kelebihan dan kekurangan oppo a52

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A52

Gadgetidn.com – Oppo A52 adalah smartphone Oppo lain yang memasuki pasar harga kelas menengah. Dirilis pada April 2020, hp ini dipastikan menawarkan banyak fasilitas dari segi layar, baterai, kamera, dan masih banyak lagi. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Oppo A52 tersebut?

Mungkin sebagian dari anda masih penasaran mengenai kelebihan dan kekurangan smartphon tersebut. Smartphon Oppo A52 yang dibandrol dengan harga Rp 2 jutaan ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Nah, sebelum lanjut ke pembahasan inti dari artikel ini mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A52, kami telah menuliskan sekilas tentang informasi tentang spesifikasi Oppo A52 yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya. Berikut selengkapnya.

Spesifikasi Oppo A52

spesifikasi oppo a52

  • Rilis: April, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6,5 inci
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 12 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh
Detail Spesifikasi Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A52

review kelebihan dan kekurangan oppo a52

Berdasarkan review versi Gadgetidn.com, Oppo A52 memiliki 10 kelebihan dan kekurangan. Meskipun lebih banyak keunggulan yang ditawarkannya, namun ada juga kekurangan yang dapat menjadi pertimbangan anda sebelum membelinya.

Ya, Silahkan beropini mengenai Hp Oppo A52 tersebut. Apakah sudah sesuai dengan kriteria Hp yang anda cari, atau bukan. Supaya anda tidak penasaran lagi, simak poin-poin dibawah ini.

Kelebihan Oppo A52

kelebihan oppo a52

Seperti produk brand Oppo pada umumnya, tentunya akan sangat bermanfaat dengan banyaknya fitur dan spesifikasi mumpuni mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A52. Berikut beberapa fitur kelebihan Oppo A52 yang bisa Anda nikmati.

1. Layarnya Full HD+

Dari kelebihan dan kekurangan Oppo A52, smartpone ini ternyata mempunyai keunggulan dari segi layar jika dibandingkan dengan hp kelas menengah harga 2 jutaan. Ya, Hp Oppo A52 sudah dibekali dengan layar Full HD plus. Cukup menarik, kan?

Bagi anda yang suka menonton film di ponsel atau berbagai aktivitas lainnya, kualitas tampilan layar sangat penting untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan. Oleh karena itu, Oppo A52 hadir dengan layar berukuran 6,5 inci. Meski masih mengusung panel IPS LCD, sebenarnya yang satu ini hadir dengan layar FHD+ yang memiliki ketajaman dan kejernihan lebih baik.

Sementara itu, layar Oppo A52 juga didukung dengan sertifikasi TUV Rheinland yang mampu meredam jumlah cahaya biru sehingga mata tidak mudah lelah. Sebagai ponsel 2020, Oppo A52 tentu saja mengusung desain layar baru dengan bolong-bolong di kiri atas layar dan tidak menyisakan bezel sama sekali. Alhasil, layar Oppo A52 berhasil mendapatkan rasio screen-to-body sebesar 90,5%.

Terkait:  Inilah detail Spesifikasi Lengkap vivo Y30

2. Baterai Awet

Pembahasan kelebihan dan kekurangna Oppo A52, kita beralih ke kelebihan yang ditawarkan Oppo A52 dari segi baterai. Daya tahan baterai yang lama akan mendukung aktivitas Anda sehingga dapat bertahan lebih lama. Anda bisa bernafas lega mengetahui Oppo A52 dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yakni 5000 mAh.

Kapasitas ini cukup besar untuk ukuran smartphone di bagian tengah ke bawah, Anda juga bisa menikmati menonton film tanpa notifikasi frekuensi rendah yang mengganggu.

Selain kapasitas, waktu pengisian baterai juga harus diperhatikan untuk mengukur viabilitas sebuah baterai pada HP. Baterai yang terpasang di bodi Oppo A52 juga mendukung pengisian cepat 18W. Dengan waktu pengisian yang lebih singkat, hal ini membuat baterai Oppo A52 lebih menarik.

3. ROM dan RAM Besar

Jika ngomongin soal kelebihan dan kekurangan Oppo A52, kapasitas memori internal dan RAM tentu patut kita masukkan kedalam list. Untugnya, Oppo A52 telah dibekali dengan ukuram ROM dan RAM yang cukup besar dan menjadi salah satu keunggulannya.

