10 Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Ini Rekomendasi Untuk Kamu Yang Senang Mambaca

10 Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Ini Rekomendasi Untuk Kamu Yang Senang Mambaca

Apakah kamu suka membaca buku? membaca buku bukan cuma kebutuhan untuk belajar mengajar, melainkan bisa kamu jadikan sebagai hobi. Sayangnya, permasalahan yang kerapkali kamu alami adalah mahalnya harga buku. Dan bahkan jika akmu pergi ke perustakaan, tidak semua buku yang kamu inginkan bisa kamu temui. Tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, karena hanya dengan menggunakan aplikasi baca buku online ini kamu bisa menemukan buku yang kamu cari, dan sangan rekomended.

Seiring berkembangnya teknologi dan sudah banyak aplikasi atau situs yang menyedian e-book. Kali ini Gadget IDN merangkum 10 aplikasi dan situs baca buku yang menyediakan e-book secara gratis dan sudah pasti legal.

10 Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Gratis

Aplikasi iPusnas

iPusnas

Memiliki koleksi buku pelajaran dan sejarah

Kelebihan

  • Koleksi lengkap
  • Tidak terbatas kategori
  • Bisa mencakup segala golongan

Kekurangan

  • Buku yang dipinjam dibatasi

Seperti namanya, aplikasi baca buku online ini dikelola langsung oleh Perpusnas. Kalau biasanya mencari buku maka harus datang langsung ke Perpusnas, dan kini dengan aplikasi Ipusnas, kamu bisa menemukan berbagai jenis buku literatur dan referensi sangat lengkap dan semuanya dapat diakses melalui smartphone Anda.

Semua referensi di dalamnya mencakup kategori yang berbeda, dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari budaya, literatur, kesehatan dan filosofi, hingga e-book pengembangan diri, tersedia di aplikasi iPusnas. Jika kamu suka buku laris hingga novel populer untuk anak Indonesia, mungkin beberapa novelis favorit kamu juga pernah menerbitkannya di iPusnas.

Baca Juga: Ingin Feed Media Sosial Makin Keren, Berikut Rekomendasi 10 Aplikasi Edit Foto

Penggunaannya sangat praktis. Untuk menggunakan aplikasi baca buku ini, setiap akun dapat meminjam maksimal tiga buku. Jadi jika Anda ingin meminjam buku melalui aplikasi ini, pastikan bahwa buku yang akan kamu baca benar-benar buku yang akan Anda baca dan tidak menumpuk di daftar!

Storial

Novel dengan cerita menarik mulai dari romance sampai science fiction

Kelebihan

  • Cocok bagi pembaca novel berbahasa Indonesia
  • Buku yang tersedia sudah melalui proses kurasi
  • Mudah digunakan

Kekurangan

  • Tidak semua konten gratis

Bagi Anda yang gemar membaca novel khususnya novel berbahasa Indonesia, tersedia juga platform membaca e-book untuk anak-anak daerah yaitu Storial. Selain untuk menampung para pecinta novel, aplikasi ini juga menghadirkan novelis yang ingin mengembangkan diri sekaligus menampung pembacanya.

Karya yang diterbitkan tidak sembarangan, tim Storial memintanya melakukan proses pengorganisasian untuk entri tertulis. Jadi buku-buku yang diterbitkan di Storial pasti berkualitas baik.

Storial memiliki beberapa kategori novel yang cukup lengkap dan dapat mencakup berbagai jenis pembaca, termasuk novel anak-anak, biografi, fiksi, horor, dan banyak jenis novel lainnya.

Selain menerbitkan novel gratis, ada juga novel berbayar atau berbayar. Checkout terbilang praktis, cukup isi akun Storial Anda, lalu pilih novel unggulan yang Anda inginkan.

Jangan takut jika novel premium di sini menghabiskan uang Anda, karena narasi berbayar di aplikasi ini cukup ekonomis. Karena format ebook biasanya dihargai setengah harga buku sebenarnya.

