kelebihan dan kekurangan vivo y50

Kelebihan dan Kekurangan Hp Vivo Y50

Gadgetidn.com – Kini hadir produk Vivo untuk seri Y mendatang. Setelah sebelumnya puas dengan kemampuan Vivo Y19 di penghujung tahun 2019, Vivo Y50 tampil dengan perkembangan yang berbeda di berbagai sektor dibandingkan produk sebelumnya. Namun tetap ada kelebihan dan kekurangan Vivo Y50 tersebut.

Vivo Y series memang sudah dipasarkan dalam braket harga yang lebih rendah dari seri V, namun Vivo Y50 bukanlah Hp yang bisa diremehkan. Berbagai fasilitas yang ditawarkannya memberi Anda nilai terbaik, dan Anda akan merasa bahwa smartphone ini benar-benar sepadan dengan apa yang Anda bayar. Jika Anda tertarik dengan Hp ini, Gadgetidn.com telah merangkum kelebihan dan kekurangan Vivo Y50 untuk Anda.

Spesifikasi Vivo Y50

kelebihan dan kekurangan spek vivo y50

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: IPS LCD, 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh
Spesifikasi Lepkap

Kelebihan Vivo Y50

kelebihan vivo y50

Vivo Y50, Hp tahun 2020, tentunya membawa banyak fitur dan teknologi canggih. Berikut beberapa fitur andalan Vivo Y50 yang patut Anda pertimbangkan untuk meminang smartphone tersebut.

1. Buka Kunci Layar

Meskipun setiap Hp memiliki kelebihan dan kekurangan namun tentunya vivo y50 akan lebih banyak kelebihan yang ditawarkan smartphone tersebut. Dalam hal keamanan dan kecepatan buka kunci layar, Vivo Y50 adalah yang terbaik karena menawarkan fitur lengkap.

Anda tidak hanya dapat membuka kunci layar dengan kata sandi, PIN atau pola, tetapi Anda juga dapat membuka kunci layar menggunakan sensor sidik jari di bagian belakang bodi dan melalui deteksi wajah.

Khusus untuk sensor sidik jari dan fitur face unlock, kedua fitur ini banyak ditemukan di ponsel kelas menengah. Jadi Anda bisa membuka kunci layar dengan praktis dan cepat.

2. Baterai Tahan Lama

Seperti yang diketahui, baterai Hp berkapasitas kecil sangat merugikan penggunanya. Anda bisa lega setelah mengetahui bahwa kelebihan Vivo Y50 hadir dengan kapasitas yang sangat besar, yakni 5000mAh. Bahkan jika dibandingkan dengan vivo S1 Pro di kisaran harga yang sama, Vivo s1 Pro hanya hadir dengan baterai 4.500mAh. Ternyata, seri Y dari Vivo memiliki ciri khas baterai yang besar.

Terkait:  Spesifikasi Lengkap Vivo Y50 Beserta Harganya

3. Fast Charging

Masih berbicara tentang baterai, daya tahan bukanlah faktor utama yang menarik. Waktu pengisian daya juga sangat penting – itu sebabnya Vivo Y50 juga dilengkapi dengan teknologi 18W Dual Engine Fast Charge.

Anda dapat mengisi penuh Hp Anda hanya dalam 2 jam 25 menit. Mungkin terlalu lama untuk volume pengisian cepat, tapi itu karena baterai berkapasitas jumbo membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi daya. Selain itu, ini sangat dihargai karena HP berkapasitas besar jarang disertai dengan kemampuan pengisian cepat.

4. Desain Radiant

Kelebihan Vivi y50 selanjutnya adalan radiant. Jika Anda menginginkan Hp dengan desain bodi yang unik dan stylish, Anda tidak bisa salah memilih merek Vivo. Pasalnya, merek HP ini memang sudah masuk dalam jajaran pabrikan yang sangat meminati aspek visual desain bodi, tak terkecuali Vivo Y50.

