Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54

Gadgetidn.com – Oppo Indonesia merilis hp seri A terbarunya pada Maret 2021. Ponsel Oppo A54 dijual dengan harga Rp 2,7 jutaan, untuk varian memori internal 128 GB dengan RAM 4 GB. Namun, bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan Oppo A54 tersebut? Apakah sesuai dengan harga yang di tawarkannya?

Anda dapat menggunakan ulasan ini sebagai referensi untuk memberi peringkat atau sebagai dasar sebelum menyarankan ponsel. Sebelum masuk ke pembahasan, mari kita lihat spesifikasi singkat Oppo A54 sebagai berikut:

Spesifikasi Oppo A54

spesifikasi hp Oppo A54

  • Rilis: April, 2021
  • Layar: IPS LCD, 6,51 inci, HD+ (1600 x 720 piksel)
  • Chipset: Mediatek MT6765 Helio P35 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus) hingga 256 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh
Detail Spesifikasi Oppo A54

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54

Kelebihan dan Kekurangan hp Oppo A54

Anda sudah mengetahui sekilas tentang spesifikasi Oppo A54 terebut, tentunya sangat menarik, bukan? Meskipun smartphon ini unggul dari segi spesifikasi jika dibandingan dengan Hp kelas mengah dengan harga yang sama. Namun, seperti apapun akan tetap ada kelebihan dan kekurangan Oppo A54 tersebut.

Penasaran apa saja fitur, kelebihan, serta kekurangan dari Oppo A54 menurut versi gadgetidn.com. yuk simak poin-poin dibawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

Kelebihan Oppo A54

Kelebihan hp Oppo A54

Positif adalah alasan utama mengapa ponsel ini dinilai bagus dan layak dibeli. Beberapa poin di bawah ini akan menjelaskan keunggulan Oppo A54 dari segi aspek yang berbeda. Mari kita lihat satu per satu!

1. Body Segar

Dari kelebihan dan kekurangan Oppo A54, smartphon ini memiliki kelebihan dari segi tampilan yang berbeda dari Oppo A53 dan A31. Fitur utamanya tentu saja ada di bagian belakang ponsel. Hal pertama yang bisa Anda perhatikan adalah smartpone ini mampu memberikan kesan berkelas.

Kemudian, pilihan warna yang tersedia bisa cocok untuk segala usia, seperti Starry Blue dan Crystal Black. Kedua pilihan warna tersebut merupakan jenis glossy yang berpendar saat terkena cahaya. Khusus untuk Starry Blue, dapat menampilkan efek pelangi. Penutup belakang terbuat dari plastik polikarbonat.

Hal kedua yang unik adalah modul kamera belakang. Susunan kamera belakang Oppo A54 tidak sama dengan A53 dan A31 memanjang ke bawah. Kini Oppo A54 tersusun dalam modul persegi panjang dengan formasi 2-2. Namun, jangan salah paham dengan empat lingkaran yang ada.

Karena hanya tiga lingkaran yang sebenarnya kamera, lingkaran terakhir dengan tulisan AI hanyalah tampilan. Sekitar 1/3 unit dipoles dengan warna penutup belakang, dan digunakan sebagai senter dengan tulisan “Triple Camera” di atasnya.

Pembaruan selanjutnya dari sisi desain adalah penempatan sensor sidik jari yang kini telah dipindahkan ke sisi kanan (terintegrasi dengan tombol power). Sebelumnya, Oppo A53 dan A31 masih memiliki sensor sidik jari di bagian belakang. Oppo A54 berukuran 163,6 x 75,7 x 8,4 mm dan berat 192 gram.

Ukuran pas dan masih nyaman digenggam. Kesan ramping juga didapat karena bingkai tengah 0,2 mm menempel pada bodi 3D. Terakhir, Oppo A54 juga andal karena bersertifikat IPX4 terhadap cipratan dan lolos serangkaian uji ketahanan.

Angka 4 pada IPX4 berarti ponsel ini tahan cipratan air dari berbagai sisi. Ini berbeda dengan nomor 3 di IP53 yang artinya tahan terhadap percikan cairan di satu sisi saja. Fakta tersebut kini menjadikan Oppo A54 sebagai ponsel dengan ketahanan air terbaik di kategori harga Rp 2 jutaan.

