ukuran foto polaroid

Ukuran Foto Polaroid Beserta Cara Membuatnya

Gadgetidn.com – Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengenai standar dari ukuran foto polaroid? jika iya, di artikel kali ini kami akan mengulas mengenai ukuran foto polaroid dan cara membuat foto polaroid mudah dan menarik tanpa kamera polaroid. Namun sebelum kepembahasan kita kali ini, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu paraloid.

Apa Itu Foto Polaroid?

apa itu kamera polaroid
pengertian polaroid via: gadgetidn.com

Pengertian dari Foto polaroid merupakan foto yang di cetak menggunakan kamera polaroid. Lalu apa bedanya kamera plolaroid dengan kamera biasa?, jika kita bandingkan dengan kamera biasa, jika memotret menggunakan kamera paraloid dimana setelah sesaat memotret hasilnya pun langsung jadi dalam bentuk kertas, sedangkan menggunakan kamera biasa itu akan masih berbetuk digital.

Baca Juga: Ukuran Standar Foto postcard di Indonesia

Dimensi Ukuran Foto Polaroid

dimensi dan ukuran
dimensi dan ukuran foto polaroid via: gadgetidn.com

Karena ukuran kertas cetak foto polaroid saat ini berbeda-beda, entag itu ukuran 2R, 1R, ataupun ukuran standar. Namun, adapun ukuran asli dari foto paraloid dan ukuran standar yang sering digunakan, yaitu sebagai berikut:

1. Ukuran Asli Foto Polaroid

Berdasarkan informasi yang kami rangkum dari Polaroid.com, ukuran orignal atau asli dari ukuran foto paraloid adalah: 7,89 x 7,68 cm, atau 3,108 x 3,024 inci, dan ini merupakan area foto.

Sedangkan dimensi kertas polaroid yang digunakan berukuran: 10,75 x 8,85 cm atau 4,233 x 3,483 inci. Ukuran ini berdasarkan ukuran kamera polaroid SX-70.

2. Ukuran Standar Foto Polaroid

Sedangkan ukuran standar foto polaroid yang sering di gunakan adalah: 7,34 x 9,08 cm atau 2,890 x 3,574 inci. Dimensi ukuran kertas: 10,29 x 10,15 cm atau 4,051 x 3,996 inci.

NB: Ukuran cm merupakan ukuran yang telah dibulatkan, sedangkan untuk mengikuti ukuran yang paling pas, silakan berpacu pada ukuran inci.

Dengan adanya perbedaan ukuran ruang foto dan juga total dimensi kertas yang ada, itulah yang menjadi pembeda (selisih jarak) antara tiap sisi (bawah, atas, samping) untuk foto polaroid yang akan anda cetak jika menggunakan ukuran originalnya.

Cara Membuat Foto Polaroid

membuat foto polaroid dengan ukuran standar
cara membuat foto polaroid via: gadgetidn.com

Jika kamu belum mempunyai kamera polaroid, adapun cara lain untuk membuat foto polaroid yang mirip dengan hasil kamera polaroid aslinya. Berikut tips dan langkah-langkahnya seperti dibawah ini:

  1. Pilih filter yang mirip dengan polaroid asli. Misalnya warna yang dominan gelap dengan bayangan di sudut-sudut foto. Bayangan seperti ini disebut dengan vignette.
  2. Nyalakan pengaturan flash kamera jika kamu menggunakan ponsel. Umumnya, foto polaroid yang dihasilkan menggunakan flash kamera.
  3. Jika mengedit di ponsel, naikkan kontras gambar.
  4. Ketahui ukuran foto polaroid. Nah, kertas film ini ada ukurannya, seperti 2R (5,6 x 8,9 cm) dan 3R (8,9 x 12,7 cm).
  5. Install aplikasi edit foto polaroid instan di ponselmu.

Baca Juga: Ukuran Postcard Yang Sering Digunakan

Tips dan Trick Membuat Foto Polaroid

tips dan trick
tips dan trick bikin foto polaroid via: gadgetidn.com

Jika sudah mengetahui ukuran foto polaroid dan cara membuatnya, sekarang saatnya untuk memperaktiekkannya nih!. Cara membuat foto polaroid ini sebagai alternatif buat kamu yang belum mempunyai kamera polaroid. Yusk, langsung aja simak langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

Install Aplikasi Edit Foto Polaroid

Pertama-tama kamu harus download aplikasinya terlebih dahulu. Nah, nama aplikasi yang saat ini akan kami gunakan adalah PolyCam. Kalau sudah kita lanjut ke langkah berikutnya, yuk!

Mulai Foto

Buka aplikasi PolyCam yang baru kamu install. Kemudian arahkan lensa kamera ke objek yang ingin kamu potret. Di sini kami memilih pemandangan di luar ruangan sebagai objek foto. Setiap lokasi foto juga akan menentukan pemilihan filter dan pengaturan color correction.

Tambahkan Filter

Cara membuat foto polaroid selanjutnya adalah memberi filter warna pada foto. Karena sudah tersedia berbagai macam filter, pilihlah yang sesuai dengan warna dan pencahayaan yang kamu inginkan. Di sini kami menggunakan filter T2, karena ingin menghasilkan warna yang nggak terlalu kuning.

Menambahkan Efek Cahaya

Ada berbagai jenis efek cahaya di aplikasi ini. Sayangnya, nggak semua efek bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu perlu berlangganan terlebih dahulu untuk menikmati semua fitur yang ada.

Color Correction

Lanjut cara membuat foto polaroid adalah melakukan color correction pada foto. Step ini bisa kamu lewatkan jika sudah merasa cocok dengan warna bawaan dari filter yang sudah kamu pilih pada step nomor tiga. Ada berbagai macam pengaturan di sini, seperti vignette, brightness, dan kontras. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk save gambar ke dalam ponselmu.

Cetak Foto Polaroid

Ini dia step yang terakhir, yaitu mencetak foto yang sudah kamu edit. Jika kamu ingin mencetaknya, pilihlah jenis kertas yang sesuai. Misalnya kertas foto yang berbahan glossy maupun doff. Kalau sudah selesai dicetak, potong kecil-kecil foto tersebut sesuai ukurannya. Foto ini bisa kamu gunakan untuk hiasan dinding atau hiasan di belakang phone case. Kece banget!

Itulah cara membuat foto polaroid beserta ukurannya, Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.