10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51

10 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51

Gadgetidn.com – Perusahaan smartphone asal Hongkong, Vivo kembali merilis ponsel seri Y dengan banderol harga Rp 3 jutaan. Nama ponsel tersebut adalah vivo Y51, dan ini merupakan kali ketiga vivo Y51 diluncurkan di pasaran. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Vivo Y51 terebut? Pantaskah dibandrol dengan harga 3 jutaan?

Tahun 2015 lalu ada Vivo Y51 yang mengusung desain layar Full View dengan bezel tebal. Pada saat itu, tidak ada desain tingkat air atau berlubang. Kemudian pada September 2020, Vivo Y51 dihidupkan kembali dengan berbagai fitur yang sesuai dengan standar modern.

Namun artikel ini tidak akan membahas kedua versi vivo Y51 di atas, melainkan versi vivo Y51 yang dirilis pada Desember 2020 seharga Rp. 3,6 juta. Karena versi baru ini dirilis dalam waktu yang tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, hanya ada sedikit perbedaan antara Vivo Y51 versi September dan Desember. Namun, mereka masih dianggap produk yang berbeda.

Versi lama dan versi baru hanya berbeda dalam hal penggunaan chipset, varian RAM, memori internal, dan ukuran layar. Namun, pada hp vivo y51 2020 ini layak masuk dalam jajaran hp yang kameranya bagus untuk selfie. Daripada penasaran, yuk simak kelebihan dan kekurangan Vivo Y51 berikutnya!

Spesifikasi vivo Y51

Spesifikasi Vivo Y51 Fitur dan Performa

  • Rilis: Desember 2020
  • Layar: IPS LCD 6,58 inci
  • Chipset: Snapdragon 665
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh
Detail Spesifikasi Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51

Mengutip dari spesifikasi yang ditawarkan Vivo Y51, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y51 yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan sebelum membeli hp terebut, apakah sudah sesuai dengan ponsel yang anda nanti – nantikan? simak ulasannya berikut.

Kelebihan vivo Y51

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51

Tidak perlu penasaran lagi, kami akan jabarkan berbagai fitur unggulan yang ditawarkan oleh ponsel Vivo Y51 ini. Mari kita mulai dari kelebihan Vivo Y51 tersebut pada poin – poin dibawah ini.

1. Dirilis dengan Android 11

Semua orang tahu bahwa versi terbaru dari sistem operasi akan memberikan fitur yang lebih canggih. Nah, jika anda bosan dengan sistem operasi Android 10, maka anda bisa mencoba Vivo Y51 yang rilis di Android 11 ini kok.

Pasalnya, Vivo Y51 sudah menggunakan FunTouch OS 11 dengan beragam fitur baru. Misalnya, pengguna Vivo Y51 dapat mengambil tangkapan layar dengan lebih kreatif dan fleksibel, menggunakan tali lasso atau memilih area dengan bentuk selain kotak.

Terkait:  Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A11k

Fitur lain yang hadir adalah iManager yang dapat menampilkan ringkasan status ponsel seperti kinerja, pemindaian virus, dll. Dan bagi yang suka bermain game bisa mengandalkan Ultra Game Mode yang bisa menampilkan jendela PIP alias Picture in Picture sehingga bisa menikmati SMS sambil bermain game.

2. Sensor Sidik Jari di Samping

Pada pembahasan kelebihan dan kekurangan Vivo Y51 kali ini, Nampaknya sensor sidik jari di bagian samping menjadi bagian dari kelebihan vivo y51. Selain membuat bodi belakang terlihat lebih bersih, sensor di bagian samping juga lebih nyaman disentuh dengan ibu jari untuk penggunaan kanan atau dengan jari telunjuk untuk tangan kiri.

Kabar baik untuk Anda, karena vivo Y51 juga dilengkapi dengan lokasi sidik jari di bagian samping pada tombol power. Tidak seperti vivo Y51 rilis September 2020 yang menyertakan sensor pemindai dalam layar. Tapi, paling tidak, penempatan sensor di bagian samping masih lebih unggul dibanding beberapa ponsel pesaingnya.

Vivo juga mengklaim bahwa sensor sidik jari ini memiliki respon secepat kilat, karena dapat membuka kunci layar hanya dalam waktu 0,248 detik saat layar dihidupkan. Sedangkan jika layar dalam keadaan mati, dibutuhkan waktu 0,352 untuk membukanya. Tentu hal ini juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, ya!

