Kelebihan dan Kekurangan Hp Realme 2 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Hp Realme 2 Pro

Gadgetidn.com – Kehadiran realme di Indonesia membuat persaingan hp murah dengan spesifikasi bagus menjadi lebih menarik. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Realme 2 pro tersebut. Brand yang merupakan entitas terpisah dari Oppo ini langsung mencuri perhatian karena menawarkan spesifikasi dan harga yang menarik.

Realme menghadirkan Realme 2 dan Realme 2 Pro. Realme 2 pro pasti lebih mahal dari Realme 2. Spesifikasi yang ditampilkan juga menarik. Lantas, apa saja yang ditawarkan Realme 2 Pro? Seperti apa performa smartphone ini? Tanpa basa-basi lagi, simak pembahasan kelebihan dan kekurangan Realme 2 Pro berikut ini.

Spesifikasi Realme 2 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Realme 2 Pro

TAMPILAN
Ukuran Layar 6.3″
Kedalaman Piksel 409ppi
Resolusi Layar 1080 x 2340pixels
Anti Air Ya
Scratch Resistant Tidak
Teknologi Layar IPS-LCD
KAMERA
Resolusi Kamera Belakang 16 + 2MP
Resolusi Kamera Depan 16MP
Tipe Kamera Dual Kamera
Resolusi Video 4K
DESAIN
Berat 174g
Material Bodi Plastik
Dimensi (W x H x D) 156.7 x 74 x 8.5mm
BATERAI
Kapasitas Baterai 3500mAh
Charging Normal Charging
PLATFORM
CPU Qualcomm SDM660 Snapdragon 660
Prosesor Inti Octa Core
Sistem Operasi Android
Versi OS Android 8.1 (Oreo)
SIM
Dual SIM Ya
SIM Card Nano-SIM
KONEKSI
USB Connector Micro-USB
5G Tidak
NFC Tidak
Wi-Fi Standard 802.11 a/b/g/n/ac
MEMORI
Memori yang Dapat Diperluas Ya
FITUR
Face Recognition Tidak
Pemindai Sidik Jari Ya
Spesifikasi Lengkap

Kelebihan Realme 2 Pro

Kelebihan Realme 2 Pro

Seperti yang kita ketahui, setiap smartphon pastilah memiliki kelebihan maupun kekurangan, salah satunya pada Hp Realme 2 Pro. Meskipun terdapat kelebihan dan kekurangan Realme 2 Pro, namun tetap menjadi menarik untuk anda pertimbangkan karena sudah jelas memiliki kelebihan, berikut selengkapnya.

1. Layar Full HD

Kelebihan Realme 2 Pro pertama yakni mengusung dimensi konsep desain yang mirip dengan Oppo F9. Hampir di bagian depan mengusung teknologi layar Oppo F9, termasuk notch kecil di tengah yang merupakan bagian depan. Mengingat Realme masih menjadi saudara dari Oppo F9, layar jenis ini tentu bukan masalah besar.

Layar milik Realme 2 Pro memiliki dimensi yang hampir sama dengan Oppo F9, yakni layar berukuran 6,3 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layarnya juga memiliki kerapatan layar yang sama yaitu 403 ppi. Perbedaan yang paling kentara adalah realme 2 Pro menggunakan Corning Gorilla Glass 3.

Bilah layar ini adalah fitur Oppo F9. Begitu juga dengan Realme 2 Pro. Salah satu keluhan terbesar tentang layar ini adalah tingkat kecerahan tampak lebih rendah saat Anda berada di luar di bawah sinar matahari.

2. Performa Terbaik

Jika berbicara tentang Kelebihan Realme 2 Pro, smartphone ini dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 660. Chipset ini sangat bagus. Terbukti dari beberapa tipe Hp yang sudah menggunakan chipset ini seperti Vivo V9 6 GB, Vivo V11 Pro, Xiaomi Mi A2 atau Samsung Galaxy A8 Star.

Lihat Juga:  HUAWEI Mate X2 Dirumorkan Adopsi Desain Mirip Galaxy Fold

Menariknya, dengan chipset yang sama, Realme 2 Pro dijual dengan harga lebih murah. Hp ini dijual dengan harga Rp. 3 juta. Harganya lebih mahal untuk Realme 2 Pro 8GB dengan penyimpanan 128GB. Namun harganya masih lebih rendah dari ketiga ponsel tersebut.

Karena harganya yang lebih murah dari kompetitor namun memiliki chipset yang sama, tentunya membuat Realme 2 Pro lebih menarik di kelasnya. Performa HP sangat bagus. Hal ini terlihat dari hasil Antutu yang diperoleh smartphone ini yang mencapai 132.293. Untuk Geekbench, skor yang didapat adalah 1450 untuk single core dan 5479 untuk multiple architecture.

Lantas bagaimana performa game pada Realme 2 Pro ini? Menurut Yugatech, Realme 2 Pro mampu memainkan banyak game populer dengan lancar. Sebut saja game seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Asphalt 9, dan Tekken Mobile.

