Secara Mengejutkan Apple Akan Pindahkan Produksi iPhone dan iPad Keluar dari China

Secara Mengejutkan Apple Akan Pindahkan Produksi iPhone dan iPad Keluar dari China

Apple akan memindahkan produksi iPhone, iPad, Mac, dan produk lainnya di India dan Vietnam mulai tahun ini, untuk memperkaya rantai pasokan dan mengurangi ketergantungannya pada China. Berdasarkan laporan terbaru dari Nikkei Asia, Apple akan mulai memproduksi iPad di Vietnam pada pertengahan tahun ini. Ini adalah pertama kalinya Apple merakit iPad dalam jumlah besar di luar China.

Selain itu, perusahaan asal Cupertino, AS, akan meningkatkan produksi iPhone di India. Mereka juga akan mulai memproduksi iPhone 12 di India paling cepat pada kuartal pertama 2021, seperti dikutip dari Nikkei Asia, Kamis (28/1/2021).

Tidak hanya iPhone dan iPad, Apple juga meningkatkan produksi gadget lain seperti HomePod, AirPods, dan speaker pintar Mac di Asia Tenggara sebagai salah satu strategi diversifikasinya.

Di Vietnam, Apple meminta pemasoknya untuk meningkatkan kapasitas produksi HomePod mini. Sejak diluncurkan tahun lalu, speaker pintar ini sudah diproduksi di Vietnam. Apple juga mulai meningkatkan produksi berbagai lini AirPods di negara tersebut.

Negara Asia Tenggara lain tempat Apple memproduksi adalah Malaysia, yang dikabarkan menjadi rumah bagi Mac mini. Apple sendiri telah berencana memindahkan produksi MacBook ke Vietnam tahun ini, namun sebagian besar produksi PC-nya masih akan berbasis di China.

“Apple dan banyak perusahaan teknologi lainnya menginginkan kapasitas produksi dari China, dan itu tidak melambat meskipun Amerika Serikat memiliki presiden baru,” kata manajer rantai pasokan Nikkei Asia.

Meskipun ada sedikit harapan untuk peningkatan ketegangan antara AS dan China di bawah presiden AS yang baru, Joe Biden sebelumnya mengatakan dia tidak akan menarik tarif produk China yang diterapkan oleh pemerintahan Donald Trump pada 2018.

Selain masalah perang dagang, Apple dan raksasa teknologi lainnya juga telah memutuskan hengkang dari China karena meningkatnya biaya tenaga kerja dan dampak pandemi virus corona pada rantai pasokan yang membuat perusahaan enggan bergantung pada satu negara.

Terkait:  Apakah Sudah Waktunya Meninggalkan WhatsApp: Benarkah Signal Jawabannya?

Pemasok Apple telah berupaya untuk memuaskan pelanggannya yang membutuhkan basis produksi yang lebih terdiversifikasi. Seperti Foxconn, yang baru-baru ini mendapat izin dari pemerintah Vietnam untuk membangun pabrik baru senilai $ 270 juta yang akan digunakan untuk memproduksi iPad dan MacBook.

Check Also

cara mengunci aplikasi iphone

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Anti Ribet

Mengunci atau menyebunyian aplikasi di iPhone merupakan cara alternatif untuk mengamankan data diri. Selain itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.