Heboh Signal Ternyata Pinjam Banyak Uang dari Pendiri WhatsApp

Heboh Signal Ternyata Pinjam Banyak Uang dari Pendiri WhatsApp

Signal masih dalam pembahasan, bersama dengan Telegram, sebagai aplikasi alternatif untuk WhatsApp dan saat ini dalam perselisihan. Untuk menghasilkan uang, Signal mengandalkan donasi dari pengguna, dan saat ini meminjam sejumlah besar uang dari pendiri WhatsApp untuk menutupi biaya operasional.

Seperti diberitakan, salah satu pejabat senior di Signal adalah Brian Acton, pendiri WhatsApp yang mengundurkan diri pada 2017 karena perbedaan visibilitas dengan Facebook. Acton kemudian menjadi CEO dari Signal Foundation.

Menurut The Verge, Jumat (29/1/2021), Signal Foundation yang didirikan pada 2018 saat Acton bergabung, menjadi sumber pendanaan bagi Signal. Ternyata dana awal itu meminjam $ 50 juta dalam bentuk uang saku Acton.

Pinjaman itu naik lagi, dengan total $ 100 juta. Acton sendiri adalah salah satu orang terkaya dengan aset di wilayah $ 2,5 miliar, jadi baginya itu bukan jumlah yang besar. Bagaimanapun, tujuannya adalah keinginan untuk menumbuhkan Signal.

Saat ini, menurut sumber internal, jumlah pengguna Signal telah melonjak menjadi 40 juta. Sasaran yang saat ini ditetapkan adalah untuk menjangkau hingga 100 juta pengguna sehingga Signal dapat mengumpulkan cukup donasi dari penggunanya. Misalnya, CEO SpaceX Elon Musk dikabarkan akan menambah jumlah donasi.

Kepala Signal mengakui bahwa mereka tidak akan menjadikan Signal sebagai bisnis yang menghasilkan keuntungan terlalu banyak. Mereka bahkan ingin tetap menjadi lembaga nonprofit dan mengandalkan donasi untuk bekerja.

CEO Signal Moxie Marlinspike berkata, “Kami diatur sebagai organisasi nirlaba karena kami merasa cara kerja internet sekarang gila. Banyak dari kegilaan ini adalah hasil dari bisnis buruk yang juga menghasilkan teknologi buruk.”

Terkait:  Apple Watch Selamatkan Pesepeda yang Terseret Banjir

Leave a Reply

Your email address will not be published.