kelebihan dan kekurangan samsung galaxy note 20 ultra

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Gadgetidn.com – Pada awal Agustus 2020, Samsung kembali meluncurkan smartphone flagship di pasar Hp Indonesia. Secara khusus, Hp yang satu ini ditujukan untuk keperluan produktivitas bagi Anda yang sering mencatat. Ya, inilah Samsung Galaxy Note20 Ultra yang merupakan bagian dari seri Note 20. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung galaxy note 20 ultra tersebut?

Tentunya ada beberapa peningkatan dari segi fitur pada varian Ultra dibandingkan dengan versi Note 20 reguler atau generasi sebelumnya yaitu seri Note 10. Terkagum-kagum dengan kemampuan Samsung Galaxy S 20 Ultra, apakah varian Note ini bisa memberikan kelebihan lebih? Baca terus mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung galaxy note 20 ultra tersebut.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 Ultra

spesifikasi samsung galaxy note 20 ultra

  • Rilis: Agustus, 2020
  • Layar: Dynamic AMOLED 2X, 1440 x 3200 piksel
  • Chipset: Exynos 990
  • GPU: Mali-G77 MP11
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB / 256 GB / 512 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 1 TB
  • Kamera Belakang: 12 MP + 64 MP + 12 MP + 0,3 MP (VGA)
  • Kamera Depan: 10 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh
Spesifikasi Selengkapnya

Kelebihan Samsung Galaxy Note 20 Ultra

kelebihan dan kekurangan hp samsung galaxy note 20 ultra

Mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung galaxy note 20 ultra, Ada beberapa hal yang membuat Samsung Galaxy Note20 Ultra begitu berharga. Apakah menurut Anda keuntungan di bawah ini dapat membenarkan harga yang lebih tinggi? Silakan menilai sendiri setelah membaca poin keunggulan berikut.

1. Layar Terbaik di Industri Smartphone

Dari kelebihan dan kekurangan Samsung galaxy note 20 ultra, ada keunggulan Galaxy Note 20 ultra yaitu layarnya tidak hanya besar, tetapi juga mampu menawarkan tampilan terbaik di pasar hp flagship. Berbekal panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,9 inci, Hp ini memang pantas mendapatkan predikat Note di atas.

Selain itu, Hp samsung note 20 ultra juga dilengkapi dengan resolusi yang sangat besar 1440 x 3088 piksel dengan kerapatan piksel sekitar 496 ppi. Layarnya juga ditawarkan dengan tingkat kecerahan maksimum 1500 nits yang membuatnya ideal saat digunakan di luar ruangan.

Seolah itu belum cukup, Samsung Galaxy Note 20 ultra juga memiliki layar yang memiliki kecepatan refresh dua kali lipat dibandingkan dengan 60Hz yang sangat umum, yaitu 120Hz. Alhasil, mata Anda akan dimanjakan dengan animasi layar yang lebih halus dan lembut.

Meski mode 120Hz ini tidak aktif setiap saat (adaptif), beberapa aplikasi dan game yang mendukungnya tentu akan memberikan tampilan yang lebih impresif dari biasanya. Lalu, bagaimana dengan daya tahan layarnya? Tak perlu khawatir, karena layarnya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass Victus yang lebih fleksibel dibandingkan Gorilla Glass 6, karena mampu bertahan jatuh dari ketinggian 2 meter.

Terkait:  Harga 2 Jutaan, Inilah Spesifikasi Oppo A52

2. S Pen yang Super Realistis

Yang menjadi perbedaan utama antara seri Note dan seri S biasa adalah adanya stylus yang bisa digunakan untuk mendukung produktivitas, seperti menulis dan menggambar. Pada merek Samsung, baik seri Note maupun Galaxy Tab, stylus ini disebut S Pen.

Nah, itu nilai tambah yang besar, karena S Pen ini memberi Anda rasa maksimal dari setiap goresan yang Anda buat. Anda akan merasa seperti menggunakan stylus biasa saat menggunakannya seolah-olah Anda menekan S Pen untuk menghasilkan ketebalan yang berbeda, dll.

Hal lain yang membuat S Pen pada Note20 Ultra begitu realistis adalah tingkat respons yang sangat tinggi, yaitu 9ms. Gunakan S Pen tidak hanya untuk menulis tetapi juga untuk berpindah antar gerakan.

Pada Note 20 Ultra ini, Anda diberikan lima gerakan baru yang merupakan bagian dari fitur Anywhere Action. Inilah yang membuatnya berbeda dengan Note10, karena kini gestur dapat diterapkan kapan saja, tidak hanya diterapkan pada aplikasi tertentu.

3. Triple Camera dengan Hasil Foto Memukau

Selanjutnya dari kelebihan dan kekurangan Samsung galaxy note 20 ultra. Sekarang saatnya beralih ke bagian fotografi. Samsung Galaxy Note20 Ultra memiliki kelebihan yakni tiga kamera di bagian belakang dengan resolusi lensa utama yang luar biasa besar – 108MP!

