Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Kehadiran Reno4 cukup mencuri perhatian, meski ponsel ini memiliki kekurangan akibat minimnya NFC. Oppo mungkin menyadari hal ini sehingga mereka memperbaikinya pada penggantinya, Reno5. Tetapi kekuatan Reno5 tidak terbatas pada NFC. Ada sejumlah perbaikan lain yang diperkenalkan Oppo dari generasi sebelumnya.

Tapi apakah semua ini membuat ponsel dilepas seharga Rp. 4.999.000 menarik untuk dilihat? Berikut ulasan singkatnya

Desain

Desain

Satu-satunya hal yang disukai GadgetIDN tentang Oppo Reno4 adalah dimensinya. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil di tangan. Bobotnya ringan, jadi lebih nyaman dipegang. Untungnya Oppo tidak mengubahnya di Reno5. Ada perbedaan yang lebih pendek 1 mm, tetapi itu tidak akan terasa. Alhasil, sensasi menggenggam ponsel ini tetap sama dengan Reno4. Mungkin yang membuatnya terlihat berbeda adalah sampul belakangnya. Alternatif yang sedang ditinjau GadgetIDN adalah Fantasy Silver.

Permukaannya lebih bertekstur, sehingga bebas dari sidik jari namun tetap terasa nyaman di permukaan tangan. Selain memberikan gradasi warna yang lebih menarik dari sebelumnya. Rahasianya terletak pada penerapan proses Diamond Spectrum yang mampu menampilkan berbagai warna jika dilihat dari berbagai sudut. Selain efek Reno Glow, ini memberikan detail berkilau yang halus. Ponsel ini masih memiliki jack audio 3.5mm dan mendukung port USB Type-C.

Baca Juga: OnePlus dan OPPO dilaporkan telah menggabungkan tim R&D perangkat keras

Layar

layar

Oppo Reno5 memiliki layar Full HD + 6,4 inci. Terlihat lebih lega saat digunakan untuk menonton film atau bermain game karena tidak lagi memiliki lubang ganda seperti pada Reno4. Panel AMOLED yang digunakan tidak hanya memberikan warna yang kaya dan gambar yang detail. Teknologi ini memungkinkan hadirnya sensor sidik jari di layar ponsel. Saat digunakan, kemampuannya cukup cepat memindai sidik jari.

Terkait:  10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9 Pro

Fitur lain yang dimiliki layar Reno5 adalah sertifikasi Netflix dan Amazon Prime Video, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming film HD. Kecepatan refresh 90Hz membuat layar bergulir lebih mulus.

Oppo memiliki Gorilla Glass 5 untuk perlindungan terhadap goresan, teknologi SGS Eyecare Display untuk mengurangi cahaya biru untuk kenyamanan mata, layar yang selalu dapat disesuaikan, dan efek pencahayaan tepi selama panggilan masuk dan pesan.

Kamera

kamera

Reno5 memiliki empat kamera belakang. Konfigurasi dengan kamera utama 64MP dipasangkan dengan sensor lebar 8MP, makro 2MP dan mono 2MP. Sedangkan kamera selfie berukuran 44 megapiksel. Semua kamera bisa diandalkan dalam berbagai situasi. Tak hanya itu, Oppo menyediakan banyak fitur yang memudahkan kita dalam membuat konten menarik.

Baca Juga: Harga Dan Spesifikasi Oppo A37

Terdapat AI Highlight Video yang secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan meningkatkan kualitas video dengan menerapkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR. Kemudian AI Mixed Portrait yang menggabungkan video potret dan latar belakang untuk memberikan efek riak video seluler. Ini memungkinkan efek artistik baru tanpa aplikasi tambahan.

Berikut hasilnya:

Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip
Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip
Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Kinerja

Oppo memanfaatkan Reno5 dengan Snapdragon 720G yang diformulasikan dengan RAM 8GB untuk menghasilkan performa yang fleksibel. Tidak hanya saat multitasking, memainkan Call of Duty Mobile dengan pengaturan keselarasan yang benar tidak menemui kendala, dan juga dikenal dengan kelancarannya.

