10 Aplikasi Menggambar Digital Yang Bisa Membuat Kamu Tambah Kreatif

10 Aplikasi Menggambar Digital Yang Bisa Membuat Kamu Tambah Kreatif

Rekomendasi pemerintah untuk melaksanakan sebagian besar kegiatan #DiRumahAja seringkali berdampak pada masyarakat, baik dewasa maupun anak-anak. Hampir semua aktivitas dilakukan, mulai dari membaca buku hingga aplikasi hingga menonton berbagai serial film.

Kabar baiknya adalah kamu bisa menggunakan Pandemic untuk mempelajari hal-hal baru, salah satunya adalah menggambar. Faktanya, banyak aplikasi menggambar seluler yang cocok untuk mengarahkan kreativitas, baik untuk pemula maupun yang sudah mempraktikkan hobi ini selama bertahun-tahun.

Jadi, inilah 10 aplikasi menggambar ProductNation terbaik untuk Anda coba.

10 aplikasi menggambar digital untuk HP dan Laptop

Ibis Paint X

Ibis Paint X

Ibis Paint X adalah salah satu aplikasi menggambar paling populer untuk perangkat seluler dan telah diunduh lebih dari 100 juta kali hingga saat ini. Tentu hal ini tidak lepas dari banyaknya fitur yang ditawarkan, seperti 381 brush.

Dengan Kuas, Anda dapat menggambar dengan presisi dan detail hingga 60 bingkai per detik. Fitur ini juga menunjukkan pratinjau kuas waktu nyata yang menunjukkan apakah sapuan kuas adalah yang Anda inginkan atau tidak. 381 brush terbagi menjadi beberapa jenis seperti fan brush, flat brush, charcoal brush, digital pen dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda dapat menambahkan lapisan sebanyak yang Anda inginkan tanpa batasan jumlah. Anda juga dapat memilih jenis lapisan yang Anda inginkan, baik sebagai pencampuran alfa, lapisan opasitas, lapisan duplikat, atau lapisan pengurangan. Menariknya, aplikasi ini bisa merekam proses menggambar Anda dan kemudian bisa dibagikan di media sosial yang dibutuhkan.

Meskipun sebagian besar fiturnya dapat diakses secara gratis, Anda dapat mendaftar untuk akses premium dengan menjadi anggota utama.

Baca Juga: Ingin Feed Media Sosial Makin Keren, Berikut Rekomendasi 10 Aplikasi Edit Foto

SketchBook

SketchBook

SketchBook adalah aplikasi yang cocok untuk pemula yang sedang mempertimbangkan berbagai fitur menggambar yang dapat dicoba secara gratis. Aplikasi ini menyediakan fitur penghapus dengan ukuran berbeda dan memudahkan Anda dalam menghapus objek atau coretan yang tidak diinginkan.

Banyaknya jenis kuas cat yang tersedia memudahkan untuk menggambar atau mewarnai bagian objek yang Anda inginkan. Pilihan warna yang tidak kalah banyak, Anda bahkan dapat memilih color gamut untuk membuat gambar terlihat lebih menarik. Nanti Anda juga bisa mengubah warna background agar warnanya kontras dengan gambar yang dibuat.

Selain itu, Anda dapat memilih jenis lapisan yang Anda inginkan, baik itu grafik, gambar, teks, atau bentuk. Setelah menggambar tidak ada salahnya menambahkan layer teks yang dapat digunakan sebagai hyperlink agar orang lain tidak menyalahgunakan pekerjaan Anda. Jika Anda membutuhkan layar yang lebih besar, Anda juga dapat menggunakannya saat menggambar di laptop atau PC.

Kustomisasi SketchBook tidak berhenti sampai di situ mengingat aplikasi ini tidak menampilkan iklan sama sekali. Kamu juga akan lebih fokus saat menggambar tanpa terganggu oleh iklan yang menggunakan banyak fitur gratis yang sayang untuk dilewatkan!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Ini Rekomendasi Untuk Kamu Yang Senang Mambaca

Silk Paints

Silk Paints

Tidak yakin dengan hasil gambarnya? Coba saja aplikasi Silk Paints yang dapat diunduh gratis! Selain menawarkan berbagai fitur menggambar yang keren, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas Silk Paints dan mendapatkan komentar dari anggota lain.

Silk Paints bukan hanya aplikasi untuk para profesional, tetapi juga dirancang untuk para pemula yang ingin mengembangkan kreativitasnya dalam menggambar. Anda bisa melukis di atas kanvas kosong atau gambar yang tersedia. Menariknya, Silk Paint menyediakan 13 panel lukisan yang bisa Anda gunakan kapan saja.

Selain itu, Anda dapat menggunakan empat set kuas secara gratis, yaitu Basic, Neon, Fire, dan terakhir Ice. Anda juga dapat menggunakan pilihan warna cerah yang tidak terbatas yang cocok untuk menggambar latar belakang ponsel. Setelah menyelesaikan gambar, Anda dapat membagikan pekerjaan yang diperlukan ke media sosial hanya dengan satu klik.