Terkait:  Spesifikasi Lengkap Serta Fitur Oppo A11K

Mengingat bahwa ponsel lain di kisaran harga Rp 2 juta biasanya baru untuk IP53. Rangkaian uji ketahanan yang berhasil dilalui Oppo A54 antara lain: uji jatuh 10cm (28 ribu kali), uji port USB (20 ribu kali), uji tombol volume (150 ribu) dan uji tombol power (500 ribu).

2. Tampilan Oke

Selanjutnya mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A54, hp ini memiliki kelebihan seperti dilengkapi dengan layar yang cukup besar untuk standar saat ini. Ini adalah 6.51 yang memiliki panel IPS LCD dengan resolusi HD + (1600 x 720 piksel). Panel IPS tidak lebih baik dari OLED. Ini karena panel ini menawarkan reproduksi warna alami, dan menghindari efek burn-in seperti panel OLED.

Perlu dicatat bahwa efek pembakaran secara singkat adalah munculnya bayangan atau perbedaan warna tampilan seiring bertambahnya usia. Segmen tampilan ponsel ini sangat cocok untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari, apalagi Oppo memiliki tiga fitur yang nyaman.

Ketiga fitur tersebut adalah Smart Sunlight Screen, Moonlight Screen, dan Eye Comfort Mode. Dua fitur pertama secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan lingkungan. Kecerahan maksimum layar Oppo A54 bisa mencapai 550 nits, sedangkan kecerahan terendah adalah 2 nits.

Layar Oppo A54 memiliki kecepatan refresh 60Hz dan kecepatan pengambilan sampel sentuh 120Hz. Kedua angka ini menunjukkan bahwa layar ponsel ini memiliki kemampuan yang cukup untuk menampilkan animasi, dan responsif dalam membaca sentuhan.

3. Memori Besar

Dari review kami tentang kelebihan dan kekurangan Oppo A54, kami menemukan kelebihan lain, yakni ruang penyimpanan Oppo A54 cukup besar di kategori harganya. Ponsel ini memiliki memori internal 128 GB (eMMC5.1) dengan RAM 4 GB (LPDDR4X). Bisa dibayangkan berapa banyak video, foto, aplikasi dan game yang bisa ditampung di ponsel ini. Ya, cukup banyak!

Meski 128GB masih belum cukup, Anda bisa memanfaatkan slot kartu microSD yang untungnya terpisah dari dua baki nanoSIM. Ukuran maksimum kartu microSD yang dapat Anda pasang di ponsel ini adalah 256 GB.

Sementara itu, RAM 4GB sudah pasti cukup untuk menggantikan kebiasaan multitasking saat ini. Sangat mungkin untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

4. Baterai Mumpuni dan fast charging

Jika membahas kelebihan dan kekurangan Oppo A54, tentu tidak lengkap jika kami tidak memasukkannya dalam list. Ponsel Oppo A54 memiliki kelebihan dari segi baterai yang terbilang besar. Dilihat dari ukurannya yang tidak begitu besar, ponsel ini mungkin memiliki baterai yang pas-pasan. Ternyata ukuran baterainya lumayan besar lho. Betul, baterai lithium-polymer Oppo A54 berkapasitas 5.000 mAh.

Secara teori, baterai 5000 mAh mampu membuat Oppo A54 menemani penggunanya seharian penuh. Sepertinya tidak berlebihan mengingat resolusi layar ponsel ini hanya HD+. Menurut klaim Oppo, saat baterai penuh, A54 bisa digunakan untuk streaming video hingga 19,9 jam, atau mendengarkan musik nonstop hingga 41 jam!

Tak hanya baterai besar yang dipersembahkan untuk mendukung sektor tenaga ponsel ini. Karena Oppo juga menyediakan fitur fungsional. Fitur pertama adalah mode ultra power saving yang bisa Anda aktifkan agar ponsel bisa berjalan lebih lama. Apalagi saat tagihan turun, namun Anda tetap harus melakukan panggilan atau mengirim SMS.

Terkait:  Galaxy S21 Ultra, 72 jam kemudian: 5 Kesimpulan Setelah Menggunakan Ponsel Terbaik Samsung

Fitur selanjutnya adalah teknologi fast charging 18W (9V, 2A), yang memungkinkan Anda mengisi daya ponsel ini lebih cepat dari adaptor 10W (5V, 2A). The Balee Review di YouTube mengatakan bahwa pengisian daya selama 30 menit membuat baterai terisi 25%. Ya, charger yang disediakan dalam paket penjualan sebenarnya menggunakan port USB Type-C.

