kelebihan dan kekurangan hp vivo y51a

7 Kelebihan dan Kekurangan Hp Vivo y51a

Gadgetidn.com – Laporan terbaru menyebutkan bahwa Vivo adalah penguasa pasar smartphone Indonesia. Hingga kuartal terakhir 2020, Vivo menyumbang 25 persen dari perdagangan ponsel di Indonesia. Pencapaian ini tentu tidak membuat Vivo berpuas diri dan berdiam diri. Lalu, bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan Vivo y51a yang satu ini?

Secara global, Vivo masih jauh dari posisi nomor satu. Mereka menempati posisi kelima dengan pangsa pasar 8 persen. vivo masih tertinggal dari saudaranya Oppo yang memiliki pangsa pasar 9 persen. Demi mencapai visi menjadi yang terbaik, vivo terus berupaya menciptakan produk yang berdaya saing.

Salah satu produk barunya yang diluncurkan pada Januari 2021 adalah vivo y51a. Ponsel ini merupakan varian lain dari vivo Y51 yang memulai debutnya pada Desember 2020. Jika vivo y51a mampu merebut hati konsumen, prestasi vivo bisa menanjak di kancah global.

Namun, seberapa baguskah hp kelas menengah ini? Pertanyaan ini akan segera terjawab karena Gadgetidn akan memberitahukan apa saja kelebihan dan kekurangan vivo y51a dalam artikel ini. Sebelum masuk ke pembahasan, simak dulu spesifikasi umumnya sebagai berikut.

Spesifikasi vivo y51a

spesifikasi vivo y51a

  • Layar: IPS LCD, 6,58 inci, Full HD+ (1080 x 2408 piksel)
  • Chipset: Snapdragon 662 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2,0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1,8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, tidak bisa dilepas
Detail Spek

Kelebihan vivo y51a

kelebihan dan kekurangan vivo y51a

Dari kelebihan dan kekurangan vivo y51a, Gadgetidn.com menemukan 5 point kelebihan yang menjadi daya tarik Vivo y51a. Poin-poin yang kami sebutkan mungkin tidak seperti yang Anda pikirkan. Namun, mari kita cocokkan saja.

1. Tampilan

Harga vivo y51a adalah 17.990 di India. Jika diubah menjadi Rp, nilainya setara dengan 3,5 juta. Ponsel dengan layar Full HD + IPS tidak luar biasa dalam kisaran harga ini.

Lihat Juga:  Spesifikasi dan Harga Realme 7i Agustus 2021

Namun, tampilan 401 ppi pada smartphone vivo y51a sebenarnya menempel pada gamut warna DCI-P3. Gamut warna secara singkat adalah rentang warna yang dapat ditampilkan oleh monitor. Tentu saja warna adalah apa yang dapat dilihat oleh kasat mata.

2. Chipset Oke

Dari kelebihan dan kekurangan vivo y51a, poin kedua dari kelebihan Vivo y51a yakni mempercayakan chipset Snapdragon 662 untuk segmen dapur pacu. Chipset ini terdiri dari Kryo 260 Gold yang cepat (4 x 2,0 GHz) dan chipset Kryo 260 Silver (4 x 1,8 GHz) yang hemat energi. Sekilas chipset tersebut sama dengan Snapdragon 665 yang terpasang di vivo Y51.

Baik proses fabrikasi (11 nm) dan komposisinya sama. Namun, Snapdragon 662 secara tak terduga bisa sedikit lebih baik daripada Snapdragon 665. Situs web nanoreview juga mengungkapkan faktanya. Pertama, Snapdragon 662 dikatakan lebih hemat daya.

Kedua, Antutu 8 Snapdragon 662 mencetak skor lebih tinggi (180399 vs 177850). Dalam pengujian dengan Antutu 8, Snapdragon 662 mampu tampil lebih baik di tiga dari empat kategori peringkat. Itu hanya kalah dalam hal skor CPU.

Dan yang ke tiga, skor multi-core Geekbench 5 sebesar 1405, 3 persen lebih tinggi dari Snapdragon 665 (1368). Skor ini benar-benar hanya tes sintetis.

Namun, setidaknya bisa menjadi klarifikasi bahwa Snapdragon 662 baik-baik saja. Multi-Turbo 4.0 dapat meningkatkan kinerja chipset saat menggunakan ponsel untuk bermain game sehingga lag dan stutter dapat ditekan seminimal mungkin.

3. Kamera Memadai

Vivo telah memasang konfigurasi kamera yang sesuai untuk y51a. Kamera belakang terdiri dari tiga lensa. Lensa utama adalah 48 MP, f / 1.8; 8 MP, f/2.2, lensa ultra lebar 120°, dan lensa makro 2 MP, f/2.4. Lensa utama adalah fokus.

Karena aperture f/1.8 terlalu besar. Efeknya, kamera bisa lebih andal di kondisi minim cahaya. Bahkan, vivo juga dilengkapi dengan Super Night Mode sehingga kualitas foto malam hari semakin meningkat. Fitur ini menggunakan algoritme multi-frame untuk mengurangi noise, sehingga detail gambar dapat dipertahankan.

Fitur serupa juga disediakan untuk kamera depan 16MP f/2.0. Nama fiturnya adalah Super Night Selfie, yang tidak hanya mengurangi noise menggunakan algoritme. Namun, ia juga berusaha membuat pencahayaan di sekitar wajah terlihat sealami mungkin.

