Ingin Feed Media Sosial Makin Keren, Berikut Rekomendasi 10 Aplikasi Edit Foto

Ingin Feed Media Sosial Makin Keren, Berikut Rekomendasi 10 Aplikasi Edit Foto

Di era modern ini, media sosial merupakan media penting dan “kebutuhan” bagi semua orang. Karena dengan menggunakan media sosial kita bisa terhubung dengan keluarga dan teman serta mendapatkan informasi baru. Bahkan, banyak juga dimanfaatkan sebagai ranah komersial, dan tentunya banyak juga yang memanfaatkannya sebagai cara menyalurkan hobi dan ekspresi melalui berbagai gambar dan video, terutama di kalangan anak muda.

Nah, saat berbagi foto dan video, tentunya Anda ingin foto dan video yang diunggah memiliki kualitas yang baik, seperti foto yang diambil dengan kamera profesional. Oleh karena itu, GADGET IDN akan memberikan rekomendasi aplikasi edit foto atau editor foto yang dapat membuat tampilan feed Anda semakin menarik dan keren.

10 Rekomendasi Edit Foto Terbaik Tahun Ini

VSCO

VSCO

Bisa bergabung dengan komunitas, cocok untuk fotografer profesional

Plus

  • Dapat melihat hasil edit foto creator lain
  • Penggunaan yang mudah dipahami
  • Tersedia di Android dan iOS
  • 7 hari free trial untuk pengguna baru

Minus

  • Mengedit video hanya bisa dilakukan pada akun premium

Buat kamu yang sering mengedit foto, VSCO pasti nggak seaneh itu ya. Aplikasi pengeditan foto ini, diluncurkan dan ada sejak 2011, sangat ideal untuk digunakan oleh fotografer pemula atau profesional. Karena aplikasi ini menyediakan berbagai macam alat, seperti kontras, eksposur dan jenis alat lainnya yang biasa digunakan oleh fotografer profesional.

Selain alat, sebagai permulaan, Anda dapat menggunakan filter yang tersedia untuk menghasilkan gambar yang indah seperti yang dihasilkan oleh fotografer profesional.

Hebatnya lagi, aplikasi ini akan memberikan rekomendasi filter yang sesuai untuk foto Anda dan dapat menyimpan filter yang sering Anda gunakan, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukannya, jika Anda ingin menggunakannya lagi.

Tidak hanya sebagai editor foto, dengan aplikasi ini Anda juga dapat melihat dan mengikuti hasil edit foto dari kreator lain. Dengan tampilan yang sederhana, aplikasi ini sangat mudah dipahami dan digunakan.

Baca Juga: 10 Aplikasi Menggambar Digital Yang Bisa Membuat Kamu Tambah Kreatif

Snapseed

Snapseed

Edit foto layaknya selebgram dengan beragam jenis filter

Plus

  • Bisa digunakan tanpa harus login
  • Bebas iklan
  • Terdapat tutorial penggunaan

Minus

  • Tidak bisa edit video

Jika Anda tidak menyukai kerumitan dan menginginkan hal-hal sederhana, Snapseed bisa menjadi salah satu opsi editor foto terbaik. Karena Anda bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus login terlebih dahulu. Sehingga editing lebih mudah dan cepat.

Aplikasi ini juga bisa dikatakan sebagai aplikasi edit foto celebgram, karena alat dan filter yang tersedia sudah lengkap dan mampu sepenuhnya. Snapseed juga bebas iklan, sehingga bisa membuat Anda lebih nyaman dan leluasa saat mengedit foto.

Selain itu, aplikasi edit foto ini juga cocok untuk pengguna pemula, karena banyak sekali tutorialnya, mulai dari penyesuaian foto sederhana seperti hitam putih, hingga edit foto ala professional bisa kamu lakukan dengan aplikasi yang satu ini.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Ini Rekomendasi Untuk Kamu Yang Senang Mambaca

Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express

Plus

  • Dapat digunakan di berbagai perangkat
  • Sederhana dan mudah digunakan
  • Tersedia beragam tools untuk edit foto
Terkait:  Cara Menghasilkan Uang di Aplikasi JAG

Minus

  • Tidak mendukung jenis file RAW
  • Tidak bisa digunakan untuk foto lebih dari 16 megapiksel

Tidak seperti layanan edit foto lainnya, Adobe Photoshop Express merupakan editor gambar yang dapat Anda akses dari berbagai perangkat, baik di laptop maupun smartphone. Untuk dapat menggunakan aplikasi pengeditan foto ini di PC, Anda harus masuk terlebih dahulu, baik dengan akun Gmail atau Facebook atau akun Microsoft, jika Anda memilikinya.

Sedangkan untuk aplikasi pengeditan foto profesional, layanan ini sangat sederhana dan mudah dioperasikan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi ini, seperti memotong atau memotong gambar, memutar dan mencerminkan gambar, memperbaiki distorsi, membuat kolase, menambahkan teks, dan banyak hal lain yang dapat Anda lakukan.

