10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite

10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite

Gadgetidn.com – Keluarga HP Mi 11 Series semakin berkembang setelah tersedianya Xiaomi Mi 11 Lite. Ya, ponsel ini telah dipastikan masuk ke Indonesia setelah diumumkan telah lulus uji TKDN (Local Content Level) dengan skor 30,6%. Sebagai catatan, Mi 11 Lite adalah ponsel 4G. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite tersebut.

Xiaomi meluncurkan ponsel ini dalam dua varian, 4G dan 5G. Namun yang masuk ke Indonesia adalah versi 4G. Hal ini terlihat dari chipset Snapdragon 732G yang terintegrasi pada ponsel. Chipset Agustus 2020 dilengkapi dengan modem 4G internal, X15 LTE.

Meski belum mendukung 5G, Mi 11 Lite bukanlah smartphone sembarangan. Karena mengusung desain cantik yang terinspirasi dari flagship Xiaomi Mi 11. Bahkan, kamu mungkin bisa jatuh hati dengan desain Mi 11 Lite yang akan diungkap Carisignal di artikel kali ini.

Desain menjadi salah satu dari sekian banyak keunggulan Mi 11 Lite. Baca artikel ini dengan seksama untuk mengetahui semua kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite. Sebagai perkenalan silahkan simak spesifikasi utama Mi 11 Lite berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Lite

Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Lite di Indonesia

  • Rilis: Juni, 2021 (Indonesia)
  • Layar: AMOLED, 6,55 inci, Full HD+
  • Chipset: Snapdragon 732G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (memakai slot SIM bersama)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 4250 mAh
Detail Spek Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite

Sebagai salah satu ponsel kelas mengenah, tentunya anda akan menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dari smartphone Xiaomi Mi 11 Lite tersebut. Penasaran seperti apa, baca terus untuk mengetahui selengkapnya.

Kelebihan

Setiap ponsel yang dibuat pasti membawa keajaiban. Daya tarik merupakan bagian dari keunggulan sebuah ponsel yang mampu memikat konsumen. Beberapa poin di bawah ini akan menjelaskan daya tarik Mi 11 Lite.

1. Desain Stylish

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite

Topik pertama yang akan kita bahas tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite adalah desainnya. Dalam hal Xiaomi Mi 11 Lite, mengusung keunggulan desain dari saudara laki-laki andalannya yaitu Xiaomi Mi 11. Hal ini terlihat dengan menempatkan lubang kamera depan di sudut kiri atas dari sudut pandang kita. Kemudian, bentuk modul kamera belakang juga sama.

Desain modul kamera, yang disebut cincin halo yang mempesona, menempatkan tiga lensa plus lampu kilat secara berurutan. Pada tingkat pertama unit, lensa flash dan lensa makro disejajarkan. Unit tingkat pertama ini memiliki warna yang senada dengan cover belakang.

Flat back cover ini juga menjadi faktor pembeda Mi 11 Lite dengan ponsel kelas menengah lainnya di keluarga Xiaomi. Kita tahu bahwa Redmi Note 10 Pro, POCO X3 NFC, dan POCO X3 Pro memiliki penutup belakang dengan tepi melengkung.

2. Tampilan Keren

Kelebihan dan Kekurangan tampilan Xiaomi Mi 11 Lite

Hal yang patut kita bahas dari kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite yakni pada tampilannya. Anda bisa langsung membandingkan sektor tampilan ponsel ini dengan Redmi Note 10 Pro. Pada bagian ini menjadi salah satu keunggulan dari ponsel Xiaomi Mi 11 lite tersebut.

Pasalnya panel AMOLED pada Redmi Note 10 Pro merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Pasalnya, ia mendukung kecepatan refresh 120Hz dan tingkat kecerahan hingga 1200 nits.

Terkait:  Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A9 2020

Faktanya, panel Full HD + AMOLED 6,55 inci (1080 x 2400 piksel, 402 ppi) pada Mi 11 Lite sama bagusnya dengan saudaranya. Namun, kecepatan refresh dan kecerahan puncak lebih rendah: 90Hz, 800 nits. Penurunan ini tidak menjadi masalah karena 90Hz dapat membuat layar mulus saat melihat konten yang berbeda.