Keempat game tersebut dapat dimainkan dengan grafis yang tinggi. Frame drip yang tidak disengaja dicoba tetapi itu bukan masalah besar. Untuk kenyamanan bermain game dalam waktu lama, lebih baik mengatur grafis ke medium.

Hal lain dari Kelebihan dan kekurangan Realme 2 Pro adalah hadirnya fitur GameSpace. Fitur ini dapat meningkatkan pengalaman bermain game Anda. Sayangnya fitur ini setidaknya kurang ideal untuk mengetahui suhu ponsel, mengingat bodi smartphone sangat panas jika digunakan untuk bermain game dalam waktu lama.

Terlepas dari itu, kelebihan Realme 2 Pro masih merupakan Hp andalan, dan berada di kelas terbaiknya. Ini bekerja sangat cepat dan merupakan salah satu ponsel yang layak dipilih.

3. Kamera Tergolong Baik

Kelebihan Realme 2 Pro juga hadir dengan kamera yang mirip dengan kamera Realme 2. Kamera di Realme 2 Pro hadir dengan kamera belakang ganda. Kamera 13 megapiksel pertama dengan slot lensa f/2.2 dan kamera 2 megapiksel kedua untuk efek name section membantu menghasilkan gambar bokeh.

Menurut situs web kelas atas, kamera belakang HP relame 2 pro dapat menghasilkan gambar dengan hasil tajam dan detail. Warna yang dihasilkan sangat bagus, terutama saat memotret dalam kondisi foto dengan pencahayaan yang cukup.

Pendapat pengembang mirip dengan Yogatek. Menurut Yugatech, kamera Realme 2 Pro mampu menghasilkan foto yang bagus dan gambar yang tajam. Rentang dinamis HP juga sangat bagus. Yang mungkin terlewatkan oleh kamera adalah memotret dalam kondisi kurang cahaya.

Kekurangan ini pernah terjadi di ponsel lain. Bisa dibilang, ini adalah “kelemahan” bagi hampir semua HP kelas menengah ke bawah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kamera belakang Realme 2 Pro sangat bagus.

Nah, untuk kamera depan, Hp ini memiliki kamera depan 16MP. Kamera depan ini sangat ideal untuk mengambil foto selfie karena memiliki fitur estetika. Fitur ini, menurut reviewer Gaptek Medicine, bisa mengubah hasil selfie menjadi lebih cantik dan tampan.

Lihat Juga:  5 Hp Gaming Terbaik 2021 Beserta Spesifikasinya

4. Desain Menarik

Kelebihan lain dari Realme 2 Pro adalah desainnya. Ponsel ini menawarkan desain yang menarik dan pilihan warna yang sangat menawan. tak lupa juga poni kecil di tengah atas layar yang membuat smartphone ini menonjol.

Desain cantik ini akan mengingatkan pada desain HP Oppo F9. Tampilan dan desain ponsel ini jelas mirip dengan Oppo F9. Karena kedua perusahaan tersebut merupakan sister company, tampaknya tradisi tersebut juga tidak baik.

Bisa dibilang, Realme 2 Pro ditawarkan sebagai alternatif bagi anda yang menyukai desain Oppo F9 namun budget terbatas. Diketahui harga Oppo F9 (saat artikel ini ditulis) dibanderol Rp 4 jutaan sedangkan Realme 2 PRO dibanderol Rp 3 jutaan. Bagi kebanyakan orang, perbedaan harga setinggi Rp. 1 juta benar-benar luar biasa.

5. Baterai Tahan

Sekarang kita beralih ke baterai. Kapasitas baterai Realme 2 Pro adalah 3500 mAh, lebih kecil dari saudaranya Realme 2 yang berkapasitas 4230 mAh. Meski kapasitas baterainya lebih kecil, namun rating daya tahan yang diberikan GSMArena pada ponsel ini sangat baik.

GSMArena baru saja mengatakan bahwa baterai HP ini adalah salah satu baterai dengan kapasitas terbaik dalam bahasa Inggris. Artinya realme 2 Pro memiliki baterai yang bagus dan hasil tes baterai HP ini sangat bagus.

Tidak seperti GSMArena, situs web kelas atas Yugatech and Yang mengatakan baterai ponsel ini cukup rata-rata. Keduanya sepakat setelah menguji realme 2 Pro, baterai realme 2 Pro mampu bekerja seharian alias 12 jam. Sementara itu, reviewer Gaptek Medicine menyebutkan bahwa daya tahan baterai ponsel ini mampu bertahan hingga 14 jam.

Dilihat dari hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa daya tahan baterai Realme 2 Pro termasuk dalam kategori baik untuk kelas menengah. Oleh karena itu, masa pakai baterai HP merupakan keuntungan yang jelas.

