10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4

10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4

Gadgetidn.com – Beberapa bulan setelah rilis Oppo Reno3, ponsel asal korea ini juga merilis produk susulan bernama Oppo Reno4. Uniknya, harga Oppo Reno4 terlihat lebih murah dibandingkan Oppo Reno3 saat dirilis hingga membuat para konsumen semakin penasaran dengan kelebihan dan kekurangan Oppo Reno4 tersebut, bahkan ada juga yang mempertanyakan spesifikasinya.

Namun jangan salah, harga yang lebih murah bukan berarti Oppo Reno4 memiliki fitur yang lebih sedikit dari pendahulunya. Mari kita pelajari berbagai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno4 yang sangat cocok untuk fotografer dan pembuat konten ini.

Spesifikasi Oppo Reno4

Spesifikasi Oppo Reno4

  • Rilis: Agustus 2020
  • Layar: Super AMOLED 6,4 inci, 1080 x 2400 pixels
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4015 mAh
Detail Spesifikasi

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4

Meskipun ada berbagai kelebihan dari spesifikasi Oppo Reno4 diatas, tentunya ada juga beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo Reno4 yang perlu anda ketahui sebelum membeli hp yang kameranya bagus untuk selfie tersebut.

Kelebihan Oppo Reno4

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4

Oppo tidak pernah bosan menawarkan keunggulan dari segi kamera. Apa kelebihan lain dari Oppo Reno4? Simak poin-poin berikut.

1. Layar OLED

Jika membahas kelebihan dan kekurangan Oppo Reno4, kurang lengkap jika kami tidak mengulas soal layar. Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa ponsel kelas menengah tidak cocok jika masih memiliki panel IPS LCD sebagai layarnya. Inilah fitur Oppo Reno4 yang sudah menawarkan layar OLED dengan kontras dynamic range yang lebih tinggi.

Ukuran layarnya 6,4 inci dan tentunya memiliki resolusi Full HD+, tepatnya 1080 x 2400 piksel. Sementara itu, ia memiliki rasio aspek 20:9 dengan kerapatan piksel 411 ppi.

Oppo sendiri mengklaim bahwa layar ini menawarkan tingkat kecerahan puncak lokal 800 nits. Soal ketahanan layar, ponsel kelas menengah ini juga dilapisi kaca pelindung Gorilla Glass 5 agar lebih tahan terhadap goresan atau guncangan.

2. Fast Charging Unggul

Kita bahas kelebihan dan kekurangan Oppo Reno4 dari segi pengisian daya baterai. Kemampuan fast charging banyak dicatat oleh banyak merek ponsel di dunia, termasuk Oppo, hal ini menjadi salah satu kelebihan smartphon Oppo Reno4.

Di kisaran harga 5 jutaan masih ada yang menggunakan fast charging 18W. Berbeda dengan Oppo Reno4 yang sudah dibekali VOOC Flash Charge 4.0 yang bisa mengisi baterai dengan cepat, menggunakan daya 30W.

Terkait:  Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Lite di Indonesia

Seberapa cepat fitur pengisian cepat ini? Untuk mengisi baterai Oppo Reno4 berkapasitas 4000mAh, pengisian penuh hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Waktu pengisian sangat cepat dengan 5 juta tenaga kuda.

3. Memori Internal dan RAM Besar

Sudah ingin menginstal banyak aplikasi? Jangan khawatir tidak mengosongkan ruang penyimpanan, karena Oppo Reno4 menawarkan kapasitas memori internal yang cukup besar, yakni 128GB. Soal kecepatan, penyimpanan internal ini berjalan pada teknologi UFS 2.1.

Kita beralih ke kelebihan dan kekurangan Oppo Reno4 dari segi memori. Kapasitas ini juga dipadankan dengan RAM 8GB yang lebih dari cukup untuk semua kebutuhan multitasking Anda, bahkan saat membuka beberapa aplikasi terberat secara bersamaan.

Bagi yang menginginkan penyimpanan lebih, tersedia pula slot khusus microSDXC yang mendukung kapasitas maksimal 256GB. Ini jelas merupakan peningkatan dari Oppo Reno3 yang masih menawarkan aperture hybrid.

4. Ada Peningkatan Performa

Anak muda masa kini mendambakan ponsel dengan performa tangguh untuk mendukung kebutuhan game berat mereka. Oppo Reno4 adalah salah satu dari ponsel gaming harga 5 juta teratas, karena Anda dapat menikmati FPS yang mulus berkat chipset Snapdragon 720G.

