Penyebab dan Cara Mengatasi Indihome Lemot

Penyebab dan Cara Mengatasi Indihome Lemot

Gadgetidn.com – Pengguna wifi rumahan seperti Indihome pasti pernah mengalami bahkan sering menemui kecepatan akases internet menjadi lambat, atau Indihome lemot.

Akibatnya, Indihome lemot game online pun menjadi tidak menyenangkan, dan saking seringnya membuat performa kamu dalam bermain game pun menurun, pengalaman bermain game kurang asik karena jaringan wifi indihome lelet.

Wifi Indihome tidak kencang dapat disebabkan oleh bayak faktor, salah satunya ping indihome tidak stabil, cuaca buruk, bisa juga karena Indihome sedang mengalami maintenance.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai kenapa sinyal indihome lemot, pahami beberapa faktor dibawah ini:

Penyebab IndiHome Lemot Banget

1. Perangkat Error atau Terjadi Kerusakan

Faktor pertaman yang menjadi penyebab Indihome lemot parah dapat disebabkan terjadinya error pada perangkat router atau mengalami kerusakan. Dan terkadang hal ini menjadi luput untuk selalu di perhatikan.

Nah, untuk menghindari kerusakan terjadi dan indihome jadi lemot. Selalu perhatikan kebersihan dan pastikan bahwa setiap perangkat berfungsi dengan baik.

2. Penempatan Router

Penempatan Router yang salah juga merupakan salah satu penyebab sinyal lemot. Untuk menghindari terjadinya hal seperti ini, posisikan router ditempat yang tidak terlalu tinggi namun juga tidak rendah.

Selain itu, usahakan juga menempatkan router wifi tidak di tempat tertutup seperti kamar. Jauhkan dari jangkauan Tv dan alat elektronik lainnya yang bisa menagkap sinyal.

Baca Juga: Cara Setting Modem IndiHome Semua Merk

3. Digunakan Banyak Orang

Indihome lelet di laptop atau smartphone yang kamu gunakan juga dapat disebabkan karena banyaknya pengguna yang menggunakan dan berada di jangkauan jaringan yang sama.

Lihat Juga:  Daftar Lengkap Harga Paket Internet IndiHome 2021

Agar keamanan Wifi kamu tidak gampang di gunakan oleh banyak orang atau sering kali dibobol, Silahkan baca selengkapnya disini mengenai cara mengganti password wifi dengan mudah.

4. FUP Melebihi Batas

Meskipun kamu menggunakan paket Internet indihome Unlimited. Akan tetap ada yang namanya batasan FUP atau yang biasa dikenal dengan “Fair Usage Policy”. Hal ini juga merupakan alasan indihome tiba tiba lemot.

Jika penggunaan sudah melebihi dari batas FUP yang di berikan Indihome, secara otomatis kecepatan wifi indihome kamu akan dikurangi. Nah, sekarang kamu sudah tau kah, kenapa sinyal Indihome menjadi lelet.

5. Maintenance

Perbaikan jaringan ataupun yang biasa dikenal dengan Maintenance akan selalu dilakukan oleh perushaan manapun, hal ini untuk menjaga dan memastikan bahwa layanan yang diberikan selalu dalam kondisi terbaiknya.

Namun, hal ini bukan lagi tidak mungkin membuat akses internet atau indihome download lemot. Tapi kamu tenang saja, biasanya proses ini hanya beberapa jam saja, lalu setelah itu akan kembali normal seperti biasanya.

Baca Juga: Cara Mengatasi IndiHome Lemot Jadi Ngebut

Cara Mempercepat Indihome yang Lemot

Sekarang kamu sudah taukan, alasan kenapa Indihome lemot. Nah, buat kamu yang belum mengetahui cara mengatasi wifi Indihome lelet, berikut ringkasannya seperti dibawah ini:

1. Restart Router

Cara mengatasi wifi Indihome sering eror yang pertama adalah merestart router. Cara ini juga sering di sarankan oleh customer service Indihome jika mengalami keluhan yang dialami pelanggan.

Router merupakan yang paling diandalkan untuk mencapai kecepatan internet yang maksimal. Selain itu perangkat ini juga yang paling bertanggung jawab sebagai penghubung perangkat dengan internet.

Untuk itu, merestart router Indihome lebih sering juga merupakan cara paling mudah untuk mempercepat koneksi internet Indihome yang lemot.

2. Tempatkan Router di Posisi yang Benar

Hal kerusial lainnya yang sering kali di abaikan adalah penempatan router, padahal ini cukup penting untuk melancarkan koneksi internet. Agar koneksi wifi Indihome tidak lemot, tempatkan posisinya dengan banar, seperti:

  • Tidak ditempat tertutup seperti kamar.
  • Tidak terlalu tinggi, namun juga bukan rendah.
  • Jauhkan dari barang elektronik yang dapat mengakses sinyal.
Lihat Juga:  4 Cara Akurat Mencari Lokasi WiFi id Terdekat Yang Bisa Kamu Coba

3. Gunakan Repeater

Seperti point diatas mengenai penempatan router, kamupun bisa menambah alat bantu seperti Reperater. Karena Repeater berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi dan memancarkannya kembali.

