Cara Menyambungkan Google Home ke TV

Cara Menyambungkan Google Home ke TV

Gadgetidn.com – Adapun beberapa cara menyambungkan google home ke tv, Saat ini fitur google home bisa disambungkan dengan TV. Meskipun tidak terkoneksi secara fisik, kamu tetap dapat menggunakannya untuk mengirim perintah suara melalui jaringan TV dengan beberapa cara. Google home juga dapat memungkinkan kamu untuk melakukan streaming konten dari aplikasi yang dipilih dan mengontrol beberapa fungsi TV yang ada di rumah kamu.

Cara menyambungkan google home ke TV juga memiliki cara yang berbeda untuk setiap sistem operasi. seperti iOS dan Android sudah pasti dilakukan cara yang berbeda untuk menyambungkan google home ke TV.

Nah, di artikel kali ini kami akan membagikan cara menyambungkan google home ke TV untuk android. Buat kamu yang sudah penasaran dan segera ingin mengetahui cara menyambungkan google home ke TV, langsung saja simak artikel dibawah ini:

Menyambungkan Google Home ke TV Melalui Chromecast

Salah satu cara untuk menyambungkan Google Home ke TV adalah melalui media streamer Google Chromecast atau Chromecast Ultra yang dihubungkan ke TV apa pun yang memiliki input HDMI.

Biasanya, smartphone atau tablet digunakan untuk melakukan streaming konten melalui Chromecast sehingga kamu dapat melihatnya di TV. Namun, saat Chromecast dipasangkan dengan Google Home, kamu memiliki pilihan untuk menggunakan perintah suara Google Assistant melalui Smartphone atau Google Home kamu.

Untuk memulai, pastikan Chromecast dicolokkan ke TV dan ponsel cerdas serta Google Home tersambung di jaringan yang sama.

Cara Menghubungkan Chromecast

Catatan: Mungkin ada sedikit variasi antara aplikasi Android dan iOS; langkah-langkah berikut untuk Android.

1. Nyalakan TV, dan pastikan layar Chromecast muncul di TV Anda.
2. Buka aplikasi Google Home di smartphone Anda.
3. Ketuk tanda tambah di bagian atas.
4. Pilih Siapkan perangkat.
5. Ketuk Siapkan perangkat baru di rumah Anda.

6. Pilih Home yang ada atau buat yang baru, lalu ketuk Berikutnya.
7. Tunggu sementara ponsel Anda mencari Chromecast. Ketuk Berikutnya ketika aplikasi menemukan Chromecast.
8. Konfirmasikan bahwa kode di TV cocok dengan yang ada di aplikasi, lalu tekan Ya.

9. Pilih Setuju untuk melanjutkan.
10. Ketuk Ya, Saya setuju (atau Tidak, terima kasih, jika Anda mau).
11. lalu ketuk Berikutnya.

12. Hubungkan Chromecast ke Wi-Fi dengan mengikuti langkah-langkah di layar.
13. Ketuk Berikutnya untuk menautkan Chromecast ke akun Google Anda.
14. Ikuti langkah-langkah tambahan di layar untuk menyiapkan Chromecast Anda.

Terkait:  Cara Membuat Facebook di HP dengan Cepat dan Mudah

Cara Menghubungkan Chromecast ke Google Home

Jika Anda menyiapkan Google Home di rumah yang sama dengan Chromecast, Anda seharusnya tidak memiliki masalah segera memasangkan keduanya untuk memutar musik dan video.

Namun, jika Anda tidak bisa membuat Google Home Anda terkoneksi dengan Chromecast, coba ini:

⦁ Dari aplikasi Google Home, ketuk TV tempat Chromecast dicolokkan.
⦁ Klik ikon roda gigi di bagian atas.
⦁ Ketuk TV Default dan pastikan Chromecast TV dipilih.
⦁ Ketuk Rumah lalu pilih rumah tempat Anda menambahkan Chromecast pada langkah-langkah di atas.

Catatan: Di halaman pengaturan, ketuk TV Default dan pastikan Chromecast TV dipilih.

⦁ Tap Berikutnya.
⦁ Pilih Pindahkan perangkat.

Tips: Masih belum berhasil? Kembali ke Pengaturan, ketuk TV Default dan pastikan Chromecast TV dipilih.

Menggunakan Perintah Google Asisten di TV

Setelah Chromecast tersambung ke Google Home, Anda dapat menggunakan perintah suara Asisten Google untuk mengalirkan (mentransmisikan) video ke TV Anda.

Anda tidak dapat menggunakan perintah suara Google Home untuk menonton (mentransmisikan) konten dari aplikasi di luar yang tercantum di atas. Untuk melihat konten dari aplikasi tambahan yang diinginkan, harus dikirim ke Chromecast menggunakan smartphone Anda. Lihat daftar aplikasi streaming yang kompatibel dari Google.

