ukuran postcard

Ukuran Postcard Yang Sering di Gunakan

Gadgetidn.com – Terdapat berbagai ukuran postcard yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Pada zaman modern ini pengiriman surat menggunakan produk satu ini semakin berkurang sebab mulai terganti dengan teknologi. Namun tidak menutup kemungkinan merubahnya menjadi bentuk digital.

Apa itu Postcard?

Dalam bahasa Indonesia postcard merupakan media yang berfungsi untuk bertukar pesan antar satu orang ke lainnya yang umumnya jarak rumahnya terpaut jauh. Banyaknya kebutuhan masyarakat pada zaman dahulu, membuatnya terbagi menjadi beberapa ukuran serta corak.

Coraknya sendiri cukup estetik sehingga saat Anda kirimkan kepada penerima maka mereka akan terkesan. Meski terbilang sebagai old fashioned namun saat ini terdapat beberapa penggunanya dengan suatu alasan tertentu. Bahkan para kolektor kop masih bertahan dari berbagai kalangan.

Saat pengirim akan menggunakan postcard, mereka bisa memilih ukurannya sesuai dengan selera hanya saja terkena biaya tambahan. Sedangkan untuk jenis yang standar berkisar 4 x 6 inci sehingga membuatnya berbentuk layaknya persegi panjang.

Beberapa Ukuran Postcard

Terkadang, ada banyak ukuran postcard yang beberapa orang gunakan untuk beragam kebutuhan. Salah satunya yaitu:

1. Ukuran Postcard Standar Amerika

Ukuran Postcard Standar Amerika

Penggunaan postcard ini sebagian besar hanya untuk kalangan internal saja yakni wilayah Amerika dan negara bagiannya, sehingga ketika ke luar negeri maka menerapkan jenis standar internasional. Jenis tersebut memiliki dua pembagian ukuran yakni minimum dan maximum.

Pada bagian minimum sebesar 5.0 x 3.5 inci, sedangkan jenis maksimum yakni 6.0 x 4.25 inci. Meski berbeda namun saat menggunakan salah satu diantaranya Anda tidak akan terkena biaya tambahan hanya untuk desainnya saja. Pemilihannya sendiri bisa berdasarkan kebutuhan baik besar atau kecil.

Baca Juga: Ukuran Standar Foto Postcard Indonesia

2. Ukuran Postcard Standar Internasional

Ukuran Postcard Standar Internasional

Ada banyak negara yang juga menerapkan sistem bertukar pesan dengan surat menyurat. Umumnya menggunakan kop surat dengan ukuran A6 atau 5.8 x 4. 1 inci, jika digambarkan maka berbentuk bangun persegi panjang dengan desain beragam.

Ukuran postcard ini bisa Anda gunakan untuk mengirim pesan bukan hanya di dalam negeri saja melainkan sampai ke mancanegara. Tujuannya sendiri juga cukup banyak misalnya menyampaikan pesan resmi maupun pribadi misalnya ke teman atau saudara.

3. Ukuran Postcard Standar Indonesia

Ukuran Postcard Standar Indonesia

Pada zaman dahulu hingga kini, Indonesia menjadi salah satu negara yang juga menggunakan surat untuk bertukar pesan dengan berbagai keperluan. Ukurannya standar yakni sekitar 4 x 6 inci dengan desain beragam. Sedangkan untuk harganya tergantung dari tingkat kerumitan bentuknya.

Terdapat beragam pilihan warna, bahkan pelanggan biasanya custom sesuai kebutuhan menggunakan bentuk yang estetik. Sebab sekarang penggunaannya cukup jarang maka pembeliannya dapat Anda lakukan di beberapa penyedia misalnya pada ecommerce.

4. Ukuran Standar British

Ukuran Standar British

Penggunaan ukuran postcard ini adalah standar yang sering digunakan pada masa old British atau Britania Lama. Setidaknya terdapat 3 dimensi yang berubah-ubah dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan trend id masyarakat serta kebutuhan pasar pada waktu itu. Rinciannya sebagai berikut:

  • Pada tahun 1825 menggunakan ukuran standar sekitar 5.875 x 4.125 inci.
  • Tahun 1889 menggunakan ukuran standar sekitar 5.5 x 3.5 inch.
  • Pada tahun 1899 menggunakan ukuran standar sekitar 4.75 x3.5 inci.