Selain menyediakan banyak alat, aplikasi ini juga memiliki beragam efek yang dikategorikan berdasarkan tone, sehingga Anda tidak akan merasa kewalahan saat mencari filter yang Anda inginkan.

Baca Juga: 12 Aplikasi Edit Video untuk Langkah Awal Menjadi Vlogger dan Youtuber

PicsArt

PicsArt

Aplikasi gratis untuk Android dan iOS yang bisa ubah foto jadi kartun

Plus

  • Bisa membuat template kartu ucapan
  • Dapat diakses dengan perangkat Android ataupun iOS
  • Bisa melihat hasil edit foto pengguna lain

Minus

  • Fitur yang lebih lengkap hanya dapat diakses oleh akun premium

Jika Anda ingin mengedit foto dengan efek luar biasa, maka PicsArt bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Karena aplikasi ini mempunyai efek yang unik, salah satunya adalah efek yang dapat mengubah foto menjadi kartun.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda membuat kolase, menggunakan background biasa, menggambar, dan bahkan menyediakan template yang dapat Anda gunakan sebagai kartu selamat datang.

Tidak hanya itu saja, layanan edit foto ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai media sosial, karena kamu bisa membagikan foto hasil modifikasi tersebut, baik di aplikasi sendiri maupun di media sosial lainnya.

Bahkan di dalam aplikasi ini kamu juga bisa mencari tema gambar berdasarkan hashtag, dan juga melihat mod foto dari pengguna lain yang bisa menjadi inspirasi.

Baca Juga: 10 Dompet Digital Terbaik: Solusi Transaksi Mudah dan Praktis

Adobe Photoshop Lightroom

Ingin Feed Media Sosial Makin Keren, Berikut Rekomendasi 10 Aplikasi Edit Foto (3)

Aplikasi edit foto kekinian dengan hasil yang lebih tajam

Plus

  • Terdapat tools auto
  • Bisa membatalkan edit foto
  • Dapat diakses melalui berbagai perangkat

Minus

  • Harga akun premium relatif mahal

Adobe Photoshop Lightroom adalah aplikasi pengeditan foto modern yang populer di kalangan fotografer profesional. Aplikasi ini dilengkapi dengan seperangkat alat yang dapat mengatur kecerahan, detail dan ketajaman, bahkan ada preset yang dapat mengubah warna gambar dengan hasil yang halus.

Terkait:  Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Deposit 2021

Dalam layanan pengeditan foto ini, Anda juga dapat menemukan tombol urungkan, yang memungkinkan Anda untuk membatalkan pengeditan foto dan menggantinya dengan efek lain. Selain itu, aplikasi ini juga berisi alat otomatis yang dapat memberikan penyesuaian sederhana pada foto Anda secara otomatis.

Anda juga dapat menghapus objek, mengubah sudut, dan menyesuaikan bagian tertentu jika Anda beralih ke versi premium. Aplikasi ini juga bisa digunakan di berbagai perangkat, lho! Mulai dari Android, iOS, atau bahkan bisa juga kamu gunakan di laptop.

Unfold

 

Menghadirkan berbagai template dan font yang memiliki nilai seni

Plus

  • Bisa menggabungkan foto dan video
  • Ideal untuk membuat story yang estetik
  • Tidak perlu melakukan login

Minus

  • Kebanyakan dari layanan yang tersedia membutuhkan akun premium

Bukan hanya selebgram, dengan aplikasi Unfold, kini siapa pun bisa mengunggah Instagram Stories yang estetika dengan hasil edit profesional. Ini karena aplikasi ini menyediakan berbagai jenis filter dan alat canggih yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan foto dan video yang indah.

Berbeda dengan aplikasi lainnya, pada aplikasi ini template yang Anda gunakan juga dapat menggabungkan foto dan video, serta mengedit objek agar terlihat lebih menarik. Dengan peringkat lebih dari 4 bintang, Anda dapat menggunakan aplikasi ini di Android dan iOS.

Untuk bisa menggunakan aplikasi edit foto ini juga tidak perlu login, sehingga proses editing menjadi lebih cepat dan mudah. Aplikasi ini memiliki konsep album dimana kamu bisa membuat folder terlebih dahulu jika ingin mengedit foto atau video.

PhotoLab

PhotoLab

Mempunyai algoritma pendeteksi wajah untuk foto motase

Plus

  • Bisa menggabungkan beberapa efek sekaligus
  • Mudah untuk digunakan
  • Bisa menambahkan animasi

Minus

  • Iklan yang selalu muncul saat mengedit foto
  • Terdapat watermark

Agar Anda dapat menghasilkan pengeditan foto artistik dengan warna-warna cerah, Anda dapat menggunakan PhotoLab sebagai editor foto utama Anda. Aplikasi ini sangat berbeda dengan aplikasi pengeditan foto pada umumnya, karena Anda dapat menerapkan banyak efek pada satu gambar.