Konfigurasi prosesor Octa-core yang disertakan dalam ponsel ini terdiri dari dua Kryo 465 Gold pada 2,3GHz dan enam inti Kryo 465 Silver pada 1,8GHz. Tentu saja CPU ini juga dibarengi dengan GPU yang cukup andal, yakni Adreno 618.

Oppo Reno4 benar-benar menjadi jawaban bagi pengguna Oppo Reno3 yang kecewa dengan performanya yang pas-pasan. Dibandingkan dengan Helio P90 di Oppo Reno3, Snapdragon 720G tentu saja yang terbaik.

Seperti dilansir NanoReview.net, chipset Oppo Reno4 berhasil mencetak skor AnTuTu v8 lebih tinggi yakni 270.568 poin dibandingkan Oppo Reno3 yang hanya mencetak 215.931 poin.

Komentar dari video GadgetIn juga menunjukkan bahwa Oppo Reno4 tampil lebih baik saat bermain game seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile daripada Oppo Reno3.

Sementara Reno3 tidak dapat menjalankan Mobile Legends pada pengaturan frame rate tinggi, sesi permainan ini berjalan sangat lancar di Oppo Reno4. Padahal, harga Oppo Reno3 versi awalnya sedikit lebih mahal dari harga Oppo Reno4.

5. Quad Camera yang Kaya Fitur

Kelebihan dan kekurangan Oppo Reno4 dari segi kamera. Kualitas kamera tidak hanya ditentukan oleh spesifikasi teknis. Software pendukung juga bisa membuat kamera HP tampil istimewa dibandingkan kompetitornya. Sedangkan untuk Oppo Reno4 sendiri, Anda mendapatkan kelebihan dari segi hardware dan software kamera.

Dengan menawarkan dukungan quad-camera, Anda dapat mengambil foto dengan berbagai mode, seperti panorama, makro, dan bokeh. Pada penutup belakang, terdapat lensa utama 48MP dengan sensor 12,0 inci dan bukaan f/1.7. Kamera utama ini juga dilengkapi dengan PDAF untuk memungkinkan Anda menangkap fokus subjek dengan cepat.

Terkait:  10 Rekomendasi HP RAM 8GB Murah dan Bagus Februari 2021

Sementara itu, ada juga kamera ultra-wide 8MP yang memiliki bidang pandang sudut lebar 119 derajat. Ada dua lensa lain yang menyertainya, lensa makro 2MP dan sensor kedalaman 2MP.

Bagaimana dengan kemampuan lensa potret? Semua benar-benar baik. Pasalnya, Oppo Reno4 menawarkan dua lensa di bagian depan – lensa kamera 32MP, dan yang lainnya adalah lensa khusus 1.2MP AON Smart Sensor yang dapat digunakan untuk menavigasi melalui aplikasi seperti media sosial dan YouTube tanpa menguping.

Gerakkan saja tanganmu di depan kamera ini, lalu kamu bisa scroll meskipun tanganmu kotor karena ngemil. Fitur AON Smart Sensor tidak berhenti sampai di situ saja – ada juga fitur yang bisa menyembunyikan notifikasi saat kamera mendeteksi orang lain melihat ke layar ponsel. Menyenangkan bukan?

Nah, saatnya kembali ke fitur fotografi. Ada banyak fitur tambahan untuk membuat bidikan Anda lebih modern, misalnya AI Color Portrait. Fitur ini dapat digunakan pada kamera depan dan belakang, dan fungsinya untuk mengisolasi objek sehingga hanya objek tersebut yang diwarnai, sedangkan latar belakangnya hitam putih.

Fitur serupa juga bisa dilakukan saat menggunakan perekam video, yakni video monokrom. Fungsinya sama, untuk membuat semua warna menjadi hitam putih, tetapi Anda dapat memilih satu warna pada objek agar tidak berubah.

Masih kurang? Ada juga fitur yang sangat cocok untuk para pembuat konten, yaitu SOLOOP Smart Video Editor. Ini adalah cara termudah untuk mengedit video, karena yang harus Anda lakukan hanyalah mendaftar dan aplikasi bawaan akan menambahkan efek sinematik dan menawarkan opsi untuk menambahkan musik latar.

Selanjutnya, ada juga keunggulan lain dari kamera Oppo Reno4, yaitu fitur Ultra Night Selfie yang dapat meningkatkan eksposur bagian objek yang tidak terkena cahaya. Jika pencahayaan di malam hari buruk, Mode Ultra Gelap bisa lebih efektif agar gambar lebih cerah.

