12 Aplikasi Edit Video untuk Langkah Awal Menjadi Vlogger dan Youtuber

12 Aplikasi Edit Video untuk Langkah Awal Menjadi Vlogger dan Youtuber

Tak heran jika banyak anak zaman sekarang menjawab bahwa mereka ingin menjadi YouTuber ketika ditanya tentang aspirasi mereka. Ini menandakan bahwa video sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Selain itu, produksi dan distribusi video bukan lagi sesuatu yang dapat dilakukan oleh aktor dan editor film di kantor media. Anda tidak membutuhkan banyak modal seperti peralatan kelas atas dan studio besar untuk melakukan ini.

Konektivitas internet sudah lebih baik 10 sampai 15 tahun yang lalu, meskipun tingkat kecepatan di Indonesia masih relatif buruk. Selain itu, ketersediaan berbagai perangkat lunak pengeditan video juga menjadi faktor.

Penasaran apa saja aplikasi pengeditan video yang bagus? ProductNation telah memberikan ringkasan di bawah ini untuk berbagai perangkat, dari komputer pribadi, laptop dan tablet hingga smartphone.

12 Aplikasi Edit Video Terbaik

Adobe Premiere

Untuk video editing, nama Adobe Premiere sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Ini adalah aplikasi edit video di komputer dan laptop dan banyak digunakan oleh para profesional. Tidak heran ia memiliki semua fitur yang diperlukan untuk menghasilkan video berkualitas tinggi.

Hasilnya, perlu spek mesin yang tidak main-main. Harga tersebut juga termasuk dalam kategori premium untuk menggunakan fitur lengkap. Program ini sedikit berlebihan jika penghobi yang menggunakannya di komputer laptop mengedit video, hanya untuk dibagikan di media sosial.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para profesional yang menggunakan aplikasi ini berasal dari berbagai latar belakang. Dari jurnalis, editor acara TV, dan layanan pernikahan hingga sejumlah agensi.

Apple Final Cut Pro

Dalam dunia editor video profesional, ada dua kubu untuk pengguna aplikasi video terbaik. Salah satunya adalah pengguna Adobe Premiere dan yang lainnya adalah pengguna Final Cut Pro. Meski Final Cut Pro pada awalnya masih tertinggal dari segi fitur, namun dalam perkembangannya mampu berdiri sejajar dengan Premiere bahkan mengungguli dalam beberapa hal.

Baca Juga: 10 Aplikasi Menggambar Digital Yang Bisa Membuat Kamu Tambah Kreatif

Satu-satunya hal yang membedakannya adalah Final Cut Pro dirancang khusus untuk platform macOS. Artinya bisa berjalan mulus dan bobotnya lebih ringan, serta pengguna tidak dipusingkan dengan virus dan update. Maklum, pengguna iMac dan Macbook kebanyakan adalah pekerja grafis dan pembuat konten.

Selain itu, Final Cut Pro adalah aplikasi pembayaran satu kali, sedangkan Premier menggunakan sistem langganan di mana pengguna selalu harus membayar bulanan / tahunan agar dapat menggunakannya. Popularitas perangkat Apple, meski harganya mahal namun tetap menjadi impian, membuat Final Cut Pro begitu banyak digunakan.

Filmora Wondershare

Untuk penggemar yang menginginkan editor video dengan fitur-fitur canggih tetapi belum siap untuk bergabung dengan kelas profesional, ada Filmora. Aplikasi ini dapat melakukan hampir semua hal yang dapat dilakukan oleh manula, tetapi lebih ringan pada sumber daya dan anggaran sistem.

Terkait:  Cara Daftar dan Menghasilkan Uang dari GrabPoints

Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan macOS. Bagi yang ingin mencoba, bisa mendownload trial 30 hari. Filmora juga menawarkan banyak kebebasan untuk digunakan, mulai dari efek tambahan hingga poster kontemporer.

Meskipun ada watermark, itu bisa dihilangkan dengan membayar lisensi atau cukup ditempatkan di lokasi yang tidak terlihat. Fitur lain yang dimiliki Wondershare adalah saturasi warna, integrasi suara, berbagai layar fade-out, dan antarmuka yang mudah digunakan.

Adobe Premiere Rush

Anda dapat membantah bahwa Premiere Rush adalah versi yang lebih ringan dari kakak laki-laki, Premiere biasa. Antarmukanya lebih ramah dan mudah dipelajari bagi pengguna pemula. Itu juga dapat dengan cepat memproses klip pendek untuk diunggah ke media sosial dan secara otomatis mengonversi hasil ke rasio yang diperlukan oleh setiap platform.

