10 Kelebihan dan Kekurangan Realme U1

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme U1

Gadgetidn.com – Realme sudah hadir di Indonesia dengan produk seperti Realme C1, Realme 2, dan Realme 2 Pro yang masif. Kali ini, Realme menghadirkan smartphone menarik bernama Realme U1. Lalu, bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan Realme U1 tersebut?

Realme U1 sendiri merupakan flagship pertama dari seri U Realme yang memiliki performa solid di dapur pacu hingga jepretan kamera yang mumpuni di kelasnya. Seperti apa tampilan HP ini? Yuk simak 10 kelebihan dan kekurangan Realme U1, khusus untuk kamu. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Spesifikasi Realme U1

Spesifikasi Realme U1

  • Rilis: Desember 2018
  • Layar: LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar: 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density)
  • Chipset: Mediatek Helio P70 (12nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • OS: Android 8.1 (Oreo)
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2, AF
  • 2 MP, f/2.4, depth sensor
  • Kamera Depan: 25 MP, f/2.0, 1/2.8″, 0.9µm
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3500 mAh battery
Detail Spesifikasi

Kelebihan dan Kekurangan Realme U1

Seperti pada hp kelas menegah pada umumnya, smartphone seri U1 dari realme tentu memiliki beberapa plus dan minusnya. Penasaran seperti apa kelebihan dan kekurangan Realme U1? simak pada poin – poin dibawah ini.

Kelebihan

Kelebihan dan Kekurangan Realme U1

1. Performa yang Baik

Topik yang pertama perlu kami bahas dari kelebihan dan kekurangan Realme U1, yaitu pada bagian performa. Realme U1 merupakan smartphone pertama dengan chipset terbaru dari Mediatek, yaitu Helio P70.

Ya, selain dibekali chipset Helio P70 (12nm), smartphone Realme U1 juga ditenagai oleh CPU Octa-core yaitu 4×2.1 GHz Cortex-A73 dan 4×2.0 GHz Cortex-A53 serta dukungan GPU untuk Mali. -G27 MP3 . Selain itu, Realme U1 juga berjalan pada sistem operasi Android 8.1 (Oreo) yang mumpuni.

Untuk RAM-nya sendiri, realme menawarkan dua pilihan yakni 3GB dan 4GB dengan dukungan penyimpanan ROM 32GB dan 64GB. Jika Anda merasa kurang nyaman, Anda dapat memperluas ruang penyimpanan internal dengan menambahkan kartu microSD hingga 256 GB pada slot kartu memori yang tersedia.

Meski Realme U1 dibekali “hanya” RAM 3/4 GB, sementara kompetitor lain disokong RAM besar 6 hingga 8 GB, performa Realme U1 patut diacungi jempol. Bahkan GSMArena menggambarkan performa ponsel ini sangat baik dan memuaskan di kelasnya.

Terkait:  Spesifikasi Vivo Y30i: Hp 2 jutaan yang Tangguh

Hasil uji GeekBench (single-core) Realme U1 menunjukkan hasil tangkapan 1567, unggul di posisi Oppo F7 dengan Helio P60 dan Realme 2 Pro dengan Snapdragon 660. Hal ini menjadi salah satu kelebihan yang di tawarkan hp Realme U1.

GSMArena mengatakan hasil ini didapat karena chipset di Helio P70 telah di-overclock Jam berada di 100MHz sehingga Anda dapat mencetak poin lebih banyak daripada Helio P60 meskipun chip dan CPU yang digunakan masih sama.

Sedangkan untuk hasil uji multi-core GeekBench, Realme U1 mendapatkan hasil yang membuatnya mengungguli kompetitor lain seperti Honor 8x dengan prosesor Kirin 710, bahkan Oppo F9, Oppo F7 dan Samsung Galaxy A7 diungguli oleh Realme U1.

Hal ini membuktikan bahwa Realme U1, flagship dari sub-brand Oppo, memiliki performa terbaik di kelasnya. Hasilnya bisa dilihat pada gambar di atas.

