pinjaman online resmi

Wajib Baca Sebelum Ambil Pinjaman Online Resmi!

Gadgetidn.com – Pandemi yang tak kunjung usai menyisakan banyak kesulitan bagi masyarakat, salah satunya dalam hal keuangan. Salah satu solusi yang menjadi perbincangan hangat adalah pinjaman online resmi. Mekanisme proses yang mudah dan juga cepat menjadi salah satu alasan mengapa pinjol dinobatkan sebagai angin segar bagi masalah keuangan banyak orang di masa pandemi seperti saat ini.

Namun sebelum itu, apakah Anda tahu apa itu pinjaman online? Istilah pinjaman online atau pinjol ini mulai terkenal seiring dengan penggunaan dunia digital yang semakin meluas. Definisi dari pinjaman online resmi adalah platform atau aplikasi berbasis digital yang menyediakan jasa permodalan dengan prosedur pencairan yang mudah, cepat dan juga praktis.

Untuk menjadi keanggotaan pinjol ini, Anda hanya perlu mengisi formulir dengan data pribadi pada aplikasi pinjol yang Anda pilih. Informasi tambahan, ada banyak aplikasi peminjaman online yang dapat Anda pakai. Dan bersama ulasan ini, akan disinggung sedikit tentang ciri aplikasi peminjaman online resmi dan terpercaya.

Cari Tahu Hal Krusial Sebelum Ambil Pinjaman Online Resmi

Tentu Anda akrab dengan istilah tak kenal maka tak sayang bukan? Konsep ini berlaku pada banyak hal, salah satunya pada pinjol. Seperti yang kita tahu, urusan pinjam meminjam uang adalah persoalan yang paling sensitif. Apabila tidak teliti dan minim wawasan, bisa saja kita terjerat bunga pinjaman, atau malah menjadi korban penipuan.

Guna meminimalisir kemungkinan resiko seperti tadi, Anda perlu mengenal apa itu pinjaman online resmi secara baik dan menyeluruh. Mulai dari definisi dasarnya, mekanisme menjadi anggota, ketentuan peminjaman uang, ketentuan bunga pinjaman dan poin-poin krusial lainnya.

Lihat Juga:  Panduan Cara Mengajukan Pinjaman Online di DanaBijak

Perlu Anda ketahui, ada banyak aplikasi pinjol yang beredar, masing-masing memiliki ketentuan yang berbeda, maka Anda perlu memverifikasi hal ini terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi tersebut, ya!

Ada beberapa poin krusial tentang pinjaman online, hal ini sekaligus menjadi pengetahuan dasar bagi Anda sebelum memutuskan untuk menjadi anggota dan mengambil pinjaman. Mau tahu? Ini daftar lengkapnya!

1. Sesuaikan Jumlah Pinjaman dan Kemampuan Finansial

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dengan benar adalah besar uang yang akan dipinjam. Perkirakan berapa jumlah uang yang Anda butuhkan. Pada dasarnya, berapapun jumlah yang Anda pinjam tidak ada masalah, asalkan sesuai dengan kemampuan Anda untuk mengembalikannya beserta jumlah bunga pinjaman.

Jumlah uang yang dapat Anda pinjam biasanya sesuai dengan latar belakang pekerjaan dan juga akumulasi penghasilan bersih dalam waktu tertentu. Hal ini sekaligus menjadi syarat umum yang diajukan oleh pihak bank atau lembaga keuangan lainnya yang bertindak selaku pemilik modal.

Memperhitungkan jumlah pinjaman dengan kondisi finansial adalah aspek paling penting dalam daftar ini. Berapa jumlah cicilan yang ideal? Ada pendapat yang mengatakan utang tidak boleh lebih besar dari sepertiga penghasilan Anda atau sekitar 30% dari pemasukan yang Anda punya.

Berapa pendapatan Anda dalam satu bulan penuh? Coba kalikan dengan 30%, hasilnya adalah besar utang yang dapat di toleransi.

2. Berapa Bunga per Tahunnya?

Setelah tau jumlah yang akan Anda pinjam, jangan lewatkan untuk memeriksa besaran bunganya. Tanyakan kepada pihak bank atau kreditur tentang ketentuan perhitungan bunga pinjaman. Umumnya, kreditur menetapkan ketentuan yang berbeda-beda. Ada pinjamn dengan bunga yang rendah, dan ada pula dengan bunga yang tinggi.

