10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix S4

10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix S4

Gadgetidn.com – HP seri S4 menjadi andalan Infinix untuk bersaing dengan merek lain pada kategori hp harga di bawah Rp 2 jutaan. Namun, anda akan menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan Infinix S4 terebut.

Infinix sendiri sangat rajin memperkenalkan HP Infinix terbaru setiap tahunnya di Indonesia. Indonesia merupakan pasar penting bagi Infinix. Namun pertanyaannya apakah produk Infinix selalu menarik, bagaimana spesifikasi Infinix S4?

Kelebihan dan Kekurangan Infinix S4

Benarkah HP ini mendobrak batasan seperti hashtag kampanye untuk produk ini? Untuk menjawabnya, mari kita simak 10 poin yang terdiri dari 6 kelebihan dan 4 kekurangan dari Infinix S4 ini. Pertama, mari kita lihat spesifikasinya terlebih dahulu.

Kelebihan

Kelebihan dan Kekurangan Infinix S4

Infinix S4 memiliki banyak keunggulan. Apa keuntungan ini? Simak diskusi langsung di bawah ini.

1. Desain Bodi Ringan

Kelebihan dan kekurangan Infinix S4 dari segi desain: Ponsel ini hadir dengan desain kekinian, yakni desain warna gradasi glossy yang menjadikannya salah satu kelebihan. Desain ini sangat populer namun sepertinya desain ini menjadi favorit konsumen. Jelas banyak pabrikan yang menerapkan desain ini.

Infinix S4 sendiri menawarkan desain yang relatif ringan dan mudah digenggam dengan satu tangan. Bobotnya hanya 154 gram sehingga mudah digenggam.

Desainnya sendiri berbahan plastik namun tidak terlihat murahan, seperti dilansir kanal Youtube Mobiscrub. Menurut Mobiscrub, meski berbahan plastik, desain ponsel ini cukup bagus.

2. Kapasitas Baterai Besar

Yang menjadi topik utama dalam kelebihan dan kekurangan Infinix S4 ini adalah pada bagian baterai. Seri S4 hadir dengan baterai 4.000 mAh saja. Baterai berkapasitas 4000mAh ini sangat digemari karena banyak ponsel yang menawarkan kapasitas besar.

Infinix sendiri memang rajin menyediakan baterai berkapasitas besar di lini produk HP-nya. Masalahnya sekarang, seberapa kuat daya tahan baterai HP ini? Berdasarkan pengujian GadgetsNDTV, baterai Infinix S4 mampu bertahan selama 1,5 hari atau 36 jam.

Hasil diperoleh dengan menggunakan WhatsApp, Google Maps, menjalankan kamera, dan melakukan beberapa kriteria. Dalam pengujian ini, Infinix S4 mampu memutar video HD hingga 17 jam 35 menit. Hasil ini menunjukkan bahwa Infinix S4 memiliki daya tahan baterai yang baik.

Terkait:  Spesifikasi Lengkap Ponsel Huawei Mate 40 Pro Plus

3. Tiga Kamera yang Oke

Mungkin sebgian dari anda masih penasaran dengan kelebihan dan kekurangan Infinix S4 pada sesi kameranya. Seri S4 menawarkan tiga kamera utama di bagian belakang. Memiliki ketiga kamera ini menjadi nilai jual Infinix S4. Ketiga kamera tersebut adalah kamera utama 13MP, kamera wide-angle 8MP, dan kamera depth effect 2MP.

Tangkapan kamera belakang Infinix S4 sangat bagus saat memotret di siang hari. Seperti yang dikatakan GadgetsNDTV, foto yang diambil dari ponsel ini memiliki kunci fokus cepat dan eksposur yang benar. Kamera ini juga menangkap kemampuan untuk menghasilkan foto berkualitas luar ruangan yang detail.