Di sisi lain, Anda dapat menggunakan Google Home untuk meminta Chromecast menjalankan fungsi TV tambahan (mungkin berbeda tergantung aplikasi dan TV). Beberapa perintah termasuk Jeda, Lanjutkan, Lewati, Hentikan, Putar program atau video tertentu pada layanan yang kompatibel, dan nyalakan/matikan subtitle/teks. Selain itu, jika konten menawarkan lebih dari satu bahasa terjemahan, Anda mungkin dapat menentukan bahasa yang ingin Anda tampilkan.

Jika TV Anda juga memiliki HDMI-CEC dan fitur itu diaktifkan (periksa setelan HDMI TV Anda), Anda dapat menggunakan Google Home untuk memberi tahu Chromecast Anda untuk menyalakan atau mematikan TV. Google Home Anda juga dapat beralih ke input HDMI yang disambungkan ke Chromecast di TV Anda saat Anda mengirim perintah suara untuk mulai memutar konten.

Artinya jika Anda menonton siaran atau saluran kabel, dan Anda memberi tahu Google Home untuk memutar sesuatu menggunakan Chromecast, TV akan beralih ke masukan HDMI yang disambungkan ke Chromecast dan mulai diputar.

Menyambungkan Google Home dengan TV yang Memiliki Google Chromecast Built-in

Menyambungkan Chromecast dengan Google Home adalah salah satu cara untuk menggunakan perintah suara Asisten Google untuk melakukan streaming video ke TV Anda, tetapi ada sejumlah TV yang memiliki Google Chromecast Built-in.

Ini memungkinkan Google Home memutar konten streaming, serta mengakses beberapa fitur kontrol, termasuk kontrol volume, tanpa harus melalui perangkat Chromecast plug-in tambahan.

Jika TV memiliki Chromecast built-in, gunakan smartphone Android atau iOS untuk melakukan penyiapan awal menggunakan Aplikasi Google Home.

Untuk menautkan Google Home dengan TV yang memiliki Chromecast, ikuti langkah-langkah yang sama seperti di atas.

Layanan yang dapat diakses dan dikontrol oleh Google Home dengan Google Chromecast sama dengan layanan yang dapat diakses dan dikontrol di TV dengan Chromecast bawaan. Mentransmisi dari smartphone memberikan akses ke lebih banyak aplikasi.

Catatan: Saat Anda memberi tahu Google Home untuk memutar video dari salah satu aplikasi yang dipilih, TV akan secara otomatis beralih dari saluran ke aplikasi. Selain itu, Google Home tidak dapat menghidupkan atau mematikan TV Anda seperti saat menggunakan Chromecast plug-in eksternal.

Menyambungkan Google Home dengan Sistem Kontrol Jarak Jauh Logitech Harmony

Cara lain untuk menyambungkan Google Home ke TV Anda adalah melalui remote universal pihak ketiga seperti Logitech Harmony Remotes yang kompatibel.

Terkait:  Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2x di HP Vivo Terbaru

Dengan menautkan Google Home dengan sistem Harmony Remote yang kompatibel, Anda dapat menjalankan banyak fungsi kontrol dan akses konten untuk TV Anda menggunakan perintah suara Google Assistant.

⦁ Tap tanda plus di bagian atas aplikasi Google Home.
⦁ Pilih Siapkan perangkat.
⦁ Pilih Apakah sesuatu sudah disiapkan ?

⦁ Ketuk ikon pencarian di bagian atas dan masukkan Harmoni.
⦁ Ketuk Harmoni dari daftar.

⦁ Ikuti petunjuk di layar untuk menautkan akun Anda.

Cara Menggunakan Harmony Untuk Mengaktifkan dan Menonaktifkan TV

Jika yang ingin Anda lakukan hanyalah menggunakan Harmoni untuk menyalakan atau mematikan TV, Anda dapat menginstal aplikasi IFTTT pada ponsel cerdas Anda. Langkah-langkah di bawah ini akan menghubungkan perintah “Ok Google – Nyalakan/matikan TV” ke Google Home Anda dan sistem kendali Jarak Jauh Harmoni yang kompatibel.

Tips: Lihat beberapa Applet IFTTT tambahan yang dapat Anda gunakan dengan Google Home and Harmony.

Setelah Anda menginstal aplikasi, lakukan hal berikut:

⦁ Ketuk Dapatkan lebih banyak di bagian bawah aplikasi IFTTT.
⦁ Cari Harmoni, lalu pilih dari daftar.
⦁ Pilih Hubungkan.
⦁ Masuk dengan kredensial Anda.

Menyambungkan Google Home Dengan Roku Melalui Aplikasi Remote Cepat

Jika Anda memiliki Roku TV atau Roku media streamer yang disambungkan ke TV, Anda dapat menautkannya ke Google Home menggunakan Aplikasi Remote Cepat (Khusus Android).