6. Triple Slot

Realme 2 Pro menawarkan tiga slot yang berarti smartphone ini dapat digunakan dengan dua kartu SIM aktif sambil menambahkan memori eksternal. Bahkan jika Anda membeli versi RAM 8GB dan ROM 128GB, Anda akan merasa tidak perlu lagi menambahkan memori eksternal.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan data setiap bulannya selalu meningkat. Saat ini, RAM 128GB mungkin memiliki banyak ruang tetapi dalam satu atau dua tahun siapa tahu. Memiliki kartu microSD yang bisa diekspansi hingga 256GB tentu menjadi keuntungan agar Anda bisa menyimpan data lebih banyak.

7. Price to Performance

Xiaomi dulu dikenal sebagai brand dengan performa harga terbaik. Sekarang realme bisa memenangkan gelar ini, terutama realme 2 Pro. Pasalnya, realme 2 Pro menawarkan spesifikasi tinggi namun dengan harga hanya Rp. 3 juta.

Bayangkan saja, Hp dengan layar HD 6,3 inci, prosesor Snapdragon 660, RAM 8GB, ROM 64 atau 128GB hanya dijual dengan harga Rp3 jutaan. Sesuatu yang tak tertandingi hari ini.

Lihat Juga:  13 Rekomendasi Hp Vivo Harga 2 Jutaan Terbaik 2021

Kekurangan Realme 2 Pro

kekurangan Realme 2 Pro

Meskipun ada banyak kelebihan yang anda temukan namun tentunya terdapat juga kekurangan dari Hp Relame 2 Pro. Selengkapnya dapat anda simak dibawah ini.

1. Speaker Kurang Nendang

Kekurangan Realme 2 Pro menempatkan speaker di bagian bawah. Berbeda dengan speaker pada Realme 2, speaker pada Realme 2 Pro hanya memiliki speaker mono. Volume speakernya tinggi tapi menurut Medicine Gaptek, output audionya tipis.

Suara yang dihasilkan tidak terlalu tajam namun tidak terlalu bagus. Untuk kategori harga, speaker biasa masih bisa dimaklumi, meski tentunya suara yang dihasilkan bisa lebih baik.

2. Color OS Kurang Ramah

Realme 2 Pro hadir dengan antarmuka pengguna ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Sistem operasi dan antarmuka pengguna mirip dengan sistem operasi HP Oppo F9. Perbedaan mencolok dari sistem operasi ini adalah tampilan ikon yang sedikit berbeda.

Bagi yang terbiasa dengan HP Oppo, ColorOS seharusnya menjadi sesuatu yang sangat familiar. Sayangnya bagi yang belum terbiasa akan terasa kurang familiar. ini dapat menjadi salah sati kekurangan Realme 2 pro.

3. Rekaman Video Kurang Baik

Kamera Realme 2 Pro dapat merekam video dengan kualitas yang tidak terlalu buruk tetapi tidak apa-apa. Menurut Medicine Gaptek, kamera HP ini tidak ideal untuk dokumentasi video. Meski kamera dapat merekam video hingga resolusi 4K, namun masih ada kekurangannya.

Kamera HP baru ini sangat ideal saat merekam video Full HD. mengapa? Karena pada resolusi tersebut, fitur EIS akan aktif sehingga kamera tidak banyak goyang karena memiliki fitur EIS, tetapi pada smartphone realme 2 pro anda tidak akan menemukannya.

4. Bodi Plastik

Poin terakhir ini yang sering ditemui pada varian Oppo kelas menengah ke bawah, yakni sasis berbahan plastik murahan. Hal yang sama juga terdapat pada HP Realme 2 Pro. Desain cantik tidak berbanding lurus dengan material bodi.

Body smartphone ini terbuat dari polikarbonat, juga dikenal sebagai plastik. Seperti diketahui, desain bodi plastiknya jelas tidak terlalu bagus meski tampilan ponsel ini masih cukup bagus.

Kesimpulan

Nah itulah rangkuman singkat mengenai kelebihan dan kekurangan realme 2 pro. Realme 2 Pro bisa disebut sebagai hp alternatif untuk Oppo F9. Hanya saja performa ponsel ini lebih cepat dari Oppo F9. Selain itu, ponsel ini memiliki harga yang relatif murah di kelasnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Realme 2 Pro adalah ponsel dengan harga yang bagus untuk kategori kinerja.

Pencarian Terkait:

Spesifikasi Realme 2 Pro 8/128 , Realme 2 Pro 6/64 , Spesifikasi Realme 2 Pro , Kelebihan Dan Kekurangan Realme Q2, Kelebihan Dan Kekurangan Realme Pro , Kelebihan Dan Kekurangan Realme C11 , Kelebihan Dan Kekurangan Realme 7i , Kelebihan Dan Kekurangan Realme 5 Pro , Kelebihan Dan Kekurangan Realme 3 Pro , Kekurangan Brand Realme , Harga Realme 2 Pro 4/64 , Harga Realme 2 Pro , Harga Oppo Realme 2 Pro

Leave a Reply

Your email address will not be published.