Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i yang Perlu Diketahui!

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i yang Perlu Diketahui!

Realme Indonesia dinilai sangat besar dengan secara resmi memperkenalkan produk seri Realme 5 ke Indonesia. Kenapa Realme 4 tidak menghadirkan varian berbeda dari Realme 5 yaitu Realme 5, Realme 5 Pro, Realme 5s, dan Realme 5i.

Produk terakhir dipanggil untuk benar-benar menarik perhatian. Menarik karena spesifikasi yang ditawarkan Realme 5i pada dasarnya cenderung mirip dengan Realme 5. Lantas seperti apa tampilan Realme 5i? Simak pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 5i di bawah ini.

Spesifikasi Realme 5i

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5i yang Perlu Diketahui! (1)

Umum

Diumumkan Desember, 2019
Jaringan 2G, 3G, 4G
SIM Card Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

Dimensi 164.4 x 75 x 9.3 mm
Berat 195 g

Layar

Jenis Layar sentuh kapasitif IPS LCD
Ukuran 6,52 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass
Resolusi 720 x 1600 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~269 ppi)

Hardware

Chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPU Adreno 610

Memori

RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32/3 GB, 64/4 GB
Memori Eksternal microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Utama

Jumlah Kamera 4
Resolusi 12 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
Fitur – 12 MP, f/1.8, (wide), 1/2.9″, 1.25µm, PDAF
– 8 MP, f/2.3, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
– 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (kamera makro khusus)
– 2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, sensor mendalam
Fitur: LED flash, HDR, panorama
Video [email protected][email protected], gyro-EIS

Kamera Selfie

Jumlah Kamera 1
Resolusi 8 MP, f/2.0
Fitur HDR, panorama
Video [email protected]

Konektivitas

Wlan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
Infrared
NFC
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

Jenis Li-Po
Kapasitas 5000 mAh tidak dapat dilepas
Wireless Charging
Fitur Pengisian daya baterai 10W

Fitur

OS (Saat Dirilis) Android 9.0 Pie
Sensor Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass
3.5mm Jack
Warna Blue, Green
Lainnya – Tahan percikan

Kelebihan Realme 5i

Ada beberapa poin kelebihan yang ada di Realme 5i. Apa sajakah kelebihan tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini!

Plastik Tapi Memiliki Desain yang Bagus

Realme 5i hadir dengan bobot 195 gram dan dimensi 164.4 x 75 x 9.3 mm. Ukuran tersebut cenderung mirip dengan Realme 5 yang menawarkan bobot 198 gram dengan dimensi 164.4 x 75.6 x 9.3mm. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat Realme 5i memiliki bentuk yang cenderung identik dengan Realme 5.

Bedanya, Realme 5 hadir dengan desain yang terlihat mewah. Sementara Realme 5i hadir dengan desain yang cenderung dangkal dan terlihat murahan, terlihat jelas bodi ponsel ini terbuat dari plastik. Padahal Realme 5 sendiri terbuat dari plastik.

Meski tampil plastik, namun desain Realme 5i sangat menarik. Desainnya sangat bagus karena, dalam kondisi tertentu, desain belakang Realme 5i bisa menampilkan pola sunrise. Realme sendiri menyebut Realme 5i sebagai desain pengerjaan sejati.

Apa yang dimaksud dengan keahlian sejati? Berdasarkan informasi dari Realme.com, Real Craftsmanship mengacu pada teknologi kaca apung pada bodi belakang yang diolah dengan teknologi terkini menggunakan mesin ukiran radium. Untuk itu, tidak berlebihan jika dikatakan Realme 5i memiliki desain yang bagus meski menggunakan bodi plastik.

Tahan Percikan Air

Realme 5i masih mempertahankan fitur-fitur yang juga dimiliki oleh Realme 5, yaitu tahan cipratan atau percikan. Dengan teknologi tersebut, Realme 5 tentunya menarik karena di kategori harganya hadirnya fitur splash resistance menjadi daya tarik tersendiri.

Baterai tahan lama

Realme 5i dibekali baterai berukuran besar berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas baterai ini sama dengan Realme 5 dan Realme 5s. Kedua produk tersebut memiliki daya tahan baterai yang relatif baik. Lantas, apakah daya tahan baterai Realme 5i juga bagus?