Selain itu cara mengeditnya juga berbeda-beda. Jika biasanya Anda memilih gambar untuk diedit terlebih dahulu, di aplikasi ini Anda memilih efek yang diinginkan terlebih dahulu, kemudian Anda dapat memilih gambar dan melakukan pengeditan lebih lanjut. Layanan pengeditan foto ini juga memiliki algoritme pendeteksi wajah dan fitur montase yang membuat pengeditan Anda semakin unik dengan berpindah wajah.

Anda juga dapat menambahkan efek animasi ke foto, yang jarang memiliki fitur seperti ini di aplikasi lain. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan dapat digunakan di perangkat iOS atau Android.

Baca Juga: Selain WhatsApp, Ini Aplikasi Chat yang Bisa Kamu Pilih

Loopsie

Loopsie

Dibekali beragam fitur canggih untuk membuat video dengan kesan 3D

Plus

  • Dapat mengubah foto jadi video
  • Dilengkapi dengan filters dan stickers yang mendukung
  • Dibekali tools yang bisa mengatur pergerakan

Secara umum, layanan edit foto hanya dapat mengubah elemen tertentu pada gambar, seperti warna, ketajaman, detail, atau hal serupa lainnya. Namun, Anda bisa mendapatkan hasil yang berbeda jika menggunakan Loopsie. Karena aplikasi ini dapat mengubah gambar menjadi video dengan mudah dan cepat.

Terkait:  10 Aplikasi Menggambar Digital Yang Bisa Membuat Kamu Tambah Kreatif

Aplikasi ini dapat diinstal secara gratis, di perangkat iOS dan Android. Selain sebagai aplikasi edit foto ke video, layanan editor foto ini juga dilengkapi dengan berbagai filter dan stiker lain yang bisa Anda tambahkan ke foto Anda agar foto yang Anda edit terlihat lebih menarik.

Dibandingkan dengan versi Android, versi iOS cenderung lebih lengkap. Salah satunya adalah adanya tools yang dapat membuat Anda mengatur animasi efek 3D.

PhotoGrid

PhotoGrid

Aplikasi edit foto yang serba bisa

Plus

  • Memiliki banyak menu
  • Mudah untuk dioperasikan
  • Sebagian besar fiturnya dapat diakses gratis
  • Watermark bisa dihilangkan

Minus

  • Muncul iklan yang terkadang mengganggu

Sesuai motonya, PhotoGrid adalah aplikasi pengeditan foto yang bagus dalam kolase. Nyatanya, Anda tidak hanya bisa menggabungkan dua gambar atau lebih, tetapi Anda juga bisa menggabungkan video dengan video atau video dengan gambar.

Selain layanan penggabungan foto dan video, aplikasi ini juga memiliki banyak menu lain seperti slideshow, scrapbook, poster, dan strip film. Bahkan Anda juga bisa membuat meme menggunakan aplikasi yang satu ini. Tidak hanya itu saja, tampilan dari layanan ini juga sangat sederhana sehingga memudahkan bagi seorang pemula atau profesional untuk mengoperasikannya.

Lebih asyiknya, Anda dapat menikmati sebagian besar fitur dan alatnya secara gratis, mulai dari pengaturan tata letak, batas, dan opasitas, hingga penyesuaian yang lebih spesifik seperti menyesuaikan ketajaman, kontras, atau detail. Tidak seperti editor foto lainnya, watermark pada foto di aplikasi ini juga dapat dihapus dengan sangat mudah.

Lumii

Lumii

Tools-nya lengkap dan bisa atur background

Plus

  • Tidak ada watermark
  • Memiliki banyak fitur dan filter
  • Dapat me-reset hasil edit foto
  • Bisa membuat filter sendiri

Minus

  • Hanya tersedia untuk Android

Aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk mengedit foto adalah Lumii. Layanan edit foto dengan logo kupu-kupu lebih mengandalkan filter untuk mengedit. Namun, Anda juga dapat menemukan alat seperti efek, penyesuaian, dan lapisan untuk pengaturan latar belakang yang dapat Anda akses secara gratis.

Terdapat perbedaan antara aplikasi ini dengan aplikasi pengedit foto lainnya, yaitu foto yang diedit dengan aplikasi ini tidak mengandung watermark, juga tidak perlu menghapus watermark.

Selain itu, dengan aplikasi ini, Anda dapat menggandakan atau mengatur ulang penyesuaian foto jika hasil pengeditan tidak sesuai. Bahkan, Anda dapat membuat filter Anda sendiri menggunakan Alat Penyesuaian, HSL, dan Kurva.

Kesimpulan

Agar media sosial kamu lebih estetis dan keren, kamu bisa edit foto atau video sebelum di upload atau di posting. Ada berbagai jenis aplikasi pengeditan foto yang dapat Anda gunakan, mulai dari yang menyediakan pengeditan sederhana, dan aplikasi kolase, hingga yang mengedit foto dalam video. Anda juga dapat menikmatinya secara gratis atau beralih ke akun premium dengan lebih banyak layanan premium.

Leave a Reply

Your email address will not be published.