Ini benar-benar peningkatan yang cukup besar dibandingkan generasi sebelumnya, Note10+, yang hanya menawarkan lensa utama 12MP. Lensa utama 108MP ini memiliki sensor 1/1,33 inci dan aperture f/1.8. Selanjutnya, ada juga dua lensa 12MP lainnya, masing-masing berfungsi sebagai sensor telefoto dan sensor periskop ultra-lebar. Jendela bidik utama ditawarkan dengan fitur PDAF serta autofokus berbantuan laser untuk close-up.

Untuk fotografi panorama, Anda dapat memotret lanskap menggunakan sensor ultra lebar dengan bidang pandang 120 derajat, dan lensa periskop dapat memperbesar hingga 5x tanpa mengurangi kualitas gambar. Namun secara keseluruhan, Note20 Ultra juga bagus dalam zoom digital hingga 50x. Tentu saja terdapat OIS pada lensa periskop dan lensa utama untuk menghindari kualitas gambar buram akibat getaran.

Sedangkan di bagian depan terdapat kamera selfie 12MP yang mendukung dual video call (menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan) dan perekaman 4K. Berbicara tentang perekaman, kamera belakang Note20 Ultra juga dapat merekam hingga resolusi 8K.

4. Hadir Fitur Samsung DeX

Bagi Anda yang tertarik menggunakan Samsung Note20 Ultra karena alasan produktivitas, dari kelebihan dan kekurangan Samsung galaxy note 20 ultra, ada lagi kelebihan Hp ini tidak hanya pada spesifikasinya, tetapi juga pada fitur-fiturnya. Salah satu fitur andalan untuk memudahkan pekerjaan pengguna adalah Wireless Samsung DeX.

Samsung DeX dapat menyinkronkan Hp Anda dengan PC, sehingga catatan yang Anda tulis di Note20 Ultra langsung muncul di layar PC Anda. Jangan lupa, Anda juga dapat menghubungkan Hp ke TV menggunakan kabel HDMI. Tidak hanya screen mirroring, di sini Anda dapat memilih opsi extended screen untuk menjadikan TV sebagai layar kedua saat Anda melakukan aktivitas terpisah di Hp Anda.

Terkait:  5 Daftar HP Murah Ram Besar Terbaik 2021

5. Baterai yang Menakjubkan

Hp kelas atas seperti Samsung Galaxy Note 20 Ultra tidak masuk akal memiliki baterai yang cepat habis, terutama karena Hp ini mendukung layar 120Hz dan ditujukan untuk produktivitas yang haus daya. Oleh karena itu, merek raksasa Samsung ini telah memperkenalkan baterai Li-Ion berkapasitas 4.500 mAh yang mampu bertahan berhari-hari dalam mode standby.

6. Kehadiran Xbox Game Pass

Selanjutnya dari kelebihan dan kekurangan Samsung galaxy note 20 ultra, Tahukah Anda bahwa Samsung dan Microsoft memiliki kemitraan yang dapat menguntungkan para gamer? Ya, ada keunggulan fitur Xbox Game Pass yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming game Xbox di beberapa Hp andalan, salah satunya tentu saja Samsung Galaxy Note20.

Memiliki fitur ini juga berguna bagi Anda untuk membeli DLC yang berbeda untuk game Xbox dan PC. Sekarang dengan aplikasi Xbox Game Pass, Anda juga memiliki kesempatan untuk melakukan streaming game Xbox seperti menggunakan Google Stadia, tetapi sekarang dengan pilihan game yang jauh lebih beragam.

Ternyata, meski Hp ini fokus pada aspek produktivitas, Galaxy Note20 Ultra tetap oke sebagai sarana hiburan.

Kekurangan Samsung Galaxy Note 20 Ultra

kekurangan samsung galaxy note 20 ultra

Dari segi kelebihan dan kekurangan Samsung galaxy note 20 ultra. Anda sudah menegtahui kelebihan dari smartphone tersebut seperti layar, kamera, dan fitur S Pen, Hp ini patut dikagumi. Namun jangan lupa untuk memperhatikan kekurangannya juga. Simak poin-poin dibawah ini:

1. Kamera Belakang terlalu Menonjol

Hp ini menawarkan kualitas foto kamera yang tinggi, namun sayangnya hal ini menghasilkan “benjolan” kamera yang terlalu besar. Ini mungkin dianggap sebagai kesalahan kecil, tetapi masih cukup untuk mengurangi kenyamanan secara keseluruhan. Jika Anda meletakkan Hp di atas meja, Hp tidak akan menempel sepenuhnya pada permukaan yang rata karena benturan kamera.

Sehingga tampilan ini bisa sangat mengkhawatirkan bagi pengguna, karena khawatir Hp Samsung akan terpeleset di atas meja yang permukaannya cukup licin.