Nah, skor AnTuTu juga tidak mengecewakan. Realme U1 memiliki skor 144.436, yang kembali membuatnya mengungguli pesaing di kategori yang sama.

Berdasarkan pengalaman Domatekno, Realme U1 dapat digunakan untuk memainkan game sekelas PUBG bahkan dalam pengaturan grafis mode tinggi. Bagaimana, apakah Anda terkejut dengan performa smartphone ini?

2. Desain Menarik

Ya, kita beralih ke kelebihan dan kekurangan Realme U1 pada sektor desain yang ditawarkannya. Realme U1 mengusung desain ramping modern dengan tampilan bezel minimal dan poni berbentuk tetesan air di bagian tengah atas.

Bodi belakang terbuat dari plastik, namun meski demikian, kesan licin atau licin yang terjadi saat membawa ponsel ini masih bisa diatasi dengan mudah, yakni dengan memasang casing di bagian belakang.

Meski berbahan plastik, pemilihan warna yang tepat membuat Realme U1 tampil prima. Sepintas, kami tidak mengira bahwa bahan yang digunakan pada bodi belakang adalah plastik.

Bagian belakang bodi juga bisa memantulkan cahaya memanjang horizontal yang disebut pilar cahaya, sehingga terlihat unik. Realme U1 hadir dalam berbagai warna menakjubkan yaitu Fiery Gold, Ambitious Black dan Brave Blue. Mereka semua sama-sama cantik, tentu saja.

3. Kualitas Layar Bagus

Sektor layar tentang kelebihan dan kekurangan Realme U1 menjadi review yang cukup menarik. Realme U1 dibekali panel layar LTPS IPS LCD dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dan rasio layar 19:5:9 dengan kerapatan layar 409 ppi.

Alhasil, layar di layar ponsel ini tajam, tajam dan jernih. Layar bezel minimum 6,3 inci pasti memenuhi standar smartphone kelas atas yang banyak digunakan saat ini.

Terkait:  Spesifikasi Xiaomi Redmi S2 di Indonesia

Cocok untuk menonton video di YouTube atau Netflix untuk bermain game dengan pengaturan grafis HD. Anda akan betah berlama-lama menatap layar smartphone ini.

4. Performa Kamera Cukup Baik

Menjadi salah satu hp yang kameranya bagus untuk selfie, tentu sektor kamera Realme U1 juga patut mendapat pengakuan. Ada dua lensa kamera di bagian belakang ponsel, masing-masing dengan lensa 13 megapiksel dengan bukaan f/2.2 dan fokus otomatis ditambah lensa tambahan 2 megapiksel bukaan f/2.4 dengan sensor kedalaman yang cukup untuk menghasilkan selfie berkualitas baik.

Gambar yang diambil juga memiliki kualitas dan kejernihan warna yang baik, kata GSMArena, meskipun rentang dinamisnya kurang. Namun, Realme U1 tetap bisa memanjakan mereka yang gemar berfoto tentunya. Berikut hasil jepretan dari kamera Realme U1. Berikut adalah contoh hasil jepretan kamera Realme U1.

Sedangkan untuk kamera selfienya. Realme U1 menghasilkan gambar dengan kualitas yang memuaskan. Hal ini terjadi berkat dukungan lensa 25 MP dengan aperture f/2.0. Berikut hasil gambarnya.

Sedangkan untuk mode low-light, masih bisa dikatakan bahwa Realme U1 sedikit lelah. Namun, gambarnya masih tidak terlalu buruk, ya. Berikut hasil jepretannya.

5. Daya Tahan Baterai Baik

Selanjutnya dari pembahasan kelebihan dan kekurangan Realme U1, ada daya tahan baterai. Realme U1 dilengkapi dengan baterai Li-Ion 3.500mAh yang mungkin terasa lebih ramping bagi sebagian orang.

Tapi, jangan salah, daya tahan baterai Realme U1 tentu saja bisa dibandingkan dengan kompetitor. Hasil pengujian baterai yang dilakukan oleh GSMArena menunjukkan bahwa Realme U1 memiliki daya tahan baterai hingga 93 jam. Cukup keren, bukan?