Tersedia dua pilihan warna, Iris Blue dan Starry Black. Pada bodi belakang terdapat gradasi warna yang elegan dan seolah memancar seperti sinar matahari. Desain bodi yang elegan ini membuatnya layak dibanggakan, membuat penggunanya terlihat lebih elegan.

5. Layar Terasa Besar

Jika kita membahas soal kelebihan dan kekurangan Vivo Y50, rasanya tidak lengkap jika tidak menyertakan layar. Jangan biarkan ukuran layar yang kecil mengalihkan perhatian Anda dari melakukan aktivitas yang berbeda. Menonton film dan bermain game akan lebih menyenangkan di layar yang besar dan jernih, seperti layar 6,53 inci milik Vivo Y50.

Layar ini memiliki resolusi FHD+ (2340 x 1080 piksel) dengan rasio 20:9 dan kerapatan piksel 403 ppi. Ukuran layar ini pun terasa lebih nyaman berkat desain Ultra-O pada lubang kamera depan 16MP di kiri atas. Alhasil, hampir tidak ada bezel di layar, sehingga memiliki rasio screen-to-body yang sangat besar yaitu 90,77%.

6. Slot Memori Eksternal

Meski hadir dengan memori internal yang cukup besar (128 GB), ternyata Vivo Y50 tetap menawarkan slot untuk memori eksternal. Tidak tanggung-tanggung, slot yang disediakan merupakan private slot sehingga tidak perlu mengorbankan SIM kedua.

Terkait:  Spesifikasi dan Review Samsung Galaxy A30s

Memori eksternal yang didukung hingga 512 GB. Memiliki slot ini sangat berguna karena dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan file-file backup. Selain itu, Anda dapat dengan bebas melakukan reset pabrik tanpa takut menghapus data di dalamnya.

Kekurangan Vivo Y50

kekurangan vivo y50

Dari sekian banyaknya kebelihan yang ditawarkan tentu juga memiliki kekuragan dari hp Vivo y50 tersebut. Nah, kekurangan dari Vivo y50 telah kami rangkum dibawah ini.

1. Performa Kamera

Sebagai flagship terbaru HP Vivo Y50 pasti tidak mau ketinggalan dengan empat lensa kameranya. Namun, performa kamera ini tidak impresif dengan resolusi lensa utama hanya 13MP. Ada pula tiga lensa lainnya, seperti lensa ultra-wide 8MP, lensa makro, dan depth of field yang masing-masing beresolusi 2MP.

Salah satu keunggulannya adalah lensa sudut ultra lebar yang mampu menangkap gambar panorama 120 derajat dalam sekali jepretan. Ponsel ini juga dilengkapi dengan kemampuan video super stabil untuk meredam goncangan saat merekam. Resolusi maksimum yang dapat direkam adalah 1080p pada frame rate 30 frame per detik.

Vivo Y50 juga dilengkapi dengan fitur night mode pada kamera depan dan belakang. Secara keseluruhan, fitur kamera ini berfungsi untuk mengambil gambar atau merekam video di malam hari dengan hasil yang baik.

Sayangnya, fitur night mode ini bisa dikatakan sangat buruk untuk ukuran hp sekelasnya. Anda masih tidak dapat menangkap detail yang jelas dalam foto, dan eksposur yang diperlukan tidak muncul sama sekali. Video YouTube pemilik akun bernama Refry membandingkan rekaman vivo Y50 dengan vivo S1 Pro di malam hari, dan terlihat jelas perbedaannya.

Meskipun masuk dalam kategori harga yang sama, vivo S1 Pro terlihat jauh lebih baik daripada vivo Y50 dalam hal fitur mode malam. Anda hampir tidak dapat melihat apa pun dari gambar di sebelah kiri sementara gambar di sebelah kanan masih dapat mendeteksi beberapa objek dengan sangat baik.