Sweek

Beraneka macam buku yang dapat diakses dengan mudah

Kelebihan

  • Tampilan aplikasi dan buku begitu minimalis
  • Novel yang tersedia sangat beragam
  • User friendly, tidak banyak fitur yang membingungkan
Terkait:  5 Aplikasi Video Editor Gratis Terbaik Untuk iPhone

Kekurangan

  • Penggunanya masih terbilang sepi

Sweek bukanlah pemain baru dalam kategori aplikasi penyedia eBook. Aplikasi ini sudah ada sejak lama, namun baru mulai menyebar di Indonesia sejak 2018. Meski sudah sangat terlambat di Indonesia, bagi yang hobi baca tulis, aplikasi ini bisa jadi pilihan.

Platform buku yang bervariasi dari Rotterdam, Belanda ini bukan hanya penyedia ebook. Sweek juga mengakomodasi penulis yang ingin meluncurkan bisnis terbaik, dan tahu itu bisa menjadi bisnis juga. Di sinilah kesenangan menggunakan platform ini masuk.

Baca Juga: 3 Aplikasi Screen Recorder Terbaik Khusus Android

Sebagai pembaca, Anda bisa menemukan ribuan judul buku karya penulis berbakat. Karena ini adalah tempat para penulis baru, tentunya pengguna Sweek akan diberikan novel baru dan mungkin eksklusif yang hanya ada di sini. Jangan khawatir, kamu juga dapat langsung mendaftar di aplikasi baca buku gratis ini.

Wattpad Aplikasi Baca Buku

Komunitas global dengan lebih dari 90 juta pembaca

Kelebihan

  • Cocok untuk yang senang membaca fanfiction atau romance
  • Fitur aplikasi lengkap
  • Penggunanya terbilang sangat banyak

Kekurangan

  • Buku yang tersedia sangat segmented

Penggemar novel roman dan cerita penggemar pasti sudah tidak asing lagi, dan mereka pasti punya akun di Wattpad. Aplikasi Kanada ini telah lama dikenal sebagai tempat komunitas membaca di seluruh dunia, dengan jumlah pembaca melebihi 90 juta. Jadi selain bisa membaca ribuan judul novel, disini juga bisa menjadi forum yang menyenangkan untuk berbagi dengan pembaca lainnya.

Selain itu, Wattpad juga memiliki banyak fitur lain yang membuat pengalaman membaca di smartphone semakin nyaman. Saat membaca, ada banyak tombol untuk mengedit font, ukuran, warna font, dan lainnya. Agar pembaca Anda merasa nyaman membaca dalam waktu lama.

Baca Juga: 10 Aplikasi Menggambar Digital Yang Bisa Membuat Kamu Tambah Kreatif

Ada juga kolom komentar dan vote, jadi kamu bisa berbagi pengalaman membaca dengan pembaca lain. Beragam fitur ini tidak akan lengkap tanpa fitur offline alias download buku. Karena fitur ini sangat bermanfaat sehingga bisa dibaca tanpa perlu menggunakan kuota seluler.

iJakarta

Praktis membaca buku lewat smartphone ataupun laptop

Kelebihan

  • Tersedia beragam kategori buku
  • Fitur lengkap dan detail
  • Tersedia banyak copy dalam satu judul

Kekurangan

  • Buku yang dipinjam harus dibaca offline

iJakarta merupakan perpustakaan digital pertama di Indonesia yang mampu menampung semua koleksi dan kini semua orang dapat mengakses berbagai buku secara gratis melalui aplikasi di mana saja. Di iJakarta, berbagai jenis buku tersedia dalam berbagai kategori. Jadi iJakarta benar-benar bisa menjangkau semua level pembaca.

Ribuan buku yang tersedia mencakup semua kategori dari buku agama, biografi, karya, fiksi, buku anak-anak dan banyak lagi. Selain itu, antarmuka yang disediakan cenderung mudah digunakan. Presentasi yang sangat ringan, kemudian disajikan dengan deskripsi buku yang sangat detail. Bahkan ketika Anda berada di halaman membaca, pembaca akan disuguhi nama bab demi bab, sehingga pembaca dapat memindahkan halaman secara praktis dan spesifik.

Namun, jika Anda berniat untuk meminjam buku di sini, jangan sampai cache penyimpanan Anda penuh, karena buku pinjaman perlu diunduh terlebih dahulu. Aplikasi iJakarta juga tersedia di Playstore dan App Store, atau bisa juga diakses menggunakan komputer.

