp 150.000

d. Sumber Anggaran

Perihal anggaran Anda bisa mengambil dari simpanan pribadi, investasi , atau pinjaman. Silahkan tulis keterangannya secara mendetail jika perlu rinci untuk masing-masing pengeluaran dengan estimasi sampai 1 bulan atau tahun. Susun semua dari awal hingga akhir.

Jika modal yang Anda gunakan berupa gabungan antara pribadi dan pinjaman, maka usahakan membedakannya agar lebih rinci dan tidak tercampur satu dengan lainnya. selai itu perkirakan pemasukan yang Anda butuhkan yakni dari investor nantinya. berikut ulasannya:

  • Modal pribadi: Rp 7.000.000
  • Dana pinjaman: Rp 4.000.000
  • Perkiraan dana dari investor: Rp 12.000.000
Terkait:  Bisnis Digital: Pengertian dan Contoh Penerapannya

e. Struktur Organisasi

Dalam menjalankan suatu bisnis, keberadaan struktur organisasi terbilang cukup vital untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan visi dan misi. Pemilihannya tentu tidak sembarang sebab berkaitan dengan bagaimana nantinya menjalankan usaha terutama saat melalui masa sulit.

Sebenarnya struktur bisnis tidak selalu harus sampai direktur atau CEO. Namun pastikan mencantumkannya secara jelas dan detail serta bisa dipertanggung jawabkan. Hal iniberkaitan dengan mrembangun awarness, berikut contohnya:

  • Manager: Ari
  • Bendahari: Nina
  • Pemasaran: Lucky
  • Dll…

5. Penutup

Penutup berisi tentang kesimpulan diantara semua pembahasan. Bagian ini merupakan hal penting karena investor akan mudah dalam memahami isi bisnis plan secara keseluruhan. Dan buatlah kesimpulan sesingkat mungkin agar tidak janggal serta memberikan makna ganda.

Saat menyusun penutup sebenarnya tidak perlu terlalu panjang lebar. hanya saja tetap perhatikan sopan santun serta pemakaian bahasa yang baik dan benar. Meskipun investor atau kolega memiliki hubungan baik dengan perusahaan atau bahkan ada ikatan keluarga.

Demikian penjelasan mengenai contoh proposal bisnis plan yang perlu Anda perhatikan mengenai detailnya dengan tujuan agar nantinya tidak sampai salah. Sebelumnya usahakan untuk menerapkan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Check Also

jenis laporan keuangan

Jenis Laporan Keuangan, Pengertian, Beserta Manfaatnya

Gadgetidn.com – Bagi Anda yang sedang bekerja di perkantoran atau sedang membangun bisnis, tentu sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published.