Sekadar catatan, jika Anda mengaturnya ke mode 90Hz, ponsel akan secara otomatis beralih ke 60Hz segera setelah terakhir kali tangan Anda menyentuh layar. Mode 60Hz juga otomatis diaktifkan saat menonton video. Mode 60Hz juga dapat dikunci di menu pengaturan jika Anda ingin ponsel lebih menghemat daya baterai.

3. Chipset Oke

Kelebihan dan Kekurangan Chipset Xiaomi Mi 11 Lite

Mi 11 Lite menggunakan chipset yang sama dengan POCO X3 NFC dan Redmi Note 10 Pro. Ya, chipset ini adalah Qualcomm Snapdragon 732G. Karena menggunakan jenis chipset yang sama, performa Mi 11 Lite secara teori tidak akan jauh berbeda dengan kedua saudaranya tersebut.

Namun, sebelum kami membuktikannya pada kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite kali ini, kami akan memberikan gambaran singkat tentang slide-slide ini untuk menyegarkan ingatan Anda. Snapdragon 732G adalah chipset kelas menengah luar biasa yang dibuat menggunakan proses manufaktur 8nm yang canggih. Chipset ini sebenarnya adalah Snapdragon 730G yang ditingkatkan.

Snapdragon 732G memiliki delapan inti CPU yang dibagi menjadi dua kelompok. Set pertama adalah dua inti cepat Kryo 470 Gold (2,3 GHz) berdasarkan Cortex A76. Sedangkan kelompok kedua diisi dengan enam core Kryo 465 yang efisien (1,8 GHz) dengan arsitektur Cortex A55.

Selain itu masih banyak komponen lain seperti DSP (Algorithm Processing) Hexagon 692, ISP (Image Processing) Spectra 350L dan GPU (Graphics Processor) Adreno 618. Adreno 618 adalah GPU dengan 2 unit eksekusi, 128 shader, dan berfungsi Pada 810MHz.

4. Kamera Sip

kamera Xiaomi Mi 11 Lite

Patut menjadi pilihan yang tepat jika anda sedang mencari hp yang kameranya bagus untuk selfie. Pasalnya, Xiaomi Mi 11 Lite menggunakan modul kamera belakang yang sama dengan Mi 11, Mi 11 Lite memiliki konfigurasi serupa. Namun, spesifikasinya berbeda. Tiga lensa pada kamera belakang Mi 11 Lite terdiri dari lensa utama, lensa ultra lebar, dan lensa makro.

Lensa utama memiliki resolusi 64MP, bukaan f/1.8, dan ditenagai oleh sensor Samsung GW3 1/1,97 inci. Sensor ini dapat menghasilkan gambar piksel tunggal berukuran 0,7 meter. Secara default, gambar yang dihasilkan dari lensa utama auto-focus 26mm ini adalah 16MP. Teknologi binning piksel 4-in-1 memungkinkan resolusi hingga 64MP.

Selanjutnya, lensa ultra lebar memiliki bukaan 8 megapiksel f/2.4 dan menggunakan sensor Sony IMX355 1/4 inci. Satu piksel gambar yang muncul dari lensa ini berukuran 1,12 m. Dengan panjang fokus 16mm, lensa ini memiliki sudut pandang lebar 120 derajat.

5. Baterai Awet

Jika membahas tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite, rasanya kurang lengkap jika kami tidak mengulas soal baterai. Kapasitas baterai memang menjadi faktor penting dalam menentukan berapa lama seorang pengguna dapat menggunakan sebuah ponsel. Namun, kapasitas baterai yang besar tidak selalu membuat HP memiliki runtime yang lama. Ada faktor lain yang sama pentingnya seperti manajemen baterai.

Pada kasus Mi 11 Lite, baterai yang dibawanya tidak terlalu besar, yakni 4250 mAh. Ukuran standar untuk hari ini. Tanpa diduga, kapasitas menengah berhasil membuat ponsel menembus peringkat daya tahan 100 jam, menurut tes oleh GSM Arena.

