10 Rekomendasi Laptop Terbaik 2021

10 Rekomendasi Laptop Terbaik 2021

Saat ini dapat dikatakan bahwa penggunaan komputer laptop merupakan suatu kebutuhan untuk menunjang berbagai aktivitas. Anda dapat menggunakan laptop untuk keperluan akademis, kerja, dan komersial, selain untuk hiburan multimedia dan bermain game

Jelas bahwa setiap kegiatan membutuhkan spesifikasi tertentu untuk mencapai kinerja yang optimal. Banyaknya laptop yang beredar di pasaran jelas menjadi keuntungan bagi Anda dalam mencari produk yang paling sesuai. Namun, agar Anda tidak bingung, berikut 10 rekomendasi laptop teratas kami untuk setiap aktivitas di bawah ini.

1. Acer Nitro 5

Acer Nitro 5

Seri laptop Acer hadir dalam beberapa format. Tapi, secara keseluruhan, ini identik dengan daya tahan baterai yang cukup lama. Seri ini merupakan kombinasi sempurna dari CPU AMD Ryzen yang bertenaga dan GPU Nvidia Turing untuk performa maksimal.

Di seri ini, Acer telah menyempurnakan desainnya, memperbarui modul termalnya, serta spesifikasi perangkat keras lainnya seperti keyboard yang cepat dan tenang serta kualitas layar yang bagus dengan layar IPS 144Hz. Laptop ini sangat mumpuni untuk penggunaan normal sehari-hari.

Baca Juga: ASUS ROG memperkenalkan laptop gaming Strix dan Zephyrus baru dan 13 ″ Flow X13

Namun ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan seperti suhu tinggi dan juga performa CPU yang sedikit gagap pada aplikasi berat yang menggunakan bahan plastik agar casing tidak membuat tampilan laptop ini lebih baik. Selain itu, kualitas suara headphone juga kurang memuaskan.

Plus

  • Desain apik yang terasa gaming
  • Ada lampu backlit di keyboard
  • Kuat untuk olahan grafis

Minus

  • Bodi plastik terasa ringkih

2. Lenovo Ideapad Slim 3

Lenovo Ideapad Slim 3

Lenovo kembali meluncurkan laptop terbarunya yang mengisi jajaran laptop yang ramping dan ramping. Sesuai dengan namanya, Ideapad Slim 3 14ARE05 hadir dalam dimensi yang ramping, nyaman dan kompak.

Pilihan warna yang bisa Anda pilih antara lain platinum grey, abyss blue, cherry red, dan commercial black, tentunya setiap warna akan menambah nilai tampilan stylish-nya.Selain itu, IdeaPad Slim 3 14ARE05 hadir dengan ekstensi 14 inci dengan ekstensi Teknologi panel IPS dengan Full Resolution HD 1920 x 1080 pixel, yang mampu memberikan tampilan visual yang jernih.

Dari segi performa, laptop ini dibekali prosesor seri Ryzen terbaru bersama dengan kartu grafis AMD yang terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan komputasi kelas menengah. Tidak perlu khawatir menginstal, Lenovo sudah menyertakan Microsoft Windows 10 Home x64 di sistem operasinya.

Plus

  • Bobot ringan
  • Konsumsi daya efisien
  • Resolusi layar full HD

Minus

  • Komputasi berat dianjurkan tak dilakukan

Baca Juga: Setelah beberapa tahun yang sulit, masa depan Mac sekarang lebih cerah dari sebelumnya

3. Toshiba Portege Z30-E

Toshiba Portege Z30-E

Saat ini kita membutuhkan laptop yang dapat menangani kebutuhan para pekerja. Tidak mengherankan, pekerja saat ini dituntut untuk merespons dengan cepat dan memiliki mobilitas yang tinggi. Untuk mencapai hal tersebut, Toshiba merilis Portege Z30-E Series yang didesain khusus untuk mereka yang tidak lagi terikat dengan batasan bekerja di belakang meja pada siang hari.

Laptop ini sangat ringan, hanya 1.2kg, karena menggunakan rangka magnesium. Namun ukurannya masih tetap nyaman karena menggunakan layar berukuran 13,3 inci. Daya tahan lainnya adalah baterai besar yang diklaim mampu bertahan lebih dari 12 jam. Dengan penggunaan yang tepat dan dalam kondisi sempurna, Toshiba mengklaim Z30-E bisa bertahan hingga 18 jam.

