Pelanggan Spotify Semakin Bertambah Hingga Tembus 345 Juta, Berapa Banyak yang Premium?

Pelanggan Spotify Semakin Bertambah Hingga Tembus 345 Juta, Berapa Banyak yang Premium?

Pelanggan Spotify naik 27% dibandingkan kuartal sebelumnya dan penetrasi 345 juta pelanggan aktif bulanan. Berapa banyak pelanggan yang premium?

Jumlah pelanggan Spotify Premium, juga dikenal sebagai pelanggan berbayar, meningkat pada kuartal tersebut sebesar 24% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Artinya, mencapai 155 juta pelanggan aktif bulanan, menurut Cnet’s Gadget IDN, Kamis (2/4/2021).

Meski mendapatkan peningkatan yang cukup tinggi, Spotify tidak terlalu berharap pelanggan berbayarnya terus bertambah. Mereka tidak terlalu optimis karena pandemi belum jelas, dan mereka berharap jumlah pelanggan yang membayar pada akhir 2021 akan lebih sedikit dari yang diharapkan analis.

Peningkatan jumlah pelanggan berbayar tidak dibarengi dengan peningkatan pendapatan Spotify. Menurut laporan The Wall Street Journal, pendapatan rata-rata Spotify per pengguna turun 8% menjadi $ 5,13 dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Spotify Akan Punya Pengenalan Suara yang Deteksi Mood

Ini karena Spotify memberikan pengurangan biaya berlangganan untuk pelanggan baru, dan juga menurunkan biaya langganan mereka di negara-negara tertentu, seperti Rusia dan India.

Untungnya, bagaimanapun, pendapatan iklan meningkat dan menyumbang 13% dari total pendapatan Spotify, naik dari 10% tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, Spotify masih mencatat kerugian total sekitar 125 juta euro, tetapi sebenarnya turun dari 209 juta euro di tahun sebelumnya.

Laporan keuangan ini dirilis setelah Spotify mengumumkan rencana ekspansinya di luar bisnis musik. Contohnya adalah buku audio, di mana mereka telah bereksperimen dengan menyediakan rekaman audio selebriti yang membaca buku umum.

Spotify juga meningkatkan layanan podcastnya dengan terus menambahkan nama-nama populer untuk menyiarkan podcast mereka di Spotify. Spotify sekarang memiliki 2,2 juta podcast yang ditampilkan di layanannya, dengan tingkat konsumsi podcast naik 100% dibandingkan tahun lalu.

Terkait:  Ukuran Postcard Yang Sering di Gunakan

Check Also

Spotify Akan Punya Pengenalan Suara yang Deteksi Mood

Spotify Akan Punya Pengenalan Suara yang Deteksi Mood

Spotify baru saja dibekali hak paten atas teknologi baru berupa voice recognition. Bukan sembarang voice …

Leave a Reply

Your email address will not be published.