Hungrygeeks telah menguji baterai Realme 5i menggunakan benchmark PCMark. Hasilnya bisa dilihat pada gambar di atas. Terlihat bahwa Realme 5i mendapat waktu 16 jam 25 menit. Sudah lama sekali, tentunya.

Zeebiz sendiri menandakan bahwa daya tahan baterai Realme 5i bisa mencapai 30 hingga 36 jam. Kali ini dapat diakses menggunakan moderator. Ini jelas menegaskan bahwa Realme 5i memiliki daya tahan baterai yang relatif baik.

Snapdragon 665

Realme 5i hadir dengan chipset Snapdragon 665 yang merupakan penerus dari Snapdragon 660, dan chipset Snapdragon 665 ini hadir dengan delapan prosesor alias delapan inti dengan detail Kryo 260 Gold quad core 2.0 GHz untuk performa dan Kryo 260 Silver quad- inti 1,8 GHz untuk efisiensi daya. Sedangkan untuk pengolah grafis sudah disertakan GPU Adreno 610.

Penggunaan Snapdragon 665 pada Realme 5i menunjukkan bahwa sebenarnya performa Realme 5i cenderung identik dengan Realme 5. Pasalnya, Realme 5 juga menggunakan chipset yang sama. Lantas, bagaimana dengan performa Snapdragon 665 di Realme 5? Mari kita lihat hasil benchmark berikut.

Data di atas merupakan data hasil pengujian yang dilakukan oleh Yugatech. Dari data di atas terlihat bahwa pada tes Antutu 8, Realme 5i mendapatkan nilai 172 ribu. Sedangkan untuk Geekbench 5, Realme 5i mendapatkan skor single-core 310 dan skor multi-core 1.374.

Sedangkan untuk 3D Mark, ponsel ini memperoleh skor 1.077 dalam tes Sling Shot Extreme OpenGL. Pada tes Sling Shot Extreme diperoleh hasil 1043.

Berdasarkan data di atas, terlihat jelas bahwa Realme 5i memiliki performa yang tergolong baik. Seperti yang dikatakan Yogatec, performa ponsel ini sangat mulus untuk berbagai macam hal. Meskipun perlu untuk mengharapkan kelambatan yang tidak disengaja saat Anda diundang untuk bermain game.

Hal yang sama diungkapkan oleh GadgetsNDTV. Situs ini menyebutkan bahwa Snapdragon 665 pada Realme 5i memiliki performa yang tergolong baik. Panggilan untuk multitasking juga lancar, bahkan multitasking menjadi menyenangkan karena sistem tidak menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Empat kamera belakang

Kamera belakang Realme 5i mirip dengan kamera Realme 5i, namun nyatanya cenderung identik dengan keempat kameranya. Jenis lensa yang digunakan sama. Hal tersebut justru menunjukkan bahwa kualitas kamera Realme 5i tidak jauh berbeda dengan Realme 5.

Realme 5 hadir dengan empat kamera belakang. Kamera pertama adalah kamera 12 mega piksel dengan slot f / 1.8 yang mendukung PDAF. Kamera kedua adalah kamera ultra lebar 8MP dengan bukaan f / 2.2. Kamera ketiga adalah kamera makro 2MP. Dan kamera keempat berukuran 2 mega piksel untuk memberikan efek bokeh.

Realme 5i hadir dengan empat kamera belakang. Kamera utamanya adalah kamera 12 megapiksel dengan bukaan f / 1.8 yang mendukung PDAF. Kamera kedua adalah kamera ultra lebar 8 megapiksel dengan aperture f / 2.3. Kamera ketiga adalah kamera makro 2MP. Dan kamera keempat adalah 2 megapiksel untuk efek bokeh.

Dari data di atas, terlihat bahwa perbedaannya hanya pada ukuran bukaan di Ultra Wide Camera. Terlihat bahwa Realme 5 memiliki kamera ultra wide dengan aperture yang lebih besar, yakni f / 2.2. Sedangkan Realme 5i hadir dengan kamera ultra wide dengan bukaan f / 2.3.

Lantas, bagaimana performa kamera belakang Realme 5i? Simak contoh jepretan kamera Realme 5i di bawah ini!

Hasil Kamera Belakang Realme 5i

Realme 5i memiliki kualitas gambar yang bagus. Seperti yang dikatakan Yogatec, kamera belakang ponsel ini sangat tajam. Menurut mereka, hasil foto kamera belakang ini bisa mengandung warna-warna cerah dengan tingkat saturasi yang memadai. Tentu saja, ini bisa dicapai jika memotret dalam kondisi pencahayaan yang tepat.