Terakhir, terdapat fitur Optimized Night Charging agar baterai tidak overcharge dan dapat memiliki masa pakai yang lama. Singkatnya, fitur ini berguna saat mengisi daya ponsel saat Anda tidur. Tenaga yang berasal dari adaptor akan dengan cepat mengisi baterai hingga 80 persen dari kapasitasnya.

Setelah itu, ponsel akan mematikan daya meskipun kabel masih tersambung. Ini akan terus mengisi daya tepat sebelum Anda bangun, sehingga baterai Oppo A54 akan penuh saat mata Anda terbuka penuh.

5. Sensor dan Port Lengkap

Seperti yang sudah kita singgung mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A54, smartphone ini telah hadir untuk mengisi segmen smartphone terjangkau. Namun, sensor di dalamnya cukup lengkap dan menjadi salah satu kelebihannya, mulai dari accelerometer, cahaya dan proximity hingga kompas. Sensor giroskop belum tersedia.

Sensor biometrik untuk keamanan juga lengkap. Ini termasuk pemindai sidik jari di sebelah kanan (terintegrasi dengan tombol daya) dan pemindai wajah. Selain sensor, port yang tersedia juga lengkap karena tidak hanya tersedia USB C, namun juga terdapat audio jack 3.5mm yang terpasang di bagian bawah.

Jack 3.5mm masih terpasang, sehingga Anda memiliki pilihan untuk mendengarkan kualitas suara yang lebih baik dengan anggaran yang masuk akal. Karena Anda tidak perlu membeli adaptor jack 3.5mm ke USB. Selain itu, harga headphone 3.5mm pasti lebih mahal daripada earbud nirkabel (TWS).

6. Mendukung Wi-FI AC dan Bluetooth 5.0

Masih belum puas dengan kelebihan dan kekurangan Oppo A54, kelebihan dari smartphon ini adalah hadirnya Wifi AC dan bluethooth 5.0, dengan perkembangan teknologi, orang menuntut bahwa Internet harus memiliki kecepatan tinggi dan koneksi yang stabil. Internet yang disalurkan melalui Wi-Fi generasi ke-4 (2.4GHz) sudah sangat cepat, dengan maksimum 600Mbps.

Namun, frekuensi Wi-Fi 4G dapat mengalami masalah ketidakstabilan saat dipasang di lingkungan yang padat, dengan sejumlah besar pengguna. Inilah sebabnya mengapa Wi-Fi 5G yang dapat beroperasi di pita frekuensi 5GHz ada di sini. Wi-Fi 5 menyediakan koneksi yang stabil karena latensinya sangat rendah.

Selain itu, kecepatan maksimal yang bisa didapatkan juga lebih tinggi, yakni bisa mencapai 3,5 Gbps. Untungnya, Oppo A54 mendukung teknologi yang akan banyak digunakan di masa depan. Mengenai sektor Bluetooth, Oppo A54 dilengkapi dengan teknologi Bluetooth 5.0.

Generasi Bluetooth ini juga dikenal memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, stabil dan hemat energi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat memasangkan earbud nirkabel dengan Oppo A54 untuk mendengarkan musik atau menonton video. Karena output audio tidak akan tertunda, baterai ponsel akan tetap awet.

Sedangkan saat tidak ada koneksi internet, Anda tetap bisa mendapatkan hiburan gratis karena ponsel ini mendukung radio FM.

Kekurangan Oppo A54

kekurangan hp Oppo A54

Oppo A54 bukanlah ponsel yang sempurna. Pasalnya dari kelebihan dan kekurnangan Oppo A54 tersebut, terdarpat sejumlah kekurangan. Anda mungkin belum memahami kekurangan ini. Yuk simak penjelasan selanjutnya!

1. Tidak Ada Lensa Ultrawide

Mengenai pembahasan kita di kelebihan dan kekurangna Oppo A54, smartphon ini memiliki kekurangan lain yaitu absennya lensa Ultrawide. Meskipun hal ini tersdengar sedikit sepele, namun sangat penting bagi anda yang suka menggunakan kamera hp untuk memotret sebagai hobi.

