Inilah 18 Pilihan SSD Tercepat & Paling Dicari 2021

Inilah 18 Pilihan SSD Tercepat & Paling Dicari 2021

Seiring perkembangan teknologi, begitu pula perangkat penyimpanan data. Dari yang awalnya hanya floppy disk, compact disc, hingga universal disk seperti flash drive dan hard drive. Saat ini telah muncul teknologi penyimpanan terbaru dalam bentuk Solid State Drive atau SSD dalam waktu yang cukup singkat.

Perangkat ini hingga 10 kali kapasitas hard disk standar. Transmisi data dapat mencapai gigabyte per detik. Menggunakan SSD juga dapat meningkatkan kinerja komputer atau laptop Anda untuk mempercepat proses booting. Bagi Anda yang penasaran, berikut kami tawarkan 18 jenis SSD yang bisa Anda pilih.

18 Rekomendasi SSD Terbaik 2021

Western Digital SSD Blue NAND 500Gb Sata 3

Western Digital SSD Blue NAND 500Gb Sata 3

Kelebihan

  • Performa kencang
  • Instalasi mudah
  • Kecepatan mencapai 560 mbps

WD Blue 3D NAND 500GB SATA III 3D SSD adalah merek SSD terbaik yang menawarkan kapasitas besar dan kemampuan baca dan tulis yang sangat cepat. SSD ini akan sangat cocok untuk mereka yang memiliki file besar dan menginginkan performa dan kecepatan terbaik untuk mengaksesnya.

Western Digital telah membangun SSD dengan banyak fitur canggih. Dimulai dengan kapasitas hemat energi hingga 25%, bahkan dirancang untuk menggunakan papan sirkuit utama untuk melindungi SSD dari guncangan keras. Kapasitasnya 500 GB dengan teknologi SATA 3 dan mampu membaca dan menulis data hingga 550 MB per detik. Ukurannya 2,5 inci dengan ukuran HDD secara keseluruhan.

SSD ini setara dengan NAND 3D lainnya, tetapi lapisannya lebih unggul dari NAND 2D lama. Produk ini pasti akan menjadi pilihan yang baik untuk penyimpanan, dengan kapasitas lebih dari cukup untuk mengisi dokumen kerja, peningkatan efisiensi energi yang signifikan, dan kinerja yang jauh lebih cepat daripada hard drive.

Performa yang dihasilkan WD Blue 3D NAND SSD mencapai 530.7MB / s untuk kecepatan baca dan 479.2MB / s untuk kecepatan tulis, dan ini bisa dibilang sebagai SSD terbaik dan tercepat dalam teknologi 3D NAND saat ini. Untuk harga SSD ini, sekitar 900k dan siap dihubungkan ke laptop SSD atau komputer impian Anda.

Baca Juga: 8 Laptop ASUS Model ZenBook Duo Baru

Vivan SSD Portable

Vivan SSD Portable

Kelebihan

  • Ringan
  • Kecepatan bagus
  • Enkripsi aman

Kekurangan

  • Tidak ada Case Enclosure

SSD ini mengusung slogan “Sangat cepat, sangat bertenaga, dan sangat ringan”. Apakah itu sesuai dengan aslinya? Memang benar bahwa solid state drive ini mempunyai kecepatan transfer data 550MB / s, yang bisa dibilang kecepatan baca yang sangat tinggi, sehingga sangat responsif untuk mendownload dan mentransfer data serta meningkatkan performa sistem di komputer.

Performa yang lebih baik, stabilitas lebih dapat diandalkan dan ada fitur perlindungan data yang terjamin, enkripsi perangkat keras 256-bit. SSD ini kokoh, awet, dan tahan guncangan karena telah diuji langsung oleh penjualnya. SSD Vivan dapat lulus pengujian ketat, dan dirancang untuk tahan guncangan.

SSD ini dapat digunakan di notebook atau komputer sistem bersama. Sistem perekaman data SSD menggunakan flash memory stick sehingga CD yang berputar tidak bersuara. Desainnya yang simpel membuat SSD ini lebih ringan dan mudah untuk dibawa, namun yang perlu Anda ketahui adalah SSD ini tetap harus menggunakan enclosure eksternal agar kata portabel dapat diputar di alamat SSD ini.

