teknologi informasi dan komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi: Pengertian, Manfaat, serta Fungsi untuk Kehidupan

Gadgetidn.com – Peran teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat penting untuk berbagai hal yang berkaitan dengan dunia bisnis, pendidikan, dan persebaran informasi secara luas. Kemudahan di dalamnya bahkan membuat masyarakat masa kini semakin tidak dapat dipisahkan pada perangkat pendukung.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengertian Teknologi informasi dan komunikasi merupakan sebuah studi perencanaan, pengembangan, implementasi dengan dukungan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Antara keduanya disematkan dalam sebuah produk elektronik berupa komputer dan ponsel.

Teknologi informasi dan komunikasi bukan hanya berperan penting untuk berkomunikasi semata, melainkan juga membantu berbagai macam pekerjaan utamanya bidang perkantoran dan industri kreatif. Fungsinya akan lebih maksimal ketika terhubung dengan internet karena tanpa batas.

Sifatnya yang global menjadi salah satu keunggulan karena dapat menjangkau wilayah paling jauh sekalipun dengan biaya yang terbilang tidak terlalu mahal. Keunggulan tersebut memberikan ruang khusus bagi para pengusaha terutama dalam taraf menengah ke bawah.

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dewasa ini masyarakat semakin tidak bisa dijauhkan dari perangkat keras berbasis teknologi karena memberikan kemudahan yang memaksimalkan kinerja. Tidak hanya itu secara biaya terbilang lebih murah dari pada harus melakukan semua proses secara manual. Berikut ini ulasan lengkapnya:

Dalam Dunia Medis

Teknologi informasi dan komunikasi bahkan sudah berkaitan erat dengan dunia medis untuk berbagai kegiatan termasuk pendeteksi jantung, USG, dan foto rontgen. Ketika tidak terhubung dengan perangkat elektronik maka hasilnya tentu tidak dapat Anda ketahui secara maksimal.

Baca Juga:  Cara Memilih VPN Murah Terbaik di 2021

Hadirnya teknologi memberi udara segar baik bagi pasien maupun tenaga medis. Penyebabnya berkaitan dengan kemudahan dalam mendeteksi suatu penyakit serta melakukan proses penyembuhan. Dengan begitu tingkat kesehatan masyarakat semakin meningkat.

Hiburan dan Permainan

Tuntutan dunia modern membuat berbagai hal berubah secara signifikan salah salah satunya pada hiburan dan permainan. Jika dulunya sebagian birds game hanya berwarna hitam putih dengan desain grafis simpel, namun saat ini sangat berbeda karena Anda bisa menemukan bentuk baru.

Video game memberikan tampilan grafis begitu detail lengkap dengan dukungan warna tajam. Meski bentuknya sangat variatif, namun dapat bergerak layaknya manusia karena memiliki tangan, kaki, dan bagian kepala. Hal ini membuka kesempatan kerja misalnya menjadi youtuber.

Pendidikan

Bahkan sebelum munculnya virus Covid-19, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan terbukti berperan penting. Ada banyak hal bisa Anda lakukan melalui perantara perangkat elektronik yang terhubung dengan internet dengan jaringan stabil.

Beberapa waktu terakhir banyak muncul aplikasi pembelajaran yang dapat Anda akses dengan mudah di manapun dan kapanpun. Dengan demikian sistem belajar semakin efektif karena bisa mengisi waktu luang. Di samping itu juga materinya berupa audio visual sehingga memudahkan otak memahaminya.

Militer

Beberapa waktu lalu dunia sempat heboh karena rudal yang diarahkan ke Israel seperti tertolak. Hal ini karena terdapat sistem yang bekerja seperti tameng namun sifatnya tidak terlihat. Meski terbilang sangat canggih, terdapat kekurangan di baliknya terutama mengenai daya tahan dan keakuratan.

Teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia militer juga berfungsi pada navigasi kapal selam dan pengendalian pesawat luar angkasa tanpa kemudi. Pengembangannya memang cukup sulit dan membutuhkan biaya besar, namun sisim ini juga mulai banyak dikmebnagkan untuk mobil.

Baca Juga:  Kamu Baru Pindah ke Signal? Simak 5 Tips Berikut Ini

Bidang Kriminal

Dewasa ini kasus kejahatan semakin meningkat dengan menerapkan teknik bahkan sulit terpecahkah. Oleh sebab itu pemanfaatan teknologi informasi akan meningkatkan keefektifan dalam mendeteksi berbagai masalah. Salah satunya menerapkannya untuk mendeteksi sidik jari.