2. Chipset Exynos 990 Kurang Berdaya

Di kisaran harga Samsung Galaxy Note 20 Ultra, sayangnya tidak disuguhkan dengan chipset yang sangat kompetitif. Pasalnya, Note 20 Ultra hanya dibekali chipset Exynos 990 pada varian global, berbeda dengan varian AS yang sudah berbasis Snapdragon 865+.

Exynos 990 disertai dengan GPU Mali G77 MP11, dan terdiri dari 8 inti prosesor termasuk dua Mongoose M5 pada 2,73 GHz, dua ARM Cortex A76 pada 2,50 GHz, dan terakhir prosesor ARM Cortex A55 (2.0). GHz) dengan empat inti.

Berdasarkan informasi benchmarking yang didapat dari GSMArena, terlihat performa Samsung Galaxy Note20 Ultra bahkan belum mampu menyaingi Samsung Galaxy S20 Ultra. Sementara varian Note20 Ultra memiliki skor benchmark 508.760 dalam pengujian AnTuTu v8, Galaxy S20 Ultra tampaknya mengalahkan 514.485 poin.

Terkait:  Spesifikasi Samsung Galaxy Note20 Ultra di Indonesia

Dibandingkan dengan banyak Hp kelas atas lainnya, iPhone 11 Pro Max dan OPPO Find X2 Pro, Hp ini jauh dari itu. Hal ini menandakan bahwa dari segi performa, Samsung Galaxy Note20 Ultra tidak berada di peringkat terbaik.

Lain cerita jika Hp ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 865+ yang merupakan chipset yang juga mentenagai ASUS ROG Phone 3. Bisa dilihat sejauh ini ASUS ROG Phone 3 mendominasi performa HP, bahkan mengungguli performa HP. iPhone 11 Pro Max. Kupikir.

Ini karena Indonesia belum memiliki regulasi 5G, sehingga Samsung mempertimbangkan untuk menggunakan Snapdragon 865+ yang sudah 5G siap terlihat berlebihan di pasar Indonesia. Mungkin ketika akan ada 5G di Indonesia, ke depannya Samsung akan merilis Hp flagship bertenaga Snapdragon di pasar Indonesia.

3. Fast Charging Inferior

Dari segi kelebihan dan kekurangan Samsung galaxy note 20 ultra, Daya tahan baterai yang lama memang menggiurkan, namun agak mengganggu ketika pengguna harus menunggu begitu lama hingga terisi penuh, hal ini menjadi salah satu kekurangan Note 20 Ultra.

Khusus untuk Hp flagship di atas 10 juta, adalah normal untuk mengharapkan pengisian cepat yang sangat kuat – seperti OPPO Find X2 Pro yang mendukung pengisian daya 65W.

Anda akan terkejut mengetahui bahwa Samsung Galaxy Note 20 Ultra hanya mendukung pengisian cepat 25W. Jika kita berbicara tentang Hp kelas menengah, 25W pasti terdengar hebat. Tapi untuk Hp sekuat Note20 Ultra? Sangat tidak sesuai dengan harga yang tertera.

4. Ukuran dan Bobot Sangat Besar

Anda harus merasa bahwa Hp yang bagus juga harus mempertimbangkan portabilitas. Namun, Hp sering disimpan di saku agar mudah dibawa. Tapi bisakah Samsung Galaxy Note20 Ultra dibawa di saku dengan begitu mudah?

Tidak juga, karena pada 164,8 x 77,2 x 8,1 mm, Hp ini benar-benar cukup tebal dan lebar. Anda mungkin merasa sulit untuk memasukkannya ke dalam saku Anda, yang sangat buruk untuk kenyamanan pengguna.

Kesimpulan

Dari kelebihan dan kekurangan Samsung galaxy note 20 ultra, smartphone ini diciptakan untuk pengguna yang ingin lebih produktif. Ini benar-benar tercermin dalam fitur penggunaan S Pen yang semakin ditingkatkan, serta pengalaman desktop saat menggunakan Hp.

Dalam kasus tertentu, seperti saat ingin memberikan presentasi, memiliki Hp ini bisa menggantikan peran PC berkat fitur Samsung DeX. Mereka yang menyukai fotografi dan desain juga akan dapat menghargai Note20 Ultra. Dengan kemampuan kameranya yang luar biasa, Anda dapat mengambil foto berkualitas tinggi dan mengeditnya dengan S Pen untuk pekerjaan yang luar biasa.

Tertarik dengan HP kelas atas ini? Pastikan Anda memiliki tas kecil untuk menyimpan Hp ini, karena ukurannya terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam saku.

Check Also

service center samsung malang

Alamat Service Center Samsung di Malang

Gadgetidn.com – Lagi nyari alamat service center Samsung di Malang? Tepatnya coba cek di sini, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.