cara memperbaiki port hp yang loggar

Cara Memperbaiki Port Charger Hp yang Longgar

Port charger atau sering disebut juga dengan konektor charger merupakan tempat untuk menyambungkan daya listrik ke Hp. Karena terlalu sering digunakan untuk pengisian, dan seringkali port charge menjadi longgar. adapun cara memperbaiki port charger hp yang longgar yang dapat kamu praktekkan dirumah.

Sebelum masuk ke pembahasan kita kali ini yaitu cara memperbaiki port charge Hp yang longgar, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kenapa port charge bisa longgar, dan apa penyebabnya.

 

Apa Penyebab Port Charge Hp Longgar?

Hal-hal sepele yang sering kali diabaikan dan dapat membuat port charge menjadi longgar, padahal port charge pada smartphone sangat penting sekali, tanpa adanya konektor tentunya smartphone tidak bisa dihidupkan sama sekali. Namun lain halnya jika Hp kamu merupakan ponsel yang mendukung wireless charging.

Tentunya kerusakan pada port charge HP akan membuat smartphone tidak bisa terhubung atau mungkin juga tidak bisa diisi. Selain rusak, charger tidak bisa digunakan, dan biasanya konektor handphone juga longgar karena pengisian yang berulang pasti membuatnya kendor seiring berjalannya waktu.

Salah satu penyebab port charger menjadi longgar adalah sering menggunakan kabel konektor dengan merk yang tidak sama, barang tidak original. Hindari hal ini untuk membuat port charge hp kamu menjadi lebih awet, dan selalu gunakan barang original sesuai dengan merk hp kamu.

 

Cara Memperbaiki Port Charge Yang Longgar

Ada beberapa cara mudah untuk memperbaiki port pengisi daya yang longgar atau rusak yang tidak dapat mengisi daya ponsel. Pada kesempatan kali ini, Gadgetidn.com akan memberikan informasi menarik tentang cara memperbaiki port charger Hp yang longgar yang dapat kamu praktekkan dengan mudah.

Baca Juga:  4 Cara Akurat Mencari Lokasi WiFi id Terdekat Yang Bisa Kamu Coba

1. Bersihkan Port charger terlebih dahulu

Port konektor yang kotor atau slot pengisi daya dapat menjadi penyebab port rusak. Terlalu sering digunakan, jelas akan membuat port kotor dan banyak debu yang masuk ke terminal.

Langkah selanjutnya yang perlu kamu coba adalah membersihkan port konektor terlebih dahulu. Cara termudah adalah menggunakan Catton Bud untuk membersihkan penutup pengisi daya dari kotoran.

Jika kamu merasa kotoran pada konektor sulit untuk dibersihkan, kamu dapat menggunakan jarum atau peniti untuk membersihkannya. Gosok area yang terasa kotor dengan jarum, kemudian pada tahap terakhir, bersihkan dengan Catton Bud.

2. Atur arah konektornya

Penggunaan charger non original cenderung merusak konektor pada smartphone bahkan membuatnya berubah arah. Jika menemui arah konektor yang sudah tidak lurus lagi, cara memperbaiki slot charger ponsel yang longgar adalah dengan mengubah arah konektor ke tempat semula.

Kamu dapat mengubah arah gerak konduktor dengan jarum kecil yang cukup kuat untuk dapat mengubah konduktor. Goyangkan jarum ke port yang diposisikan ulang dengan tujuan mengembalikan orientasi ke posisi normal.

3. Ganti IC charger

Langkah mudah dan sederhana ini sekaligus merupakan metode yang paling efektif jika beberapa masalah yang disebutkan di atas tidak membuat pengisi daya kembali seperti semula. Jika konektor charger rusak dan membuat smartphone tidak bisa mengisi daya, kamu tinggal mengganti IC charger tersebut dengan yang baru.

Membongkar smartphone secara do-it-yourself adalah cara yang salah jika sebelumnya kamu tidak memiliki oengetahuan untuk membongkar hp. Pasalnya, sebagai permulaan, membongkar smartphone merupakan langkah yang sangat sulit, belum lagi harus menggunakan banyak alat tambahan.

Jadi jika kamu merasa tidak dapat mengganti IC charger sendiri, disarankan untuk melakukan servis hanya di lokasi tepercaya. Biaya layanan untuk mengganti IC pengisi daya itu sendiri adalah sekitar Rp. 100.000. – Sangat murah.

Baca Juga:  Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi

 

Bagaimana Membuat Port Cahrge Jadi Awet?

Kamu perlu mengetahui beberapa alasan kali ini jadi nanti kamu perlu membiasakan agar port USB dapat bertahan lebih lama.

  • Selalu gunakan pengisi daya smartphone asli.
  • Jangan gunakan charger palsu yang hanya akan merusak port charger karena biasanya memiliki steker yang lebih besar atau sebaliknya.
  • Pastikan saat meletakkan handphone di tempat yang bersih agar tidak terjadi debu yang bisa masuk ke lubang charging.
  • Saat memasukkan air, pastikan untuk membersihkannya dengan kain bersih dan jangan biarkan mengering sendiri karena akan memudahkan masuknya air.
  • Disarankan untuk menggunakan casing pelindung Hp yang memiliki pelindung lubang charger.

Itulah tips dan cara memperbaiki port charge Hp yang lonngar yang bisa kamu praktekkan. Jika kamu sudah berusaha untuk memperbaikinya sendiri, dan itu tidak berhasil, kami menyarankan untuk membawanya ke tukang service Hp untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan.

Kata Pencarian: memperbaiki lubang chargwr yang longgar

Leave a Reply

Your email address will not be published.