Kemampuan multi-tugas dijamin berjalan mulus karena spesifikasi hangover-nya yang menawan. Prosesor yang digunakan adalah quad-core Intel Core i7-8550U dengan RAM DDR4 8 GB. Belum lagi SSD 256GB Type M2 untuk mendukung kinerja komputasi yang lebih cepat.

Tidak berhenti sampai disitu, motherboard terintegrasi Toshiba menyediakan beberapa slot tambahan untuk upgrade nanti. Anda dapat menambahkan RAM hingga 32 GB!

Plus

  • Ringan dan tipis
  • Komputasi cepat berkat SSD
  • Bisa di-upgrade

Minus

  • Perlu adaptasi keyboard yang kaku

Baca Juga: Asus Vivobook Terbaru Tampil Stylish dan Diklaim Kian Powerful

4. Microsoft Surface Go (8GB/128GB)

Microsoft Surface Go (8GB/128GB)

Ingin punya laptop layar sentuh bebas repot yang bisa menemani aktivitas sehari-hari? Anda dapat mencoba evolusi Microsoft Surface Go, laptop 2-in-1 yang dapat Anda gunakan sebagai tablet sekaligus laptop. Perangkat ini dirancang dengan bobot ringan 1,15 kg, ukuran kompak dengan ketebalan 8,3 mm, dan layar sentuh 10 ”yang mudah digunakan. Dengan cara ini, perangkat ini dapat ditempatkan di tas Anda tanpa menghabiskan banyak ruang.

Anda tidak perlu khawatir dengan performanya, Microsoft telah melengkapinya dengan prosesor Intel Pentium Gold 4415Y yang dipasangkan dengan RAM besar 8GB untuk memberikan akselerasi yang mantap dan performa yang dapat diandalkan untuk mendukung kebutuhan Anda.

Selain performa, daya tahan baterainya juga perlu diperhatikan karena perangkat ini mampu bertahan hingga 9 jam penggunaan. Jika itu masih kurang meyakinkan, Microsoft juga telah membekalinya dengan slot Micro-SD yang mampu menampung hingga 1 TB dan mendukung konektivitas NFC.

Plus

  • Sangat portabel
  • Baterai kuat tahan lama
  • Keyboard yang empuk

Minus

  • Tak ada port USB-A

 

BACA JUGA: 8 Laptop ASUS Model ZenBook Duo Baru

 

5. Asus Zenbook UX481FA

10 Rekomendasi Laptop Terbaik 2021

Asus ZenBook Duo UX481FA bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin meningkatkan kreativitas dan produktivitas. Pasalnya, laptop ini hadir dengan desain inovatif lewat hadirnya layar ganda.

Layar sentuh sekunder Asus ZenBook Duo UX481FA FHD 12,6 inci. Asus ScreenPad dapat berfungsi sebagai ekstensi layar beranda atau menjalankan aplikasi berbeda secara terpisah. Pandangan yang lebih luas dalam membuka berbagai aplikasi ini bisa sangat membantu bagi fotografer, editor video, dan produser musik.

Selain tampilan sekunder yang menarik perhatian, tampilan utama Asus ZenBook Duo UX481FA juga sama menawannya. Layar utama laptop ini berukuran 14 inci dengan resolusi FHD dan telah disertifikasi oleh Pantone untuk memastikan warna yang ditampilkan akurat. Kualitas layarnya yang tinggi didukung oleh bezel yang tipis dan rasio screen-to-body 90%, sehingga mampu memberikan pengalaman menonton yang menyenangkan.

Inovasi desain fungsional ini juga didukung spesifikasi yang mumpuni. Asus ZenBook Duo UX481FA ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-10210U yang didukung oleh RAM 8GB LPDDR3 dan dukungan SSD 512GB sehingga laptop ini dapat bekerja dengan cepat sejak uptime.

Plus

  • Desain futuristik
  • Kombinasi dua layar yang mempesona
  • Sirkulasi udara mantap

Minus

  • Mahal

6. Dell Xps 13-7390

Dell Xps 13-7390

Jika Anda adalah karyawan kantoran yang serba cepat dan selalu membutuhkan bantuan laptop kapan pun di mana pun Anda berada, Anda dapat mempertimbangkan Dell XPS 13-7390 sebagai alternatif saat ini. Pasalnya, meski diincar sebagai laptop profesional, bisa dikatakan desain yang ditampilkan pada laptop ini mengusung desain kekinian.

Performa yang cepat dan desain yang menarik merupakan kombinasi yang baik untuk meningkatkan rasa percaya diri saat harus bekerja di luar kantor. Laptop ini memiliki konfigurasi 2 in 1. Konfigurasi ini menjadikan laptop Dell terbaru dapat digunakan sebagai laptop pada umumnya dan juga dapat beroperasi layaknya tablet. Keuntungan yang diberikan oleh operasi unik ini adalah tampilan internal dilengkapi dengan fitur layar sentuh.

