Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 NFC

Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 NFC

Gadgetidn.com – Pada bulan Oktober, Xiaomi baru saja meluncurkan smartphone mid-range terbarunya, Poco X3 NFC. Untuk “harga perkenalan”, hp pertama yang dijual di Mi.com ini dibanderol dengan harga Rp3.099.000 untuk varian ram 6GB/64GB. dan Rp3.499.000 untuk varian 8GB/128GB. Mari kita simak penjelasannya mengenai kelebihan dan kekurangan Poco X3 NFC berikut ini.

hp ini dibekali layar IPS LCD berukuran 6,67 inci dengan resolusi 2400 x 1080 piksel FHD+ dan perlindungan Gorilla Glass 5. Kemudian refresh rate hingga 120Hz membuat scrolling di layar menjadi lebih mulus. Poco X3 NFC juga memiliki ukuran fisik yang cukup kompak, dengan dimensi 165,3 x 76,8 x 9,4 mm dan berat 215 gram.

Spesifikasi Poco X3 NFC

Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 NFC

Nah, sebelum lanjut ke pembahasan kelebihan dan kekurangan Poco X3 NFC, berikut simak spesifikasi dari smartphone tersebut seperti rangkuman kami dari Iprice dibawah ini.

TAMPILAN
Ukuran Layar 6.67″
Kedalaman Piksel 395ppi
Resolusi Layar 1080 x 2400pixels
Anti Air Tidak
Scratch Resistant Tidak
Teknologi Layar IPS-LCD
KAMERA
Resolusi Kamera Belakang 64 + 13 + 2 + 2MP
Resolusi Kamera Depan 20MP
Tipe Kamera Quad Kamera
Resolusi Video 4K
DESAIN
Berat 225g
Material Bodi Plastik
Dimensi (W x H x D) 165.3 x 76.8 x 10.1mm
BATERAI
Kapasitas Baterai 6000mAh
Charging Fast Charging
PLATFORM
CPU Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G
Prosesor Inti Octa Core
Sistem Operasi Android
Versi OS Android 10
SIM
Dual SIM Ya
SIM Card Nano-SIM
KONEKSI
USB Connector Type-C
5G Tidak
NFC Ya
Wi-Fi Standard 802.11 a/b/g/n/ac
MEMORI
Memori yang Dapat Diperluas Ya
FITUR
Face Recognition Tidak
Pemindai Sidik Jari Ya
Detail Spek Poco X3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan hp POCO X3 NFC

Seperti yang kita ketahui, setiap smartphon pastinya memiliki kelebihan dan kekurnagan tersebut. Nah, dari kelebihan dan kekurangan Poco X3 NFC tersebut, berikut rangkuman kelebihan Poco X3 NFC tersebut.

Kelebihan Poco X3 NFC

Kelebihan POCO X3 NFC

1. Desain yang unik

Dari kelebihan dan kekurangan Poco X3 NFC, Fitur pertama kelebihan dari Poco X3 NFC adalah dari segi desain. Anda bisa memilih dua pilihan warna yang sama menariknya, Cobalt Blue atau Shadow Grey. Dengan berat 215 gram, hp ini masih sangat pas di tangan, meski tidak terlalu ringan. Desain casing belakang smartphone ini berbahan plastik dengan tampilan glossy. Selain itu di bagian belakang bodi terdapat logo berwarna pelangi saat terkena cahaya.

Kalau tata letak kameranya sendiri, berada di tengah bodi atas yang berbentuk tonjolan. Menariknya, tonjolan kamera ini juga disertai dengan case anti bakteri berupa case transparan. Kemudian untuk rangka bodi, bahannya aluminium. Slot SIM Poco X3 NFC juga dilengkapi dengan ketahanan IP53 yang dapat melindungi dari cipratan air. Dari segi tampilan, Poco X3 NFC benar-benar unik.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 20 Pro Yang Wajib Kamu Ketahui

2. Ukuran Layar Besar

Sekarang kita beralih ke keunggulan Poco X3 NFC dari segi layar. hp ini menggunakan layar IPS LCD berukuran 6,67 inci. Cukup luas bukan? Desain layarnya masih menggunakan model frameless dan sudah dilengkapi dengan perlindungan Gorilla Glass 5. Selain lebar, layarnya juga akan lebih awet.

Layar ini memiliki resolusi 2400 x 1080 piksel + FHD dengan kerapatan piksel 385 piksel per inci. Tentu saja, Poco X3 NFC akan menampilkan gambar yang tajam dan jernih. Sangat memuaskan digunakan untuk bermain game atau menonton video.

Masih ada kelebihan lainnya, seperti yang Anda ketahui, Poco X3 NFC juga memiliki touch sampling rate 240 Hz dan refresh rate 120 Hz. Tidak perlu khawatir layar lambat.