3. Layar Ultra All Screen Full HD+

Jangan puas dengan layar kecil. Bahkan, Anda tidak perlu ponsel mahal untuk bisa menikmati konten visual yang imersif. Sudah ada Vivo Y51 Desember 2020 yang menawarkan ukuran layar 6,58 inci. Kabar baiknya lagi, Full HD Plus lho! Konten yang tajam dan jelas.

Dibandingkan vivo Y51 versi sebelumnya, ukuran perangkat ini lebih besar. Namun, panelnya masih menggunakan IPS LCD, bukan Super AMOLED.

4. 48 MP Night Camera

Pembahasan kelebihan dan kekurangan Vivo Y51 dari segi kamera patut juga kita bahas pada bagian kali ini. Berbeda dengan vivo Y51 yang dirilis pada September 2020 lalu, vivo Y51 dibekali triple camera sebagai pengganti quad camera. Namun, bukan berarti kemampuan kameranya lebih buruk, lho! Faktanya, Vivo Y51 baru mendukung perekaman 4K.

Dengan lensa utama 48MP kamera malam di bagian belakang, perangkat ini diumumkan memiliki kemampuan pemotretan yang baik bahkan di malam hari. Kami tidak selalu dalam kondisi pencahayaan yang baik. Kemampuan fotografi malam hari vivo Y51 memastikan Anda tetap mampu menghasilkan kualitas gambar terbaik kapan saja, di mana saja.

Kamera utama dilengkapi dengan kemampuan algoritma khusus yang dapat mengurangi noise dengan beberapa frame untuk menjaga kejernihan gambar. Selain itu, hadirnya night filter yang stylish dapat membuat tampilan foto menjadi lebih kreatif dan unik.

Terkait:  5 Hp Gaming Terbaik 2021 Beserta Spesifikasinya

Selain lensa utama 48MP, dua lensa yang menyertainya juga dapat digunakan untuk mengambil gambar dalam beberapa mode. Misalnya seperti lensa ultra-wide 8MP dengan bidang pandang 120 derajat yang mengabadikan momen berkumpul sehingga semuanya bisa masuk ke dalam satu frame.

5. Bodi yang Ramping

Kenyamanan saat memegang ponsel tentu tak kalah pentingnya. Bahkan, Vivo Y51 dihadirkan dengan desain ultra-tipis yang memberikan kenyamanan maksimal bagi pengguna dan tangan tidak cepat lelah.

Dengan ketebalan bodi 8,38 mm, Vivo Y51 termasuk dalam jajaran ponsel yang memiliki bodi agak tipis. Tentu saja, bodi HP yang ramping ini juga berkontribusi pada estetika yang lebih bagus. Mengingat baterainya yang besar, sangat mengesankan bahwa perusahaan dapat memasangkan bodi yang ramping pada vivo Y51.

6. Baterai Tahan Lama

Topik selanjutnya dari kelebihan dan kekurangan Vivo Y51 yakni pada bagian baterai. Kita semua tahu bahwa kapasitas baterai selalu menjadi daya tarik bagi semua persona pembeli. Baik itu ponsel yang digunakan untuk bermain game atau sekadar menonton film atau fotografi, semua jenis konsumen dapat memanfaatkan kapasitas baterai yang besar.

Mau tahu seberapa tahan lama vivo Y51 Anda dalam penggunaan sehari-hari? Tentu saja tahan seharian, karena mengandalkan baterai LiPo 5000mAh. Di situs resmi Vivo, diumumkan bahwa produk ini bertahan 7,26 jam untuk game berat. Sedangkan untuk streaming film HD bisa bertahan hingga 14,3 jam.

7. RAM dan Memori Internal Besar

Terganggu oleh aplikasi yang suka mati secara otomatis? Kendala ini sangat umum terjadi pada ponsel dengan kapasitas RAM yang tidak mencukupi. Semakin besar RAM, semakin banyak aplikasi yang dapat berjalan secara bersamaan. Inilah keunggulan vivo Y51 yang memiliki RAM 8GB dual channel LPDDR4x dan penyimpanan internal UFS 2.1 128GB.

