9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi S2

9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi S2

Gadgetidn.com – Xiaomi Redmi S2 berada di tengah-tengah produk Xiaomi lainnya yang lebih menarik perhatian, seperti Redmi 5, Redmi 5 Plus, atau Xiaomi Redmi Note 5 yang masif. Supaya tidak penasaran, baca terus tentang kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi S2 tersebut lebih detail.

Xiaomi Redmi S2 ini mirip dengan produk Xiaomi yang kelas menengah lainnya karena harganya berhimpitan dengan ketiga produk tersebut. Selain itu, orang masih membeli Xiaomi Redmi S2. Jumlahnya mungkin tidak sebesar Xiaomi Redmi Note 5, namun ponsel yang juga menyandang nama Xiaomi Redmi S2 ini masih cukup menarik.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi S2

Nah, jika Anda salah satu yang juga mengincar Redmi S2, tidak ada salahnya melihat kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi S2 sebelum memutuskan untuk membeli. Tanpa basa-basi lagi, silahkan simak kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi S2 berikut ini.

Kelebihan

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi S2

Berikut 5 kelebihan Xiaomi Redmi S2 yang perlu anda ketahui lebih dalam sebelum memasukkan kedalam list belanja bulanan anda.

1. Layar Cukup Lebar

Topik pertama yang akan kami bahas dari kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi S2 yaitu pada bagian layar. Layar merupakan sektor yang menarik dari ponsel ini. Spesifikasi Xiaomi Redmi S2 mengusung layar berukuran 5,99 inci dengan resolusi HD+ menjadikan ponsel ini cukup menarik untuk kebutuhan multimedia Anda.

Layarnya sangat lebar dan up to date. Layarnya mampu menyajikan gambar yang bagus meski tidak terlalu bagus. Di kelasnya, monitor ini cukup mumpuni.

2. Desainnya Ramping

Jarang sekali Xiaomi memiliki unit ponsel dengan desain yang menarik dan tampilan yang khas. Harus diakui bahwa desain Xiaomi umumnya membosankan karena hampir mirip, bahkan dengan Xiaomi Redmi S2. Hp ini juga memiliki elemen desain yang mirip dengan Xiaomi Redmi Note 5.

Hanya saja jika dilihat lebih jauh dari kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi S2 pada sektor desain, desain bagian belakang ponsel ini sudah mengingatkan pada desain Xiaomi Mi A1. Itu terlihat dari posisi kamera di pojok kanan atas dan sensor sidik jari di tengah. Bedanya, kedua kamera ini berdiri secara vertikal, bukan horizontal.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 20 Pro Yang Wajib Kamu Ketahui

Meski memiliki elemen desain dari ponsel Xiaomi lainnya, ponsel ini tetap memberikan kesan segar. Hal ini dibuktikan dengan perasaan saat memegang ponsel ini sangat baik. Salah satu alasannya mungkin karena desain ponsel ini yang ramping.

Selain ramping, ponsel ini juga memiliki desain yang tampak hebat. Seperti yang dijelaskan oleh Gadgetsnow yang menyebutkan bahwa Xiaomi Redmi S2 merupakan ponsel unibody berbahan metal dengan desain premium. Nilai lain tentunya dari HP.

3. Performa Baik dikelasnya

Soal performa menjadi pembahasan intim dari kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi S2. Ponsel ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625. Sebenarnya bukan chipset yang sudah ada, tetapi chipset ini sudah dikenal sebagai chipset kelas menengah yang cukup mumpuni.

Oleh karena itu, tidak bisa dikatakan kinerja Xiaomi Redmi S2 buruk, bahkan sangat bagus jika melihat kategori harganya yaitu Rp. 2 juta. Jika dibandingkan dengan pesaingnya, soal performa masih menjadi kelebihan dari ponsel seri S2 dari Xiaomi.

Droidlime sendiri menguji ponsel ini dengan Antutu 7 dan mendapat skor sekitar 76K. Bukan hasil yang buruk mengingat ada ponsel lain yang lebih mahal namun dilengkapi dengan chip Antutu yang nilainya lebih rendah dari ponsel ini.

Droidlime sendiri menguji ponsel ini dengan game kekinian, seperti PUBG Mobile. Saat game sedang berjalan, ada pengaturan grafis yang tepat di pengaturan grafis rendah.

Untuk penggunaan media sosial dan kebutuhan multitasking masih sangat nyaman. Dibekali dengan RAM 3 GB, ponsel ini terbilang bagus. Metrotvnews.com telah membuktikan bahwa ponsel ini memiliki performa yang baik untuk aktivitas sehari-hari. Secara keseluruhan, bisa dikatakan performa HP ini tidak mengecewakan di kelasnya.

4. Daya Tahan Baterai Cukup Bagus

Hal yang cukup menarik dari kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi S2 yakni pada bagian baterai. Redmi S2 dibekali baterai Li-Po 3080 mAh. Baterai ini terlihat kecil, namun setelah dilakukan pengujian ternyata baterai ini memiliki daya tahan yang baik.

Terkait:  Cara Mengaktiktifkan Fitur Split Screen di Hp Android

Seperti yang diungkapkan Gadgetsnow, baterai di ponsel ini dapat bertahan sepanjang hari dengan penggunaan seperti melakukan banyak multitasking, menjalankan GPS, menonton video Netflix, dan banyak lagi.