Terkait:  10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix S4

2. Chipset Kurang Bertenaga

Semua kekuatan Oppo A54 dikendalikan oleh chipset MediaTek Helio P35. Chip delapan inti ini dibuat dari proses manufaktur 12nm. Helio P35 adalah kombinasi dari 8 CPU Cortex A53 yang berjalan pada 2.3GHz, dengan GPU PowerVR GE8320 (680GHz).

Jika dilihat dari profilnya, pembuatan 12 nm tidak ketinggalan jauh. Namun, Helio P35 jelas kurang bertenaga karena tidak memiliki CPU atau inti yang cepat. Semua inti dengan arsitektur Cortex A53 eksklusif dari chipset 2019 hemat energi.

Menurut nanoreview, hasil Antutu 8 Helio P35 berada di kisaran 98 ribu. Hasil ini tertinggal dari chip terbaru yang dibuat dengan proses manufaktur yang sama. Misalnya, Helio G35 dengan Antutu 8 poin dipecah menjadi 109 ribu. Oleh karena itu, kesimpulan awal yang bisa diambil adalah Oppo A54 hanya akan berjalan mulus dalam penggunaan kasual.

Penggunaan normal seperti browsing, menjalankan aplikasi media sosial, menonton video dan mendengarkan musik. Namun pada kenyataannya Oppo A54 masih bisa digunakan untuk memainkan game populer seperti Mobile Legend dengan lancar.

3. Proteksi Layar Absen

Tampilan panel IPS LCD yang dimiliki Oppo A54 sangat bagus. Gambar yang dikeluarkan berwarna natural, bentuk pikselnya juga tidak terlihat meski kerapatan layarnya hanya 270 ppi. Namun, tidak ada jaminan bahwa layar ponsel ini akan terlindungi dari goresan jika terkena benda tajam.

Ini karena tidak ada kaca pelindung yang menutupinya. Ini tidak seperti pendahulunya yaitu Oppo A53 dan A31 yang memiliki Corning Gorilla Glass 3. Oleh karena itu, sebaiknya segera beli tempered glass yang sesuai, lalu pasang di layar ponsel ini.

Kaca tempered melindungi layar Oppo A54 dari goresan sekaligus mengurangi kemungkinan pecah akibat benturan.

4. Belum Android 11 Saat Dirilis

Kita simak dari kelebihan dan kekurangan Oppo A54, Ponsel ini memiliki kekurangan dari segi versi Android bawaanya. Sistem operasi Android 11 terbaru telah diluncurkan sejak September 2020. Banyak ponsel yang dirilis setelah bulan itu langsung mengadopsinya. Beberapa ponsel lain yang dirilis sebelum bulan itu mendapat pembaruan ke Android 11.

Sayangnya, Oppo A54 yang sebenarnya merupakan item baru, tidak mendapat suntikan Android 11 saat dirilis. Masih menggunakan Android 10 dengan antarmuka ColorOS 7.2. Sejumlah fitur baru yang disuguhkan Android 11 juga sempat absen dari Oppo A54 untuk beberapa waktu. Fitur baru seperti pemberitahuan mode gelembung dan izin aplikasi izin satu kali.

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A54. Ponsel ini memang tidak dibuat untuk mengakomodasi semua kalangan. Namun, dengan pesona seperti desain yang bagus, baterai dan memori yang besar, serta dukungan Wi-Fi 5, ponsel ini pasti layak untuk didapatkan.

Selain itu, Oppo A54 juga memiliki sertifikasi IPX4 untuk ketahanan terhadap percikan. Sebuah fitur yang membuat Anda tidak khawatir saat air hujan mengenai ponsel. Jika Anda penggemar fashion dan suka melakukan aktivitas di luar ruangan, sepertinya ponsel ini bisa menjadi andalan.

Namun, jika Anda membutuhkan kinerja cepat dan kamera lensa ultra lebar, ada beberapa opsi dalam kisaran harga yang sama untuk dilihat. Contohnya Realme narzo 20, Redmi 9T dan Samsung Galaxy M21. Sekarang pilihan ada di tangan Anda!

Check Also

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F3

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F3

Gadgetidn.com – Generasi ketiga seri POCO F akhirnya hadir di Indonesia. Ya, POCO F3 resmi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.