RAM 8GB ini sangat cocok untuk aktivitas multitasking dan berpindah antar aplikasi tanpa memperlambat ponsel. Meskipun ROM 128GB masih menggunakan teknologi UFS 2.1, kapasitas ini terlalu besar untuk menampung banyak file dan aplikasi yang ingin Anda unduh. Kecepatan saat menginstal dan mentransfer data masih sangat bagus!

4. Quad Camera

Brand Oppo merupakan salah satu produsen HP yang mementingkan kualitas kamera di setiap produknya. Mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A52, Tidak heran jika pengguna selalu mendapatkan pengalaman pengambilan gambar yang menyenangkan. Kelebihan Oppo A52 sendiri, terdapat konfigurasi quad-camera di bodi belakang dengan resolusi 12 MP (wide), 8 MP (ultra wide), 2 MP (macro) dan 2 MP (depth).

Dengan keempat lensa ini, Anda juga bisa berfoto dengan berbagai pose. Misalnya, lensa ultra lebar dapat digunakan untuk mengambil foto 119 derajat. Selain itu, lensa makro dapat digunakan untuk mengambil gambar objek dari dekat sambil menjaga integritas detailnya. Anda juga bisa mengambil foto dengan efek background blur dengan mulus menggunakan depth sensor.

Sedangkan untuk fitur perekaman video, ada tiga grade yang bisa dipilih, yaitu 720p, 1080p, dan 4K. Kamera ini juga bisa digunakan untuk merekam video slow motion dengan frame rate 120 fps.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai spesifikasi dan fitur kamera. Lantas, bagaimana sebenarnya kualitas gambar yang dihasilkan Oppo A52? Berdasarkan video perbandingan yang diunggah Hive Tech di kanal YouTube, terlihat bahwa Oppo A52 memiliki kualitas gambar yang sama dengan hasil kamera Oppo A92.

Terkait:  Samsung Galaxy S21 VS Galaxy S20: Manakah Yang Lebih Baik?

Secara keseluruhan, performa kamera Oppo A52 ternyata sebanding dengan Oppo A92 yang harganya sejuta lebih mahal. Ini adalah kabar baik jika Anda ingin mencari ponsel kamera yang bagus tetapi tetap ingin menghemat anggaran.

5. Dual Speaker

Berdasarkan yang kami kutip dari berbagai sumber mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A52, Smartphone ini juga memiliki kelebihan lain seperti tersedianya dual speaker dengan suara stereo. Bagi Anda yang menyukai musik dan film, kualitas suara yang dihasilkan oleh HP pasti akan sangat berpengaruh pada pengalaman Anda.

Inilah salah satu keunggulan Oppo A52. Dengan speaker stereo ganda, Anda dapat mendengar berbagai suara secara akurat. Headset juga dilengkapi dengan efek suara Dirac 2.0 yang dapat mendeteksi profil audio berdasarkan aktivitas yang sedang dilakukan seperti bermain game, menonton film atau mendengarkan musik.

6. Hadir dengan Triple Slot

Dari kelebihan dan kekurangan Oppo A52, smartphon ini Memiliki kapasitas memori internal yang besar tidak menghalangi Oppo untuk memasang slot memori eksternal khusus pada Oppo A52 yang menjadi salah satu keunggulannya. Ini adalah fitur yang patut diapresiasi karena tipikal ponsel dengan ROM besar hanya menawarkan slot hybrid, atau bahkan tidak memiliki dukungan microSD sama sekali.

Memori internal 128 GB dapat diperluas menggunakan kartu microSD hingga 512 GB, yang menjadikan ponsel ini mampu dipertimbangkan sebagai media penyimpanan file cadangan.

7. Tersedia ColorOS 7

Mobilitas merupakan faktor penting dalam HP. Antarmuka pengguna yang mudah dioperasikan akan menambah kepuasan bagi pengguna. Itu sebabnya Oppo A52 sudah berjalan di Android 10 yang tercakup dalam ColorOS 7.1. Sistem operasi ini memiliki banyak keunggulan, antara lain Infinite Design – desain antarmuka yang dibuat dengan warna dan bentuk ikon yang teduh sehingga terlihat lebih bersih.