Seagate Expansion SSD Eksternal USB 3.0

Seagate Expansion SSD Eksternal USB 3.0

Kelebihan

  • Ukuran yang pas di slot 2,5 inci
  • Mendukung mobilitas tinggi

Kekurangan

  • Kecepatan hanya sedikit lebih baik dari HDD

Seagate Expansion External SSD 500GB USB 3.0 adalah SSD eksternal yang ringkas dan dibawa kemana saja, cocok untuk mereka yang suka bepergian secara langsung atau untuk bekerja. SSD eksternal ini berukuran lebih kecil dari SSD eksternal pada umumnya, sehingga Anda dapat membawanya kemana saja dan memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan foto, video atau file lainnya.

SSD ekspansif dari Seagate ini hanya membutuhkan sedikit ruang di tas Anda, menghadirkan cadangan hard case eksternal laptop Anda dengan cepat dan mudah, dan mudah untuk diterapkan, cukup seret dan lepas. SSD ini cocok untuk mereka yang memiliki banyak aktivitas.

Tidak hanya dapat langsung digunakan, tetapi juga didukung oleh kinerja solid state hingga 400MB / s untuk mentransfer foto atau video dari SSD eksternal ini ke laptop. Tidak diperlukan perangkat lunak dan tidak ada yang harus diinstal, hanya fitur seret dan lepas sederhana untuk mentransfer file.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Mouse Gaming Wireless Terbaik 2021

SSD ekspansif dari Seagate ini dapat digunakan segera dan bekerja dengan Windows dan atau Mac. Sesuai keinginan Seagate, solid state drive ini dirancang untuk kehidupan mobile.

Baca Juga: ASUS ROG memperkenalkan laptop gaming Strix dan Zephyrus baru dan 13 ″ Flow X13

Seagate BarraCuda SSD SATA III

Seagate BarraCuda SSD SATA III

Kelebihan

  • Efisiensi daya lebih irit
  • Harga yang terjangkau
  • Kecepatan tidak kalah saing

Kekurangan

  • Koneksi masih SATA

Seagate BarraCuda SSD 500GB SATA III memiliki fitur faktor bentuk 2,5 inci dengan ketebalan 7mm. Ini dapat digunakan untuk komputer atau laptop yang menggunakan port SATA untuk penyimpanan, juga Anda dapat menambahkan enklosur SSD. Anda dapat membuat penyimpanan eksternal baik itu perangkat komputer, laptop, smartphone, atau tablet.

Harga SSD ini di pasaran berada pada kisaran yang cukup masuk akal karena sebenarnya SSD ini menggunakan memori 3D TLC NAND Flash milik Toshiba. Menurut Anda yang masih memikirkan kapasitas terbatas tapi lebih mahal karena SSD menggunakan SLC atau single level cell.

Kemudian dikembangkan dengan MLC atau biasa disebut dengan multi level cell, dan sekarang di TLC 3D chip silicon dibenamkan dalam 3 level cell sehingga kapasitasnya 3 kali lebih besar dari SLC dengan ukuran yang sama, sehingga harga per gigabyte SSD bisa lebih murah.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Mouse Gaming Wireless Terbaik 2021

Western Digital Black SSD 500GB SN750

Western Digital Black SSD 500GB SN750

Kelebihan

  • Performa luar biasa
  • Efisiensi daya mengesankan
  • Disediakan software untuk keamanan dan backup

Kekurangan

  • Harga yang cukup tinggi

WD Black 500GB SN750 SSD sangat ideal bagi para gamer karena untuk menyimpan banyak game dan memuat game, itu harus cepat. SSD memiliki penguat kinerja yang akan membuat perbedaan besar dibandingkan dengan hard disk. Misalnya kecepatan unduh saat bermain game.

Plus, WD Black SSD dirancang khusus untuk bermain game karena desain pendinginan internal yang ramping. Untuk itulah, WD lebih memilih menyasar sektor gaming yang menjanjikan performa SSD yang panjang dan konsisten. Desain ini akan mencegah panas dari SSD selama kinerja yang sangat sulit.