Berkat kapasitas memori yang besar, Anda dapat menginstal begitu banyak aplikasi sehingga Anda bingung harus menginstal yang mana. Dan banyaknya aplikasi yang terinstal juga didukung oleh RAM besar yang mendukungnya. Apa yang kurang?

8. Dukungan Audio Booster

Vivo Y51 sudah ada dengan port audio jack 3.5mm untuk bisa terhubung dengan earphone dengan leluasa. Namun ketika Anda tidak ingin menggunakan earphone, speaker milik Vivo Y51 ini sangat berkualitas untuk ponsel sekelasnya.

Meski hanya menawarkan satu speaker, namun dilengkapi dengan penguat volume yang dapat meningkatkan kenyaringan hingga 73,1 desibel. Oleh karena itu, pengalaman menonton film dan mendengarkan musik akan lebih menyenangkan.

Kekurangan vivo Y51

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51 (1)

Seperti yang kita singgung sebelumya, ada berbagai kelebihan dan kekurangan Vivo Y51 yang perlu anda ketahui. Tidak ada ivory yang tidak retak, penggemar Vivo harus mengakui bahwa Vivo Y51 hadir dengan banyak kekurangan.

Terkait:  Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy A12

1. Chipset Terbilang Mengecewakan

Topik selanjutnya dari review kelebihan dan kekurangan Vivo Y51 adalah pada bagian Chipset. Sepertinya vivo Y51 memang tidak ditujukan untuk bermain game yang sangat berat. Meski ponsel masih bisa beraktivitas seperti biasa tanpa masalah, Vivo Y51 akan kesulitan memainkan PUBG M dengan grafis tinggi.

Ini adalah salah satu kekurangan yang sering ditemukan pada seri Vivo Y, sekaligus mengakui bahwa Vivo adalah merek yang lebih mementingkan kamera daripada performa, terutama untuk produk di kelas entry.

Di balik casingnya terdapat SoC berupa Qualcomm Snapdragon 665. Jangan salah, chipset ini masih cukup bertenaga, namun jika disandingkan dengan ponsel seharga Rp 2 jutaan. Snapdragon 665 sendiri sebenarnya menggunakan Kryo 260 Gold yang merupakan turunan dari ARM Cortex A73. Secara teori, ini membuatnya cocok untuk bermain game.

Namun, jika Anda membandingkannya dengan pesaing lain dengan harga Rs. 3 jutaan, ada realme 7 dengan Helio G95 yang mencapai skor AnTuTu v8 sekitar 297.000. Begitu juga dengan POCO X3 NFC yang sama-sama seharga Rp 3 juta memiliki skor sekitar 286.000. Pesaingnya pasti jauh lebih baik daripada vivo Y51 yang hanya mendapat 165.000 poin di AnTuTu v8.

2. Hanya Pakai Fast Charging 18 W

Meski pengguna puas dengan daya tahan baterai, jelas Vivo tidak membekali Y51 dengan pengisian cepat yang sesuai dengan kategori harganya. Bayangkan saja, dengan harga Rp. 3 jutaan, ponsel ini hanya dibekali 18W charging.

Pengisian cepat dengan jumlah daya ini masih cukup masuk akal untuk kategori harga yang lebih rendah. Tapi untuk kisaran harga Rp. 3 jutaan, masih banyak ponsel lain yang menawarkan fast charging lebih cepat lagi, seperti realme 7 dengan fast charging 30W atau realme Narzo 20 Pro yang menggunakan daya 65W. Perusahaan mengklaim bahwa Vivo Y51 memiliki waktu pengisian 67 menit.

Kesimpulan

Nah, sekarang sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan Vivo Y51? Kami harus mengatakan bahwa Vivo Y51 hampir merupakan ponsel serbaguna, dengan baterai 5000mAh, RAM besar dan memori internal, lensa 48MP dengan kinerja yang baik, dan desain bodi yang ramping.

Mengapa kami mengatakan “hampir”? Pasalnya, Vivo Y51 terbilang biasa saja dalam hal performa gaming dengan menawarkan chipset Snapdragon 665. Meski aktivitas gaming tak bisa lagi lepas dari kebiasaan anak muda. Yah, setidaknya vivo Y51 masih bisa diandalkan dalam hal fotografi malam hari, dan layarnya agak besar.

Check Also

Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Kehadiran Reno4 cukup mencuri perhatian, meski ponsel ini memiliki kekurangan akibat minimnya NFC. Oppo mungkin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.