Selain itu, hasil jepretan kamera Infinix S4 juga bagus untuk pengambilan foto makro. Citra mampu memisahkan objek citra dengan baik dari latar belakangnya. Menggunakan kamera untuk memotret bokeh juga bagus karena ada opsi untuk memilih tingkat keburaman meskipun kualitasnya di bawah rata-rata.

Secara umum hasil jepretan kamera HP sangat bagus, terutama di siang hari. Mengambil gambar dalam pemandangan yang lebih luas juga cukup, meskipun ada beberapa distorsi menurut GadgetsNDTV.

4. Kamera Depan 32 MP

Nilai jual lain dari Infinix S4 adalah kamera depan. Mengusung julukan hp yang kameranya bagus untuk selfie, kamera depan HP ini menawarkan sensor 32MP. Kamera ini dilengkapi dengan AI CAM dan fitur-fitur seperti HDR, night, portrait, backlight, night portrait, blue sky, dan masih banyak lagi.

Menurut GadgetsNDTV tentang kelebihan dan kekurangan Infinix S4 pada segmen kamera depan, hasil jepretan kamera depan HP ini cukup bagus. Kehadiran HDR sangat berguna untuk menghasilkan selfie yang bagus. Kamera depan juga dilengkapi deteksi wajah untuk mendapatkan eksposur yang tepat sebelum memotret.

Untuk perekaman video, kamera depan ini mendukung perekaman video hingga 1080p. Hanya saja kameranya tidak memiliki stabilisasi, sehingga cenderung tidak stabil saat mengambil video.

5. Fingerprint dan Face Unlock

Jika membahas tentang kelebihan dan kekurangan Infinix S4, beberapa fitur seperti sensor sidik jari patut untuk dibahas. Untungya ponsel ini sudah dilengkapi dengan fingerprint, sensor sidik jari, face unlock atau sensor pengenalan wajah.

Sementara itu, penempatan sensor sidik jari ponsel ini ada di bagian belakang. Sangat mudah untuk mengakses posisi sensor sidik jari dengan menggunakan jari.

Terkait:  Dibandrol Harga Murah, Inilah Spesifikasi Oppo A15

Berdasarkan pengalaman menggunakan GadgetsNDTV, respon sensor sidik jari pada ponsel ini sangat cepat. Sensor pengenalan wajah juga sangat cepat, sehingga dua fitur menarik ini menjadi keunggulan utama Infinix S4.

6. ROM dan RAM Besar

Rasanya kurang lengkap jika kami tidak mengulas kelebihan dan kekurangan Infinix S4 pada segmen Memomri. Fitur lain dari Infinix S4 adalah memori. Memori dalam hal ini adalah RAM yang besar dan memori internal dengan ruang penyimpanan yang cukup luas di kelasnya.

Mengapa tidak, hanya dengan Rp. 2 jutaan, ponsel ini menawarkan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB. Dengan kapasitas sebesar itu, XOS berbasis Android Pie yang membuat antarmuka HP berjalan lancar.

Multitasking juga tidak masalah dan sisa memori internal juga besar setelah sistem mengambilnya. Salah satu fitur yang membedakan tentunya dari Infinix S4.

Kekurangan

Kekurangan Infinix S4

Infinix S4 juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja cacat tersebut? Simak poin-poin berikut.

1. Performa Biasa

Meski memiliki RAM 6GB, ponsel ini hanya menawarkan chipset Mediatek MT6762 Helio P22. Di dalam chipset ini terdapat prosesor octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan GPU PowerVR GE8320.

Menggunakan Mediatek MT6762 Helio P22 menempatkan Infinix S4 dalam kategori terjangkau dan bersaing dengan ponsel seperti Oppo A1K yang juga menggunakan chipset yang sama. Lantas, seperti apa performa Infinix S4? Mari kita periksa nilai Antutu berikut.

Dengan nilai Antutu 75k, performa HP ini jelas rata-rata. Hal ini terlihat dari pengujian yang dilakukan oleh channel Mobiscrub di Youtube. Channel menguji ponsel ini dengan menjalankan Asphalt 9. Alhasil, Asphalt 9 berjalan lambat dan membutuhkan usaha ekstra untuk mendapatkan frame yang bagus.