6. Fitur Game Space

Masih belum puas dengan beberapa pembahasan kelebihan dan kekurangan Realme U1 diatas? realme U1 mempunyai kelebihan selanjutnya yang dilengkapi dengan fitur realme Game Space yang dapat meningkatkan performa mobile saat bermain game mobile.

Tak heran jika Realme U1 bisa menjalankan game seperti Player Unknown’s Battlegrounds alias PUBG meski dengan pengaturan grafis yang lebih tinggi. Realme Game Space dapat diaktifkan melalui menu pengaturan yang tersedia.

Bagaimana, apakah Anda penasaran untuk mencoba memainkan game favorit Anda dengan Realme U1 dan fitur-fitur menariknya?

7. Harga Bersaing

Nah, ini dia yang paling bikin penasaran dari kelebihan dan kekurangan Realme U1. Berapa harga smartphone Realme U1, salah satu smartphone kelas menengah terbaik dengan performa cepat dan fitur hebat?

Terkait:  Harga dan Spesifikasi Vivo Y15 di Indonesia 2021

Realme telah resmi menyatakan melalui akun Instagram-nya, bahwa harga flagship baru ini adalah Rp. 2.499.000,- untuk versi RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB.

Sementara itu, versi RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB dibanderol dengan harga Rs. 2.899.000 -. Bisa dikatakan harga yang dipatok oleh Realme sangat cocok untuk smartphone kelas menengah ini.

Kekurangan

Kekurangan Realme U1

1. Tidak Tahan Air dan Debu

Salah satu kekurangan Realme U1 yang memiliki desain stylish dengan kesan premium adalah tidak adanya teknologi tahan air dan debu yang ditanamkan pada smartphone ini.

Oleh karena itu, Anda sebagai pengguna harus ekstra hati-hati karena smartphone ini tidak dilengkapi dengan perlindungan lebih terhadap air dan debu.

2. Tidak Ada USB-C

Kita beralih pembahasan kelebihan dan kekurangan Realme U1 pada sektor USB-C. Sayangnya, Realme U1 masih menggunakan port micro USB yang terletak di bagian tengah bawah frame ponsel. Bahkan, produsen terkemuka pesaing lain di kategori yang sama telah menggunakan port USB Type-C.

USB Type-C sendiri merupakan jenis port USB terbaru dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada port USB lainnya. Dengan port USB Type-C, Anda juga dapat mengisi daya baterai ponsel lebih cepat.

3. Mode Perekaman 4K Absen

Hal disayangkan lainnya dari Realme U1, smartphone ini tidak mendukung perekaman video 4K dengan hasil yang nyata. Realme U1 mampu merekam video 1080p meski hanya pada frame rate 30fps. Kurangnya stabilisasi gambar optik juga merupakan kelemahan yang jelas dari smartphone ini.

Bahkan, chip yang tertanam di smartphone ini, Mediatek Helio P70, sudah bisa merekam video 4K. Namun, GSMArena mengatakan, Realme U1 tidak dapat merekam video 4K karena beberapa alasan. Sayang sekali, ya.

Kesimpulan

Menngutip dari kelebihan dan kekurangan Realme U1 diatas. Realme U1 merupakan smartphone kelas menengah yang dapat memenuhi kebutuhan mereka yang menginginkan smartphone dengan harga yang tidak selangit, namun memiliki kualitas dan performa yang baik.

Sektor kamera Realme U1 juga masih layak dikagumi, dan tentunya bisa memanjakan Anda yang hobi berfoto selfie.

Ini dia kelebihan dan kekurangan realme U1 yang harus kamu ketahui. Dengan harga yang kompetitif, namun kualitas performa dapur yang serba cepat, Realme U1 membuktikan bahwa smartphone performa tidak harus memiliki banderol harga yang lumayan.

Check Also

service center realme palopo

Alamat Lengkap Service Center Realme Palopo

Gadgetidn.com – Dengan tersedianya service center realme, hal ini semakin menambah kepercayaan konsumen kepada brand …

Leave a Reply

Your email address will not be published.