Baca Juga: 10 Aplikasi Edit Foto Yang Keren

Aplikasi ini tersedia untuk platform Android, iOS, Windows dan MacOS. Versi gratisnya memiliki 3 batasan untuk ekspor video dan 2 GB untuk penyimpanan cloud. Meskipun Anda perlu membayar lisensi untuk melakukan pengeditan yang sempurna, tidak ada fitur yang dipotong dari versi trial.

Yang terbaik dari semuanya, karena tersedia untuk berbagai macam perangkat dan sistem operasi. Anda dapat mentransfer file yang diedit ke perangkat yang berbeda dan melanjutkan prosesnya. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, ada batasan ukuran video.

Pinnacle Studio

Bagi mereka yang memiliki komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, kebanyakan editor video akan membebani sistem dan dengan demikian proses rendering akan menjadi sangat lambat. Pinnacle Studio adalah aplikasi pengeditan video ringan untuk PC yang mungkin bisa menjadi solusi.

Aplikasi ini hanya tersedia untuk PC Windows. Bagi yang ingin mencoba, bisa mengunduh versi trial dengan kemampuan terbatas. Setelah masa uji coba 30 hari berakhir, pengguna harus membeli lisensi agar dapat menggunakannya kembali.

Secara keseluruhan, aplikasi ini mudah digunakan oleh editor junior. Kualitas video yang dihasilkan sangat bagus, diatas rata-rata. Kisaran alat yang tersedia cukup besar dan membantu kreativitas editor.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Ini Rekomendasi Untuk Kamu Yang Senang Mambaca

Windows movie maker

Pengguna Windows yang tidak membutuhkan fitur eksotis dari Magic bin, dapat mencoba aplikasi pengeditan video PC gratis ini. Program ini sudah ada sejak lama, bisa dibilang itu bahasa pionir atau kakek buyut dari semuanya.

Windows Movie Maker adalah aplikasi dari Microsoft dan memiliki semua fitur dasar yang Anda butuhkan untuk mengedit video. Sayangnya, pengembangan aplikasi ini sedang dihentikan, tetapi pengguna Windows masih dapat mengunduh dan menggunakannya.

Namun, ketika di zamannya belum ada Adobe Premiere dan Final Cut Pro, Windows Movie Maker menjadi andalan para penggiat produser video. Baik untuk film, video atau video kecil saja. Terutama karena antarmuka yang sederhana dan kemampuan untuk memotong klip dengan baik.

Terkait:  5 Rekomendasi APK Menghasilkan Uang Tercepat 2021

iMovie

Tanpa iMovie, Anda dapat berargumen bahwa Final Cut Pro tidak akan lahir untuk pengguna iOS. Ya, aplikasi editor video ini adalah yang pertama tiba di Apple OS dan memiliki ulasan yang bagus. Semua berkat kombinasi kesederhanaan dan alat berpemilik.

Anda mungkin bisa mengatakan bahwa iMovie adalah aplikasi pengeditan video gratis yang populer dengan editor video untuk orang awam. Aplikasi ini menawarkan penggunaan template untuk membuat video dengan cepat dan dengan hasil profesional. Apalagi bagi yang suka mengunggah ke sosial media.

IMovie diluncurkan sebagai bagian dari iLife pada saat Steve Jobs membawa Mac kembali ke mode. Aplikasi ini masih dalam pengembangan hari ini dan tersedia gratis untuk pengguna Mac dan iOS. Meskipun dirancang khusus untuk Mac OS, iMovie dapat menerima file yang diedit dari sumber lain.

Kinemaster

Jika Anda sering mengedit video di perangkat Android Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Kinemaster. Mengingat kemudahan penggunaan dan berbagai fitur seperti lapisan video, blending mode, invert, dan chroma switch, tidak heran ini adalah salah satu aplikasi pengeditan video Android paling populer.

Baca Juga: 10 Dompet Digital Terbaik: Solusi Transaksi Mudah dan Praktis

Kinemaster tampaknya hanya fokus pada aplikasi seluler mereka. Saat ini tersedia untuk Android dan iOS. Meskipun fungsi dasar dapat digunakan secara gratis, ada banyak fitur lain yang hanya tersedia melalui pembelian dalam aplikasi. Namun, versi biasa lebih dari cukup untuk seorang amatir.

