Kelebihan dan Kekurangan Oppo A1K

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A1K

Gadgetidn.com – Ada banyak hp Oppo murah di pasaran. Murah dalam hal ini kurang dari Rp. 2 juta. Contohnya Oppo A3S, Oppo A5S, Oppo A83, Oppo A81 (2018) dan lainnya. Nah di kategori harga ini ada ponsel Oppo lainnya yaitu Oppo A1K. Lalu bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan Oppo A1k tersebut?

Meski terbilang murah, namu hp Oppo dibawah 2 juta dan spesifikasinya masih tetap mampu bersaing dipasaran. Di kategori harga ini, banyak sekali HP dari penjual yang sangat menarik. Lantas, mampukah Oppo A1K bersaing dengan ponsel kelas Rp 1 juta lainnya? Untuk mengetahuinya, mari kita lihat dulu kelebihan dan kekurangan ponsel Oppo A1K ini untuk mengetahui seberapa menarik ponsel ini.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A1K

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, Oppo A1k tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Berdasarkan review kami, ada 10 kelebihan dan kekurangan Oppo A1k tersebut. Penasaran seperti apa? simak ulasannya pada poin – poin dibawah ini.

Kelebihan Oppo A1K

Kelebihan dan Kekurangan hp Oppo A1K

Oppo A1K memiliki banyak fitur yang membuat ponsel ini sangat menarik. jika melihat beberapa kelebihan yang di tawarkannya, tentu Oppo A1k patut anda beli dengan harga yang cukup murah. Lalu, apa saja kelebihan Oppo A1k tersebut? Simak poin-poin berikut!

1. Desain yang Solid

Dari kelebihan dan kekurangan Oppo A1K, kalabihan smartphone ini yaitu hadir dengan desain yang bagus dan agak menarik. Menariknya, karena desain bodi ponsel ini, meski berbahan polikarbonat, tidak mengikuti tren seperti ponsel lain dengan tampilan glossy.

Menurut Arya dari GadgetGaul, desain bodi ponsel ini sudah cukup tua, namun memiliki nilai yang berbeda dengan ponsel lain yang tampak mengkilat. Krida dari saluran Youtube Teknologue mengatakan bahwa dalam kategori harga 1 juta rupiah ini sangat bagus untuk build quality. Menurutnya, ponsel ini nyaman digenggam dan sangat awet digenggam.

Hal yang sama diungkapkan oleh Indianexpress.com. Website ini menyebutkan bahwa ponsel ini hadir dalam desain minimalis dalam plastik dengan finishing matte yang terlihat elegan saat dibawa. Desain dari ponsel ini sepertinya sudah dibangun sedemikian rupa sehingga memudahkan orang untuk menggunakan ponsel ini dengan satu tangan.

Terkait:  Yuk Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8

2. Baterai Cukup Awet

Spesifikasi Oppo A1K hadir dengan baterai 4.000 mAh saja. Kapasitas baterai 4000mAh ini sangat umum dan biasanya menandakan bahwa baterai HP memiliki daya tahan baterai yang lama. Tapi berapa lama baterai HP ini bertahan?

Berdasarkan pengalaman Krida dari channel Youtube Teknologue, ponsel ini memiliki daya tahan baterai hingga 2 hari dengan pemakaian normal dan sedang. Status ini diperoleh dengan dua kartu SIM aktif.

Selama penggunaan yang cukup berat, HP bisa bertahan lebih dari sehari. Seperti yang tertulis di Indianexpress.com yang mengatakan ponsel ini bisa bertahan satu setengah hari.

3. Layar Oke Corning Gorilla Glass 3

Kelebihan dan kekurangan Oppo A1K selanjutnya, yakni hadir dengan menawarkan keunggulan dengan layar 6,1 inci dengan panel IPS LCD. Layarnya sendiri memiliki resolusi HD+ 720 x 1560 piksel dengan rasio 19,5:9.

Menurut Indianexpress.com, tampilan pada ponsel ini memiliki tingkat kecerahan layar yang lumayan dan tergolong bagus. Yang sedikit disayangkan, layarnya memang terlihat kusam saat terkena sinar matahari langsung.

Namun, yang membuat monitor HP istimewa adalah dilengkapi dengan pelindung. Jika melihat data spek di GSMArena, layar pada ponsel ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.

4. Kamera Masih Oke

Oppo A1k hadir untuk memperkenalkan kamera depan 5MP dan kamera belakang 8MP. Kamera pada ponsel ini terdiri dari fitur dasar seperti panorama, time lapse, portrait, expert mode, HDR, dan masih banyak lagi.

5. Tiga Slot Kartu dan Sensor Lengkap

Selanjutnya dari kelebihan dan kekurangan Oppo A1K, hp ini menawarkan kelebihan lainnya seperti tiga slot SIM, yang berarti ponsel ini dapat menggunakan dua kartu SIM sekaligus satu kartu microSD secara bersamaan. Selain itu, ponsel ini dapat mendukung semua jaringan di Indonesia dan sudah mendukung VoLTE.

Hal menarik lainnya dari Oppo A1K adalah dukungan sensor penuh. Sensor seperti giroskop, proximity dan sensor lainnya hadir di ponsel ini. Untuk kategori harga yang terjangkau, sensor penuh jelas merupakan fitur yang menonjol.