Baca Juga: Cara Membuat Foto Polaroid Beserta Ukuran Standarnya

Cara Memilih Ukuran PostCard yang Sesuai

Sebelum adanya alat komunikasi yang terhubung dengan jaringan seluler, masyarakat sebagian besar menggunakan sistem surat menyurat untuk bertukar pesan. Sebagai buktinya terdapat postcard yang dikirim pada tahun 1840 kepada seorang penulis di London. Berikut cara memilihnya:

1. Ketahui Kebutuhan

Pada zaman dahulu tukar menukar surat menjadi alat komunikasi paling penting yang hampir setiap hari masyarakat gunakan untuk bertukar informasi. Namun saat ini penggunaannya sendiri seringkali untuk tujuan resmi misalnya saja pendaftaran suatu universitas atau surat berharga.

Beragamnya kebutuhan tersebut tentu membuat pemilihan ukurannya cenderung berbeda dengan desain yang beragam. Pengaruhnya pada harga serta waktu pengiriman ke lokasi secara aman dan selamat. Sebelumnya pastikan menunjukkan alamat sesuai tujuan dan hindari kesalahan.

2. Pastikan Wilayah Penerima

Setiap negara umumnya memiliki standar masing-masing, namun jika Anda mengirim ke luar negeri maka silahkan menggunakan standar internasional. Hal ini bertujuan agar dapat terkirim ke tujuan tanpa terseleksi. Selain itu penentuan harganya juga bergantung pada poin tersebut.

Kpraktida postcard bertujuan untuk memudahkan para penggunanya. Anda tidak perlu repot mendesain nama, alamat, serta letak perangko surat sebab semua sudah tersedia di postcard. Penting diketahui bahwa penampilannya harus sebelum berkirim surat.

3. Perhatikan Desain yang Sesuai

Keserasian antara pemilihan postcard dengan tema surat menjadi hal penting yang perlu Anda ketahui untuk menghindari terjadinya salah paham. Hindari memilih yang terlalu banyak paduan warnanya, sebab akan lebih mengganggu ketika menerima lihat.

Pembiayaan pengiriman surat sendiri untuk beberapa hal salah satunya perangko dengan harga mulai dari Rp 7.000 sampai Rp 8000. Pemilihannya tergantung dari daerah yang Anda tuju, misalnya wilayah Asia menggunakan jenis kedua begitupun sebaliknya.

4. Sesuaikan dengan Budget yang Tersedia

Postcard menjadi produk yang perlu Anda beli sebelum menggunakannya, terkait harga umumnya cukup beragam tergantung tingkat kerumitan desain serta ukurannya. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui estimasinya agar dapat menentukan sesuai dengan budget.

Semakin bagus desain yang Anda minta maka secara otomatis biayanya akan meningkat. Terdapat beberapa modelnya mulai dari pemandangan alam, tumbuhan, hewan, bahkan foto pribadi. Pemilihannya dapat menyesuaikan keperluan serta kesukaan dari pengirim maupun penerima.

Tips Membuat Foto Postcard

Bagi Anda yang ingin mengirim postcard dengan tujuan untuk melamar pekerjaan atau pendaftaran universita, ada baiknya menggunakan jenis foto. Selain sebagai pengenal juga untuk meminimalisir tertukar antara satu dengan lainnya.

Jika Menggunakan Pemandangan

Pemandang menjadi desain postcard yang paling banyak penggunanya sebab jumlahnya termasuk banyak misalnya saja pegunungan maupun pantai. Umumnya penerapannya sebagian besar untuk keperluan pembuatan portofolio. Oleh sebab itu persiapkan foto landscape berwarna menarik.

Pilih objek yang memiliki fokus dengan warna menarik seperti halnya ketika sunset maupun sunrise. Saat mencetaknya, gunakan kertas foto berukuran standar atau kertas lain yang tebal guna mencegah cepat rusak karena proses pengiriman.

Jika menggunakan Foto Diri

Penggunaan yang paling sering pada postcard jenis ini sebagian besar untuk keperluan tujuan formal. Gunakan gambar formal sesuai ketentuan yang berlaku mulai dari baju, warna background bagian belakang, serta penampilan secara keseluruhan.

Ada Beberapa pilihan ukuran seperti tampak seluruh badan, setengan, maupun close up. Dengan memperhatikannya, Anda akan terhindar dari kesalahan dalam mengirim surat melalui pos. Pastikan untuk menggunakan jenis kertas serta tindak berkualitas.

Demikian penjelasan mengenai Ukuran Postcard yang perlu Anda ketahui sebagai referensi nantinya ketika akan bertukar pesan melalui media satu ini. sebaiknya ketahui terlebih dahulu estimasi biaya secara keseluruhan agar tidak melebihi budget.

Check Also

ukuran foto postcard

Ukuran Foto Postcard Standar Beserta Contohnya

Sebelum masuk ke pembahasan kita kali ini yaitu ukuran standar foto postcard, alangkah baiknya jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published.