asuransi mobil all risk dan tlo

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan Asuransi Mobil TLO

Gadgetidn.com – Pada umumnya asuransi mobil dibagi menjadi dua, yaitu asuransi mobil All risk dan TLO atau yang bisa kita kenal dengan sebutan Total Loss Only. Meskipun keduanya merupakan jenis produk asuransi mobil, namun tetap saja mempunyai perbedaan masing – masing. Mulai dari biaya premi, hingga syarat untuk klaim pun berbeda.

Lalu, apa saja perbedaan anatara asuransi mobil All risk dan TLO. Nah, suapaya anda tidak bingung lagi mengenai hal tersebut, yuk simak ulasan selengkapnya dari Gadgetidn.com dibawah ini:

Asuransi All Risk

Pada asuransi mobil all risk, jenis asuransi ini sangat banyak digunakan oleh para pemilik mobil baru, sebab jika kita mengutip perbedaan asuransi mobil All risk dan TLO, asuransi mobil all risk memberikan perlindungan secara menyeluruh atau menanggung segala risiko yang terjadi pada mobil anda.

Pada intinya, asuransi mobil all risk tidak hanya menanggung kerusakan besar saja, melainkan kerusakan ringan juga. Seperti mobil anda lecet, kaca pecah, bahkan juga kerusakan yang diakibatkan karena bencana alam. Anda bisa mengajukan klaim asuransi pada perusahaan asauransi tersebut.

Asuransi Mobil TLO

Pada poin pertama mengenai asuransi mobil jenis TLO, tentu anda sudah bisa menyimpulkan dari namanya. Asuransi mobil TLO merupakan singkatan dari Total Loss Only, yang mana akan memberikan manfaat penuh kepada nasabah jika terjadinya kerusakan mobil 75% dari harga mobil yang anda miliki.

Jika terjadi risiko seperti diatas, pihak dari prusaan asuransi TLO dapat anda cairkan dengan mengajukan klaim sesuai ketentuan polisnya. Namun jika kerusakan tidak sampai 75% dari harga mobil, pihak asuransi tidak akan menanggun biaya yang anda keluarkan untuk perbaikan mobil. Selain itu, pihak asuransi TLO juga akan menanggung risiko kerugian  jika terjadi kehilangan mobil.

Pada intinya, asuransi mobil jenis Total Loss Only (TLO) hanya menanggung risiko kerusakan parah. Seperti contohnya jika anda mengalami kecelakaan dan memakan biaya perbaikan hingga Rp 75 juta, sedangkan harga mobil yang anda beli senilai Rp 100 juta, Asuransi TLO akan mengganti biaya perbaikan yang anda keluarkan.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional?

Manfaat Asuransi Mobil TLO

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO juga dari manfaat yang anda dapatkan. Dari asuransi jenis TLO sendiri biaya premi yang di bayarkan juga lebih murah jika dibandingkan dengan All risk, dengan begitu anda bisa lebih menghemat biaya pengeluaran.

Tapi tenju juga harus tetap dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan mobil anda. Misalnya jika anda mempunyai mobil bekas dengan nilai harga Rp 20 jutaan, jenis asuransi mobil TLO menjadi rekomendasi yang paling tepat.

Dan satu lagi yang perlu anda ketahuia adalah biaya premi dan kontribusi dari asuransi mobil TLO juga disesuaikan dengan lokasi kendaraan tersebut. Seperti contohnya:

  • Wilayah 1 merupakan Sumatera dan sekitarnya.
  • Wilayah 2 DKI Jakarta.
  • Dan wilayah 3 Jawa barat dan banten.

Selain itu, jika semakin tinggi pertanggungan pada asuransi mobil TLO, maka akan semain tinggi pula biaya premi yang anda bayar nantinya. Misalnya jika anda berada di wilayah 2 (DKI Jakarta) sedangkan uang pertanggungan Rp 125 juta hingga Rp 200 juta dengan perhitungan 0,53% dari harga kendaraan, maka premi yang akan anda batar setiap tahunnya senilai Rp 1.060.000.

Baca Juga: Masih bingun? Yuk Intip 5 Daftar Asuransi Mobil Terbaik di 2021

Kesimpulan

Nah, mengenai perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO atau Total Loss Only, tentunya anda sudah tidak bingung lagi kan?

Lalu dari kedua asuransi tersebut, manakah yang lebih baik? Jika kita membandingkan kedua jenis asuransi tersebut, tentu sama – sama baik. Jika anda mempunyai mobil bekas dan bernia membeli asuransi, mungkin yang lebih cocok dengan anda jenis asuransi TLO.

Itulah pembahasan singkat dari kami mengenai perbedaan antara asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Terimakasih 🙂

Pencarian Terkait:

Harga Asuransi Mobil All Risk 2021 , Asuransi Mobil All Risk Garda Oto , Asuransi Mobil All Risk Terbaik, Asuransi Tlo Adira , Biaya Asuransi Mobil All Risk Bca , Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk , Jenis Asuransi Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published.