Kelebihan dan Kekurangan Realme 8

Yuk Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8

Gadgetidn.com – Spesifikasi realme 8 memang bukan yang terbaik jika dibandingkan dengan kebanyakan smartphone flagship pada umumnya, namun sudah lebih dari cukup jika dibandingkan dengan smartphone kelas menengah lainnya dan anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan realme 8 tersebut.

Nah, jika anda belum mengetahuinya dan masih pensaran mengenai kelebihan dan kekurangan hp realme 8 tesebut, kali ini tim gadgetidn.com akan memberitahukan apa saja kelebihan serta kekurangan smartphone terebut.

Kelebihan Realme 8

Kelebihan dan Kekurangan hp Realme 8

Realme 8 merupakan salah satu smartphone gaming di kelas menengah dan ini adalah salah satu dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki smartphone ini. Jika Anda ingin tahu apa-apa, inilah daftarnya.

1. Layar Super AMOLED

Dari kelebihan dan kekurangan realme 8, layar super amoled menjadi salah satu kelebihan smartphone terebut. Ya, meskipun di smartphone mid-range atau kelas menengah, Realme sudah menyertakan layar Super AMOLED di Realme 8.

Keunggulan layar Super AMOLED dibandingkan layar lainnya adalah tipe ini mampu mengintegrasikan teknologi layar yang berfungsi. Sentuh dan layar dalam satu lapisan. Oleh karena itu, itu tidak akan menambah ketebalan perangkat yang digunakannya.

Selain itu, Super AMOLED juga mengkonsumsi daya yang sangat kecil dan mampu memberikan kualitas gambar yang lebih jernih serta menghasilkan respon gerak yang lebih cepat dibandingkan dengan teknologi tampilan lainnya seperti LCD dan lainnya.

2. Baterai Besar

Jika membahas kelebihan dan kekurangan realme 8, anda pastinya akan melirik baterai. Untungnta baterai milik Realme 8 sama dengan milik Realme 7, yaitu baterai Li-Po 5000 mAh yang tidak dapat dilepas. Dengan kapasitas sebesar itu, Anda dapat menggunakan perangkat dengan leluasa tanpa khawatir kehabisan baterai atau mati di tengah penggunaan.

Terkait:  Spesifikasi Lengkap dan Fitur Oppo A1k

Dalam mode siaga, baterainya kuat dan bertahan hingga 40 hari dengan sekali pengisian daya. Selain itu, untuk penggunaan sehari-hari yang sederhana, dari pagi hingga sore pada mode start 100%, baterai akan tetap sekitar 20-30%.

3. Fast Charging

Dari kelebihan dan kekurangan realme 8 yang kami simak, Selain dibekali baterai berkapasitas besar, Realme 8 juga mendukung teknologi fast charging yang menjadi salah satu kelebihannya. Dalam iklannya di mana-mana, Realme menyebutkan bahwa Realme 8 mendukung 30W Dart Charge.

30 watt adalah watt besar yang dibutuhkan pengisi daya untuk dapat menyediakan atau mendistribusikan daya atau daya ke baterai. Untuk baterai yang dimiliki Realme 8, dengan Dart Charge 30W, dari 0% hingga 100% membutuhkan waktu 65 menit.

4. Chipset Gaming

Seperti disebutkan di atas, Realme 8 adalah smartphone gaming kelas menengah. Karena kategori game, chipset yang digunakan tidak normal. Realme 8 menggunakan chipset Mediatek Helio G95 (12nm) yang sangat bagus saat digunakan untuk bermain game mobile.

Dalam pengujian terhadap chipset lain yaitu Qualcomm Snapdragon 720G yang juga merupakan chipset gaming, hasilnya adalah Helio G95 yang unggul dalam performa gaming dan OpenCL/Vulcan. Nilai tes AnTuTu yang didapatnya 8% lebih tinggi dari Snapdragon 720G.

5. Tingkat Kecerahan Tertinggi

Yang patut kita bicarakan mengenai kelebihan dan kekurangan realme 8 adalah tingkat kecerahan layar. Untungnya layar Realme 8 juga sudah memiliki tingkat kecerahan maksimum 1000 nits yang menjadi kelebihannya yang patut kita acungi jempol.

Artinya kecerahan mampu membuat segala sesuatu yang ditampilkan di layar dapat terlihat dengan jelas dan kantara. Apalagi di antara smartphone terbaru yang ada di pasaran saat ini, Realme menempati peringkat kedua dunia di bawah Xiaomi Note 10 terkait masalah kecerahan layar.

