kelebihan dan kekurangan oppo a11k

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A11k

Gadgetidn.com – Oppo A11k merupakan ponsel entry-level yang diluncurkan pada November 2020. Ponsel ini dibanderol dengan harga kurang dari dua juta dan hanya tersedia dalam satu versi. Kehadirannya menambah hiruk pikuk persaingan di kategori harga ini. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Oppo A11k tersebut?

Jika Anda berencana untuk membeli Oppo A11k, maka Anda dapat membaca garis besar detail dalam diskusi tentang kelebihan dan kekurangan Oppo A11k ini. Sebelumnya, Anda bisa mengetahui spesifikasi Oppo A11k di bawah ini.

Spesifikasi Oppo A11k

spesifikasi hp oppo a11k

  • Rilis: November 2020
  • Layar: IPS LCD 6,22 inci, 720 x 1520 piksel
  • Chipset: Mediatek Helio P35
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4230 mAh
Detail Spesifikasi

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A11k

spesifikasi oppo a11k

Mengutip dari detail spesifikasi yang titawarkan Oppo A11k, meskipun dihargai sangat murah dengan spek yang cukup mempuni, namun Hp ini bukanlah satu-satunya yang terbaik pada hp kelas menengah harga 2 jutaan.

Kelebihan Oppo A11k

kelebihan dan kekurangan hp oppo a11k

Seperti yang akan kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A11k tersebut, tim gadgetidn.com menemukan 7 kelebihan diantaranya. Penasaran apa saja? simak selengkapnya pada poin-poin dibawah ini.

1. Desain Bodi Tipis

Untuk menarik calon pengguna, Oppo A11k hadir dengan desain yang disebut 3D Diamond Blaze yang menampilkan area seperti berlian. Permukaannya bertekstur sehingga menambah kenyamanan untuk digenggam.

Selain itu, bodi Oppo A11k sangat tipis, ringan dan nyaman digunakan sebagai perangkat sehari-hari. Tersedia dalam warna biru dan hitam, ponsel ini cocok untuk pengguna dinamis.

2. Tampilan Blue Light Shield

Dari kelebihan dan kekurangan Oppo A11k, smartphon tersebut menampilkan layar IPS cerah dengan kecerahan khas 450 nits yang menjadikannya salah satu kelebihan. Ini membantu layar tetap cukup jernih di siang hari yang cerah.

Lihat Juga:  Harga 3 Jutaan, Inilah Spesifikasi Oppo A9 2020

Oppo juga menawarkan pelindung berupa Gorilla Glass 3. Tidak hanya cukup tangguh untuk menahan goresan benda tajam, tetapi cukup efektif untuk melindungi layar dari ancaman goresan kecil setiap saat.

Untuk pengalaman pengguna yang nyaman, layar Oppo A11k dilengkapi dengan cover berwarna biru muda. Teknologi ini membantu menyaring cahaya biru yang berbahaya bagi kesehatan mata, sehingga Anda tetap dapat merasa nyaman menggunakan perangkat Anda setiap hari.

Secara umum tampilan Oppo A11k tidak jauh berbeda dengan produk lain di kelasnya. Namun, kualitas visualnya cukup memberikan kesenangan, terutama saat menonton dan bermain game.

3. Dilengkapi Sensor Sidik Jari

Kelebihan dan kekurangan Oppo A11k selanjutnya adalah sensor sidik jari. Seperti kebanyakan ponsel kelas menengah pada umumnya, sensor sidik jari Oppo A11k dipasang di bagian belakang. Dengan respon yang cukup cepat, Anda dapat menjangkau ponsel ini dengan mudah.

Selain sensor sidik jari, Anda juga dapat memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan untuk membuka kunci perangkat Anda dengan Face Unlock. Memang kecepatan responnya cukup lambat, namun ini bisa menjadi alternatif saat Anda ingin mencoba pengalaman baru saat menjelajah perangkat Anda.

4. Performa Oke

Oppo A11k didasarkan pada prosesor octa-core dari Mediatek yang dapat beroperasi hingga 2.35GHz. Performa prosesor ini cukup bisa diandalkan untuk ponsel entry. Anda dapat mengandalkannya untuk melakukan tugas-tugas dasar dengan baik. Bermain media sosial, menonton video dan browsing web bisa dilakukan dengan lancar.

Untuk menjalankan game ringan dengan intensitas rendah, prosesor sudah cukup untuk melakukan ini. Namun, jika Anda menyukai game yang intens, sebaiknya pilih ponsel lain dengan prosesor yang lebih tinggi.

5. Baterai Cukup Awet

Jika membahas kelebihan dan kekurangan Oppo A11k, tentu soal daya datan perlu kita ulas. Kelebihan Oppo A11k baterai 4000 mAh bisa dibilang standar terendah saat ini di dunia Android. Oleh karena itu, setiap produsen ponsel Android berlomba-lomba untuk meningkatkan kapasitas baterai di atas angka tersebut.