Terkait:  6 Hp Terbaik untuk PUBG dengan Grafik Extreme

Kekurangan Oppo A1K

Kekurangan hp Oppo A1K

Dengan harga yang cukup murah pada bandrol Oppo A1k, meskipun ada beberapa kelebihan tantunya juga terdapat kekurangan Oppo A1k tersebut. Penasaran seperti apa? inilah poin lengkapnya.

1. Prosesor Biasa Saja

Jika membahas kelebihan dan kekurangan Oppo A1K, tentunya soal prosesor perlu kita bahas. Meskipun hp ini dilengkapi dengan chip Mediatek MT6762 Helio P22 yang telah diproduksi dengan proses 12nm. Di dalam chipset ini terdapat prosesor Cortex-A53 octa-core 2.0 GHz dan GPU PowerVR GE8320.

Dengan nilai Antutu yang hanya 70K, ponsel ini jelas tidak ditujukan untuk kebutuhan gaming yang berat. Hal ini terlihat dari pengalaman GadgetsNDTV yang mengatakan bahwa bermain PUBG Mobile di ponsel ini sangat berat. Bahkan, dengan pengaturan grafis yang lebih rendah, kinerjanya cenderung tidak responsif.

Menurut Krida dari Teknologue, ponsel ini tetap berkinerja baik untuk bermain game yang tidak terlalu berat seperti Free Fire. Namun, bermain Asphalt 9 kurang menyenangkan dan sering menjatuhkan frame. Untuk memainkan PUBG Mobile, menurut Krida, ponsel ini bisa menjalankan PUBG Mobile dengan grafis yang lebih rendah namun kurang menyenangkan.

Dengan demikian, jelas bahwa kinerja ponsel ini bukan untuk bermain game. Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 nampaknya hadir sebagai chipset untuk kebutuhan sehari-hari dan hanya berpengaruh pada efisiensi energi.

2. Pengisian Daya Kurang Cepat

Oppo A1K memiliki daya tahan baterai yang cukup baik. Sayangnya, daya tahan baterai yang baik ini tidak disertai dengan pengisian daya yang sangat cepat. Pengisi daya bawaan HP ini memiliki output 5V 2A atau 10W.

Berdasarkan pengalaman Arya dari saluran Youtube Gadgetgaul, pengisian daya ponsel ini sangat lama. Dari 10% hingga 50% dibutuhkan waktu 40 menit. Sedangkan untuk mencapai 100%, waktu pengisian daya ponsel ini adalah 2 jam 21 menit yakni 141 menit. Pengiriman sangat lama tentunya.

3. Tidak Ada Sensor Sidik Jari

Sedangkan untuk fitur keamanan, Oppo A1K hanya mengandalkan pengenalan wajah atau sensor biometrik untuk face unlock. Tidak adanya sensor sidik jari pada handphone ini yang tentunya membuat handphone ini memiliki kekurangan tersendiri. Untungnya, face unlock pada ponsel ini mendapat respon yang sangat baik.

4. Tidak Ada LED Notifikasi

Kekurangan lain dari Oppo A1K adalah tidak adanya fitur notifikasi LED. Mirip dengan Nokia 2.2 yang berada di kategori harga yang sama dengan ponsel ini, keduanya dibanderol Rp 1 jutaan.

Terkait:  Tidak Bekerja sama Lagi Dengan Huawei, Ponsel Honor Berdamai dengan Google

Kurangnya LED notifikasi jelas menjadi kekurangan karena terkadang ada orang yang malas membuka kunci ponselnya dan hanya melihat notifikasi dari LED notifikasi. Tentunya kehadiran LED notifikasi pada ponsel ini bisa menjadi daya tarik lain yang menarik.

5. RAM 2 GB

Kekurangan lain dari Oppo A1K adalah hanya menawarkan RAM 2GB dan untungnya ponsel ini memiliki penyimpanan internal 32GB. Hal ini tentu menjadi kekurangan mengingat chipset yang digunakan oleh ponsel ini sangat lambat.

RAM 2 GB untuk menggunakan Android saat ini terasa kurang. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan sehari-hari dari HP ini. Krida dari Teknologue juga menyatakan bahwa ponsel ini cocok untuk multitasking, tetapi ketika banyak aplikasi terbuka ada aplikasi yang perlu dimuat ulang.

Tentunya jika Oppo A1K hadir dengan RAM 3GB akan membuat ponsel ini menarik. Dengan kisaran harga Rp. 1,6 jutaan, ada ponsel lain yang menawarkan RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB. Untuk kebutuhan penggunaan Android saat ini, ponsel ini sepertinya memiliki RAM minimal 3GB dan penyimpanan 32GB.

Kesimpulan

Mengutip dari kelebihan dan kekurangan Oppo A1K diatas, tntunya hp ini merupakan ponsel yang bisa dibilang sangat menarik di kategori harga Rp. 1 juta. Daya tarik ponsel ini terletak pada fitur layar, daya tahan baterai dan juga desain yang sedikit berbeda dengan desain HP terbaru lainnya. Segmen kamera ponsel ini juga cukup menarik untuk kategori harganya.

Namun, beberapa kekurangan dari HP ini juga patut menjadi pertimbangan tersendiri, seperti performa. Jika kekurangan ini bukan masalah besar, silahkan beli HP ini.

Pencarian Terkait:

Kekurangan oppo a1k

Check Also

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F3

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F3

Gadgetidn.com – Generasi ketiga seri POCO F akhirnya hadir di Indonesia. Ya, POCO F3 resmi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.