Terkait:  10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6

Saat baterai penuh, Mi 11 Lite dapat digunakan selama 11 jam 13 menit untuk browsing (WiFi) dalam mode 90Hz. Waktu penggunaan meningkat menjadi 14 jam 23 menit saat digunakan untuk menonton video secara offline (60Hz). Sedangkan jika digunakan untuk telepon, ponsel dapat bekerja selama 24 jam 8 menit.

Masa pakai baterai yang lama didukung oleh teknologi pengisian cepat 33W. Mengisi daya selama 30 menit dengan adaptor bawaan dapat mengisi daya baterai hingga 58%. Sedangkan waktu dari kosong hingga penuh adalah 1 jam 4 menit, menurut tes GSM Arena.

6. Speaker Mantap

Speaker juga patut kita masukkan kedalam pembahasan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite yang satu ini. Mi 11 Lite sebenarnya tidak sama dengan Mi 11 bernama Harman Kardon. Namun, penyetelan yang ditawarkan Xiaomi sangat bagus, yakni speaker stereo. Satu ditempatkan di bingkai bawah, sementara speaker lainnya terintegrasi dengan lubang suara di atas.

GSM Arena menyebutkan, suara yang keluar dari loudspeaker ponsel tersebut masuk dalam kategori kenyaringan sangat baik, yaitu -24,2 LUFS (Loudness Unit Full Scale). Hasil kenyaringan ini mengalahkan Redmi Note 10 Pro (-25,7 LUFS), bahkan menyamai Mi 11.

Pada tingkat volume sedang, suaranya terdengar bagus. Suara manusia disajikan dengan sangat jelas. Namun, karena ini adalah speaker HP, elemen bass hampir tidak terdengar.

Kekurangan

kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite

Masih belum puas dengan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite? Sebagus apapun HP pasti ada kekurangannya. Namun, kekurangannya sangat normal. Karena ada orang yang bisa memahaminya dan ada juga orang yang tidak bisa. Berikut beberapa kekurangan Mi 11 Lite yang harus kamu perhatikan.

1. Penutup Belakang

Menggunakan flat back cover membuat Mi 11 Lite tampil elegan dan berbeda dengan ponsel Xiaomi mid-range lainnya. Apalagi bahan kaca dengan finishing glossy bisa membuat orang langsung jatuh hati. Khusus untuk varian warna Boba Black.

Namun, kesan Anda juga akan berubah dengan cepat setelah 15 menit memegang HP ini. Ya, penutup belakang Mi 11 Lite mudah kotor karena tidak memiliki lapisan tahan minyak. Sangat mudah untuk menempel pada sidik jari, debu dan minyak. Inilah yang dirasakan tim GSM Arena.

Memilih warna Bubblegum Blue atau Peach Pink akan lebih bijak jika Anda tetap ingin menikmati keindahan ponsel tanpa noda. Atau, jika sudah terlanjur memilih Boba Black, gunakan saja soft bag transparan.

2. Jack Audio Absen dan Slot MicroSD Hybrid

Menciptakan Mi 11 Lite dengan bodi ramping bukan tanpa pengorbanan. Pasalnya, hal ini membuat Xiaomi harus melepas jack audio 3.5mm. Mereka yang ingin mendengarkan Audio Resolusi Tinggi (24bit/192kHz) menggunakan headphone berkabel harus menggunakan adaptor jack audio USB C ke 3.5mm.

Akibatnya, Anda tidak dapat menggunakan headset berkabel dan mengisi daya ponsel secara bersamaan. Diduga juga bahwa tekanan ruang untuk mencapai desain yang ramping berdampak pada kurangnya slot microSD khusus.

3. App Scanner

Seperti ponsel besutan Xiaomi lainnya, Mi 11 Lite dilengkapi dengan antarmuka MIUI 12.5 dengan banyak aplikasi (bloatware). Aplikasi ini seperti Facebook, Netflix, dan WPS Office. Untungnya, tidak satu pun dari aplikasi ini yang benar-benar terpasang. Namun, ada satu aplikasi yang sangat mengganggu menurut pengalaman Andrew Myrick.