Tidak seperti aplikasi menggambar lainnya, kamu masih bisa menggambar dengan Silk Paint secara offline, lho! Siapa bilang kreativitas menggambar tergantung koneksi internet?

Baca Juga: 12 Aplikasi Edit Video untuk Langkah Awal Menjadi Vlogger dan Youtuber

Paper Color

Banyak pemula yang bingung mencari aplikasi menggambar yang tepat karena mereka tidak terbiasa dengan nama-nama fitur yang tersedia tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang ini karena PaperColor menawarkan nama fitur yang mudah dikenali oleh pemula. Anda bahkan bisa menggunakan sebagian besar fiturnya secara gratis, lho!

Banyak fitur gratis PaperColor tidak hanya membuat penggunanya menggunakannya untuk menggambar, tetapi juga menghasilkan karya seni lain seperti coretan dan coretan. Fitur kuas tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran yang siap membuat gambar Anda lebih detail dengan hasil akhir yang elegan.

Selain itu, Anda dapat menggunakan fitur lanjutan lainnya seperti penggaris atau penghapus yang menghapus bagian foto yang tidak diinginkan. Setelah Anda selesai menggambar, Anda dapat menambahkan tanda tangan sebagai tanda hypertext sehingga orang lain tidak perlu bertindak.

Anda tidak hanya bisa menggambar di kanvas kosong, tetapi Anda juga bisa menggambar di berbagai gambar yang Anda suka. Jangan lupa juga untuk share hasil karyamu di sosial media melalui share list ya!

Dotpict

Pixel merupakan salah satu jenis gambar yang disukai oleh para pemula karena teknik menggambarnya yang mudah namun hasil akhirnya tetap terlihat bagus. Bagi Anda yang tertarik menggambar dalam format pixel, tak ada salahnya mencoba Dotpict yang sudah diunduh lebih dari 2,5 juta kali ini.

Untuk proses menggambar, Anda bisa menggunakan ujung pulpen yang hanya perlu digerakkan seperti mouse. Hasil akhir foto akan disimpan secara otomatis meskipun Anda tidak sengaja beralih ke aplikasi lain.

Anda dapat mengaktifkan tampilan fitur grid yang mempermudah proses resolusi piksel. Fitur undo dan redo memudahkan untuk menghapus atau mengembalikan bagian dari sebuah gambar sehingga pixel nantinya terlihat menarik.

Tidak kalah mudahnya membagikan pekerjaan yang sudah selesai karena Anda hanya perlu memilih menu ekspor. Anda bisa memilih media sosial yang Anda inginkan, baik itu Facebook, Instagram atau Twitter. Anda bahkan dapat membagikan foto piksel yang menggemaskan ini ke aplikasi obrolan seperti WhatsApp, lho!

Baca Juga: 10 Dompet Digital Terbaik: Solusi Transaksi Mudah dan Praktis

MediBang Paint – Drawing

Kreativitas terganggu karena fitur aplikasi terbatas? Tenang saja, Anda bisa mengandalkan MediBang Paint – Drawing, kok! Aplikasi menggambar tunggal ini menawarkan ratusan fitur secara gratis, baik itu font, latar belakang siap pakai, kuas, atau banyak lagi.

Selain dapat diakses kapan saja melalui smartphone favorit, Anda masih dapat menggambar dengan MediBang Paint – gambar ini melalui Windows, Mac OS X, atau iOs. Anda dapat menyimpan pekerjaan Anda ke cloud sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan saja. Kamu bahkan bisa mengizinkan orang lain untuk mengedit foto yang kamu selesaikan sebelumnya, lho!

Seniman komik sering menggunakan banyak fitur yang disediakan oleh MediBang Paint-Drawing untuk membuat panel komik. Anda dapat menggunakan lebih dari 100 sikat gratis yang tersedia dalam berbagai jenis, seperti cat air, G-pen, pena pemetaan, sikat bulat, sikat listrik, pena sekolah, dan banyak lagi.

Menariknya, Anda bisa mendapatkan akses ke 850 nada dering, wallpaper, atau balon kata secara gratis. Membuat papan foto tidak lagi membuang-buang waktu berkat fitur-fitur canggih MediBang Paint – Drawing!

Adobe Illustrator Draw

Tidak ada alasan untuk meragukan kualitas Adobe Illustrator Draw, mengingat aplikasi ini telah memenangkan penghargaan PlayStore Editor’s Choice. Aplikasi ini, masih bagian dari keluarga Adobe, ditujukan bagi mereka yang ingin berkreasi dengan membuat vektor unik.