91Mobiles berpendapat tentang kamera belakang Realme 5i. Menurut mereka, secara umum hasil tangkapan kamera belakang ponsel ini cukup impresif. Gambar memiliki detail yang bagus, bahkan saat diperbesar. Meskipun harus diterima, beberapa gambar cenderung terlalu jenuh.

Pendapat yang sama dikatakan oleh GadgetsNDTV. Menurut mereka, kamera belakang Realme 5i memiliki tingkat detail yang bagus, bahkan setelah di-zoom. Pada siang hari, kamera Realme 5i mampu mengukur cahaya dengan sangat baik. Selain itu, menurut mereka, Realme 5i memiliki dynamic range yang baik.

Kamera depannya lumayan di kelasnya

Fitur paling menonjol, Realme 5i dan Realme 5 ada di kamera depan. Kamera depannya menawarkan konsep notch yang sama. Yang ada di Realme 5i hanya menawarkan kamera 8MP. Sedangkan kamera di Realme 5 berukuran 13 megapiksel.

Padahal, kamera di Realme 5 sebenarnya 8 MP. Hal tersebut dibuktikan dengan informasi detail mengenai ukuran piksel gambar dari kamera depan. Lalu bagaimana dengan kualitas kamera depan Realme 5i?

Menurut situs Hungrygeeks, kamera depan Realme 5i bisa mengambil foto selfie secara natural. Meski hasilnya tidak setajam kamera depan Realme 5, hal ini membuktikan bahwa kamera depan ponsel ini mengalami penurunan “kapasitas”.

Jadi mengapa kita menaruhnya secara berlebihan? Ini ada hubungannya dengan harga. Realme 5i lebih murah dari Realme 5. Di toko online, Realme 5i dijual dengan harga sekitar Rp 1,8 jutaan untuk varian RAM 4GB. Di kategori harga, kamera selfie ini jelas masih sangat bagus.

Kualitas suara bagus

Realme 5i ternyata memiliki kualitas suara yang bagus. Seperti dilansir Gizmologi, Realme 5i dibekali teknologi untuk meningkatkan keluaran audio dari headphone. Teknologi ini merupakan teknologi Dirac Power Sound dengan Dirac Research AB. Teknologi ini mampu menghasilkan kualitas suara yang bagus.

Kekurangan Realme 5i

Kamera Low-Light Masih Kurang Memuaskan

Sama seperti Realme 5, kemampuan kamera belakang Realme 5i dalam kondisi minim cahaya masih kurang memuaskan. Berikut contoh foto low-light dari kamera belakang Realme 5i.

Seperti terlihat pada gambar di atas, jika pemotretan low-light kamera HP ini masih kurang bagus. Menurut 91mobile, Realme 5i kurang memiliki kemampuan menembak dalam kondisi minim cahaya.

Hal yang sama disuarakan oleh GadgetsNDTV. Menurut mereka, hasil foto low light pada ponsel ini memiliki hasil foto di bawah rata-rata. Gambar juga tidak terlihat tajam. Penggunaan mode Nightscape sangat berguna dengan hasil foto yang lebih cerah, namun hasilnya masih sangat menantang.

Tidak Fast Charging

Sama halnya dengan Realme 5, Realme 5i juga tidak dibekali teknologi fast charging. Tentu hal ini berpengaruh pada waktu pengisian di ponsel ini. Seperti yang dikatakan GadgetsNDTV, waktu pengisian daya untuk ponsel ini lebih dari 2 jam. Yogatec juga menyebutkan bahwa waktu pengisian ponsel ini adalah 2 jam 30 menit.

Tidak Memakai USB Type-C

Kekurangan lain dari Realme 5i adalah masih belum mendukung USB Type-C. Dan itu sebenarnya cukup masuk akal mengingat banyak ponsel lain di segmen harga yang sama juga tidak menawarkan USB Type-C. Hanya saja, di kategori harga ini, ada Redmi 8 yang menawarkan port USB Type-C.

kesimpulan

Realme 5i pada dasarnya adalah Realme 5 yang akan melalui beberapa pembaruan kecil. Namun pembaruan ini bukanlah perbaikan melainkan penawaran. Misalnya di sektor kamera. Selebihnya, Realme 5i pada dasarnya sama dengan Realme 5.

Leave a Reply

Your email address will not be published.