kelebihan dan kekurangan oppo a15

Yuk Intip, 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15

Gadgetidn.com – Oppo merilis produk seri A lainnya pada November 2020, yaitu Oppo A15. Ponsel ini masih entry-level dan dibanderol dengan harga awal Rp 1,9 juta untuk satu varian memori yang tersedia. Lalu, bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan Oppo A15 tersebut?

Dengan harga segitu, Oppo A15 seharusnya bisa bersaing dengan beberapa kompetitor tangguh. Jika Anda memiliki rencana untuk membeli ponsel ini maka Anda bisa membaca pembahasan di bawah ini tentang beberapa kelebihan dan kekurangan ponsel ini menurut pandangan kami.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15

Nah, sebelum lanjut kepada inti dari pembahasan artikel kami kami ini tentang kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan smartphon Oppo A15 tersebut, baiknya pahami terlebih dahulu sekilisa spesifikasi Oppo A15 sebagai berikut.

Spesifikasi Oppo A15

spesifikasi oppo a15

  • Rilis: November 2020
  • Layar: IPS LCD 6,52 inci, 720 x 1600 piksel
  • Chipset: Mediatek Helio P35
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4230 mAh
Detail Spesifikasi

Kelebihan Oppo A15

kelebihan dan kekurangan hp oppo a15

Setelah mengetahui apa saja spesifikasi yang ditawarkan Oppo A15 pada penjelasan diatas. Saatnya kita membahas kelebihan dan kekurangan Oppo A15. dan disini kami menemukan ada 7 kelebihan Oppo A15 menurut versi gadgetidn.com.

Apa saja itu? supaya anda tidak pensaran lagi, berikut 7 kelebihan serta keunggulan yang ditawarkan Oppo A15.

1. Bodi Ringan dan Elegan

Soal Body, sepertinya tidak akan pernah lepas dari pembahasan kelebihan dan kekurangan Oppo A15. Smartphone tersebut sedikit lebih unggul dianatara Hp kelas menengah jika kita bandingkan soal Body.

Inilah salah satu keunggulan utama Oppo A15. Dibandingkan beberapa pesaing utama, Oppo A15 lebih unggul dari segi desain dan build. Bobotnya ringan (175g) dengan ketebalan hanya 7.9mm, membuatnya nyaman untuk dipegang selama penggunaan sehari-hari.

Lihat Juga:  Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy M30s

Desainnya juga bisa masuk ke dalam kategori banyak orang. Alih-alih menghidupkan kembali gradien warna atau desain bertekstur, Oppo A15 lebih memilih desain solid yang terlihat elegan dalam dua pilihan warna utama: hitam dan putih. Desain kamera juga terlihat serasi dengan keseluruhan desain ponsel, sehingga mampu memberikan kesan premium.

2. Tampilan Cerah

Tampilan Oppo A15 juga sedikit lebih baik dalam hal kecerahan dibandingkan beberapa produk pesaing. Ponsel ini menawarkan kecerahan khas 480 nits, yang membuatnya dapat dibaca dengan baik di siang hari yang cerah. Kecerahan Oppo A15 didukung oleh kecerdasan buatan, yang mengenali preferensi pengguna dan menyesuaikan kecerahan secara otomatis.

3. Baterai Awet

Di pembahasan kelebihan dan kekurangan Oppo A15, kita beralih ke sektor baterai. Oppo A15 dibekali baterai tahan lama berkapasitas 4230 mAh. Baterai dapat memberi daya pada perangkat sepanjang hari dengan sekali pengisian penuh.

Oppo mengklaim baterai Oppo A15 mampu bertahan hingga 16 jam untuk menonton video HD online atau hingga 6 jam untuk bermain game. Sementara itu, fitur Super Nighttime Standby akan mempelajari kebiasaan tidur pengguna dan mengurangi konsumsi daya di malam hari.

4. Sistem Operasi yang Nyaman

Oppo A15 berjalan di ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Dalam sistem operasi ini, pengguna dapat menemukan banyak fitur yang dioptimalkan untuk kenyamanan pengguna, seperti mode gelap baru, bilah sisi pintar, dan gerakan Ikon Pull-Down.

Fitur mode gelap baru membuat berita utama menonjol dan membuatnya lebih nyaman untuk dilihat. Lalu ada smart sidebar yang memudahkan pengguna untuk mengakses file, mengambil screenshot, dan lainnya dari aplikasi yang sedang digunakan. Sementara gerakan pull-down Icon memudahkan pengoperasian dengan satu tangan.

5. Performa Lumayan Kencang

Dari kelebihan dan kekurangan Oppo A15, kelebihan dari segi kinerja Oppo A15 sangat baik. Ini menggunakan prosesor octa core yang sangat cepat di kelasnya. Ditambah dengan RAM 3GB, Oppo A15 mampu memberikan performa yang baik untuk pekerjaan ringan sehari-hari, seperti bermain media sosial, browsing web, dan menonton video HD online.