Ada banyak fitur canggih yang ditawarkan Adobe Illustrator Draw, misalnya kanvas yang bisa diperbesar hingga 64 kali yang membuat gambar Anda lebih detail. Ada juga lima jenis pensil yang bisa digunakan untuk berbagai ukuran, warna, dan ketebalan. Menariknya, Anda dapat mengerjakan banyak lapisan secara bersamaan.

Anda juga dapat mengerjakan lapisan satu per satu dengan menambahkan garis atau mengubah warna sesuai keinginan. Anda bahkan dapat menyalin lapisan yang ada tanpa harus membuatnya dari awal lagi.

Pekerjaan akhir dapat disimpan di PSD yang dapat diedit nanti di laptop. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memposting karya Anda di komunitas Behance untuk mendapatkan umpan balik dan meningkatkan keterampilan menggambar Anda. Selain smartphone, aplikasi ini juga tersedia dalam versi desktop.

Paint Splash

Siapa bilang mewarnai selalu membutuhkan banyak waktu? Paint Splash tidak hanya memberikan ratusan pilihan warna yang bisa didapatkan secara gratis, tetapi juga memberikan teknik pewarnaan mudah yang bisa diselesaikan dalam beberapa menit.

Paint Splash memungkinkan Anda mewarnai dengan menggerakkan jari ke bawah dan atas. Anda juga dapat menggeser jari Anda ke samping untuk menggabungkan beberapa warna sekaligus. Anda juga dapat menggoyangkan ponsel Anda untuk membuat skema warna yang sama mengagumkannya.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan sendiri ketebalan atau ukuran warnanya yang membuat gambar lebih menarik. Warna-warna tersebut juga akan otomatis dipetik setiap beberapa menit sehingga Anda lebih leluasa dalam memilih warna. Anda juga dapat memutar putaran untuk mendapatkan warna Paint Splash khusus yang hanya tersedia dalam beberapa menit!

Menariknya, gambar-gambar yang ada di galeri smartphone bisa kamu gunakan sebagai background untuk lukisan yang ingin kamu gambar. Tentu saja, Anda juga dapat membagikan karya akhir melalui berbagai platform yang Anda sukai.

Tayasui Sketch

Dengan visi membuat foto yang menarik, Tayasui Sketch hadir menawarkan berbagai fitur yang siap membuat foto Anda terlihat nyata dan indah. Anda mendapatkan akses ke 20 alat gratis yang dapat digunakan untuk menggambar komik atau karakter idola

Tidak seperti aplikasi menggambar lainnya, Tayasui Sketch menyediakan fitur penetes warna siap untuk menghidupkan bagian wajah, terutama mata karakter. Belum lagi, masih ada berbagai jenis lapisan yang bisa digunakan sesuai kebutuhan dan membuat karya Anda takjub orang lain.

Keunggulan dari Tayasui Sketch adalah warnanya terlihat senyata menggunakan cat air. Anda juga dapat menggunakan fitur sikat basah untuk menambahkan efek watermark ke gambar yang baru saja Anda selesaikan.

Terlepas dari banyak pilihan warna, Anda dapat menggunakan editor kuas untuk menghapus warna yang tidak diinginkan. Jangan lupa jika Anda dapat membagikan karya Anda menggunakan fitur impor gambar, baik di media sosial atau platform lain yang Anda suka.

Baca Juga: Selain WhatsApp, Ini Aplikasi Chat yang Bisa Kamu Pilih

Sketch Master (BariLab)

Bagi Anda yang masih kesulitan membuat gambar terlihat detail, mencoba Sketch Master tidak ada salahnya. Selain proses menggambar dua jari, Anda dapat memperbesar kanvas hingga 3000% dan membuat gambar jauh lebih detail daripada menggunakan aplikasi menggambar lainnya di ponsel.

Sketch Master menyediakan lapisan tak terbatas dan Anda dapat menggunakan lapisan ini untuk menggandakan, menggabungkan, atau mengatur ulang. Mengedit layer tidak kalah detailnya karena terdapat fitur untuk mengubah visibilitas dan mengatur opacity layer. Nanti, Anda dapat menggunakan 7 kuas untuk menambahkan warna ke objek atau menghapus warna yang tidak diinginkan.

Tidak hanya menggambar di atas kanvas kosong, Anda juga bisa menggunakan gambar atau gambar dari smartphone sebagai background untuk menggambar. Anda juga dapat mengubah warna sesuai keinginan menggunakan fitur Color Picker, color swatches, atau memilih warna menggunakan ruang warna HSB. Jangan lupa untuk menyimpan hasil karyamu ke memori smartphone atau langsung membagikannya di media sosial.

Kesimpulan

Nah, kamu pasti tidak lagi bingung mengisi aktivitas di rumah setelah mengetahui 10 aplikasi menggambar baik untuk ponsel maupun laptop terbaik, bukan? Berapa banyak aplikasi yang Anda rencanakan untuk digunakan untuk menggambar? Ayo, jadikan aktivitas di rumah semakin menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.