Ini diperkuat oleh kriteria bernilai tinggi berikut:

ColorOS 11

Oppo Reno5 menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Sistem operasi ini terasa ringan dan mulus saat digunakan. Sejumlah fitur baru yang menarik dapat ditemukan. Ruang permainan ada untuk memaksimalkan kinerja sekaligus menghilangkan gangguan yang sering muncul saat bermain game, seperti notifikasi. Oppo juga memberikan kemampuan menerjemahkan artikel di layar hanya dengan tiga jari.

Terkait:  OnePlus dan OPPO dilaporkan telah menggabungkan tim R&D perangkat keras

Meski Oppo tidak menyertakan kamera kedua di bagian depan yang didedikasikan untuk fitur Smart AirControl, fitur ini tetap tersedia. Jadi kita bisa menggulir layar dengan gerakan tangan di sejumlah aplikasi yang didukung.

Satu-satunya keluhan adalah jumlah permintaan hipotetis. Untungnya, ini masih dapat dicopot jika tidak diperlukan. Namun ada dua aplikasi bawaan yang menarik untuk digunakan, Soloop dan Relax. Soloop sendiri merupakan aplikasi edit video yang mudah. Cocok banget buat yang sering buat konten di TikTok.

Sedangkan Relax menawarkan berbagai suara untuk kebutuhan yang berbeda, dari yoga hingga relaksasi. Di antara suara yang sering kami dengar adalah kota, yang menyediakan suara ambien ke kota-kota seperti Tokyo, Beijing, Shenzhen, Bangkok, dan Reykjavik. Mendengarkannya membuat Anda merasa seperti berada di sana.

baterai

Oppo Reno5 memiliki baterai 4.310mAh. Selama pemakaian normal, ponsel ini bisa bertahan sehari setelah diisi penuh di pagi hari. GadgetIDN menjalankan pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark. Hasilnya sampai 16 jam 20 menit.

Baca Juga: Harga Dan Spesifikasi Oppo A37

Oppo menyediakan teknologi pengisian cepat 50W. Dalam waktu 30 menit pengisian baterainya sudah mencapai 79%. Perlu waktu 49 menit untuk mengisi penuh ponsel ini.

Opini GadgetIDN

Dengan Reno5, Oppo meningkatkan apa yang hilang di Reno4. Memiliki NFC sangat membantu pengguna memverifikasi dan mengisi ulang uang elektronik mereka. Namun tidak hanya NFC yang ditambahkan, namun sejumlah fitur baru juga telah disertakan dalam kamera. Ini sangat berguna bagi mereka yang sering membuat konten dengan smartphone. Hanya saja, sebagai renungan, ada pembaruan di sisi dapur pacu. Reno5 tetap hadir dengan chipset yang sama dengan yang sebelumnya, sehingga performanya tidak berbeda dengan Reno4.

Terkait:  11 Hp Kisaran 3 Juta Terbaik Pilihan Kami

Tapi ini bukan masalah, karena bagaimanapun juga, kombinasi Snapdragon 720G dan RAM 8 GB yang menggerakkan ponsel ini memuaskan kinerjanya. Beberapa misi terbuka dapat dijalankan secara bersamaan dengan lancar, begitu juga saat memainkan game favorit. Jadi harganya Rp. 4.999.000 sangat cocok dengan semua yang ditawarkan Reno5. Patut dipertimbangkan jika Anda mencari ponsel dengan bujet Rp 5 jutaan.

Check Also

Spesifikasi dan Review Huawei Mate 40 Pro

Spesifikasi dan Review Huawei Mate 40 Pro

Gadgetidn.com – Spesifikasi Huawei Mate 40 Pro adalah ponsel yang dibekali dengan layar sebesar 6.76 …

Leave a Reply

Your email address will not be published.