Spotify Akan Punya Pengenalan Suara yang Deteksi Mood

Spotify Akan Punya Pengenalan Suara yang Deteksi Mood

Spotify baru saja dibekali hak paten atas teknologi baru berupa voice recognition. Bukan sembarang voice recognition, teknologi ini bisa mendeteksi suasana hati atau mood pengguna.

Paten ini pertama kali diajukan pada Februari 2018 dan diberikan pada Januari 2021. Dalam permohonan paten tersebut, tertulis bahwa Spotify bermaksud menggunakan teknologi pengenalan suara untuk mengidentifikasi hal-hal seperti keadaan emosi, jenis kelamin, usia, atau dialek pembicara untuk kemudian merekomendasikan konten berdasarkan informasi. – informasi.

Baca Juga: Pelanggan Spotify Semakin Bertambah Hingga Tembus 345 Juta, Berapa Banyak yang Premium?

Mengutip TechRadar, Minggu (31/1/2021) juga, Spotify ingin memberikan konten yang lebih sesuai dan relevan kepada penggunanya melalui penggunaan teknologi ini, baik untuk konten musik, rekomendasi podcast, atau bahkan iklan potensial.

Sejauh ini, Spotify menggunakan algoritme yang menghadirkan konten audio baru berdasarkan kebiasaan mendengarkan penggunanya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika raksasa streaming musik tersebut ingin menambahkan metrik lain untuk meningkatkan akurasi dan kemampuan rekomendasi konten untuk platformnya.

Di sisi lain, jenis teknologi ini akan mengganggu privasi pengguna. Seiring perusahaan teknologi tumbuh dan meningkatkan platform mereka untuk pengguna dan pengiklan, privasi data telah menjadi poin penting yang menjadi sorotan.

Untuk teknologi pengenalan suara, kekhawatiran ini diperburuk oleh masalah speaker pintar yang mendengarkan suara di sekitarnya bahkan saat tidak digunakan.

Oleh karena itu, meski pendengar Spotify akan mendapatkan keuntungan dari algoritme yang lebih canggih dari penerapan teknologi pengenalan suara.

Terkait:  Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN Bulan Februari 2021

Check Also

Pelanggan Spotify Semakin Bertambah Hingga Tembus 345 Juta, Berapa Banyak yang Premium?

Pelanggan Spotify Semakin Bertambah Hingga Tembus 345 Juta, Berapa Banyak yang Premium?

Pelanggan Spotify naik 27% dibandingkan kuartal sebelumnya dan penetrasi 345 juta pelanggan aktif bulanan. Berapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published.