Fitur menarik lainnya yang jarang ditemukan pada merek SSD lain adalah adanya software khusus untuk SSD ini. Dalam demo langsung saat merender SSD ini, WD Black menunjukkan performa yang luar biasa. Kapasitas membaca hingga 3300.7MB / s dan kecepatan tulis 3006.4MB / s, SSD ini sangat cocok disebut sebagai SSD terbaik untuk gaming.

V-Gen SSD M.2

V-Gen SSD M.2

Kelebihan

  • Koneksi NVME yang murah
  • Cocok untuk perangkat modern
  • Chipset Silicon Motion

Kekurangan

  • Daya tahan meragukan

V-Gen adalah pemain lama di bidang perangkat penyimpanan yang dimulai dengan Micro SD, dan sekarang merek V-Gen mulai bermunculan, dimulai dengan Memori, SSD, dan USB Flashdisk. Perlu Anda ketahui bahwa merek ini sering kali mengimpor chipset dari Samsung.

SSD terkenal dengan harganya yang murah karena bahan yang digunakan oleh V-Gen murah dan berbeda dengan merek lain. SSD V-Gen M.2 128GB menggunakan chipset SM2259XT, membaca 509,98MB / s dan kecepatan 431,13MB / s.

Secara keseluruhan performanya sangat bagus walaupun tidak sebagus merk SSD lainnya, namun jika melihat harga dari SSD M.2 SSD V-Gen, maka membeli SSD tetaplah worth it.

Baca Juga: Setelah beberapa tahun yang sulit, masa depan Mac sekarang lebih cerah dari sebelumnya

Adata SSD SU650 Ultimate 240GB 2.5” SATA 3

Adata SSD SU650 Ultimate 240GB 2.5” SATA 3

Kelebihan

  • Harga murah terjangkau
  • Fitur SLC dan teknologi ECC
  • Mudah dipasang

Kekurangan

  • Kecepatan biasa saja

Adata SSD SU650 Ultimate 240GB 2.5 “SATA III tampaknya menjadi pilihan yang tepat bagi SSD untuk memenuhi kebutuhan rutin pengguna PC masa kini. Selain harganya yang murah, seri ini juga menawarkan tingkat kecepatan yang baik dan stabil. Pabrikan Adata juga menawarkan fitur unggulan seperti buffering tingkat lanjut. Di SLC.

Selain fitur SLC, juga terdapat dukungan teknologi ECC, ketahanan guncangan dan MTBF ultra-long (tingkat kegagalan) hingga dua juta jam. Adata juga memberikan garansi hingga 3 tahun. SSD dilengkapi dengan perangkat lunak yang berguna, yaitu ADATA SSD Toolbox dan Migration Utility.

Software ini memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengelola SU650, mulai dari tingkat keausan, kondisi drive dan informasi masa pakai, akan sangat membantu untuk mengontrol SSD dengan mudah.

Sandisk Extreme Portable SSD 1TB

Sandisk Extreme Portable SSD 1TB

Kelebihan

  • Ringkas dan praktis
  • Ringan, mudah dibawa
  • Kapasitas besar, transfer data cepat

Kekurangan

  • Rentan hilang

Jika Anda mendengar kata SSD dan dipasang di kartu nama, Anda akan langsung membayangkan produk penyimpanan eksternal yang kecil dan cepat. Kini sebuah SSD hadir dalam persaingan di segmen portabilitas, SanDisk Portable SSD 1TB Extreme.

SSD juga memiliki rantai eksternal seperti HDD. SanDisk, sebagai salah satu produsen PC terkemuka, juga merilis varian ini dalam bentuk Extreme Portable SSD Series. Kapasitasnya sangat besar, 1 TB, lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai file. Mulai dari bisnis hingga hiburan. Seperti namanya, perangkat ini tahan terhadap tekanan cuaca ekstrim seperti guncangan dan air.

Baca Juga:  Asus Vivobook Terbaru Tampil Stylish dan Diklaim Kian Powerful

Ukuran bodi eksternal SSD sangat kecil dan nyaman digenggam dengan satu tangan karena bodi menggunakan lapisan karet yang kuat untuk menahan guncangan. Ternyata warna oranye di sekitar tepi bodi merupakan rangka besi yang tebal. SSD eksternal ini tidak memiliki LED status daya.