Apalagi refresh rate ini dilengkapi dengan fitur dynamic switching yang bisa otomatis menyesuaikan refresh rate sesuai pemakaian. Selain itu, layar hp ini juga bersertifikasi TUV Rheinland Low Blue Light sehingga mampu mengurangi jumlah pancaran biru yang menyebabkan cedera pada mata. Wah, layarnya paket lengkap ya?

3. Performa tinggi

Fitur Poco X3 NFC selanjutnya adalah ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 732G. Chipset tersebut merupakan kelanjutan dari Snapdragon 730G, sehingga memiliki kecepatan yang sangat baik dan mendukung kebutuhan gaming. Bahkan chipset ini juga memiliki kecepatan clock maksimum yang lebih tinggi yaitu 2.3GHz.

Qualcomm Snapdragon 732G juga memiliki keunggulan lain, yaitu kemampuan untuk meningkatkan pemrosesan GPU dan kemampuan teknologi AI di dalamnya. Sedangkan untuk prosesornya sendiri, smartphone ini ditenagai oleh Octa-core dan memiliki kartu grafis Adreno 618. Kartu grafis ini juga sudah mendapatkan fitur Elite Gaming lho.

Jika anda sedang mencari Hp terbaik untuk PUBG dengan grafik extreme, Poco X3 NFC menjadi rekomendasi dari kami.

4. Kamera profesional

Kelebihan dan kekurangan Poco X3 NFC, dari segi Kamera yang dimiliki Poco X3 NFC juga layak untuk dilihat sekilas, lho. Desain kamera ini terbilang unik, karena terletak di bodi belakang, terinspirasi dari kamera DSLR. Namun keunggulan dari Poco X3 NFC tidak terletak di sini, kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX682 64 megapiksel. Sensor ini umumnya terdapat pada smartphone flagship yang harganya lebih mahal, lho.

Kemudian kamera selanjutnya memiliki sensor lebar 13MP, lensa makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP. Kamera ini sangat mendukung untuk mengambil gambar dan merekam video dengan baik. Bahkan fitur-fiturnya sangat lengkap, antara lain dual LED flash, HDR, panorama, perekaman video hingga [email protected], dan terdapat fitur gyro-EIS yang membuat perekaman video lebih stabil meski terjadi gundukan. Yang lebih menarik, terdapat fitur AI Skyscaping 3.0 yang mampu mengubah tampilan langit menjadi lebih beragam.

Sedangkan untuk fitur hp NFC Poco X3 dari segi kamera depan sudah dibekali dengan sensor 20 megapiksel. Sangat mendukung kebutuhan selfie dengan kualitas yang baik. Kamera depan ini tentunya juga memiliki banyak fitur menarik. Ini termasuk mode profesional dengan puncak fokus, mode malam, mode VLOG, filter, dan banyak lagi. Bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan Kamera NFC Poco X3?

Terkait:  Spesifikasi Vivo Z1 pro, Review dan Perbandingan Harga

5. Kualitas audio mantap

Poco X3 NFC juga memiliki keunggulan dari segi suara. hp ini menggunakan dua speaker stereo yang telah lulus uji Hi-Res Audio. Tak heran efek suara yang dihasilkan lebih stabil. Belum lagi suara smartphone ini dilengkapi dengan teknologi getaran 4D yang memberikan kualitas suara lebih baik. Bahkan fitur ini juga bisa memberikan efek getar saat Anda menggunakan hp ini untuk bermain game.

6. Baterai besar dan fast charging

Performa canggih dari Poco X3 NFC dibekali baterai berkapasitas besar 5160 mAh. Selama 10 jam waktu pemutaran, baterai ini masih tahan. Bahkan jika Anda menonton video 24 jam secara intens, tetap bisa mendukung aktifitas harian anda. Cocok untuk mereka yang mencari smartphone tahan lama untuk penggunaan intensif.

Selain itu, baterai besar ini dilengkapi dengan sempurna dengan fitur pengisian cepat 33W. Klaimnya, dalam waktu 30 menit, persentase charge bisa mencapai 62%. Ini akan terisi penuh hingga daya 100% hanya dalam 65 menit. Sangat efektif bukan? Oh ya, kelebihan dari Poco X3 NFC dari segi baterai juga ditambah dengan fitur teknologi MMT (Middle Middle Tab) yang memungkinkan pengisian baterai secara paralel dari tengah.

7. Ram dan Rom Besar

Smartphone ini juga memiliki keunggulan lain, yakni memiliki RAM LPDDR4X 6GB atau 8GB. Jadi sangat nyaman dengan multitasking dan tidak khawatir dengan lag hp. Selain itu, kapasitas memori internal yang sama adalah 64 GB atau 128 GB, tipe UFS 2.1. hp ini cocok untuk Anda yang selalu menyimpan file berukuran besar tanpa takut cepat kenyang.

8. Fitur gaming lebih cepat

Fitur NFC Poco X3 kali ini adalah Game Turbo 3.0. Fitur ini meningkatkan frame rate dalam game dan meningkatkan stabilitas game sebesar 37,9 persen dibandingkan versi sebelumnya. Saat memainkan game, tiba-tiba muncul notifikasi dengan pesan atau panggilan masuk, game akan tetap stabil. Bahkan dengan fitur ini, performa mesin dan akselerasi sentuh bisa ditingkatkan. Gamesnya dijamin seru.