Untuk memulai, unduh dan instal aplikasi Quick Remote di smartphone Anda, lalu ikuti instruksi yang diuraikan di halaman download Aplikasi Remote Cepat untuk menautkan Quick Remote ke perangkat Roku dan Google Home Anda.

Setelah Anda berhasil menautkan Quick Remote dengan perangkat Roku dan Google Home, Anda dapat menggunakan perintah suara untuk memberi tahu Quick Remote untuk menjalankan navigasi menu di perangkat Roku sehingga Anda dapat memilih aplikasi apa pun untuk mulai bermain. Namun, satu-satunya aplikasi yang dapat Anda atasi dengan nama secara langsung adalah yang disebutkan sebelumnya yang didukung oleh Google Home.

Aplikasi Quick Remote bekerja dengan cara yang sama pada perangkat Roku plug-in dan TV Roku (TV dengan fitur Roku built-in).

Remote Cepat dapat digunakan dengan aplikasi Google Home atau Asisten Google. Artinya, jika Anda tidak memiliki Google Home, Anda bisa mengontrol perangkat Roku atau Roku TV menggunakan aplikasi Asisten Google di ponsel cerdas Anda.

Terkait:  Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Xiaomi Tanpa Root

Jika Anda tidak berada di dekat Google Home, Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan keypad aplikasi Quick Remote di ponsel cerdas Anda.

Tips: Roku TV, stick, dan box juga bisa dikontrol langsung oleh Google Assistant dan Google Home untuk banyak perintah, tanpa harus melalui Quick Remote. Mencari tahu bagaimana.

Menyambungkan Google Home dengan URC Control System

Jika TV Anda adalah bagian dari penginstalan khusus yang berpusat di sekitar sistem kendali jarak jauh yang komprehensif, seperti URC (Universal Remote Control) Total Control 2.0, menyambungkan ke Google Home sedikit lebih rumit daripada solusi yang dibahas sejauh ini.

Jika Anda ingin menggunakan Google Home dengan TV dan URC Total Control 2.0, diperlukan penginstal untuk menyiapkan tautan. Setelah ditautkan, penginstal kemudian mengembangkan seluruh infrastruktur perintah yang Anda perlukan untuk mengoperasikan dan mengakses konten di TV Anda.

Anda memiliki pilihan untuk membiarkan penginstal membuat perintah suara yang diperlukan, atau Anda dapat memberi tahu dia perintah apa yang ingin Anda gunakan.

Misalnya, Anda dapat memilih sesuatu yang mendasar, seperti “Nyalakan TV”, atau sesuatu yang lebih menyenangkan seperti “Oke – Waktunya nonton film!”. Pemasang kemudian membuat frasa tersebut berfungsi dengan platform Asisten Google.

Menggunakan tautan antara Google Home dan sistem Kontrol Total URC, penginstal dapat menggabungkan satu atau beberapa tugas dengan frasa tertentu. “OK – Saatnya Movie Nite” dapat digunakan untuk menyalakan TV, meredupkan lampu, beralih ke saluran, menyalakan sistem audio, dll.

Beyond Google Home: TV dengan Asisten Google Built-in

Meskipun Google Home, yang dikombinasikan dengan perangkat dan aplikasi tambahan, adalah cara yang bagus untuk menghubungkan dan mengontrol apa yang Anda lihat di TV, Asisten Google juga disertakan ke dalam TV tertentu secara langsung.

LG, dimulai dengan lini TV pintar 2018-nya, menggunakan sistem ThinQ AI (Artificial Intelligence) untuk mengontrol semua fungsi TV dan streaming, serta mengontrol produk pintar LG lainnya, tetapi beralih ke Asisten Google untuk menjangkau di luar TV untuk melakukan fungsi Google Home, termasuk kontrol perangkat rumah pintar pihak ketiga.

Baik AI internal dan fungsi Google Assistant diaktifkan melalui remote control TV yang mendukung suara – tidak perlu memiliki perangkat Google Home atau smartphone terpisah.

Di sisi lain, Sony mengambil pendekatan yang sedikit berbeda dengan menggunakan Asisten Google di TV Android-nya untuk mengontrol fungsi TV internal dan menautkan dengan produk rumah pintar eksternal.

Dengan Asisten Google yang terpasang di TV, alih-alih Google Home yang mengontrol TV, TV mengontrol Google Home “virtual”.

Namun, jika Anda memiliki Google Home, Anda juga dapat menautkannya ke TV yang memiliki Asisten Google di dalamnya menggunakan salah satu metode yang dibahas di atas — meskipun ini mubazir.

 

Itulah beberapa cara menyambungkan Google home ke TV, kamu dapat memilih beberapa cara diatas.

Pencarian Terkait:

cara mematikan tv melalui google home

Leave a Reply

Your email address will not be published.