Lihat Juga:  Proposal Bisnis dan Pembahasan Menarik Lainnya

Jika kreditur menawarkan bunga yang rendah, mungkin saja biaya cicilan nya yang tinggi. Sebaliknya, apabila kreditur menawarkan bunga yang cukup besar, besar cicilan mungkin saja lebih rendah. Besaran bunga juga biasanya menyesuaikan dengan jumlah yang Anda pinjam dan juga tempo waktu pembayaran.

Untuk pinjaman online resmi, tanyakan secara detail terkait biaya-biaya seperti ini. Selain daripada cicilan per-bulan dan bunga pinjaman, kira-kira ada biaya lain yang harus Anda bayar atau tidak. Mengetahui ketentuan ini sejak awal akan membantu Anda menyusun strategi pembayaran dari jauh-jauh hari sekaligus meminimalisir ancaman terjerat hutang dengan jumlah yang besar.

3. Jangan Asal Pinjam, Cari Tahu Asal Usul Kreditur!

Tidak hanya berlaku pada pinjaman online resmi, meneliti latar belakang kreditur berlaku untuk segala jenis pinjaman, entah itu pada bank atau pada lembaga keuangan lainnya. Jika pada pinjol, Anda harus selektif memilih aplikasinya. Karena sistemnya yang online, pinjol lebih rentan terhadap penipuan kepada pelanggan.

Sedangkan pada bank, Anda harus memilih bank dengan reputasi yang baik dan mengutamakan pelayanan kepada nasabah. Daripada pinjol, kasus penipuan yang dilakukan oleh bank hampir jarang terjadi dan keamanan nya lebih terpercaya. Tetapi, bukan berarti semua platform pinjol tidak menjanjikan keamanan kepada pelanggan, ya. Singkatnya, cari dan temukan kreditur terpercaya yang punya latar belakang yang jelas.

4. Selektif Memilih Platform Pinjaman Online

Sudah disinggung sedikit sebelumnya, daripada bank resiko penipuan pada pinjol jauh lebih tinggi. Sifatnya yang online menjadi faktor pemicu yang tak terelakkan. Upaya yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir hal ini adalah dengan selektif memilih aplikasi pinjaman online.

Salah satu ciri aplikasi pinjol yang terpercaya adalah yang sudah terdaftar dan sudah mengantongi izin operasional dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat memantau review dari pengguna lain. Untuk hal-hal yang sifatnya online, review pelanggan lain bisa jadi bahan pertimbangan yang baik. Dari komentar-komentar ini kita dapat menemukan fakta dari aplikasi pinjol dari sudut pandang pemakai layanan.

Lihat Juga:  7 Pinjaman Online Cicilan Bulanan Terbaik 2021

Selain punya review yang baik, ciri lain pinjol yang punya kredibilitas baik adalah yang punya banyak promo untuk pelanggan. Umumnya, mereka akan memanfaatkan momen-momen hari besar untuk menggaet pelanggan dengan penawaran yang menarik. Misalkan cicilan dengan bunga 0% atau diskon cicilan bagi pelanggan yang punya kode voucher dan sejumlah teknik marketing lainnya.

5. Baca dan Pelajari Syarat Ambil Pinjaman dengan Cermat

Selesai dengan memilih aplikasi pinjaman online resmi, kini waktunya Anda mempelajari persyaratan dan juga ketentuan untuk ambil pinjaman. Syarat wajib ambil pinjaman online adalah identitas diri berupa KTP atau SIM. Selain itu, ada beberapa ketentuan lain yang berlaku, misalkan :

  • Peminjam adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia minimal adalah 18 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • Berdomisili di pulau Jawa dan sekitar, atau pulau Sumatera dan sekitar.
  • Memiliki besar penghasilan minimun dalam satu bulan.
  • Dan lain-lain.

Apabila Anda sudah memenuhi syarat seperti yang tersebut tadi, proses pencarian dana tidak akan sulit. Anda hanya perlu melengkapi persyaratan dan mengisi formulir sesuai dengan data diri. Sederhana bukan?

Setelah menuntaskan ulasan ini tadi, Anda sudah tahu apa saja poin penting dalam pinjaman online resmi melalui aplikasi. Sekarang, tugas Anda adalah mempelajari poin-poin tadi dengan benar. Setelahnya, silahkan putuskan hendak menggunakan aplikasi pinjol yang mana. Semoga membantu, ya!

Check Also

pinjaman online via web langsung cair

Kenanapa Harus Memilih Pinjaman Online Via Web Langsung Cair?

Gadgetidn.com – Ketika pikiran pening memikirkan bagaimana cara memulai usaha. Bingung mencari modal untuk berwirausaha? …

Leave a Reply

Your email address will not be published.