9. Fitur NFC

Fitur NFC termasuk dalam nama hp ini yaitu Poco X3 NFC. Fitur ini memungkinkan smartphone Anda dengan mudah terhubung dengan smartphone lain dan perangkat lain untuk memudahkan aktivitas.

10. Harga yang bersahabat

Untuk semua fitur canggih yang dimilikinya, Poco X3 NFC juga dibandrol dengan harga yang sangat bersaing dengan kompetitornya. Anda bisa membelinya hanya dengan Rp. 3 juta. Untuk varian ROM 6GB 64GB dibanderol Rp 3.199.000, dan untuk RAM 8 GB dibanderol Rp 3.599.000. Padahal, terlepas dari segala kelebihan yang dimilikinya, harga smartphone ini secara umum berada di kisaran 4 jutaan.

Nah, dari kelebihan dan kekurrangan Poco X3 NFC, itulah 10 keunggulan smartphone ini yang sangat menggiurkan bagi konsumen. Namun jangan buru-buru, simak juga kekurangan dari Poco X3 NFC berikut ini.

Terkait:  Samsung Galaxy A12 Harga Rp 2 Jutaan

Kekurangan Poco X3 NFC

kekurangan POCO X3 NFC

1. Kualitas layar belum maksimal

Salah satu kelemahan dari Poco X3 NFC adalah layarnya yang tidak sempurna. Smartphone ini sudah menggunakan layar Full HD+ namun sayangnya masih menggunakan panel IPS LCD. Mungkin akan lebih berpengaruh jika panel layar yang digunakan AMOLED. Selain kompatibel dengan kelas menengah premium, layar AMOLED akan lebih hemat energi. Namun, kekurangan ini bukanlah sesuatu yang bertentangan dengan kualitas smartphone secara keseluruhan.

2. Hanya punya satu lensa kamera depan

Kekurangan lain dari Poco X3 NFC adalah hadirnya hanya satu lensa kamera depan. Ini penurunan, karena pada seri sebelumnya, Poco X2, sebenarnya ada dua lensa kamera di bagian depan. Jika Anda tidak terlalu peduli dengan kamera, kekurangan ini tidak akan berdampak banyak.

3. Terdapat iklan di lockscreen

Buat anda yang suka direpotkan dengan munculnya iklan, sayangnya ini adalah salah satu kekurangan dari Poco X3 NFC yang muncul di lock screen. Namun, iklan ini dapat dihilangkan atau dinonaktifkan agar tidak terlalu mempengaruhi kualitas iklan kelas menengah ini.

4. Bloatware masih cukup banyak

Hal lain yang perlu diingat tentang hp ini adalah masih banyak bloatware di sana. Bloatware sendiri adalah aplikasi atau perangkat lunak apa pun yang disertakan dengan hp yang terlalu besar, tidak efektif, dan kemungkinan besar tidak diperlukan. Jadi bloatware ini dapat memperlambat sistem Anda dan menguras baterai Anda. Namun, Anda masih dapat menonaktifkan fitur ini.

Kesimpulan

Jika kita menyimak dari kelebihan dan kekurangan Poco X3 NFC, kita dapat menyimpulkan bahwa jika anda mencari smartphone dengan kapasitas baterai besar dan mampu mendukung aktifitas anda seharian, Poco X3 NFC mungkin cocok untuk anda.

Namun jika anda mencari smartphone dengan kualitas kamera yang benar – benar menjadi terbaik di kelas, mungkin Poco X3 NFC bukan pilihan yang tepat untuk anda. Jika anda mencari hp terbaik dan murah dengan 4gb, lihat juga di artikel kami lainnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Poco X3 NFC yang dapat anda jadikan pertimbangan sebelum membeli smartphoen tersebut, semoga bermanfaat dan anda tidak bingung lagi apakah smartphone Poco X3 NFC cocok untuk anda.

Pencarian Terkait:

poco x3 nfc kelebihan kekurangan harga, Fitur Tersembunyi Poco X3 Nfc , Poco X3 Nfc Panas, Layar Poco X3 Nfc , Kelebihan Poco X3 Pro , Kelebihan Poco M3 , Kelebihan Dan Kekurangan Xiaomi Poco M3 , Kelebihan Dan Kekurangan Poco X3 Pro , Kelebihan Dan Kekurangan Poco M3 , Kelebihan Dan Kekurangan Hp Poco M3 , kekurangan poco x3 nfc, Hasil Kamera Poco X3 Nfc , Harga Poco X3 Nfc , Poco X3 Nfc Spesifikasi

Check Also

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F3

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F3

Gadgetidn.com – Generasi ketiga seri POCO F akhirnya hadir di Indonesia. Ya, POCO F3 resmi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.