Lihat Juga:  Samsung Galaxy A12 Harga Rp 2 Jutaan

Hal hebat lainnya tentang kamera adalah perekaman video yang stabil, dalam 4K pada 30 fps dan 1080p pada 60 fps. Hal ini dapat disebabkan oleh stabilizer giroskop EIS yang tugasnya adalah untuk memotong setiap bingkai gambar. Selain itu, algoritme juga membantu mengoreksi gambar yang terpengaruh getaran.

4. Memori Lega

Dari kelebihan dan kekurangan vivo y51a, yang menjadi kelebihan Vivo y51a pada point keempat yakni dibekali dengan memori internal yang cukup besar yaitu 128 GB (UFS 2.1) dengan RAM 8 GB (LPDDR4x Double Channel). Dengan begitu banyak memori internal, puluhan gigabyte game HD bisa masuk. Anda yang ingin mencari promosi dalam pembelian barang juga bisa menginstal beberapa aplikasi market.

Potensi penghematan ruang sebesar itu bisa berkurang jika Anda sering mengabadikan momen-momen penting, baik itu dalam bentuk video maupun foto. Namun, tenang saja, karena ada opsi untuk memperluas penyimpanan ke kartu microSD.

Menariknya, slot microSD tidak menjadi satu dengan dua kartu nano-SIM, tetapi tersedia secara terpisah. Kapasitas maksimal kartu microSD yang dapat ditampung adalah 1 TB.

Ini memiliki banyak memori, Anda bisa mendapatkan Android 11 juga. Itu benar, vivo y51a adalah salah satu hp vivo yang lebih terjangkau dengan Android 11. Sistem operasi Android terbaru ini dibalut dengan antarmuka FuntouchOS 11 yang memiliki banyak fitur baru yang keren.

Salah satu fitur baru ini adalah Pemulihan HD. Fitur ini akan membantu memperbaiki detail buram dari foto lama karena resolusi rendah. Oleh karena itu, gambar yang muncul akan terlihat jelas hanya dengan sekali klik.

5. Baterai Besar

Dan yang menjadi poin terakhit dari kelebihan Vivo y51a yaitu memiliki baterai 5000 mAh yang cukup besar. Menurut tes dari channel YouTube India, Tech Ki Unboxing, baterai y51a hanya berkurang 6 persen setelah digunakan untuk bermain PUBG Mobile selama 30 menit.

Sedangkan menurut klaim Vivo, ponsel ini dapat digunakan untuk streaming video HD selama 17,9 jam dalam sekali pengisian daya. Hal ini menandakan bahwa baterai hp sangat awet. Lebih impresifnya, kapasitas 5000mAh justru bisa dijejalkan oleh Vivo, menjaga bodi y51a jauh dari kata tebal.

Lihat Juga:  OnePlus dan OPPO dilaporkan telah menggabungkan tim R&D perangkat keras

Dengan dimensi 163,9 x 75,3 x 8,38mm, ponsel ini sangat ramping. Apalagi bobotnya hanya 188 gram. Akan sangat sulit untuk menemukan hp dengan baterai 5000 mAh yang memiliki bobot yang begitu ringan dan harga masih terjangkau.

Tak berhenti sampai di situ, vivo memastikan pengisian baterai hp ini tidak memakan waktu lama. Pasalnya, teknologi pengisian daya 18W mampu membuat baterai Vivo y51a terisi hingga 70 persen dalam waktu 64 menit.

Kekurangan vivo y51a

kekurangan vivo y51a

Mengenai pembahasan tentang kelebihan dan kekurnagan vivo y51a, mari kita beralih kepada kekurangan smartphone tersebut. Hp vivo y51a tentunya juga memiliki kekurangan, selengkapnya dapat anda simak pada poin – poin dibawah ini.

1. Tanpa NFC

Orang menjadi lebih akrab dengan penggunaan teknologi komunikasi jarak dekat yang dikenal sebagai NFC. Awalnya, NFC hanya digunakan untuk transmisi data. Namun, fungsinya saat ini sangat beragam. Salah satu yang paling penting adalah memeriksa saldo uang elektronik dan membayar biaya.

Sayangnya, Vivo y51a tidak memiliki chip NFC. Meski para pesaingnya dengan harga serupa sudah memiliki keunggulan ini. Misalnya saja POCO X3 NFC, Redmi Note 9 Pro, hingga Samsung Galaxy A32.

2. Belum ada Teknologi Pengisian Balik

Baterai besar in vivo y51a benar-benar bagus dan tahan lama untuk penggunaan sehari-hari. Tidak butuh waktu lama untuk mengisi ulang. Namun, tidak ada teknologi tambahan selain pengisian cepat 18W.

Kapasitas baterai yang besar sedikit berlebihan karena tidak bisa “berbagi” daya dengan perangkat lain. Memang benar ponsel ini tidak mendukung pengisian daya terbalik. Akibatnya, jika Anda memiliki TWS, smartband, atau smartwatch, Anda harus memiliki bank daya lain (powerbank) untuk mengisi daya perangkat jika baterai habis sewaktu-waktu.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo y51a. Jika bisa disimpulkan, ponsel ini memiliki keunggulan yang cukup lengkap di berbagai aspek seperti saudaranya, Vivo Y51. Memiliki baterai besar, kamera mumpuni, chipset bagus, dan enak dipandang karena tipis itulah alasannya.

Pencarian Terkait:

Kelebihan vivo Y51A

Check Also

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy M30s

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy M30s

Gadgetidn.com – Hp Samsung Galaxy M30s diluncurkan oleh Samsung pada bulan September 2019 lalu. Ponsel …

Leave a Reply

Your email address will not be published.