Sistem tersebut terbilang cukup efektif asalkan tidak tercampur dengan lainnya. Manfaat lainnya yakni mempermudah sistem pelacakan yang berkaitan dengan maps. Kecanggihan teknologi seperti ini membuat penangkapan penjahat lebih cepat bahkan telah memecahkan berbagai kasus.

Pemerintahan

Dalam hal pemerintahan teknologi sangat berperan aktif, apabila tanpa dukungan tersebut tentunya akan terbengkalai karena prosesnya terlalu lama. Ada banyak bidang yang bisa diatasi dengan menerapkannya salah satunya mempermudah menjalin komunikasi jarak jauh.

Bertukar informasi semakin lebih mudah baik untuk menjalin kerjasama atau pemberitahuan mengenai pertemuan antar pemerintahan negara. Di samping itu peristiwa terupdate jua bisa dengan mudah Anda ketahui melalui software tertentu dengan sangat cepat di manapun dan kapanpun.

Fungsi Teknologi Informasi

Belakangan ini penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang kehidupan meningkat pesat. Hal demikian dapat terjadi akibat adanya peminatan dan motif tergantung  dari setiap individu. Bahkan terkadang ada pihak-pihak yang tidak dapat terpisahkan dari perangkat elektronik. Berikut fungsinya:

1. Sebagai Transmisi (Transmission)

Sistem yang terdapat dalam teknologi informasi dan komunikasi dapat mengirim dan menginformasikan dari satu lokasi melalui jaringan komputer. Jarak sendiri bukan lagi penghalang, karena melalui media sosial ada banyak kemudahan termasuk menyebarluaskan informasi.

Seiring berjalannya waktu, teknologi komunikasi dan informasi semakin berkembang dengan pesat dan melatarbelakangi terciptanya platform pendukung. Media sosial menjadi salah satunya yang memiliki peran menghubungkan individu satu dan lainnya, sedangkan untuk tujuannya umumnya berbeda.

Baca Juga:  Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Anti Ribet

2. Sebagai Penyimpanan (Storage)

Salah satu software yang bermanfaat untuk membantu menyimpan berbagai data penting yaitu Google drive. Sebenarnya setiap perangkat sudah dibekali dengan adanya tambahan memori. Besaran file tergantung dari kapasitas setiap masing-masing data utamanya berupa video.

Peran penyimpanan saat ini semakin vital untuk Anda yang bekerja di industri kreatif baik youtuber, vlogger, blogger, maupun selebgram. Ketika seseorang memiliki storage besar akan memberikan ruang luas untuk rumah sementara data – data sebelum Anda gunakan atau terhapus.

3. Menghasilkan (Generating)

Hasil yang bisa Anda dapatkan dari kemajuan teknologi tersedia beragam bentuk mulai dari gambar, grafik, video, dan audio. Selanjutnya hasilnya bisa Nada simpan dengan menamainya sesuai keinginan. Hanya saja pastikan memudahkan untuk menemukan nantinya saat memelukan.

Tujuan adanya fungsi menghasilkan adalah untuk memudahkan pemahaman user dan mempermudah dalam menghasilkan. Dengan demikian masyarakat akan semakin mudah untuk bertukar informasi dengan orang yang memiliki minat sama dengan cara membagikannya.

4. Mencari Kembali (Retrieval)

Sistem yang terdapat dalam teknologi informasi dan komunikasi akan memudahkan penggunanya untuk mencari data. Namun sebelumnya harus sudah tersimpan dan pastikan tidak terhapus dari penyimpanan. apabila hal ini terjadi maka beresiko tidak dapat kembali dengan mudah.

Umumnya setiap platform dan perangkat elektronik terdapat fitur pencarian yang bisa berfungsi untuk mengefektifkan kinerja sebab Anda tinggal mengetikkan kata kunci. Selanjutnya sistem akan menampilkan data baik berupa foto, video, maupun file yang sebelumnya telah tersimpan.

Demikian penjelasan mengenai teknologi informasi dan komunikasi yang bisa Anda manfaatkan sebagai penunjang mengerjakan berbagai tugas sehari-hari. Selain itu juga hal paling utamanya adalah pastikan memiliki jaringan internet lancar guna mendukung kelangsungan segala prosesnya.