2. Funtouch OS Memiliki Bloatware

Hadir dengan sistem operasi Funtouch 10 berbasis Android 10, Anda dapat menikmati fitur-fitur terbaru seperti Mode Gelap dan navigasi gestur. Namun, Funtouch 10 cukup bermasalah dalam hal bloatware.

Ya, ada banyak sekali aplikasi bawaan yang jarang digunakan oleh pengguna dan tidak bisa dihapus. Alhasil, aplikasi-aplikasi tersebut sudah menyedot kapasitas memori. Beberapa orang juga berpikir bahwa memiliki perangkat lunak ini mengurangi kinerja pada HP.

Terkait:  Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 Pro Terbaru

Untungnya, Anda masih dapat menghapus bloatware meskipun metodenya sedikit lebih rumit. Dapat dikatakan bahwa kekurangan ini berdampak signifikan pada pengalaman pengguna secara keseluruhan.

3. Layar LCD IPS

Meski memiliki ukuran layar yang lebar, sangat disayangkan Vivo Y50 hanya dibekali layar IPS LCD. Jenis layar ini banyak dijumpai pada Hp harga murah, bahkan beberapa ponsel di segmen harga yang sama dengan Y50 sudah memiliki layar Super AMOLED.

Layar IPS LCD memiliki rasio kontras yang lebih rendah dibandingkan AMOLED. Selain itu, menggunakan layar jenis ini benar-benar membuang-buang baterai. Alhasil, baterai berkapasitas besar pun tidak akan menyerap sebanyak mungkin, berbeda halnya jika menggunakan layar AMOLED.

4. Chipset Kurang Memuaskan

Kekurangan Vivo Y50 ditenagai oleh chipset Snapdragon 665 dengan fabrikasi 11nm. Chipset ini sebenarnya cukup mumpuni untuk memainkan berbagai game dengan lancar. Hanya saja, mengingat harganya, agak disayangkan Vivo Y50 tidak dibekali chipset yang lebih bertenaga.

Pasalnya, beberapa Hp kisaran harga Rp3 jutaan sudah setidaknya mengusung seri Snapdragon 7 atau setara. Untungnya, menurut video YouTube yang diunggah oleh FlashGadget, Snapdragon 665 masih bisa mengangkat game berat di pengaturan grafis sedang. Jika Anda menginginkan smartphone dengan performa tangguh tanpa mengorbankan grafis, maka Vivo Y50 mungkin bukan pilihan terbaik.

Kesimpulan

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan Vivo Y50, apakah Anda sudah memutuskan untuk membelinya? jika Anda ingin memiliki Hp dengan kapasitas baterai yang besar tanpa membutuhkan waktu lama untuk mengisi dayanya, maka Vivo Y50 adalah pilihan yang tepat. Ukuran layar yang besar juga ideal untuk menonton video dan bermain game.

Tetapi jika Anda mengharapkan Smartphone dengan kualitas gambar yang bagus di malam hari, Anda sebaiknya mencari Hp lain di kisaran harga yang sama. Smartphon ini juga tidak ideal bagi anda yang ingin bermain PUBG dengan grafis yang luar biasa. Mohon pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya sebelum membeli agar tidak salah mengambil keputusan.

Pencarian Terkait:

Kelebihan Dan Kekurangan Vivo V19 , Apakah Vivo Y50 Tahan Air , Harga Vivo Y50 , Kelebihan Dan Kekurangan Vivo S1 Pro , Kelebihan Dan Kekurangan Vivo V20 , Kelebihan Dan Kekurangan Vivo Y12s, Kelebihan Dan Kekurangan Vivo Y30 , Kelebihan Dan Kekurangan Vivo Y30i , Kelebihan dan kekurangan Vivo Y50

Check Also

Hp 3 Jutaan Tercanggih dengan Spek Mempuni

13 Hp 3 Jutaan Tercanggih dengan Spek Mempuni

Gadgetidn.com – Munculnya banyak merek hp 3 jutaan tercanggih dengan kualitas terbaik membuat pembeli bingung. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.