SanDisk Portable SSD 1TB Extreme mengklaim memberikan kecepatan baca data hingga 1050MB / s sementara kecepatan tulis hingga 843MB / s. Harga hard drive ini di e-commerce sekitar Rs. 4,1 juta yang tidak dapat disangkal sangat menguras kantong, tetapi di sisi lain, SSD adalah salah satu pilihan yang tepat bagi pengguna yang sangat mobile dan sering mentransfer data dengan volume yang besar.

Samsung SSD 970 EVO PLUS NVMe M.2 500GB

Kelebihan

  • Kecepatan Read dan Write yang sangat cepat
  • Memiliki desain yang ringkas
  • Dilengkapi teknologi Intelligent TurboWrite yang canggih
  • Instalasi mudah dilakukan

Kekurangan

  • Harga yang terbilang tinggi

Pada awal 2019, Samsung membawa kejutan ke pasar SSD dengan meluncurkan SSD seri 970 berkinerja tinggi, 970 EVO Plus NVMe M.2. Samsung telah menggunakan kembali memori flash NAND Samsung V-NAND 3-bit MLC 96-layer bersama dengan pengontrol Samsung Phoenix yang mampu memberikan kinerja baca dan tulis berurutan hingga 3500MB / s dan 3200MB / s.

Ini juga tidak terlepas dari dukungan untuk protokol NVMe dan konektor M.2 pada antarmuka PCI Express 3.0 x4 (bandwidth teoritis 3940MB / s) yang digunakan pada SSD ini. SSD 970 EVO Plus Selain menawarkan spesifikasi tinggi, SSD tidak mengubah stamina 300TB.

SSD ini sangat ideal sebagai andalan bagi pengguna PC beranggaran rendah yang ingin merasakan rasa kinerja tinggi dari sebuah SSD dengan faktor bentuk M.2. Samsung 970 EVO Plus dilengkapi dengan teknologi Smart TurboWrite, sehingga Anda dapat memanfaatkan SSD ini untuk meningkatkan performa di berbagai sistem komputer.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Laptop Terbaik 2021

Kingston SSD A400 480GB

Kelebihan

  • Instalasi model plug-n-play
  • 10x lebih cepat dibanding HDD
  • Anti guncangan dan benturan

Kekurangan

  • Kapasitas pas untuk keseharian

Masih merasa sistem komputer atau laptop Anda lambat? Padahal spesifikasi komputer atau laptop Anda tergolong mampu membuka berbagai aplikasi. Namun faktanya loading OS dan membuka berbagai aplikasi masih kurang responsif. Kegiatan multitasking juga terhambat, terutama yang penuh dengan aktivitas kantor dan akademik.

Jika sistem pada perangkat Anda masih menggunakan hard drive, perangkat keras tersebut menyebabkan komputer melambat. Solusinya adalah mengganti harddisk dengan Kingston A400 SSD 480GB yang 10 kali lebih cepat dari HDD sehingga beban OS dapat dipersingkat dan dapat membuka aplikasi berat seperti software editing atau game dengan cepat.

SSD ini dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau di kantong sebesar 480GB dan siap memberikan pengalaman lebih terutama dalam hal peningkatan performa pada sebuah sistem komputer. Kingston A400 tidak hanya diterapkan pada sistem komputer, tetapi juga dapat dihubungkan ke laptop dengan hard drive berukuran 2,5 inci.

SSD V-Gen 120 Gb

Kelebihan

  • Ekonomis
  • Instalasi mudah
  • Kompatibel dengan beragam motherboard
  • Kecepatan baca dan tulis, 500 mbps

Kekurangan

  • Kapasitas kecil, cocok untuk booting saja

V-Gen merilis serangkaian SSD berkualitas tinggi yang cukup untuk komputasi dasar sehari-hari. Kapasitasnya 120 GB dengan kecepatan transfer data maksimal yang bisa mencapai antara 410 hingga 510 Mbps. Keamanan data Anda pada perangkat ini dijamin berkat sistem enkripsi perangkat yang dapat Anda atur melalui menu pengaturan. Ukurannya menurut standar umum, 2,5 inci.