Ada juga fitur Dark Mode yang bisa diterapkan ke seluruh sistem hanya dengan sekali klik. Fitur Assistant kini lebih kompleks, Anda kini bisa membuat Breeno menjalankan serangkaian aktivitas secara otomatis.

8. Fingerprint dan Face Unlock

Fitur buka kunci yang praktis mendapatkan banyak perhatian dari beberapa pengguna. Mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A52, kami menemukan kelebihan Oppo A52 yakni sudah hadir dengan pemindai sidik jari yang terpasang di bagian samping bodi, yang terletak di tombol power.

Ujung pada posisi tombol power juga telah ditekuk sehingga ibu jari Anda dapat menempel dengan pas pada sensor. Selain itu, ada juga fitur Face Unlock jika tidak ingin menggunakan sensor pemindai sidik jari. Face Unlock juga dapat melakukan tugasnya dengan baik – Anda dapat membuka kunci layar secara instan.

Terkait:  Rekomendasi Hp yang Kameranya Mirip iPhone

Kekurangan Oppo A52

kekurangan oppo a52

Kita kutip dari kelebihan dan kekurangan Oppo A52, meskipun terbilang hampir sempurna di hp murah kelas menengah, namun smartphone ini tentu memiliki kekurnagan. Lalu, apa sama kekurangan dari Seri A52 tersebut? yuk mari kira simak ulasan selengkapnya pada kedua poin dibawah ini.

1. Chipset Kurang Bersaing

Faktanya, chipset Snapdragon 665 yang mentenagai Oppo A52 bukanlah chipset yang buruk. Hanya saja jika dilihat dari kisaran harga Oppo A52, sudah banyak ponsel berchipset 3 jutaan lainnya yang performanya lebih baik. Contohnya seperti Oppo F11 Pro yang mengusung chipset Helio P70. Jika disandingkan, performa Helio P70 setara dengan Snapdragon 710.

Jangan khawatir, chipset Snapdragon 665 masih cocok untuk memainkan game Asphalt 9 dengan lancar. Namun, jika Anda suka bermain PUBG Mobile, Anda mungkin hanya dapat bermain pada frame rate konstan dalam pengaturan grafis Balance.

2. Tidak ada NFC

Seperti pembahasan sebelumnya mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A52 tersebut. Tidak tersedianya NFC menjadi salah satu kekurangan dari ponsel ini. Saat ini sudah cukup banyak mesin transaksi digital di Indonesia khususnya di ibu kota yang dapat digunakan dengan fitur NFC pada ponsel. Sayangnya, Oppo A52 masih belum dilengkapi dengan teknologi NFC.

Meskipun banyak ponsel di segmen harga yang sama sudah dilengkapi dengan fitur bermanfaat ini, seperti Samsung Galaxy A50s, Redmi Note 8 Pro, dan banyak ponsel Android dari Nokia. Tetapi jika Anda tidak benar-benar membutuhkan fitur ini, tidak adanya NFC bukanlah kelemahan besar.

Kesimpulan

Sebagai salah satu produk Oppo di segmen harga menengah, Oppo A52 cukup andal dalam memamerkan kemampuannya, terutama dari segi daya tahan baterai dan ukuran memori internal yang besar. Meski tidak hadir dengan chipset yang setara dengan seri Snapdragon 7, setidaknya hadir dengan RAM yang cukup besar sehingga Anda merasa nyaman berpindah aplikasi.

Keempat lensa yang terintegrasi di bodi belakang juga lengkap fiturnya, dengan kualitas yang tak jauh beda dengan HP dengan harga di atas. Selain itu, layar dan suara benar-benar mampu memberikan pengalaman menonton yang baik berkat dukungan Full HD pada layar dan Dirac 2.0 pada dua speaker stereo.

Pada akhirnya, itu semua tergantung pada selera dan kebutuhan Anda. Jika Anda sudah menyimak beberapa poin kelebihan dan kekurangan Oppo A52, tentu anda sudah paham mengenai Hp tersebut. Apakah sesuai dengan kriteria ponsel yang anda cari atau sebaliknya.

Check Also

Hp 3 Jutaan Tercanggih dengan Spek Mempuni

13 Hp 3 Jutaan Tercanggih dengan Spek Mempuni

Gadgetidn.com – Munculnya banyak merek hp 3 jutaan tercanggih dengan kualitas terbaik membuat pembeli bingung. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.