Kinemaster adalah hasil dari NexStreaming. Tak heran jika pengalaman penggunanya begitu sempurna meski mengandalkan smartphone. Aplikasi ini cocok untuk mereka yang suka memperkenalkan efek lucu dan tentang mengubah warna.

VivaVideo

Aplikasi pengeditan video seluler lain yang dapat Anda coba. VivaVideo dirancang untuk mereka yang tidak ingin repot mempelajari berbagai teknik pengeditan dan hanya ingin mengedit video pendek dengan cepat untuk dibagikan di media sosial melalui perangkat seluler mereka.

Selain pengeditan video dasar, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur lain seperti glitch dan efek transisi, berbagai filter dan efek, template siap pakai, pengaturan kecepatan, menambahkan emoji, dan musik. Mudah digunakan, hampir semua orang terkenal dan selebritis menggunakan software ini untuk mengedit video.

Fitur lain yang disertakan VivaVideo termasuk efek stiker dan klip pendek yang bagus dari berbagai transisi. Dimungkinkan juga untuk membuat adegan gerak lambat dengan teks yang muncul untuk menekankan dan menjelaskan adegan tersebut.

InShot

Meski ada banyak aplikasi edit video di HP, InShot berhasil menjadi salah satu aplikasi terpopuler di platform Android dan iOS. Mungkin karena konsep bisnis yang menawarkan semua fitur secara gratis dengan menampilkan iklan yang tidak mengganggu.

Terkait:  Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC dan Android

Versi berbayar akan menghapus iklan tersebut dan pengguna juga dapat berlangganan untuk mendapatkan beberapa fitur tambahan. Aplikasi ini mudah digunakan dan menyediakan fitur yang cukup untuk pengeditan video seluler. Pengguna dapat memotong, membagi, menghapus, menambah dan mengubah kecepatan klip video dengan mudah.

Selain itu juga terdapat fitur filter, penambahan teks, stiker, dan musik. Untuk pemula yang lambat membuat format video, ada lusinan template dan seluruh daftar musik latar.

Magisto

Magisto adalah aplikasi pengeditan video dari Vimeo, salah satu pemain terbesar dalam menghosting video di web. Pesaing besar dari YouTube, Dailymotion dan Bilibili. Fokus utamanya adalah pada aplikasi video web untuk membuat video untuk web. Namun, ini juga tersedia sebagai aplikasi unduhan di ponsel Android dan iOS.

Pengguna dapat mencoba versi gratisnya, tetapi fitur utamanya hanya tersedia di versi berbayar. Untuk menggunakannya juga mudah, Anda hanya perlu login dari website mereka dengan akun Google. Setelah masuk, Anda akan mengakses antarmuka dan dapat mulai mengedit.

Magisto kebanyakan menyasar pasar usaha kecil hingga menengah. Jadi Anda bisa mengatakannya sebagai pembuat video promosi sederhana untuk menarik klien. Setelah video selesai, ada opsi untuk membagikannya langsung di berbagai platform. Dari media sosial Facebook, Instagram, dan Twitter langsung ke Youtube.

Flixier

Flixier adalah solusi pengeditan video bagi mereka yang tidak cukup beruntung memiliki komputer yang mumpuni. Aplikasi ini mudah digunakan untuk pemula, tetapi memiliki fitur yang cukup untuk digunakan para profesional. Karena berbasis web, maka memiliki berbagai keunggulan dibandingkan aplikasi berbasis komputer.

Meskipun proses rendering umumnya cepat, Flixier mungkin adalah salah satu aplikasi atau layanan pengeditan video tercepat. Materi video dapat diambil dari komputer atau langsung dari penyimpanan online. Proyek video dapat diakses dari alat online apa pun.

Baca Juga: Aplikasi Chating Selain Whatsapp Yang Dapat Anda Coba

Hasilnya dapat diunggah ke YouTube dan berbagai saluran media sosial dalam sekejap mata. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis tanpa batasan fitur pengeditan. Versi berbayar menyediakan lebih banyak kapasitas penyimpanan, waktu ekspor video lebih lama, dan resolusi lebih tinggi.

Kesinpulan

Tentunya, selain dari daftar aplikasi yang direkomendasikan di atas, masih banyak aplikasi lain yang bisa Anda gunakan. Namun, berbekal daftar di atas, Anda bisa melakukan video editing untuk apa saja, mulai dari fun hingga project besar.

Kami telah memilih aplikasi di atas dengan mempertimbangkan beberapa hal, seperti aksesibilitasnya dan cara penggunaannya dengan kemampuan program. Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda sebelum terjun ke dunia vlogging dan youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published.