Droidlime juga menyatakan bahwa baterai HP ini tahan lama. Droidlime menggunakan ponsel ini untuk keperluan seperti media sosial, Youtube dan bermain game, layar tepat waktu lebih dari 7 jam. Untuk itu, tidak bisa dipungkiri bahwa ponsel ini memiliki daya tahan baterai yang baik.

5. Triple slot

Hal sepele tapi sangat berarti bagi pengguna ponsel di Indonesia, baki tiga slot, ini ada di Xiaomi Redmi S2. Artinya, ponsel ini dapat berjalan di dua kartu SIM dan memperluas memori eksternal melalui microSD. Salah satu fitur yang tidak boleh dilewatkan HP dalam kategori harga terjangkau.

Kekurangan

Kekurangan Xiaomi Redmi S2

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi S2, ada beberapa kekurangan dari ponsel terebut. Anda dapat mengetahuinya lebih detail pada poin – poin dibawah.

1. Kamera Belakang yang Biasa Saja

Mesiki tergolong hp yang kameranya bagus untuk selfie, namun pada kamera bagian belakang menjadi salah satu kekurangan daro ponsel seri S2 dari Xiaomi terebut.

Xiaomi Redmi S2 dibekali kamera ganda 12 MP + 5 MP. Kamera ini dapat menghasilkan gambar dengan kualitas biasa-biasa saja. Gadgets NDTV mencatat bahwa penggunaan kamera belakang pada ponsel ini cenderung bermasalah, terutama untuk kerja shutter yang memiliki lag untuk bisa memotret di kondisi minim cahaya rasanya kurang.

2. Proses Charging yang Laman

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi S2 dari sektor pengisi daya. Xiaomi Redmi S2 tidak memiliki fitur pengisian cepat. Artinya, ponsel ini membutuhkan waktu lama untuk terisi penuh. Gadgets NDTV sendiri menyatakan butuh waktu hingga dua jam untuk mengisi penuh baterai Xiaomi Redmi S2.

Hasil yang diperoleh Droidlime memang agak lama. Dibutuhkan waktu hingga dua jam untuk mengisi penuh baterai HP ini dengan Droidlime. Jika dilihat dari durasinya, waktu lebih dari dua jam terlihat sedang. Namun, perlu diingat bahwa baterai HP ini hanya 3.080mAh yang berarti harus dapat mengisi daya lebih cepat.

Terkait:  Harga dan Spesifikasi Vivo Y15 di Indonesia 2021

3. Face Unlock Tidak Optimal

Xiaomi Redmi S2 dilengkapi dengan sensor sidik jari dan face unlock. Sensor sidik jari pada ponsel ini sangat baik. Sayangnya, face unlock pada ponsel ini belum maksimal. Seperti yang dilansir Metrotvnews.com, performa face unlock tidak sebaik sensor sidik jari yang cepat. Seringkali terjadinya “face unlocking” tidak membaca wajah pengguna.

Droidlime mengungkapkan hal yang sama. Fitur face unlock di ponsel ini terbilang cepat normal. Bahkan responsnya lambat saat membaca wajah dalam kondisi minim cahaya. Masalah buka kunci wajah ini jelas merupakan salah satu poin lain dari ponsel ini.

4. Produk yang Tanggung

Poin ini lebih mengarah pada pertanyaan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi S2 dan bagaimana menempatkan Xiaomi Redmi S2 di pasaran. Harus diakui bahwa Xiaomi Redmi S2 adalah produk beruang. Pasalnya, ada ponsel Xiaomi lain yang lebih menarik jika berada di kisaran harga yang sama.

Sekedar klarifikasi, Xiaomi Redmi S2 berada di kisaran Rp. 2 juta. Kakaknya, Xiaomi Redmi 5, ada di Rp. 1,8 juta. Performa ponsel ini masih bisa dikatakan bersaing dengan Xiaomi Redmi S2. Kalau mau performa lebih dan kamera lebih bagus, jelas ada Xiaomi Redmi Note 5 yang dijual di kisaran Rp. 2,7 juta.

Tak lupa juga ada Xiaomi Redmi 5 Plus yang memiliki spesifikasi mirip namun menawarkan layar dan baterai yang lebih baik. Oleh karena itu, ponsel Xiaomi Redmi S2 ini harus menerima untuk disebut sebagai produk yang bertanggung jawab di lini HP Xiaomi.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi S2 adalah ponsel dengan tanggung jawab nyata. Tanggung jawab karena spesifikasi yang diberikan tidak terlalu menarik, terutama bagi para MiFans. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi S2 ini, membeli ponsel ini masih sangat menarik.

Desain, performa dan layar adalah beberapa fitur menarik dari ponsel ini. Kamera HP ini juga menarik namun tentunya tidak memiliki ekspektasi yang berlebihan.

Check Also

Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Review Oppo Reno5, Fitur Baru Bawa Pembaruan yang Sip

Kehadiran Reno4 cukup mencuri perhatian, meski ponsel ini memiliki kekurangan akibat minimnya NFC. Oppo mungkin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.