Oppo Reno4 juga lebih baik dalam hal perekaman video karena mendukung resolusi 4K pada kamera belakang. Sementara itu, kamera depannya mendukung resolusi 1080p. Ultra Steady 3.0 dapat membuat video stabil meskipun pengguna sedang berjalan atau berlari.

6. Desain Bodi Elegan

Keunggulan lainnya terletak pada desain sasis. Oppo merupakan brand ponsel yang menjaga tampilan setiap ponsel, termasuk Oppo Reno4 yang menampilkan desain belakang yang terlihat ramping dan modern dengan sentuhan tekstur matte.

Alhasil, bodi belakang tidak terlalu mengkilat namun tetap menampilkan permainan gradasi halus jika dilihat dari berbagai sudut. Ada juga gaya simbol O dan P yang dipadukan agar terlihat lebih mewah dan elegan.

Terkait:  Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A6

Untuk varian warnanya tersedia pilihan Galactic Blue dan Space Black. Karena membawa layar di bawah sidik jari, tidak ada sensor sidik jari di bagian belakang, yang membuatnya terlihat lebih bersih dan hanya menyisakan konfigurasi empat kamera memanjang ke bawah.

7. Bisa Dipakai Nonton Netflix HD

Meskipun Netflix menawarkan paket resolusi HD, beberapa perangkat sebenarnya hanya mendukung resolusi 720p. Ini karena sertifikat DRM (Digital Rights Management) diperlukan agar perangkat dapat menampilkan konten Netflix dalam definisi tinggi.

Nah, Oppo Reno4 ini dijamin cocok untuk kamu yang sering menghabiskan waktu di layanan streaming ini, karena memiliki Widevine L1 dan siap digunakan untuk menonton Netflix dengan kualitas yang lebih jernih.

Kekurangan Oppo Reno4

Kelebihan dan Kekurangan hp Oppo Reno4

Masih tentang kelebihan dan kekurangan Oppo Reno4. Secara alami, siapa pun akan tertarik pada keunggulan Oppo Reno4. Namun jangan langsung membelinya sebelum melihat kekurangannya di bawah ini.

1. Tidak Memiliki Sensor NFC

Bagi yang memiliki mobilitas tinggi seperti bepergian dengan jalan tol, Anda pasti membutuhkan fitur bernama NFC ini. Nama fitur ini adalah kependekan dari Near Field Communication yang dapat membantu Anda mengecek saldo eToll dan kartu pembayaran lainnya hanya dengan menempelkan kartu tersebut di badan ponsel.

Bahkan, fitur NFC banyak ditemukan di ponsel seharga Rp 5 juta, bahkan beberapa ponsel Nokia terbaru di kisaran harga yang lebih rendah sudah dilengkapi fitur bermanfaat ini. Sayangnya Oppo Reno4 masih kekurangan Oppo Reno3 dengan tidak memperkenalkan NFC.

2. Zoom Kamera yang Terbatas

Ada kalanya pembuat konten membutuhkan kamera ponsel dengan rentang zoom tinggi, seperti saat mencoba menangkap objek hewan atau merekam tayangan langsung dari jarak jauh.

Oppo Reno4 hanya menawarkan zoom maksimal 5x, karena ponsel ini tidak dilengkapi lensa tele khusus yang umumnya dapat membantu ponsel dalam mengambil gambar dari jarak jauh. Dengan fitur kamera yang beragam, kemampuan zoom yang terbatas cukup membuat para penggemar Oppo bertanya-tanya.

Kesimpulan

Seperti yang bisa ditebak dari kelebihan dan kekurangan Oppo Reno4 di atas, ponsel ini sebenarnya menawarkan fitur fotografi yang inovatif dibandingkan ponsel lain di kisaran harga yang sama (dikurangi kemampuan zoom).

Harganya mulai dari Rp. 4.999.000,- lebih murah dari Oppo Reno3 pendahulunya, namun menawarkan peningkatan performa yang signifikan. Selain itu, dengan memperkenalkan Air Control, fitur yang awalnya dianggap sebagai gimmick bisa sangat berguna saat jari Anda kotor.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki ponsel ini? Oppo Reno4 telah memasuki pasar ponsel Indonesia sejak 6 Agustus 2020.

Check Also

Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Kehadiran Reno4 cukup mencuri perhatian, meski ponsel ini memiliki kekurangan akibat minimnya NFC. Oppo mungkin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.