Lihat Juga:  Harga Oppo A53 Terbaru di Indonesia dan Spesifikasi

Ponsel Oppo A11k dilengkapi dengan baterai 4230 mAh yang dapat memberi daya pada perangkat sepanjang hari. Oppo mengatakan dalam klaimnya bahwa baterai dapat bertahan hingga 17 jam untuk menonton video HD online dan hingga 8 jam untuk bermain game.

6. Banyak Fitur Menarik

Sungguh jelas kelebihan dan kekurangan Oppo A11k, smartphon ini berjalan pada sistem operasi ColorOS 6.1 berbasis Android 9.0 Pie yang cukup menjadi unggul dibanding hp kelas menengah lainnya. Dalam sistem operasinya, Oppo telah membenamkan banyak fitur yang bisa bermanfaat bagi sebagian pengguna.

Salah satu contohnya adalah mode berkendara. Fitur ini membantu Anda tetap fokus di jalan dengan memblokir panggilan dan notifikasi yang tidak perlu.

Lalu ada Bilah Sisi Cerdas. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengakses file, mengambil tangkapan layar, dan banyak lagi, semuanya dari aplikasi yang sedang Anda gunakan.

7. Memiliki Teknologi Dirac

Dirac secara otomatis meningkatkan kualitas suara dengan mode audio pintar untuk apa yang Anda lakukan – bermain game, mendengarkan lagu, atau menonton video. Apa pun yang Anda dengar, itu akan menjadi pengalaman yang nyata dan nyata. Dirac adalah perusahaan teknologi yang berspesialisasi dalam peningkatan audio digital.

Kekurangan Oppo A11k

spesifikasi hp oppo a11k

Setelah mengupas beberapa hal menarik dari kelebihan dan kekurangan Oppo A11k, Kami menemukan ada 3 kekurangan Oppo A11k yang perlua anda pertimbangkan sebelum membelinya.

1. RAM kecil

Oppo A11k hanya dibekali RAM 2 GB. Untuk ukuran saat ini, RAM sebesar itu sangat kurang untuk ponsel Android Anda. Meskipun ponsel ini menggunakan prosesor yang cukup kuat di kelasnya, RAM 2GB memberi Anda sejumlah batasan.

Oppo A11k cocok untuk mendukung kebutuhan dasar sehari-hari seperti browsing web dan menonton video. Namun ketika Anda menggunakannya untuk multitasking atau bermain game dengan intensitas tinggi, Anda mungkin mengalami lag atau semacamnya.

Lihat Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Hp Vivo Y50

Karena ada banyak produk murah yang menawarkan lebih banyak RAM, ini jelas merupakan salah satu kelemahan terbesar dari Oppo A11k. Selain penyimpanan yang bisa diperluas dengan kartu microSD, tidak ada cara untuk menambah kapasitas RAM, selain membeli ponsel baru.

2. Masih kamera ganda

Salah satu pesaing terdekat Oppo A11k adalah Redmi 9. Redmi 9 versi termurah dengan RAM 3GB dan ROM 32GB dijual dengan harga yang sama dengan Oppo A11k di Rs 1,7 jutaan.

Dari segi kamera, Redmi 9 jelas yang terbaik karena memiliki pengaturan kamera quad yang lebih baik (13/8/5/2). Bandingkan dengan kamera belakang Oppo A11k yang hanya terdiri dari dua sensor standar (23/1).

Meski kualitas pemotretannya cocok untuk pemotretan sehari-hari, kamera Redmi 9 mampu menawarkan pengalaman yang jauh lebih kaya. Salah satunya adalah fotografi close-up dengan kamera makro.

3. Layarnya tidak full HD

Oppo A11k juga masih kekurangan kualitas tampilan secara keseluruhan. Resolusi layar yang Anda gunakan hanya HD+. Jika tidak ada pesaing yang menggunakan layar Full HD, itu tidak masalah.

Tapi buktinya ada, salah satunya Redmi 9. Panel IPS-nya yang lebih besar hadir dengan resolusi FHD+ yang menawarkan kerapatan piksel tinggi. Ini membuat gambar lebih jelas dan lebih mudah dilihat.

Kesimpulan

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo A11k diatas. Dengan semakin ketatnya persaingan, Anda mungkin akan kesulitan untuk memutuskan ponsel mana yang akan dipilih, termasuk saat memilih Oppo A11k.

Secara keseluruhan, Oppo A11k terlihat sangat menawan. Untuk harga awal yang ditawarkan Rp 1,7 juta, ponsel ini masih layak dipertimbangkan. Tapi semua kembali ke diri sendiri, mau beli sekarang atau nunggu harga turun.

Check Also

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy M30s

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy M30s

Gadgetidn.com – Hp Samsung Galaxy M30s diluncurkan oleh Samsung pada bulan September 2019 lalu. Ponsel …

Leave a Reply

Your email address will not be published.