Kamu Baru Pindah ke Signal_ Simak 5 Tips Berikut Ini

Kamu Baru Pindah ke Signal? Simak 5 Tips Berikut Ini

Signal tiba-tiba dibanjiri dengan pengguna baru yang bermigrasi dari WhatsApp karena kebijakan privasi terbarunya. Popularitasnya juga meroket setelah CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk merekomendasikan aplikasi perpesanan ini kepada jutaan pengikut. Signal memprioritaskan privasi sebagai fitur utamanya. Aplikasi ini menggunakan enkripsi ujung ke ujung yang aktif secara default dan merupakan organisasi nirlaba.

Karena dioperasikan sebagai nonprofit, layanan ini tidak mengumpulkan data pengguna. Sebelumnya, Signal banyak digunakan oleh para aktivis, orang-orang di komunitas hacker, atau mereka yang peduli dengan privasi.

Signal tidak memiliki banyak fitur personalisasi seperti WhatsApp. Meski jauh lebih sederhana, Signal memiliki beberapa fitur yang dapat membuat percakapan lebih aman dan nyaman.

Berikut lima tips dan trik dalam menggunakan fitur Signal, yang dibawakan oleh GadgetIDN dari Gadgets 360, Senin (11/1/2021).

Aktifkan screen lock

Signal memiliki fitur layar kunci yang akan mengunci aplikasi bahkan saat ponsel terkunci. Ini berarti jika Anda ingin membuka aplikasi, Anda harus menggunakan PIN atau metode lain. Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke menu pengaturan di Signal, lalu Privasi dan aktifkan sakelar kunci layar.

Baca Juga: Cara Memindahkan Chat dari WhatsApp ke Telegram

Matikan notifikasi Joined Signal

Karena beberapa orang di kontak Anda telah bergabung dengan Signal, ponsel Anda pasti akan dipenuhi dengan pemberitahuan yang memberi tahu Anda jika seseorang memiliki akun baru.

Ini bisa mengganggu, terutama jika notifikasi beruntun. Untungnya, pemberitahuan tersebut dapat dimatikan, dengan membuka “Pengaturan”, kemudian “Pemberitahuan,” dan kemudian mengklik tombol “Sinyal Kontak” untuk mematikannya.

Terkait:  Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Galeri

Blur wajah di foto

Pengguna yang sadar privasi juga akan berhati-hati saat mengirim foto dengan wajah orang lain, kecuali jika mereka mendapat izin. Untungnya, Signal memiliki fitur pemburaman wajah otomatis, yang juga dapat digunakan untuk memburamkan bagian lain dari gambar, misalnya informasi di KTP.

Untuk menggunakan fitur ini, pilih gambar yang ingin Anda kirim, lalu klik tombol Blur di layar, lalu aktifkan sakelar Blur wajah. Anda dapat secara manual bergantung pada bagian lain dari layar untuk menyembunyikan informasi tambahan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kode Konfirmasi Enam Digit Facebook

Hapus pesan secara otomatis

WhatsApp baru-baru ini merilis fitur untuk menghapus pesan secara otomatis atau pesan hilang. Ternyata Signal benar-benar memiliki fitur ini terlebih dahulu.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang dikirim secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka percakapan di Signal, klik nama kontak dan aktifkan sakelar untuk pesan tersembunyi, kemudian geser pengatur waktu untuk menentukan berapa lama pesan ini dapat dilihat.

Hapus foto dan video secara otomatis

Signal memungkinkan pengguna untuk menentukan berapa kali pengguna lain dapat melihat foto dan video yang diposting. Jika Anda melebihi batas, konten tidak akan terlihat lagi. Fitur ini sama tetapi tidak sama dengan fitur pesan tersembunyi. Perbedaannya adalah foto dan video yang dikirim melalui fitur ini dapat dilihat berminggu-minggu setelah dikirim, tetapi hanya dapat dilihat sekali atau beberapa kali tergantung maksimumnya.

Check Also

4 Kebijakan Baru Whatsapp Yang Membuat Pengguna Berakhir ke Signal

4 Kebijakan Baru Whatsapp Yang Membuat Pengguna Berakhir ke Signal

Beberapa pengguna whatsapp telah menerima pembaruan kebijakan privasi yang berisi tiga hal penting, salah satunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.