Hal yang sama juga terlihat dari pengujian yang dilakukan oleh GadgetsNDTV. Situs tersebut menguji ponsel ini dengan PUBG Mobile dengan pengaturan grafis “halus” dan frame rate “rata-rata”. Alhasil, PUBG Mobile berjalan dengan banyak lag.

Namun, ada catatan menarik. Infinix S4 diuji oleh GadgetsNDTV dan Mobiscrub Ini memiliki 3GB RAM. Ternyata, Infinix S4 di luar negeri hanya menawarkan RAM yang sedikit, tidak seperti Indonesia yang menawarkan RAM 6 GB.

Tentunya dengan RAM yang besar, performa ponsel ini lebih baik, namun untuk multitasking. Untuk bermain game, sepertinya peningkatannya tidak akan banyak karena chipsetnya yang bekerja lebih keras. Untuk itu, performa Infinix S4 sangat normal.

Terkait:  Spesifikasi Lengkap Hp Samsung Galaxy A12 2021

2. Layar Biasa Saja Tetapi Tidak Jelek

Megenai kelebihan dan kekurangan Infinix S4 pada sesi layar, Infinix S4 menawarkan layar 6,2 inci dengan panel IPS LCD. Layarnya sendiri memiliki resolusi HD+ 720 x 1520 piksel. Untuk kategori harga Rp 2 jutaan, tampilan ini tergolong biasa saja karena ada ponsel lain yang menawarkan resolusi Full HD seperti Redmi Note 7 atau Asus Zenfone Max Pro M1.

Namun, layar ini tidak buruk. Ini benar-benar normal. NDTV sendiri menilai monitor HP ini sangat bagus. Layar cerah saat dibawa keluar. Hanya saja, jika dibandingkan dengan ponsel lain dalam kategori harga yang tidak jauh berbeda, jelas resolusi HD-nya bukanlah yang terbaik.

3. Pengisian Daya Tidak Cepat

Infinix S4 memiliki daya tahan baterai yang lama. Sayangnya, ponsel ini tidak memiliki kemampuan pengisian cepat. Ponsel tersebut alias tidak mendukung teknologi fast charging atau sejenisnya.

Namun, pengisiannya tidak terlalu lambat. Seperti pengujian oleh GadgetsNDTV yang mengatakan ponsel ini dapat diisi hingga 31% hanya dalam waktu 30 menit. Sedangkan untuk terisi penuh, bisa memakan waktu hingga dua jam. Tidak terlalu lama tapi pasti juga tidak cepat.

4. Kamera Jelek di Kondisi Kurang Cahaya

Gambar di atas adalah gambar yang diambil oleh kamera belakang Infinix S4 dalam kondisi malam hari. Dilihat dari gambarnya, jelas bahwa Infinix S4 bukanlah ponsel terbaik untuk memotret di malam hari. Dibandingkan dengan kompetitornya, seperti Realme 3 misalnya, kamera yang dijepret HP di malam hari sangat lemah.

Kesimpulan

Mengutip dari kelebihan dan kekurangan Infinix S4 diatas. Infinix S4 sangat menarik dengan menawarkan trik seperti tiga kamera dan RAM 6GB. Namun tagar #BrakeBoundaries kurang tepat karena tidak jelas batasan seperti apa yang ditawarkan Infinix S4. Performa HP rata-rata.

RAM 6 GB dan memori internal 64 GB sudah menjadi daya tarik tersendiri. Namun, daya tarik sebenarnya dari ponsel ini adalah kamera depan yang menawarkan sensor 32 MP. Selebihnya spek biasa. Terlepas dari kekurangannya, ponsel ini tetap cukup menarik.

Check Also

Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Kehadiran Reno4 cukup mencuri perhatian, meski ponsel ini memiliki kekurangan akibat minimnya NFC. Oppo mungkin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.