Fitur ini akan memudahkan Anda dalam mempermudah pekerjaan Anda saat melakukan presentasi bisnis. Tak hanya layar sentuh, layarnya juga mampu menampilkan layar HDR yang mampu menampilkan detail warna dan grafik yang lebih kontras.

Dari segi prosesor, laptop ini menghadirkan performa yang sangat baik, karena chipset Intel Core i7 generasi ke-10 disertakan dalam laptop ini untuk meningkatkan performa dan fitur-fitur yang dibutuhkan guna memberikan kemudahan dalam segala aktivitas yang Anda butuhkan.

Plus

  • Desain kekinian yang menawan
  • Konfigurasi 2-in-1
  • Prosesor Intel Core i7 terbaru (generasi 10)

Minus

  • Mahal

7. HP Omen 15 DH1020TX

HP Omen 15 DH1020TX

Berkarir sebagai desainer grafis atau editor video, atau memiliki hobi mengedit video dan visual lainnya, tentunya membutuhkan perangkat yang mumpuni dan memadai. HP hadir untuk memberikan jawaban dengan meluncurkan salah satu laptopnya yang bernama Omen 15 DH1020TX.

Laptop ini didesain memiliki bodi yang ramping, kompak dan lekukan yang ringan untuk kemudahan portabilitas sehingga perjalanan sehari-hari tetap nyaman dan menyenangkan. Meski ukurannya kecil, namun performanya sangat garang dan mampu menyingkirkan aplikasi berat dan aktivitas multi tasking tanpa ada halangan.

Di dapur pacunya, HP memiliki prosesor 6-core Intel Core i7-10750H yang dipadukan dengan RAM 32GB serta Intel UHD Graphics 630 dan Nvidia GeForce RTX 2070 untuk memberikan performa yang andal.

Baca Juga: Inilah 18 Pilihan SSD Tercepat & Paling Dicari 2021

Selain performa, HP juga memperhatikan visual dengan membenamkan layar IPS LCD ultra-smooth dengan resolusi tinggi resolusi 1920 x 1080 dan refresh rate 300Hz. Anda juga bisa merasakan kenyamanan pada keyboard yang dilengkapi dengan teknologi anti-ghosting key.

Plus

  • Kinerja yang handal
  • Cepat dan responsif
  • Tampilan visual yang impresif

Minus

  • Kapasitas dan daya tahan baterai standar

8. Dell Inspiron 14 5485

Dell Inspiron 14 5485

Sedang mencari komputer laptop untuk keperluan akademik di sekolah atau perguruan tinggi? Dell Isnpiron 14 5482 bisa menjadi opsi yang patut dipertimbangkan. Pasalnya, selain harganya yang relatif terjangkau, performanya juga cocok untuk kebutuhan komputasi harian seorang pelajar.

Dell Inspiron ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 yang benar-benar memiliki kemampuan hebat untuk memenuhi kebutuhan Anda sepenuhnya. Apalagi dengan kartu grafis AMD Radeon Vega 8 dan RAM 8GB membuat aktivitas multitasking menjadi lancar tanpa ada kendala. Yang cukup menarik, laptop ini didukung oleh Waves MaxxAudio pro yang canggih untuk keluaran audio berkualitas tinggi.

Belajar terus menerus tentu saja membuat Anda merasa bosan dan bisa memicu stres. Oleh karena itu harus dibarengi dengan kegiatan rekreasi. Inspiron 14 5485 dapat melakukan hal itu. Anda dapat melakukan aktivitas dari yang sederhana hingga yang sangat kompleks. Dari membuka media sosial, nonton youtube, streaming Netflix, hingga bermain video game dengan setting sentral.

Plus

  • Performa gahar
  • Audio jelas dan jernih
  • Bisa untuk kebutuhan multi-tasking

Minus

  • RAM kecil

9. Lenovo Yoga Slim 7

Lenovo Yoga Slim 7

Lenovo sekali lagi menambahkan jajaran laptopnya yang secara resmi diluncurkan pada Januari 2020 sebagai Lenovo Yoga Slim 7. Yoga Slim 7 adalah Ultrabook baru yang memberikan desain luar biasa dan kinerja yang mengesankan. Dimensi bodi yang ramping dan kompak serta bobot yang ringan memang menjadi magnet utama laptop ini.

