Foto PostCard

Ukuran Foto Postcard Untuk Melamar Pekerjaan

Gadgetidn.com – Mengetahui ukuran pas foto postcard sangatlah pengting, terlebih lagi jika kamu hendak melamar pekerjaan disebuah perusahaan. Untuk standar ukuran postcard itu sendiri jelas berbeda dari setiap perusahaan, sebagian ada yang meminta postcard full body atau seluruh badan.

Selain interview dan berkas yang diperlukan, membuat foto post card menjadi menarik dan bagus juga tak kalah pentingnya, karena dengan menunjukkan hasil foto postcard yang bagus akan memberi kesan profesional.

Kali ini tim Gadgetidn.com akan membertikan pengertian postcar, contoh postcard, serta ukuran postcar yang sering digunakan. Yuk simak selengkapnya dibawah ini:

Pengertian Postcard Adalah

foto Postcard memang terbilang old-fashioned atau ketinggalan zaman untuk di era digital seperti sekarang ini. Namun bagi sebagian orang yang menyukai hal-hal berbau old school, maka kartu post atau postcard merupakan hal yang masih sangat diminati.

Postcard sendiri memiliki ukuran standard dan design templatenya sendiri. Untuk ukuran standard postcard full body, yaitu 4 x 6 inci sehingga membuatnya terlihat berbentuk seperti persegi panjang.

Kartu pos sendiri merupakan sebuah media semacam lembaran kertas terbuka yang tidak dilengkapi dengan amplop yang digunakan untuk mengirim pesan singkat kepada orang lain melalui jasa pengiriman pos. Namun, saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi smartphone, peranan kartu pos juga nyaris hilang dari peredaran.

Berapa sih ukuran foto postcard untuk melamar kerja itu? Kartu pos / postcard / 3R berukutan 3,5×5 inci atau 8,9×12,7 cm. Nah, setelah mengetahuinya, kamu juga bisa mencetak foto ukuran postcard sendiri di rumah.

Pastinya akan lebih mudah apabila kamu sudah mempunyai printer sendiri. Apabila kamu masih bingung mengenai caranya, saat ini sudah banyak tutorialnya di internet.

Terkait:  Ukuran Foto Postcard Standar Beserta Contohnya

Contoh Foto Postcard

Nah, Buat kamu yang belum mengetahui dan masih penasaran mengenai photo postcard itu seperti apa, Berikut kami akan memberikan beberapa contoh dan macam – macam postcar:

  • Full Body atau Seluruh Badan: Postcard ukuran full body berukuran sama seperti yang kita sebutkan, yaitu photo seluruh badan mulai dari kepala sampai kaki.
  • Postcard 2R: Postcard yang biasa kita sebut dengan ukuran 2R itu jika diubah ukurannya menjadi Centi Meter (cm) akan menjadi 5,6 x 8,9 cm.
  • Postcard 3R: Sedangkan ukuran postcard 3R yang biasa kita dengar berukuran 8,9 x 12,7 dalam Centi Meter (cm) dengan rasio 7 banding 10 atau 7:10.
  • Postcard 4R: Dan yang terakhir dari ukuran foto postcard yang sering digunakan adalah 4R. Ukuran foto postcar 4R jika diubah ke Centi Meter menjadi 10,2 x 15,2 cm dengan rasio perbandingan 2:3.

Foto Postcard Ukuran Berapa Sering digunakan?

Mengenai ukuran postcard standar yang sering digunakan pastinya berbeda – beda untuk setiap negara. Untuk Old British, Internasional, Amerika, dan Indonesia, Berikut ukuran standar foto postcar yang sering digunakan:

  • 4 x 6 Inci (standar yang paling banyak digunakan oleh orang indonesia)
  • 4 x 6 inci, ukuran postcard ini biasanya digunakan oleh orang indonesia dan ini merupakan ukuran standar.
  • Ukuran Standar postcard Internasional adalah A6 (5.8 x 3.5 inci atau 148 x 105 mm)
  • Ukuran standar postcard yang biasa digunakan di Amerika: Ukuran Minimun (5.0 x 3.5 in), dan ukuran maksimum (6.0 x 4.25 in)
  • Ukuran Standar Postcard Old British : 4.75 x 3.5 inchi (1984-1899), 5.5 x 3.5 inchi (1899), 5.875 x 4.125 inches (1925).

Selain beberapa ukuran standar postcard yang sering digunakan diatas, masih banyak lagi ukuran postcard yang perlu kamu ketahui, mulai dari Extra Larget : 9″ x 12″, Standard : 6″ x 11″, Small : 4.25″ x 6″, 2R, 3R, 4R, 5R, 24R.

Terkait:  Ukuran Postcard Yang Sering di Gunakan

Tips Membuat Foto Postcard

Nah, jika kamu sudah mengetahui beberapa ukuran foto postcard diatas. Kali ini kami akan memerikan tips foto postcard yang buat kamu yang hendak melamar kerja.

1. Mengenakan Pakai Rapi

Berikan fokus ke busana maupun pakaian yang dikenakan untuk mengambil foto. Pastikan pakaian yang dikenakan rapih dan mampu memberikan kesan profesional. Pakaian tentu akan menunjukkan citra diri kamu. Jadi, pakailah pakaian terbaik kamu.

2. Make up Tidak Berlebihan

Hindari penggunaan riasan wajah yang berlebihan. Hal ini sangat tidak dianjurkan ketika hendak mengambil foto postcard maupun pas foto. Alih-alih terlihat menor di kamera, justru sebaiknya kamu memakai make up yang simpel dan cenderung minimalis.

3. Perhatikan Bagian Telinga

Bagi laki-laki maupun wanita tidak berhijab, sebaiknya perhatikan bagian telinga. Usahakan supaya bagian telinga kamu terlihat saat pengambilan foto. Ini sangat penting agar di dalam foto yang dihasilkan, kamu bisa terlihat lebih rapih dan berkesan bagus.

Terkait:  Ukuran Foto Polaroid Beserta Cara Membuatnya

4. Berekspresi Menarik

Perhatikan ekspresi wajah ketika proses pengambilan foto. Gunakan ekspresi wajah yang menarik dan cenderung natural. Hindari menggunakan ekspresi yang berlebihan atau dibuat-buat. Tentunya dengan ekspresi yang natural, maka bisa menonjolkan tampilan yang semakin berkesan.

5. Memperhatikan Posisi Badan

Hal lain yang tidak kalah penting dalam proses pengambilan foto postcard ialah memperhatikan posisi badan. Pastikan posisi badan harus dalam kondisi tegap. Hindari postur membungkuk. Dengan posisi badan yang tegap nantinya mampu memberikan kesan bahwa kamu merupakan pribadi yang tegas.

Nah, itulah beberapa ukuran foto postcard standar, tips membuat postcard, serta pengertiannya dan tips membuat foto postcar untuk kebutuhan pekerjaan. Semoga bermanfaat ya 🙂 dan bisa menambah wawasan kamu 🙂

Check Also

ukuran postcard

Ukuran Postcard Yang Sering di Gunakan

Gadgetidn.com – Terdapat berbagai ukuran postcard yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Pada zaman modern …