Lihat Juga:  15 Rekomendasi HP Gaming Murah Spek Tinggi

Fitur bawaan Hyper Boost 2.1 membantu meningkatkan kinerja game dan respons haptic. Namun, karena prosesornya bukan spesialis game, Oppo A15 bukanlah produk yang tepat untuk memainkan game berintensitas tinggi.

6. Memiliki Sensor Sidik Jari

Bukan hal yang tidak mungkin jika kami tidak memasukkan fitur buka kunci di list kelebihan dan kekurangan Oppo A15. Sensor sidik jari hadir dengan benar di Oppo A15. Dengan itu Anda dapat mengakses perangkat Anda hanya dengan satu sentuhan.

Selain itu, Oppo A15 juga mendukung Face Unlock yang mampu mengidentifikasi pengguna berdasarkan 128 fitur wajah. Memang tidak secepat sensor sidik jari, tapi bisa diandalkan dari waktu ke waktu.

7. Kamera Utama Layak

Oppo A15 memiliki pengaturan tiga kamera di bagian belakang. Kamera utamanya bersensor 13MP dengan performa lumayan untuk mengabadikan momen indah setiap hari. Anda juga bisa berkreasi dengan dua kamera lain, seperti kamera makro untuk close-up dan kamera bokeh untuk fotografi potret.

Kekurangan Oppo A15

spesifikasi oppo a15

Meski terlihat cukup meyakinkan, Oppo A15 sebenarnya memiliki sejumlah kelemahan di beberapa sektor penting. Dengan banyaknya produk pesaing yang menawarkan standar yang lebih baik, Oppo harus bekerja keras untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa produk mereka layak untuk dimiliki.

Merujuk pada perbandingan kelebihan dan kekurangan Oppo A15 dengan banyak produk pesaing dengan harga yang sama, seperti realme C15 (3/64 GB) dan Redmi 9 (4/64 GB), berikut beberapa kekurangan Oppo A15.

1. ROM Kecil

Dibandingkan dengan dua lawan di atas, Oppo A15 hadir dengan memori penyimpanan terkecil, yaitu 32GB. Meski mendukung slot microSD tambahan, hal ini jelas bisa menjadi salah satu faktor penentu utama untuk dipertimbangkan calon pengguna.

Lihat Juga:  Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A9 2020

Dengan meningkatnya penggunaan perangkat saat ini, lebih baik memori penyimpanan minimum ponsel harus 64GB. Ini cukup untuk menyimpan berbagai data yang diperlukan, seperti aplikasi, media, dll.

2. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Oppo A15 juga kalah bersaing dalam hal kamera dibandingkan realme C15 dan Redmi 9. Dalam pengaturannya, tidak menyertakan lensa ultrawide yang mampu menangkap lebih asyik. Sementara realme C15 dan Redmi 9 yang keduanya merupakan sensor kamera lainnya, menawarkan lensa ultra-wide 8MP.

3. Tidak Mendukung Pengisian Cepat

Ukuran baterai Oppo A15 sebenarnya lumayan bagus, di atas standar saat ini. Namun, baterainya hanya mendukung pengisian 10W, yang berarti pengisian daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu lama. Sebagai ilustrasi Anda bisa melihat perbandingan packing pada gambar di atas.

Di sisi lain, Realme C15 dan Redmi 9 hadir dengan baterai yang lebih besar, masing-masing 5020mAh dan 6000mAh. Ini juga mendukung pengisian cepat 18W dengan kecepatan yang andal.

Kesimpulan

Kita simpulkan dari kelebihan dan kekurangan Oppo A15 adalah ponsel yang menarik dengan desain. Bodinya yang ramping, warna solid dan desain yang elegan membuatnya cocok digunakan oleh semua kalangan, baik pria maupun wanita.

Sementara itu, layar yang cerah, performa dapur pacu yang ramah dan daya tahan baterai yang lama menjadikan Oppo A15 perangkat yang andal untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Namun, ketika berbicara tentang dunia perbandingan, Oppo A15 bukanlah perangkat yang menarik. Dalam persaingan yang semakin ketat, Anda dapat menemukan banyak produk dalam kategori harga yang sama yang menarik standar yang lebih baik, yang berarti dapat memberi Anda lebih banyak manfaat.

Tapi kembali lagi kepada selera dan kebutuhan anda.

Check Also

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy M30s

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy M30s

Gadgetidn.com – Hp Samsung Galaxy M30s diluncurkan oleh Samsung pada bulan September 2019 lalu. Ponsel …

Leave a Reply

Your email address will not be published.