Terlebih, layar 14 inci yang diperpanjang dengan resolusi IPS FHD 1920 x 0180 membuatnya semakin digemari oleh banyak orang. Lenovo Yoga Slim 7 ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1035G1 Generasi ke-10 yang dipasangkan dengan grafis NVIDIA GeForce MX350 untuk menciptakan kinerja yang cepat, tajam, dan halus.

Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan, Lenovo membekali dengan RAM 8GB dan SSD 512GB. Tak heran, laptop ini mampu melahap berbagai macam aplikasi yang Anda jalankan tanpa tersendat dan menghadirkan performa grafis yang tinggi.

Plus

  • Audio jernih
  • Desain modern dan premium
  • Layar jernih, warna akurat

Minus

  • Motherboard paten yang tidak bisa ditingkatkan

10. Asus ROG G531GT-I765G1T Strix III

Asus ROG G531GT-I765G1T Strix III

ROG Strix III merupakan seri terbaru dari laptop gaming dari Asus, Republic of Gamers. Ini memiliki prosesor kelas atas, yaitu Intel Core I7 generasi ke-9.

Desainnya agresif dan elegan dengan balutan warna hitam beraksen merah, yang menjadi ciri khas ROG. Itu bisa menyalakan keyboard sehingga Anda bisa bermain dalam cahaya redup.

Asus ROG Strix G G531GT hadir dengan prosesor Intel Generasi ke-9 di atas Intel Core i7-9750H yang didukung oleh RAM 8GB DDR4, media penyimpanan 512GB dengan dukungan SSD, dan grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 dengan arsitektur Turing.

Berbekal spesifikasi tersebut, laptop ini mampu memberikan performa gaming yang mumpuni untuk berbagai judul game yang dimainkan. Hal tersebut juga dipercantik dengan visual yang memanjakan mata, berkat resolusi FHD layar lebar 15,6 inci dan refresh rate 144Hz.

Plus

  • Visual terbaik untuk main game
  • Keyboard tahan lama dan responsif
  • Didukung berbagai aksesori tambahan

Minus

  • Mahal

Cara Memilih Laptop Terbaik Dengan Benar

Pelajari spesifikasi yang tepat untuk setiap aktivitas

Poin ini sangat penting untuk membantu Anda membuat pilihan. Setiap aktivitas pasti membutuhkan spesifikasi yang presisi, meski ada pula yang serupa. Misalnya bagi para pekerja desain grafis, editor foto dan video, serta bermain game, laptop dengan grafis yang mumpuni dan spesifikasi internal yang besar tentunya dibutuhkan untuk menunjang performanya.

Namun, jenis laptop ini biasanya besar dan berat, yang mengurangi portabilitas. Berbeda jika Anda adalah operator yang sangat seluler. Laptop tipis dan ringan pasti akan menjadi driver harian untuk membantu memenuhi kewajiban Anda. Namun, laptop tipis cenderung tidak memiliki dukungan optik yang kuat. Kalaupun ada, harga resminya relatif mahal karena penerapan teknologi baru.

Pengoptimalan dengan aksesori tambahan

Aksesori tambahan di sini mengacu pada hal-hal yang meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Jika Anda seorang desainer grafis, Anda dapat menggunakan papan gambar. Sementara itu, pemain bisa menggunakan perlengkapan gaming seperti headphone dan mouse.

Namun, tak ada salahnya menambah perlengkapan meski aktivitas Anda standar. Misalnya, laptop bisnis kecil menggunakan speaker agar nyaman mendengarkan lagu.

Cara membersihkan layar laptop dengan mudah

Untuk membersihkan layar laptop, Anda harus memperhatikan jenis bahan dan cairan yang akan dibersihkan. Layar laptop tergolong sensitif, jadi gunakan kain atau tisu yang lembut agar tidak meninggalkan goresan di layar.

Kemudian untuk cairan pembersihnya bisa menggunakan pembersih kacamata dan juga kainnya. Karena pembersih kaca adalah cairan padat untuk layar laptop. Usap selalu dengan lembut tanpa banyak tekanan untuk menjaga kondisi layar laptop.

kesimpulan

Memilih laptop yang tepat jelas dapat membantu Anda dalam beraktivitas. Jadi Anda harus mencermati spesifikasi masing-masing laptop agar bisa menemukan yang pas. Pasalnya, laptop serba guna relatif sulit ditemukan.

Perhatikan saran yang kami berikan di atas, dan jangan lupa untuk memperhatikan kesesuaian uang Anda. Selain itu, rawat laptop Anda agar tahan lebih lama dengan membersihkan bagian luar dan dalam secara serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published.