Aplikasi ini adalah Pemindai Aplikasi. Aplikasi ini menyebalkan karena selalu muncul setiap kali Myrick mendownload dan menginstal aplikasi baru di Play Store. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna mematikan aplikasi ini dengan mengakses menu pengaturan, jika merasa terganggu seperti Myrick.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Hp Vivo Y50

4. Kompetisi Sesama Ponsel Xiaomi

Xiaomi sudah memiliki beberapa produk yang mengisi segmen kelas menengah ke atas. Saat artikel ini ditulis, ada Redmi Note 10 Pro, POCO X3 NFC, hingga POCO X3 Pro yang akan bersaing langsung dengan Mi 11 Lite. Banyaknya pilihan ponsel dengan rating yang sama dapat membingungkan konsumen.

Selain itu, masuknya Mi 11 Lite ke jajaran smartphone kelas menengah ke atas dari Xiaomi tentu bisa menurunkan posisi pasar saudara-saudaranya. Pasalnya, konsumen yang sebelumnya menginginkan ponsel lain dari Xiaomi, kini terpukau dengan Mi 11 Lite.

Kesimpulan

Xiaomi Mi 11 Lite resmi diluncurkan di Indonesia pada 15 Juni 2021. Ada tiga varian memori yang tersedia, yakni RAM 6 GB plus storage 64 GB, RAM 6 GB dengan storage internal 128 GB, dan RAM 8 GB dengan storage 128 GB. Masing-masing dijual dengan harga Rp. 3,7 juta rupiah. 3,8 juta rupiah. dan 4 jutaan.

Jika kita simpulkan dari pembahasan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Lite diatas. Ponsel ini bisa dibeli di gerai Mi Store, situs resmi Xiaomi, dan pasar mitra mulai 17 Juni 2021. Dilihat dari ulasan di atas, tidak bisa dipungkiri bahwa Mi 11 Lite adalah solusi bagi Anda yang menginginkan ponsel stylish. telepon. Dengan anggaran terbatas.

Namun, ponsel ini tidak hanya bagus dari segi tampilan tetapi juga bagus dalam genggaman. Ini berkat pemilihan bingkai lengkung tertipis di antara semua ponsel di kelasnya, serta bobotnya yang sangat ringan.

Performa Mi 11 Lite juga tidak mengecewakan. Padahal, segmen layar, kamera, dan speaker ponsel ini memiliki kualitas di atas rata-rata. Namun, potensi ponsel berkemampuan NFC ini untuk merebut hati konsumen tampaknya menantang. Pasalnya, situasi segmen kelas menengah sudah ramai.

Mi 11 Lite harus bertarung dengan saudaranya, sesama ponsel Xiaomi. Pertama, Anda harus menolak Redmi Note 10 Pro yang menawarkan slot microSD khusus, baterai lebih besar, dan jack audio 3,5 mm. Penawaran yang sama juga ditawarkan oleh POCO X3 NFC. Namun, itu pasti kalah dalam hal desain.

Buat kamu yang tidak peduli dengan desain, lihat saja POCO X3 Pro, saudara kembar dari POCO X3 NFC. Chipset Snapdragon 860 tidak akan mengecewakan Anda saat bermain game kelas atas.

Alternatif dari merek lain dalam kategori yang sama adalah realme 8 Pro, vivo V20 2021 dan Samsung Galaxy A52. Kedua ponsel ini memiliki desain yang cantik. Namun, Realme 8 Pro memiliki jack audio, sensor sidik jari di bawah layar, teknologi pengisian daya yang lebih cepat (50W), dan slot microSD khusus. Keempat hal ini tidak dimiliki oleh Mi 11 Lite.

Sedangkan Vivo V20 2021 memiliki keunggulan terkait kamera selfie (44 MP), sensor sidik jari di bawah permukaan layar, dan tersedianya slot microSD khusus. Sementara itu, Galaxy A52 memiliki sertifikasi IP67 untuk ketahanan terhadap debu dan air, kamera utama dengan OIS, dan jaminan upgrade versi Android hingga 3 kali.

Pada akhirnya, Mi 11 Lite bukanlah ponsel yang sempurna untuk semua orang. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini layak menjadi perangkat andalan baru?

Check Also

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F3

Review 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F3

Gadgetidn.com – Generasi ketiga seri POCO F akhirnya hadir di Indonesia. Ya, POCO F3 resmi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.