10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6

Gadgetidn.com – Meski kini sudah memasuki tahun 2021, masih banyak smartphone keluaran tahun lalu yang tidak akan rugi jika membeli tahun ini. Salah satunya adalah Samsung Galaxy A6 2018. Namun, masih ada kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 yang perlu anda ketahui.

Garis seri Samsung Galaxy A mulus dalam bahan ke dalam. Meski Samsung selalu melakukan pengembangan setiap tahun, ada kekurangan atau sesuatu yang dikurangi olehnya. Terkadang itu masuk akal, terkadang tidak.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6

Jika anda masih tertarik untuk membeli smartphone Android ini, Gadgetidn.com sudah mengulas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6, hingga spesifikasi hp Samsung Galaxy A6 2018.

1. Material Solid

Samsung Galaxy A6 memiliki bodi yang kokoh. Smartphone ini menggunakan bahan metal sebagai balutan bodi. Meski bagian belakangnya tidak glossy dan terlihat kasar, tampilan A6 tetap terlihat keren dan nyaman digenggam. Dengan bahan metalik ini, Anda tidak perlu khawatir smartphone Anda akan pecah atau remuk di bagian belakang.

2. Dua Kamera 16 MP

Selanjutnya dari pembahasan inti kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 yakni pada bagian kamera. Samsung sangat fair dengan kamera Galaxy A6, tidak hanya kamera belakang 16MP, tapi kamera depan juga sama, dan tentunya dengan fitur live focus.

Terkait:  Harga realme 7i Murah Terbaru dan Spesifikasi

Kualitas kamera belakang ponsel ini tentunya tidak kalah dengan smartphone premium yang ada di pasaran saat ini. Ya, meski tidak bisa bersaing dengan kamera sungguhan.

Layak menjadi salah satu hp yang kameranya bagus untuk selfie, kualitas kamera depannya juga patut diacungi jempol. Bahkan lampu kilat pada kamera depan dapat diatur kecerahannya, sangat cocok untuk Anda yang suka berfoto selfie.

3. Layar Super AMOLED

Samsung sepertinya memang ahli di bidang layar smartphone. Galaxy A6 sebenarnya menggunakan panel Super AMOLED 5,6 inci yang membuat warna yang terpantul di layar A6 sangat enak dipandang.

Panel layar besutan Samsung ini sendiri dikenal dengan kemampuannya memberikan kecerahan maksimal dan efisiensi energi yang lebih besar, serta kemampuannya menampilkan warna yang jernih meski di bawah terik matahari. Oleh karena itu, warna foto atau klip video terlihat lebih hidup. Menonton film di smartphone ini pasti akan lebih menyenangkan.

4. Infinity Display

Jika membahas soal kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6, pada bagian display memang harus kami ulas. Galaxy A6 2018 merupakan salah satu ponsel Samsung pertama yang mengusung desain bezel ramping, dan tren ini telah berlangsung sejak awal 2018, hal ini menjadi salah satu kelebihan dan ponsel ini.

Samsung Galaxy A6 2018 mampu menampilkan Infinity Display ala Samsung dengan rasio kontemporer 18,5:9. Dengan Infinity Display, Galaxy A6 akan tampil kecil meski memiliki bodi agak besar.

5. Daya Tahan Baterai

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 selanjutnya adalah daya tahan baterainya cukup lama, meski sudah dua hari tidak bertambah. Samsung Galaxy A6 memiliki baterai berkapasitas 3000 mAh yang bisa dikatakan cukup untuk penggunaan seharian. Ini adalah salah satu kelebihannya untuk hp murah sekelasnya.

Terkait:  10 Kelebihan dan Kekurangan Realme U1

Namun, baterai hemat ini jelas bukan satu-satunya kapasitas baterai yang berperan, chip hemat energi dan resolusi layar yang tidak terlalu tinggi juga menjadi faktor.

6. Kapasitas Penyimpanan Kecil

Masih di topik kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6. ponsel ini dibekali dengan RAM 3 GB dan memori hanya 32 GB, kapasitas memori internal Galaxy A6 masih kecil. Untuk ukuran smartphone saat ini, sepertinya pengguna akan kurang puas.

Soal penyimpangan menjadi cacat pada smartphon ini. Apalagi game-game besar seperti PUBG mungkin tidak bisa berjalan maksimal. Namun, yang paling penting adalah file yang akan Anda simpan harus diatur dengan cara ini.

7. Resolusi Terbilang Rendah

Meski memiliki Infinity Display dan panel Super AMOLED, namun kualitas layar Samsung Galaxy A6 masih memiliki kekurangan yaitu resolusi layar. Galaxy A6 memiliki resolusi hanya 7.20 x 1.480 piksel. Dengan resolusi sebesar ini, layar akan tetap mengalami pikselasi.

8. Fast Charging Tidak Hadir

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 berikutnya adalah kurangnya pengisian cepat. Sangat disayangkan smartphone masa kini tidak memiliki fitur fast charging, karena sepertinya fitur ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Namun, jika wajar, Galaxy A6 tidak memiliki fitur ini, mengingat memang ditujukan untuk pasar ponsel kelas menengah ke bawah dengan anggaran terbatas guna menekan harga.

9. Harga Kurang Terjangkau

Harga Samsung Galaxy A6 2018 masih sangat mahal. Pada awal kemunculannya, harganya Rp. 3,7 juta. Dengan spek seperti itu, smartphone kelas menengah lain seperti Xiaomi merasa layak untuk dibeli.

10. Tanpa Sertifikasi Anti Air dan Debu

Berbeda dengan seri Galaxy A 2017 yang sudah tersertifikasi tahan air dan debu. Sayangnya, kali ini Samsung tidak menawarkannya di tahun 2018 ini. Bahkan, kehadiran fitur tersebut bisa jadi lebih menarik.

Terkait:  Perbandingan Harga Realme 7i di Indonesia

Spesifikasi Samsung Galaxy A6

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A6

  • Dimensi: 49,9 x 70,8 x 7,7 mm
  • Berat: 159 gram
  • Jenis Layar: Super AMOLED
  • Ukuran: 5,6 inci (rasio layar ke bodi ~75.0%)
  • Proteksi: Corning Gorilla Glass
  • Prosesor: Exynos 7870 Octa (14 nm)
  • Inti: Octa-core
Detail Spesifikasi

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 2018. Ada juga asisten virtual pintar di smartphone ini, namanya Bixby. Mereka yang memiliki kemampuan menerjemahkan bahasa, mengidentifikasi sesuatu, dan bahkan memberikan informasi tentang tempat tersebut, sangat cocok untuk pelancong.

Adapun spesifikasi di atas, tampaknya Samsung Galaxy A6 2018 sudah mampu memuaskan penggunanya. Ya, meskipun agak mahal ketika pertama kali dirilis, sekarang Anda dapat menemukannya lebih murah.

Check Also

Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Kehadiran Reno4 cukup mencuri perhatian, meski ponsel ini memiliki kekurangan akibat minimnya NFC. Oppo mungkin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.