Amazon Kindle

E-book lengkap untuk yang hobi membaca buku

Terkait:  30 Twibbon Save Palestina Terbaru Cocok Untuk Medsos

Kelebihan

  • Tersedia layanan subscription
  • Tersedia juga majalah dan audiobook
  • Buku dapat dipinjamkan ke akun lain

Kekurangan

  • Pilihan e-book gratis cenderung sedikit

Kindle telah lama dikenal sebagai aplikasi untuk pecinta buku. Aplikasi Amazon lama ini menyediakan fitur membaca e-book dengan berbagai macam buku. Sejauh ini Kindle telah menawarkan layanan berlangganan untuk Anda yang ingin berlangganan dan memiliki kebebasan untuk membaca buku apa pun tanpa repot. Koleksi yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari buku motivasi dan resep hingga majalah dan audiobook.

Fitur yang disediakan juga lengkap dan membuat mata betah untuk terus memandangi layar perangkat. Mulai dari pengaturan tulisan, pengaturan pencahayaan, pencarian teks lengkap dan fitur catatan yang tersedia, hingga orientasi layar kunci.

Baca Juga: 12 Aplikasi Edit Video untuk Langkah Awal Menjadi Vlogger dan Youtuber

Selain Amazon memiliki pembaca e-book terpisah, aplikasi Kindle juga tersedia untuk smartphone Android dan iOS. Fitur unik lainnya adalah sesama pengguna Kindle dapat meminjamkan buku lain dengan masa pinjaman 7 hari dan waktu membaca 14 hari.

Aplikasi Manybooks.net

Cocok untuk para pecinta buku bahasa inggris

Kelebihan

  • Interface yang nyaman dilihat
  • Ribuan buku dapat diunduh gratis
  • Tersedia dalam berbagai format

Kekurangan

  • Tidak tersedia aplikasi untuk smartphone

Manybooks.net adalah salah satu dari sekian banyak penyedia layanan untuk membaca buku secara gratis dan legal. Lebih dari tiga ribu judul buku tersedia di situs ini. Hampir semua koleksi yang dimiliki Manybooks merupakan koleksi klasik dimana pengarangnya meninggal ratusan tahun yang lalu, sehingga buku tersebut dapat diterbitkan secara gratis dan legal. Selain itu, banyak buku juga memiliki buku yang diterbitkan sendiri atau diterbitkan sendiri, sehingga pembaca dapat dengan mudah mengakses karya penulisnya.

Antarmuka Manybooks sangat sederhana dan nyaman untuk dilihat. Hanya ada tombol untuk memindahkan halaman. Sedangkan halaman bacaan secara otomatis diatur ke layar. Ditambah tampilan website yang sangat simpel, sehingga bikin mata betah berlama-lama di depan layar laptop atau komputer kamu.

Namun, Manybooks hanya tersedia di versi desktop, jadi untuk menikmati buku-buku di sini, Anda perlu mendownloadnya terlebih dahulu. Semua judul buku di situs ini juga tersedia dalam berbagai format, mulai dari PDF, MOBI, AZW, RTF dan masih banyak lagi.

Google Playbooks

Tempat membaca ribuan buku hanya lewat smartphone

Kelebihan

  • Tersinkronisasi dengan smartphone Android
  • Koleksi buku update
  • Banyak diskon untuk buku berbayar

Kekurangan

  • Tidak ada layanan subscription

Pengguna smartphone Android mungkin menyadari bahwa aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi bawaan dari Google. Namun tahukah Anda bahwa aplikasi ini bisa menjadi aplikasi yang sangat berharga bagi para pecinta buku?

Google PlayBooks menyediakan ribuan jenis judul buku untuk Anda baca dan tidak akan ada habisnya karena selalu up to date. Beberapa buku tidak disediakan secara gratis tanpa biaya apapun. Namun, ada buku yang berbayar, dan yang menarik, Google PlayBooks sering kali menawarkan diskon kepada pembaca dengan harga menarik.

Faktanya, perbedaan yang ditawarkan dari platform lain sama sekali berbeda dan penting. Banyak platform membaca ebook menawarkan langganan atau langganan sehingga mereka dapat mengakses berbagai jenis buku tanpa harus membeli satu per satu.

Tidak ada fitur berlangganan di Google Playbooks. Namun, platform serba ada ini masih bisa diandalkan untuk menemukan buku gratis dengan berbagai amenitas dan fasilitas membaca.