Samsung SSD 860 EVO 1TB

Kelebihan

  • Instalasi mudah
  • Kompatibel untuk perangkat lama
  • Kecepatan baca dan tulis capai setengah gb

Kekurangan

  • Tergolong produk lama (jenis SATA)

Samsung tidak mau ketinggalan dalam persaingan pasar SSD. Perusahaan elektronik Korea Selatan ini tidak suam-suam kuku, ia merilis laptop atau komputer SSD 1 TB. Kecepatan transfer data bukan main-main, karena hingga 550Mbps dengan dukungan koneksi USB 3.0. SSD juga memiliki perangkat lunak Samsung Controller untuk manajemen kata sandi dan pemulihan data.

Baca Juga: Asus Vivobook Terbaru Tampil Stylish dan Diklaim Kian Powerful

SSD Tammuz M740 NVME M.2 256Gb

Kelebihan

  • Teknologi modern hadirkan performa cepat
  • Ideal untuk motherboard jenis baru
  • Bisa ditingkatkan performanya

Kekurangan

  • Jenis NVME hanya untuk produk baru

SSD ini merupakan jenis NVME yang ditanamkan ke dalam laptop. Produk ini adalah yang terbaik di kelasnya. Tammuz telah berhasil mengimplementasikan teknologi SSD Korea dengan benar, memungkinkannya menghasilkan kecepatan baca hingga 2Gbps. Tersedia juga beberapa fitur untuk memanjakan pengguna seperti DRAM Cache untuk meningkatkan performa 10 hingga 15%.

SSD Corsair Force LE200 240Gb

Kelebihan

  • Interface SATA 3 yang cepat
  • Bisa untuk laptop atau PC
Baca Juga:  Setelah beberapa tahun yang sulit, masa depan Mac sekarang lebih cerah dari sebelumnya

Kekurangan

  • Ukuran sama dengan harddisk konvensional

Anda dapat memilih SSD Corsair jika Anda mencari SSD yang dapat meningkatkan kinerja PC Anda. Kapasitas produk ini sebesar 240 GB dengan implementasi teknologi SATA 3 yang mampu memutar hingga 6 GB per detik. Corsair juga memiliki kemampuan kompatibel dengan SATA I dan II. Selain kapasitas 240 GB, dua disk juga membuat kapasitas 120 GB hingga 1 TB.

Seagate Fast SSD External 250G

Kelebihan

  • Desain ramping, mudah dibawa
  • Tahan guncangan
  • Koneksi tipe C yang cepat dan stabil

Kekurangan

  • Perlu adapter konektor tipe C untuk perangkat lawas

Produk ini termasuk dalam jenis SSD eksternal. Ukurannya kompak dan ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana dan menghemat ruang di dalam tas. Permukaannya terbuat dari logam yang halus, futuristik, dan tahan benturan. Kecepatan baca dan tulis dapat mencapai maksimum 540MB per detik dan didukung oleh koneksi USB Type-C, 3.1

Gloway SSD Fervent Series 240GB

Kelebihan

  • Performa tetap optimal meski terkena suhu ekstrem
  • Ideal sebagai pengganti harddisk konvensional
  • Tahan lama penggunaannya

Kekurangan

  • Brand kurang familiar

Walaupun merk ini tidak seterkenal merk lainnya, namun sangat digemari karena mempunyai garansi yang lama dengan fitur tahan guncangan dan dapat menahan kondisi yang keras dengan temperatur berkisar antara -40 hingga 85 derajat celcius. Antarmukanya menggunakan SATA3, yang bisa mencapai 6Gbps. Gloway mengklaim bahwa produk ini memiliki masa hidup 100 juta jam.