Tentu membeli repeater merupakan salah satu cara mempercepat IndiHome yang lemot dapat dengan mudah kalian lakukan.

Baca Juga: Cara Mendapat Akses Internet Gratis dari Wifi.id

4. Membatasi Jumlah Pengguna

Selain karena perangkat error, terlalu banyak pengguna dalam satu jaringan juga dapat menjadi alasan mengapa wifi indihome menjadi lelet. Untuk itu, membatasi jumlah pengguna menjadi cara mengatasi wifi lemot.

Coba kamu bayangkan jika kecepatan paket Indihome kamu hanya 10Mbps, dan digunakan oleh 5 perangkat secara bersamaan, logikanya kecepatan tersebut akan terbagi, dan hal ini akan membuat sinyal Indihome lemot.

Nah, untuk melihat pengguna aktif dan terhubung ke wifi kamu, kamu bisa login ke dashboard router wifi indihome. Jika terdapat banyak pengguna yang terhubung, batasi jumlah pengguna agar jaringan internet kamu kembali lancar.

5. Hapus Cache Browser

Cara mempercepat Indihome yang lemot bisa juga kamu lakukan dengan menghapus cache pada browser perangkat yang kamu gunakan. Pasalnya, cache yang terlalu banyak tersimpan di browser akan memperlambat akses internet.

Selain itu, menghapus cache browser juga akan membuat internet browser yang kamu gunakan menjadi ringan, dan lebih cepat jika digunakan untuk mengakses internet.

Baca Juga:

6. Ubah Pengaturan QoS

Indihome lemot di laptop dengan sistem operasi Windows 8 ke atas, hal ini disebabkan karena Windows secara default megalokasikan 25% dari bandwidth untuk kebutuhan Update Windows. Ini juga merupakan salah satu penyebab kenapa sekarang indihome lemot.

Jadi, jika mengubah pengaturan QoS defaulr Windows, hal ini akan membatu kamu sebagai cara mengatasi wifi indihome lemot. Langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Klik tombol Start pada keywords atau gunakan short code “Start + R” Secara bersamaan dan ketikkan “gpedit”.
  • Cari Local Computer Policy > Lalu pilih Computer Configurasi > dan klik Administrative templates.
  • Klik Network kemudian QoS Packet Scheduler.
  • Klik dua kali (double click) pada Limit Reservable Bandwidth.
  • Klik menu Enable. Setelah itu isikan nilai 0 pada bandwidth limit.
  • Klik Apply.
Lihat Juga:  4+ Cara Bobol Wifi Indihome Anti Ribet

8. Mengatur IRPStackSize Menjadi Lebih Tinggi

Jika kamu menggunakan Laptop atau PC, cara mempercepat Indihome lemot bisa kamu lakukan dengan mengatur “IRP Stack Size” menjadi lebih tinggi. Secara default, settingan nilai dari IRP Stack Size berjumlah 15, padahal nilai ini bisa kamu maksimalkan sampai dengan 50.

Nah, cara ini berfungsi untuk mengatasi indihome lemot di laptop. Buat kamu yang belum mengetahui langkah-langkah untuk memulainya, caranya sebagai berikut:

  • Klik Start > Run > ketikkan “regedit” (tanpa tanda kutip) untuk membuka Registry Editor.
  • Klik menuju HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.
  • Di folder Parameter tersebut, klik kanan pada file DWORD bernama “IRPStackSize”, klik Modify, dan ganti nilainya menjadi 50.
  • Jika file tersebut tidak ditemukan, buat file DWORD baru dengan klik kanan, New, DWORD Value. Buat dengan nama “IRPStackSize” dan Value nya 50.
  • Klik OK, dan tutup Registry Editor.
  • Restart komputer.

9. Mengupgrade Kecepatan Internet

Dari sekian banyaknya cara mengatasi indihome lemot diatas, paket kecepatan internet Indihome yang kamu pilih juga sangat berpengaruh. Untuk itu, mengupgrade kecepatan internet merupakan solusi yang tepat buat kamu.

Buat kamu yang masih bingun mengenai paket internet apa yang cocok buat kamu, kamu bisa baca artikel lainnya dari kami yang berjudul: Daftar lengkap paket Internet Indihome murah.

Sekilan dulu pembahasan singkat dari kamu mengenai penyebab Indihome lemot dan cara mengatasi Wifi agar kencang.

Pencarian Terkait:

Fup Indihome , Indihome Gangguan , Indihome Lemot Di Pc , Indihome Lemot Januari 2021 , Indihome Lemot Mei 2020 , Wifi Indihome Lemot Untuk Game Online

Check Also

paket internet wifi indihome murah

Daftar Lengkap Harga Paket Internet IndiHome 2021

Gadget Indonesia – Sejak awal dirilisnya perusahaan Internet Indihome ini, harga paket pun terus berubah-ubah. …