Baca Juga: 10 Dompet Digital Terbaik: Solusi Transaksi Mudah dan Praktis

Project Gutenberg

Surga bagi pecinta buku-buku tua

Terkait:  10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Video Kartun di Android dan iPhone

Kelebihan

  • Terdapat berbagai koleksi buku tua
  • Lebih dari 40 ribu buku dan arsip tua tersimpan
  • Buku tersedia dalam berbagai format digital

Kekurangan

  • Hanya bisa untuk download buku

Jika sebelumnya sudah banyak buku yang menawarkan layanan download buku, kali ini ada Project Gutenberg yang merupakan Manybooks versi tertua. Bukan hanya kata-kata, tapi Project Gutenberg bisa dikatakan sebagai pelopor perpustakaan digital pertama di dunia.

Itu dibuat oleh Michael S Hart, penemu e-book dan penggagas Proyek Gutenberg. Proyek ini dulunya merupakan proyek pengembangan perpustakaan digital dengan menitikberatkan pada pengarsipan buku klasik, seperti karya William Shakespeare dan Edgar Allan Poe.

Anda pasti pernah membayangkan buku-buku yang diterbitkan di perpustakaan digital ini. Jika Anda menyukai buku klasik atau penggemar teks dramatis lama, ada baiknya untuk mengunjungi Project Gutenberg dan mengumpulkan koleksi Anda. Ada lebih dari 40.000 manuskrip, arsip, dan karya klasik di sini.

Belum lagi setiap buku tersedia dalam berbagai format dan pilihan untuk menggunakan gambar maupun tidak. Sehingga buku yang diunduh dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

NetGalley

Tempat untuk membaca sekaligus menjadi reviewer buku ternama

Kelebihan

  • Mendapat keuntungan membaca sebelum naskah buku terbit
  • Terdapat ratusan buku yang dapat dibaca dan diulas
  • Buku yang tersedia dari penerbit ternama dunia

Kekurangan

  • Prosedurnya rumit

NetGalley bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan tiket “pihak pertama” untuk buku target Anda. NetGalley sendiri adalah platform yang menyediakan salinan digital (versi pembaca tingkat lanjut) dari sebuah buku sebelum dipublikasikan secara massal. Biasanya buku yang diterbitkan dalam versi digital oleh penulis mendapatkan review dari pembaca atau reviewer.

Di sinilah pembaca dan reviewer memiliki kesempatan untuk memberikan komentar atau review tentang buku mereka, sehingga penulis dapat membangun reputasi pekerjaannya untuk meningkatkan dan mempengaruhi hasil penjualan buku mereka saat dirilis.

Jika Anda senang membaca buku dan mengulas apa yang baru saja Anda baca, NetGalley adalah tempat yang ideal untuk menemukan bacaan yang menarik dan berpartisipasi dalam forum membaca global. Apalagi manuskrip buku yang diterbitkan adalah buku-buku dari penerbit terkenal seperti Penguin Random House, Simon & Schuster, Sourcebooks, Hachette Book Group dan masih banyak lagi.

Cukup daftar dan lengkapi Formulir Pendaftaran Anggota NetGalley. Tidak ada biaya pendaftaran. Selanjutnya, pilih buku untuk dibaca, dan tim NetGalley akan memberikan salinan digital naskah secara gratis. Namun, file yang ditentukan memiliki batas waktu tertentu, jadi bacalah segera setelah menerima salinannya sebelum memasukkan batas waktu.

Baca Juga: Selain WhatsApp, Ini Aplikasi Chat yang Bisa Kamu Pilih

Kesimpulan

Padahal, masih banyak cara untuk mendapatkan buku berkualitas tinggi secara gratis dan aman? Jadi bagi yang suka membaca tapi memiliki biaya terbatas karena harga buku saat ini cukup mahal, Anda tidak perlu khawatir lagi. Ada juga banyak cara bagi Anda untuk membaca buku-buku bagus dan legal tanpa menghabiskan terlalu banyak uang. Walaupun merupakan e-book, namun Anda tetap harus memperhatikan seberapa efektif buku tersebut dibaca, guna menambah pemahaman tentang isi e-book yang sudah Anda unduh atau minimal unduh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.