Galax SSD Gamer LS11 120Gb

Kelebihan

  • Koneksi SATA 3 yang kompatibel dengan SATA 2
  • Daya tahan tinggi ketika bekerja berat
  • Performa bisa ditingkatkan

Kekurangan

  • Dimensi agak tebal, perlu penyesuaian slot

Galax memproduksi SSD ini dengan kemampuan khusus untuk para gamer. Selain mendongkrak performa dan mempercepat proses booting, kecepatan komputasi juga kian konsisten dan memiliki daya tahan yang lama jadi jangan lupa konsumsi daya yang sangat hemat juga terbukti. Produk ini menggunakan teknologi SATA 3 dan dapat membaca hingga 500Mbps.

Crucial SATA Internal SSD 2Tb

Kelebihan

  • Kecepatan baca dan tulis mencapai 600 mbps
  • Kapasitas super besar
  • Dynamic Write Acceleration mempercepat performa

Kekurangan

  • Harga relatif mahal

Bosan hanya dengan SSD berkapasitas besar? Mohon ssd kata dari krusial. Tidak main-main, Crucial membuat SSD internal dengan kapasitas yang sangat besar, 2 TB. Dengan menggunakan produk ini, kami memastikan bahwa Anda tidak akan pernah merasa kekurangan penyimpanan lagi. Selain ukurannya yang nyaman, Crucial juga membuat SSD ini mampu membaca hingga 560Mbps dan menulis sekitar 510Mbps.

Apa itu SSD?

SSD adalah kependekan dari Solid State Drive atau alat penyimpan data yang menggunakan IC (Integrated Circuit) sehingga lebih cepat, performa tinggi dan mengkonsumsi lebih sedikit daya. SSD adalah versi terbaru dari perangkat sebelumnya seperti floppy disk atau yang kita kenal sebagai floppy disk, hard disk (HDD – hard disk drive), flash disk atau SSHD (hybrid solid state drive).

Berdasarkan konstruksi, perbedaan utama antara SSD, HDD, dan SSHD adalah tidak ada bagian yang bergerak di casing. Tidak seperti HDD yang memiliki plat di dalamnya, SSHD merupakan hybrid yang menggabungkan HDD dan SSD. Kerugian dari SSD saat ini adalah harganya jauh lebih mahal daripada jenis lainnya.

Bagaimana memilih SSD yang cocok

Saat mempertimbangkan untuk membeli SSD, hal pertama yang harus diperiksa adalah kompatibilitas SSD dengan perangkat utama, apakah antarmukanya kompatibel atau tidak. Ada beberapa jenis antarmuka, seperti SATA, PCIe, atau USB ke hard drive eksternal. Ada juga jenis SSD baru, NVME, yang memberikan daya tahan dan kecepatan baca yang lebih baik daripada SATA.

Kapasitas SSD

Seberapa besar penyimpanan Anda sesuai dengan banyaknya kebutuhan data dan uang yang Anda miliki. Jika untuk keperluan penting dan menjadi asisten pengemudi harian, ada baiknya memilih yang berkapasitas 500GB ke atas. Sebaliknya, jika ini hanya masalah peningkatan kinerja komputer atau laptop Anda dan Anda menyimpan data di perangkat lain, maka 240 GB atau kurang lebih dari cukup.

Daya tahan SSD

Karena menggunakan papan sirkuit tunggal, produk SSD di atas kertas jauh lebih baik dalam hal daya tahan daripada hard drive biasa. Mereka dapat menahan guncangan dan benturan terhadap air dan debu. Namun, ada baiknya untuk menjaga perangkat tetap menggunakan SSD dengan baik tanpa mengalami gangguan yang berat.

Kecepatan

Meskipun keunggulan utama SSD secara umum adalah memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada jenis lainnya, tetapi pertimbangkan beberapa model tingkat kecepatan yang ditawarkan. Ada beberapa penawaran yang memberikan performa optimal untuk booting atau untuk multitasking dan grafik.

Kesimpulan

Jelas bahwa memiliki SSD menawarkan beragam manfaat dan manfaat bagi pengguna. Kami telah menyusun beberapa rekomendasi produk di atas dan tip-tipnya sedemikian rupa sehingga Anda dapat menentukan pilihan. Caranya mudah, Anda tinggal memilih SSD mana yang kompatibel dengan perangkat Anda, lalu Anda tinggal mencocokkan kapasitas yang diinginkan sesuai dengan tujuan pembelian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.