Terkait:  Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy M30s

6. NFC

Realme 8 hanyalah beberapa dari sekian banyak smartphone kelas menengah dengan teknologi NFC atau Near Field Communication. Padahal, beberapa tahun sebelumnya, teknologi NFC dipandang kurang penting, peran dan maknanya dalam kehidupan manusia, namun dalam beberapa tahun terakhir, ternyata banyak orang yang membutuhkan teknologi ini di perangkat mobile mereka.

Dengan NFC, Anda dapat melakukan transaksi dengan aman, bebas dan tentunya dengan kerumitan. Meskipun tidak semua merchant, toko atau penjual benar-benar memiliki fasilitas pembayaran nirkabel, diperkirakan dalam beberapa tahun ke depan, kenyataan akan berubah drastis dan NFC akan diterima di mana-mana.

7. RAM dan ROM Tinggi

Yang menjadi pertimbangan dari kelebihan dan kekurangan realme 8 terebut yakni RAM dan memori interbal. Hingga saat ini masih sangat jarang smartphone kelas menengah dengan kapasitas RAM dan ROM yang besar.

Rata-rata, mereka hanya memiliki antara 3-4 GB RAM atau 32-64 GB ROM. Namun berbeda dengan Realme 8. Ponsel ini dibekali dengan RAM 8GB dan ROM 128GB yang menjadi salah satu kelebihan smartphone terebut.

Menariknya, Anda masih bisa menambah kapasitas penyimpanan internal hingga 256GB menggunakan kartu microSD yang slotnya terletak di sebelah slot kartu Nano Sim. Dengan cara ini, sistem akan berjalan dengan lancar tanpa lag, terutama saat digunakan untuk bermain game.

Kekurangan realme 8

Kekurangan hp Realme 8

Dari pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan realme 8, 7 kelebihan hp realme diatas terebut tentunya menjadi sangat menarik untuk anda pertimbangkan untuk membeli smartphone terebut. Namun, perlu anda ketahui juga bahwa smartphone realme 8 terebut memiliki beberapa kekurangan.

Lalu. apa saja kekerangan dari smartphone tersebut? untuk mengetahuinya anda dapat simak beberapa poin-poin dibawah ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Terkait:  Yuk Intip, 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A15

1. Refresh Rate Kecil

Memang menyandang predikat sebagai smartphone gaming, namun kenyataannya Realme 8 tidak dengan tampilan refresh rate yang tinggi. Kecepatan refresh layar Realme 8 hanya memiliki clock 90Hz. Dengan refresh rate yang begitu kecil, akan sedikit mengganggu saat Anda menggunakannya untuk bermain game yang memiliki grafis tinggi dan detail.

Plus, dengan kecepatan refresh sekecil ini, ini memiliki dampak besar pada masa pakai baterai dan daya. Itu karena monitor akan secara otomatis menarik daya agar tetap bekerja secara optimal.

2. Tidak Tahan Banting

Jika membahas kelebihan dan kekurnagan realme 8 tersebut, Realme 8 bukanlah smartphone yang masuk dalam kategori smartphone yang tangguh hal ini menjadi salah satu kekurangan hp tersebut. Produk portabel ini memiliki cangkang plastik polikarbonat keras yang rentan pecah saat terkena goncangan yang cukup kuat. Selain itu, dia tidak memiliki sertifikat di sakunya.

Bahkan saat digunakan di alam bebas, smartphone ini tidak akan bertahan lama, apalagi di tempat yang banyak terkena cipratan air. Pasalnya, Realme 8 didesain untuk penggunaan di dalam ruangan dan bukan untuk penggunaan di luar ruangan.

3. Tidak Dilengkapi OIS

Tentunya bagi pengguna yang ingin merekam video, minimnya fitur OIS atau peredaman dan penyeimbang getaran akan sangat mengganggu. Dikatakan tanpa fitur OIS, hasil video akan sangat berantakan dan terlihat funky saat bergoyang tanpa dukungan sama sekali.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan singkat dari Gadgetidn.com mengenai 7 kelebihan dan 3 kekurangan hp realme 8 terebut. Jika anda mencari hp dengan refrest rate yang tinggi, mungkin bukan realme 8 menjadi jawabannya.

Namun, jika anda mencari hp murah dengan kemampuan yang dapat mendukung aktifitas anda dalam bermain game. mungkin realme 8 dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anda.

Check Also

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F3

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F3

Gadgetidn.com – Generasi ketiga seri POCO F akhirnya hadir di Indonesia. Ya, POCO F3 resmi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.